Powered By Blogger

Thursday 7 December 2017

KISI-KISI PENILAIAN  AKHIR SEMETER GANJIL  KELAS 9
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
KURIKULUM 2013
TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Mata Pelajaran          :Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti                                                                         Pembuat         : Ahmad Saehu
Kelas/Semester          : IX/Ganajil                                                                                                                             Bentuk Soal   : 50 Pilihan Ganda


NO


KOMPETENSI DASAR

MATERI

INDIKATOR SOAL

NO. SOAL

1

























2






















3














4




















5






























6





















3.6 Memahami makna iman kepada hari akhir berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar dan makhluk ciptaannya.



























3.1  Memahami Q.S. Az-Zumar (39): 53; Q.S. An-Najm(53): 39-42; Q.S. Ali Imran (3): 159 tentang optimis, ikhtiar dan tawakal dan  hadits terkait.




















3.3 Memahami Q.S. Ali Imran (3) : 77 dan Q.S. Al-Ahzab (33): 70 serta hadits terkait tentang perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari.

3.5 Memahami Q.S. Al-Baqarah (2) : 83 dan hadits terkait tentang tata krama, sopan-sanntun dan  rasa malu.





4.5 Menyajikan contoh perilaku  tata krama, sopan-santun dan  rasa malu.

3.9 Memahami hikmah Qurban dan Aqiqah

3.8 Memahami ketentuan penyembelihan hewan dalam Islam

















3.11.1  Memahami sejarah perkembangan Islam di Nusantara.





























3.1  Memahami Q.S. Az-Zumar (39): 53; Q.S. An-Najm(53): 39-42; Q.S. Ali Imran (3): 159 tentang optimis, ikhtiar dan tawakal dan  hadits terkait.

4.1.1 Membaca Q.S. Az-Zumar (39) :53; Q.S. An-Najm (53) : 39-42; dan Q.S. Ali Imran (3) : 159 sesuai dengan kaidah  tajwid dan makhrajul huruf


§  Iman Kepada Hari Akhir




























§  Q.S. Az-Zumar (39): 53; Q.S. An-Najm(53): 39-42; Q.S. Ali Imran (3): 159 tentang optimis, ikhtiar dan tawakal dan hadits terkait



















§  Perilaku jujur



§  Tata krama, sopan-santun, dan Rasa  Malu









§  Qurban dan  Aqiqah

§  Ketentuan penyembelihan hewan


















§  Perkembangan Islam  di Nusantara





























§  Q.S. Az-Zumar (39): 53; Q.S. An-Najm(53): 39-42; Q.S. Ali Imran (3): 159 tentang optimis, ikhtiar dan tawakal dan hadits terkait.
§  Ilmu  tajwid (tafkhim dan tarqiq)


Peserta didik dapat menunjukkan pengertian  kiamat.


Peserta didik dapat  menunjukkan  peristiwa setelah kiamat

Peserta didik dapat menunjukkan salah satu contoh kiamat

Peserta didik dapat menyebutkan dalil naqli tentan g  kiama

Peserta didik dapat menyebutkan  tanda-tanda kiamat kubra


Perserta didik dapat menunjukkan  peristiwa setelah  kiamat

Peserta didik dapat menyebutkan  dalil naqli tentang balasan baik dan buruk

Peserta didik dapat menunjukkan peristiwa setelah  hari kiamat

Peserta didik  dapat menunjukkan  hikmah  iman  kepada hari kiamat

Peserta didik dapat menunjukkan pengertian optimis

Peserta didik dapat menunjukkan sikap yang benar orang yang memiliki sifat optimis

Peserta didik dapat menunjukkan ciri sifat optimis

Pesrta didik dapat menunjukkan  pengertian ikhtiar

Pesrta didik dapat meyebutkan contoh  ikhtiar dalam  kehidupan sehari-hari

Peserta didik dapat  menunjukkan dalil naqli tentang ikhtiar

Peserta didik dapat menyebutkan pengertian tawakal

Pesrta didik dapat menunjukkan manfaat sifat optimis





Peserta didik dapat menunjukkan pengertian jujur

Peserta didik dapat menunjkkan dalil naqli tentang jujur

Peserta didik dapat menunjukkan pengertian  santun

Pesrta didik dapat menunjukkan  macam-macam  santun

Peserta didik dapat menunjukkan pengetian  malu

Peserta didik dapat menunjukkan hadits yang berkaitan dengan sikap malu

Peserta didik dapat menunjukkan contoh  malu yang benar

Perserta didik dapat menunjukkan pengertian akikah

Peserta didik dapat menunjukkan  alat penyembelihan  hewan

Peserta didik dapat menunjukkan waktu penyembelihan hewan kurban.

Pesrta didik  dapat  menujukkan  ketentuan hewan akikah bagi anak yang  baru lahir.

Peserta didik  dapat menunjukkan  hukum  kurrban

Peserta didik dapat menunjukkan syarat penyembelih hewan

Peserta didik dapat menunjukkan hewan kurban

Peserta didik dapat menunjukkan  dalail naqli tentang kurban

Peserta didik  dapat menujukkan tahun sejarah masuknya Islam di Nusantara

Peserta didik dapat  menunjukkan  nama walisongo yang menyebarkan  Agama Islam di Pulau Jawa.

Peserta didik dapat menunjukkan cara Agama Islam masuk di Nusantara

Peserta didik dapat menunjukkan sejarah kerajaan Islam Aceh

Peserta didik dapat menunjukkan sejarah kerajaan Islam Ternate

Pesrta didik dapat menujukkan sejarah kerajaan Islam Banjar

Peerta didik dapat menujukkan kerajaan Islam pertam di Pulau Jawa

Peserta didik dapat menunjukkan sejarah kerajaan Islam  di Pulau Jawa.

Peserta didik dapat menunjukan media dakwah yang digunakan wali Songo dalam menyampaikan dakwah

Peserta didik dapat menujukkan sejarah kerajaan Islam Pajang


Peserta didik dapat menunjukkan nama lafadh Allah

Peserta  didik dapat menyebutkan hukum  bacaan huruf lam pada lafadh Allah.
Peserta didik dapat menunjukkan hukum  bacaan  ra

Persrta didik dapat menyebutkan hukum bacaan ra

Peserta didik dapat mengartikan  Q.S. az-Zumar/39:53

Peserta didik dapat mengartikan Q.S. ali Imran/3:159

Peserta didik dapat menunjukkan kandungan  Q.S. az-Zumar/39:53, Q.S. An-Najm/53: 39-42; Q.S. Ali Imran/3: 159.

Peserta didik dapat menunjukkan isi kandungan Q.S. Az-Zumar/39: 53, Q.S. An-Najm/53:  Q.S. ali Imran/3:159



1


2


3

4


5



6


7


8


9


10

11


12

13

14


15


16

17





18

19

20

21

22

23


24

25

26


27


28


29

30


31

32


33


34


35


36


37


38


39


40


41


42



43

44

45

46

47

48

49



50























No comments:

Post a Comment