KISI-KISI
PENILAIAN AKHIR SEMETER GANJIL KELAS 9
PENDIDIKAN
AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
KURIKULUM
2013
TAHUN
PELAJARAN 2017/2018
Mata
Pelajaran
:Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Pembuat
: Ahmad Saehu
Kelas/Semester : IX/Ganajil Bentuk Soal : 50 Pilihan Ganda
NO
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR SOAL
|
NO. SOAL
|
1
2
3
4
5
6
|
3.6 Memahami makna iman
kepada hari akhir berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar dan
makhluk ciptaannya.
3.1 Memahami Q.S. Az-Zumar (39): 53; Q.S.
An-Najm(53): 39-42; Q.S. Ali Imran (3): 159 tentang optimis, ikhtiar dan
tawakal dan hadits terkait.
3.3
Memahami Q.S. Ali Imran (3) : 77 dan Q.S. Al-Ahzab (33): 70 serta hadits
terkait tentang perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari.
3.5
Memahami Q.S. Al-Baqarah (2) : 83 dan hadits terkait tentang tata krama, sopan-sanntun
dan rasa malu.
4.5
Menyajikan contoh perilaku tata krama,
sopan-santun dan rasa malu.
3.9
Memahami hikmah Qurban dan Aqiqah
3.8
Memahami ketentuan penyembelihan hewan dalam Islam
3.11.1
Memahami sejarah perkembangan Islam di
Nusantara.
3.1 Memahami Q.S. Az-Zumar (39): 53; Q.S.
An-Najm(53): 39-42; Q.S. Ali Imran (3): 159 tentang optimis, ikhtiar dan
tawakal dan hadits terkait.
4.1.1
Membaca Q.S. Az-Zumar (39) :53; Q.S. An-Najm (53) : 39-42; dan Q.S. Ali Imran
(3) : 159 sesuai dengan kaidah tajwid
dan makhrajul huruf
|
§
Iman
Kepada Hari Akhir
§
Q.S. Az-Zumar (39): 53; Q.S.
An-Najm(53): 39-42; Q.S. Ali Imran (3): 159 tentang optimis, ikhtiar dan
tawakal dan hadits terkait
§ Perilaku jujur
§ Tata krama,
sopan-santun, dan Rasa Malu
§ Qurban
dan Aqiqah
§
Ketentuan penyembelihan hewan
§ Perkembangan
Islam di Nusantara
§
Q.S. Az-Zumar (39): 53; Q.S.
An-Najm(53): 39-42; Q.S. Ali Imran (3): 159 tentang optimis, ikhtiar dan
tawakal dan hadits terkait.
§
Ilmu
tajwid (tafkhim dan tarqiq)
|
Peserta
didik dapat menunjukkan pengertian
kiamat.
Peserta
didik dapat menunjukkan peristiwa setelah kiamat
Peserta
didik dapat menunjukkan salah satu contoh kiamat
Peserta
didik dapat menyebutkan dalil naqli tentan g
kiama
Peserta
didik dapat menyebutkan tanda-tanda
kiamat kubra
Perserta
didik dapat menunjukkan peristiwa
setelah kiamat
Peserta
didik dapat menyebutkan dalil naqli
tentang balasan baik dan buruk
Peserta
didik dapat menunjukkan peristiwa setelah
hari kiamat
Peserta
didik dapat menunjukkan hikmah iman kepada hari kiamat
Peserta
didik dapat menunjukkan pengertian optimis
Peserta
didik dapat menunjukkan sikap yang benar orang yang memiliki sifat optimis
Peserta
didik dapat menunjukkan ciri sifat optimis
Pesrta
didik dapat menunjukkan pengertian
ikhtiar
Pesrta
didik dapat meyebutkan contoh ikhtiar
dalam kehidupan sehari-hari
Peserta
didik dapat menunjukkan dalil naqli
tentang ikhtiar
Peserta
didik dapat menyebutkan pengertian tawakal
Pesrta
didik dapat menunjukkan manfaat sifat optimis
Peserta
didik dapat menunjukkan pengertian jujur
Peserta
didik dapat menunjkkan dalil naqli tentang jujur
Peserta
didik dapat menunjukkan pengertian santun
Pesrta
didik dapat menunjukkan macam-macam santun
Peserta
didik dapat menunjukkan pengetian malu
Peserta
didik dapat menunjukkan hadits yang berkaitan dengan sikap malu
Peserta
didik dapat menunjukkan contoh malu
yang benar
Perserta
didik dapat menunjukkan pengertian akikah
Peserta
didik dapat menunjukkan alat
penyembelihan hewan
Peserta
didik dapat menunjukkan waktu penyembelihan hewan kurban.
Pesrta
didik dapat menujukkan
ketentuan hewan akikah bagi anak yang
baru lahir.
Peserta
didik dapat menunjukkan hukum
kurrban
Peserta
didik dapat menunjukkan syarat penyembelih hewan
Peserta
didik dapat menunjukkan hewan kurban
Peserta
didik dapat menunjukkan dalail naqli
tentang kurban
Peserta
didik dapat menujukkan tahun sejarah
masuknya Islam di Nusantara
Peserta
didik dapat menunjukkan nama walisongo yang menyebarkan Agama Islam di Pulau Jawa.
Peserta
didik dapat menunjukkan cara Agama Islam masuk di Nusantara
Peserta
didik dapat menunjukkan sejarah kerajaan Islam Aceh
Peserta
didik dapat menunjukkan sejarah kerajaan Islam Ternate
Pesrta
didik dapat menujukkan sejarah kerajaan Islam Banjar
Peerta
didik dapat menujukkan kerajaan Islam pertam di Pulau Jawa
Peserta
didik dapat menunjukkan sejarah kerajaan Islam di Pulau Jawa.
Peserta
didik dapat menunjukan media dakwah yang digunakan wali Songo dalam
menyampaikan dakwah
Peserta
didik dapat menujukkan sejarah kerajaan Islam Pajang
Peserta
didik dapat menunjukkan nama lafadh Allah
Peserta didik dapat menyebutkan hukum bacaan huruf lam pada lafadh Allah.
Peserta
didik dapat menunjukkan hukum
bacaan ra
Persrta
didik dapat menyebutkan hukum bacaan ra
Peserta
didik dapat mengartikan Q.S.
az-Zumar/39:53
Peserta
didik dapat mengartikan Q.S. ali Imran/3:159
Peserta
didik dapat menunjukkan kandungan Q.S.
az-Zumar/39:53, Q.S. An-Najm/53: 39-42; Q.S. Ali Imran/3: 159.
Peserta
didik dapat menunjukkan isi kandungan Q.S. Az-Zumar/39: 53, Q.S. An-Najm/53: Q.S. ali Imran/3:159
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
41
42
43
44
45
46
47
48
49
50
|
No comments:
Post a Comment