KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER ( PAS
)
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Satuan
Pendidikan : SMP/MTs Bentuk
Soal : PG
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Sosial
Jumlah Soal : 50 Butir
Kelas/Semester : IX / Ganjil Waktu : 120 menit
Kurikulum
Acuan : Kurikulum 2013 Penyusun : Wiwin Supriyaningsih
KOMPETENSI
DASAR
|
TEMA
|
MATERI
|
INDIKATOR
SOAL
|
LEVEL
KOGNITIF
|
NOMOR
SOAL
|
3.1.
Menerapkan aspek keruangan dan konektivitas antarruang dalam mewujudkan
kesatuan wilayah Nusantara yang mencakup perubahan dan keberlanjutan
kehidupan manusia ( ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik)
|
Tema
1. Potensi dan Upaya Indonesia Menjadi Negara Maju
|
A. Potensi
Lokasi dan Upaya Pemanfaatannya
|
Disajikan
daftar beberapa keuntungan geostrategis Indonesia, peserta didik dapat
mengklasifikasi keuntungan dibidang transportasi.
|
Level
2
(Aplikasi)
|
1
|
Disajikan
daftar pernyataan, peserta didik dapat menganalisis dampak negatif dari
geostrategis Indonesia
|
Level
3
(Penalaran)
|
2
|
|||
Peserta
didik dapat menyebutkan upaya mengambil manfaat dari geostrategis Indonesia
|
Level
1
(Pemahaman)
|
3
|
|||
Disajikan
daftar pernyataan, peserta didik dapat menentukan ciri-ciri iklim tropis.
|
Level
1
(Pemahaman)
|
4
|
|||
B. Potensi
sumber Daya Alam Indonesia
|
Disajikan
daftar Negara yang memiliki hutan yang luas, peserta didik dapat menyebutkan
Negara yang memiliki keanekaragaman hayati hutan yang tinggi.
|
Level
1
(Pemahaman)
|
5
|
||
Disajikan
tabel, peserta didik dapat membedakan hutan konservasi dan hutan lindung.
|
Level
2
(Aplikasi)
|
6
|
|||
Disajikan
tabel, peserta didik dapat menentukan Negara sebagai konsumen tertinggi
minyak bumi.
|
Level
1
(Pemahaman)
|
7
|
|||
Peserta
didik dapat memberikan contoh upaya pemerintah dalam meningkatkan produksi
hasil laut.
|
Level
2
(Aplikasi)
|
8
|
|||
C. Potensi
Sumber Daya Manusia
|
Disajikan
tabel, peserta didik dapat menunjukkan urutan Negara yang memiliki jumlah
penduduk tertinggi di dunia.
|
Level
1
(Pemahaman)
|
9
|
||
Peserta
didik dapat menganalisis keuntungan/kerugian suatu Negara yang memiliki
jumlah penduduk yang tinggi.
|
Level
3
(Penalaran)
|
10
|
|||
Disajikan
tabel, peserta didik dapat memberikan contoh tenaga kerja disektor sekunder.
|
Level
2
(Aplikasi)
|
11
|
|||
D. Potensi
Budaya Indonesia dan Pemanfaatannya
|
Disajikan
gambar rumah adat, peserta didik dapat menyebutkan nama rumah adat tersebut.
|
Leve
1
(pemahaman)
|
12
|
||
Disajikan
gambar tarian daerah, peserta didik dapat menentukan daerah asal.
|
Level
1
(Pemahaman)
|
13
|
|||
Peserta
didik dapat menganalisis manfaat dari
potensi sumber budaya Indonesia.
|
Level
3
(Penalaran)
|
14
|
|||
E. Sarana
dan Prasarana Transportasi di Indonesia
|
Peserta
didik dapat menjelaskan pengertian Jalan Nasional/Jalan Provinsi/Jalan Kota
|
Level
1
(Pemahaman)
|
15
|
||
Peserta
didik dapat mejelaskan pengertian Pelabuhan
Internasional/Nasional/Regional/Lokal
|
Level
1
(Pemahaman)
|
16
|
|||
F. Karakteristik
Negara maju dan Upaya Indonesia Menjadi Negara maju di Dunia
|
Disajikan
daftar pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi karakteristik Negara
maju.
|
Level
1
(Pemahaman)
|
17
|
||
Peserta
didik dapat menyebutkan salah satu upaya Indonesia menjadi negara maju
|
Level
1
(Pemahaman)
|
18
|
|||
G. Contoh
Negara Maju
|
Peserta
didik dapat menunjukkan pulau terbesar di Jepang
|
Level
1
(Pemahaman)
|
19
|
||
Peserta
didik dapat menganalisis dampak letak geologis Negara Jepang
|
Level
3
(Penalaran)
|
20
|
|||
Disajikan
ilustrasi, peserta didik dapat menganalisis prinsip kerja di Jepang yang
digunakan dalam ilustrasi tersebut.
|
Level
3
(Penalaran)
|
21
|
|||
Disajikan
daftar ciri-ciri bentang alam tertentu, peserta didik dapat menentukan nama
bentang alam yang dimaksud.
|
Level
1
(Pemahanan)
|
22
|
|||
Disajikan
ilustrasi, peserta didik dapat menentukan alasan migrasi penduduk eropa ke
Amerika serikat ( politik, ekonomi, agama)
|
Level
2
(Aplikasi)
|
23
|
|||
Peserta
didik dapat menyebutkan masa terjadinya embargo politik Amerika serikat
terhadap Indonesia
|
Level
1
(Pemahaman)
|
24
|
|||
Peserta
didik dapat menunjukkan nama pegunungan di negara Jerman
|
Level
1
(Pemahaman)
|
25
|
|||
KD.3.2.Menelaah perubahan masyarakat Indonesia pada masa pergerakan
kemerdekaan sampai dengan awal reformasi dalam aspek geografis, ekonomi,
budaya, pendidikan dan politik dalam wawasan kebangsaan.
|
Tema
2. Perkembangan Masyarakat Indonesia Menuju Negara Maju
|
A. Perkembangan
Kependudukan
|
Disajikan
tabel, peserta didik dapat menyebutkan tahun dilaksanakan sensus penduduk
setelah Indonesia merdeka.
|
Level
1
(Pemahaman)
|
26
|
Disajikan
daftar pernyataan, peserta didik dapat mengklasifikasi dampak
positif/negative pertumbuhan penduduk.
|
Level
2
(Aplikasi)
|
27
|
|||
Disajikan
ilustrasi, peserta didik dapat menentukan jenis mobilitas sosial pada
peristiwa tersebut.
|
Level
2
(Aplikasi)
|
28
|
|||
Disajikan
pernyataan, peserta didik dapat menentukan faktor pendorong dari desa/penarik
dari kota terjadinya urbanisasi.
|
Level
2
(Aplikasi)
|
29
|
|||
Peserta
didik dapat menunjukkan tujuan program transmigrasi pada masa pendudukan
Jepang di Indonesia.
|
Level
1
(pemahaman)
|
30
|
|||
B. Perkembangan
Politik
|
Peserta
didik dapat menjelaskan tugas dan wewenang KNIP
|
Level
1
(Pemahaman)
|
31
|
||
Peserta
didik dapat menentukan kementarian yang tidak dibentuk oleh PPKI paska
kemerdekaan Republik Indonesia
|
Level
1
(Pemahaman)
|
32
|
|||
Disajikan
daftar, peserta didik dapat menentukan kelengkapan pemerintahan yang dibentuk pada awal kemerdekaan
|
Level
2
(Aplikasi)
|
33
|
|||
Disajikan
tabel, peserta didik dapat memberi contoh bentuk-bentuk pelanggaran terhadap UUD 1945 pada masa Demokrasi Terpimpin
|
Level
2
(Aplikasi)
|
34
|
|||
Disajikan ilustrasi,
peserta didik dapat memberi contoh perkembangan politik pada masa Orde Baru
|
Level
2
(Aplikasi)
|
35
|
|||
Disajikan daftar, peserta
didik dapat memberi contoh pembenahan politik yang dilakukan pada masa
Reformasi
|
Level
2
(Aplikasi
|
36
|
|||
C. Perkembangan
Ekonomi
|
Disajikan tabel, peserta
didik dapat menentukan upaya menghadapi blokade laut yang dilakukan Belanda
pada masa awal kemerdekaan
|
Level
2
(Aplikasi
|
37
|
||
Disajikan daftar, peserta didik dapat
menentukan yang bukan permasalahan
ekonomi pada masa demokrasi liberal/demokrasi terpimpin
|
Level
2
(Aplikasi)
|
38
|
|||
Disajikan daftar, peserta didik dapat
mendeskipsikan faktor kegagalan sistem ekonomi Gerakan Banteng pada masa
demokrasi liberal
|
Level
1
(Pemahaman
|
39
|
|||
Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat
mendeskripsikan perkembangan ekonomi pada masa orde baru
|
Level
1
(Pemahaman
|
40
|
|||
Disajikan daftar, peserta didik dapat
menyebutkan isi Trilogi pembangunan/ Delapan Jalur Pemerataan
|
Level
1
(Pemahaman
|
41
|
|||
Peserta didik dapat menjelaskan tujuan
devaluasi mata uang Rupiah yang dilakukan pada masa Demokrasi
Liberal/Terpimpin
|
Level
2
(Aplikasi)
|
42
|
|||
Peserta
didik dapat memberi contoh upaya pemulihan ekonomi setelah terjadi krisis
ekonomi yang dilakukan pada masa pemerintahan Presiden B.J Habibie
|
Level
2
(Aplikasi)
|
43
|
|||
Peserta didik dapat memberi contoh upaya
pemulihan ekonomi setelah terjadi krisis ekonomi yang dilakukan pada masa
pemerintahan Abdul Rahman Wahid
|
Level
2
(Aplikasi)
|
44
|
|||
Disajikan daftar, peserta didik dapat memberi
contoh upaya pemulihan ekonomi setelah terjadi krisis ekonomi yang dilakukan
pada masa pemerintahan Presiden Megawati
|
Level
2
(Aplikasi)
|
45
|
|||
Disajikan daftar, peserta didik dapat memberi
contoh upaya pemulihan ekonomi setelah terjadi krisis ekonomi yang dilakukan
pada masa pemerintahan Presiden Soesilo Bambang Yudoyono
|
Level
2
(Aplikasi)
|
46
|
|||
Disajikan ilustrasi tentang kondisi ekonomi era
reformasi, peserta didik dapat menentukan nama pemerintahan yang berkuasa
sesuai dengan ilustrasi tersebut.
|
Level
2
(Aplikasi)
|
47
|
|||
D. Perkembangan
Pendidikan
|
Disajikan tabel, Peserta didik dapat menentukan
tingkatan pendidikan pada awal kemerdekaan
|
Level
2
(Aplikasi)
|
48
|
||
Peserta didik dapat menyebutkan pergantian
kurikulum pada masa Reformasi.
|
Level
1
(Pemahaman)
|
49
|
|||
Disajikan ilustrasi, peserta
didik dapat menganalisis perkembangan budaya di Indonesia
|
Level
3
(Penalaran)
|
50
|
No comments:
Post a Comment