KISI-KISI SOAL
PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS)
TAHUN PELAJARAN
2017/2018
SEKOLAH : SMP NEGERI 173
JAKARTA DISUSUN OLEH :YETI CHUSNUL HIDAYATI, M.Pd
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL BENTUK SOAL : PG
KELAS/SEMESTER :VIII/GANJIL JUMLAH SOAL : 50
BUTIR
KURIKULUM ACUAN : KURIKULUM 2013 ALOKASI WAKTU : 120
MENIT
KOMPETENSI : PENGETAHUAN
KOMPETENSI DASAR
|
TEMA/SUB. TEMA
|
MATERI
|
INDIKATOR SOAL
|
LEVEL KOGNITIF
|
NOMOR SOAL
|
3.1. Memahami perubahan keruangan dan interaksi
antarruang di Indonesia dan Negara-negara ASEAN yang diakibatkan factor alam
dan manusia (teknologi, ekonomi, Pemanfaatan lahan, politik) dan pengaruhnya
terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi, social, budaya, politik
|
1. Interaksi Keruangan dalam Negera-Negara ASEAN
|
|
|
|
|
A. Mengenal Negara-negara ASEAN
|
Sejarah berdirinya ASEAN
|
Peserta didik dapat
menunjukan perjanjian yang melatar belakingi berdirinya ASEAN
|
Level 1
(Pemahaman)
|
1
|
|
Disajikan gambar lambang ASEAN, peserta didik
dapat mendeskripsikan arti warna pada lambang ASEAN.
|
Level 1
(Pemahaman)
|
2
|
|||
Letak geografis negara-negara ASEAN
|
Peserta didik dapat menunjukkan negara ASEAN yang
tidak memiliki laut
|
Level 1
(Pemahaman)
|
3
|
||
Ciri-ciri bentuk negara anggota ASEAN
|
Peserta didik dapat menjelaskan istilah
kata elongated pada ciri-ciri negara ASEAN
|
Level 2
(Aplikasi)
|
4
|
||
Disajikan tabel, peserta didik dapat memberi
contoh Negara yang berbentuk Protruded
|
Level 2
(Aplikasi)
|
5
|
|||
Identitas Negara-negara ASEAN
|
Perserta didik dapat menunjukkan lagu kebangsaan
salah satu Negaraanggota ASEAN
|
Level 1
(Pemahaman)
|
6
|
||
Peserta didik dapat menyebutkan bentuk
pemerintahan salah satu Negara anggota ASEAN
|
Level 1
(Pemahaman)
|
7
|
|||
Keadaan Alam
|
Peserta didik dapat menjelaskan letak astronimis
Negara Brunei Darussalam
|
Level 1
(Pemahaman)
|
8
|
||
Disajikan daftar, peserta didik dapat menentukan
kesultanan yang berada di Malaysia bagian barat.
|
Level 1
(Pemahaman)
|
9
|
|||
Peserta didik dapat menganalisa akibat wilayah
yang dilalui lipatan sirkum pasifik
|
Level 3
(Penalaran)
|
10
|
|||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi bentuk
karakteristik budaya yang diakibatkan perbedaan iklim kawasan negara-negara
ASEAN
|
Level 1
(Pemahaman
|
11
|
|||
Peserta didik dapat menyebutkan Negara anggota
ASEAN yang memiliki dua iklim
|
Level 1
(Pemahaman)
|
12
|
|||
Peserta didik dapat
menunjukkan sungai yang terpenting di Kamboja
|
Level 1
(Pemahaman
|
13
|
|||
Sumber Daya Alam
|
Disajikan daftar, peserta didik dapat
menunjukkan hasil perkebunan utama yang dihasilkan di Malaysia
|
Level 1
(Pemahaman)
|
14
|
||
Disajikan tabel, peserta didik dapat menunjukkan
Negara penghasil padi berkualiatas tinggi.
|
Level 2
(Aplikasi)
|
15
|
|||
Peserta didik dapat menjelaskan Negara anggota
ASEAN yang tidak memiliki sumber minyak bumi.
|
Level 1
(Pemahaman)
|
16
|
|||
Sumber Daya Manusia
|
Disajikan daftar, peserta didik dapat
menunjukkan Negara anggota ASEAN dengan jumlah penduduk tertinggi.
|
Level 1
(Pemahaman)
|
17
|
||
B. Interaksi Antar Negara-negara
ASEAN
|
Faktor Pendorong Kerjasaama di Kawasan ASEAN.
|
Peserta didik dapat menjelaskan factor pendorong
bentuk kerjasama OPEC
|
Level 1
(Pemahaman)
|
18
|
|
Faktor Penghambat Kerjasama di Kawasan ASEAN
|
Disajikan daftar pernyataan, peserta didik dapat
menganalisa factor penghambat kerjasama di kawasan ASEAN
|
Level 3
(Penalaran)
|
19
|
||
Bentuk-bentuk Kerjasama Bidang Sosial Budaya
|
Peserta didik dapat memberikan contoh kerjasama
dibidang sosial budaya
|
Level 2
(Aplikasi)
|
20
|
||
Bentuk-bentuk Kerjasama Bidang Pendidikan
|
Peserta didik dapat memberikan contoh bentuk
kerjasama dibidang pendidikan
|
Level 2
(Aplikasi)
|
21
|
||
C. Pengaruh Perubahan dan
Interaksi Keruangan terhadap kehidupan di Negara-negara ASEAN
|
Perubahan Ruang dan dan Interaksi Antarruang
Akibat Faktor Alam
|
Peserta didik dapat menunjukkan lokasi
terjadinya badai Haiyan tahun 2014
|
Level 1
(Pemahaman)
|
22
|
|
Peserta didik dapat menjelaskan
tentang fenomena yang terjadi yang berkaitan dengan faktor yang mempengaruhi
interaksi antarruang
|
Level 3
(Penalaran)
|
23
|
|||
Pengaruh Konversi Lahan Pertanian ke Industri
dan Pemukiman
|
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian
konversi lahan
|
Level 1
(Pemahaman)
|
24
|
||
Disajikan daftar, peserta
didik dapat menunjukkan aktifitas lain dari dampak pengaruh perubahan
komitmen kebudayaan ASEAN
|
Level 3
(Penalaran)
|
25
|
|||
3.2. Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam
ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial budaya serta pengembangan
kehidupan kebangsaan.
|
2. Pengaruh interaksi sosial
terhadap kehidupan sosial dan kebangsaan
|
|
|
|
|
A. Mobilitas sosial
|
Pengertian mobilitas sosial
|
Peserta didik dapat
menjelaskan pengertian mobilitas sosial
|
Level 1
(Pemahaman)
|
26
|
|
Bentuk-bentuk mobilitas
sosial
|
Disajikan daftar, peserta
didik dapat menunjukkan bentuk-bentuk mobilitas sosial
|
Level 1
(Pemahaman)
|
27
|
||
Disajikan ilistrasi, peserta
didik dapat memberikan contoh bentuk mobilitas horizontal
|
Level 2
(Aplikasi)
|
28
|
|||
Disajikan gambar, peserta
didik dapat menunjukkan contoh mobilitas sosial vertikaal ke atas
|
Level 2
(Aplikasi)
|
29
|
|||
Faktor-faktor pendorong dan
penghambat mobilitas sokial
|
Disajikan daftar, peserta
didik dapat menunjukkan faktor pendorong mobilitas sokial
|
Level 1
(Pemahaman
|
30
|
||
Peserta didik dapat
memberikan contoh faktor pendorong mobilitas sosial
|
Level 2
(Aplikasi)
|
31
|
|||
Peserta didik dapat
menunjukkan factor penghambat mobilitas sosial
|
Level 1
(Pemahaman)
|
32
|
|||
Saluran-saluran mobilitas
sosial
|
Disajikan daftar, peserta
didik dapat menunjukkan contoh saluran mobilitas sosial
|
Level 1
(Pemahaman)
|
33
|
||
Dampak mobilitas sosial
|
Peserta didik dapat
menunjukkan dampak positif mobilitas sosial
|
Level 1
(Pemahaman)
|
34
|
||
B. Pluralitas
Masyarakat Indonesia
|
Pengertian Pluralitas
|
Peserta didik dapat
menjelaskan pengertian pluralitas
|
Level 1
(Pemahaman)
|
35
|
|
Disajikan data, peserta
didik dapat menunjukkan pluralitas masyarakat Indonesia
|
Level 3
(Penalaran
|
36
|
|||
Perbedaan budaya
|
Peserta didik dapat
menunjukkan wujud budaya
|
Level 3
(Penalaran)
|
37
|
||
Perbedaan suku bangsa
|
Disajikan gambar, peserta
didik dapat menunjukkan ciri khas kerajinan masyarakat daerah
|
Level 2
(Aplikasi)
|
38
|
||
Peserta didik dapat
menjelaskan dampak positif keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia
|
Level 1
(Pemahaman)
|
39
|
|||
Disajikan tabel, peserta
didik dapat menunjukkan suku bangsa di Jawa Timur
|
Level 1
(Pemahaman)
|
40
|
|||
Disajikan daftar, peserta
didik dapat menunjukkan unsur-unsur kebudayaan yang dianggap sebagai budaya
universal
|
Level 3
(Penalaran)
|
41
|
|||
|
Peserta didik dapat
menyebutkan tarian daerah yang sangat terkenal dimancanegara
|
Level 2
(Aplikasi)
|
42
|
||
Peran dan fungsi keragaman
budaya
|
Peserta didik dapat
menjelaskan peran dan fungsi keragaman budaya dalam pembangunan nasional
|
Level 1
(Pemahaman)
|
43
|
||
C. Konflik dan
integrasi dalam kehidupan sosial
|
Konflik dalam kehidupan
sosial
|
Peserta didik dapat
menjelaskan pengertian konflik
|
Level 1
(Pemahaman)
|
44
|
|
Peserta didik dapat
mennyebutkan akar dari konflik
|
Level 3
(Penalaran)
|
45
|
|||
Disajikan daftar peserta
didik dapat menjabarkan faktor-faktor penyebab konflik
|
Level 1
(Pemahaman)
|
46
|
|||
Inegrasi sosial
|
Peserta didik dapat
menjelaskan pengertian integritas sosial
|
Level 1
(Pemahaman)
|
47
|
||
Peserta didik dapat
menjelaskan faktor yang mempengaruhi cepat lambatnya proses integrasi
|
Level 1
(Pemahaman)
|
48
|
|||
Peserta didik dapat
menjelaskan integrasi fungsional
|
Level 1
(Pemahaman)
|
49
|
|||
Peserta didik dapat
menjelaskan perngertian asimilasi
|
Level 1
(Pemahaman
|
50
|
Catatan: berdasarkan materi dari Puspendik2017,bahwa dalam menyusun kisi-kisi soal ada 3 (tiga)Level Kognitif:
1.
Level 1 (Pengetahuan/Pemahaman),
terdiri dari C1 dan C2.
2.
Level 2 (Aplikasi)
terdiri dari C3
3.
Level 3
(Penalaran) terdiri dari C4, C5, C6
No comments:
Post a Comment