KISI-KISI PENULISAN
SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER GANJIL
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
SATUAN PENDIDIKAN : SMP
MATA PELAJARAN : IPS
Terpadu
KELAS/SEMESTER : IX (Sembilan)/Ganjil
WAKTU :
120 Menit
NO
|
STANDAR KOMPETENSI/ KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PELAJARAN
|
INDIKATOR SOAL
|
PG/
URAIAN
|
No
Soal
|
1.
|
1.
Memahami kondisi perkembangan negara di
dunia.
1.1
Mengidentifikasi ciri-ciri negara berkembang dan negara maju
1.2
Mendes-krepsikan
Perang Dunia II (termasuk penduduk-an Jepang) serta pengaruhnya terhadap
keadaan sosial, ekonomi, dan politik di Indonesia
2.
Memahami usaha mempertahankan
kemerdekaan
2.1
Mengidentifikasi
usaha perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia
2.2
Mendeskripsikan
peristiwa-peristiwa politik dan ekonomi Indonesia pasca pengakuan kedaulatan
3.
Memahami perubahan sosial
budaya.
3.1
Mendeskripsikan perubahan sosial-budaya pada masyarakat.
4.
Memahami
Lembaga Keuangan dan Perdagangan
4.1 Mendeskripsi-kan uangdan lembaga keuangan
|
Negara maju dan berkembang
|
Disajikan beberapa pernyataan , peserta didik dapat
menentukan ciri negara berkembang di bidang ekonomi
|
PG
|
1
|
Disajikan peta benua amerika, siswa dapat
menunjukkan dua negara maju
di benua tersebut
|
PG
|
2
|
|||
Disajikan beberapa gambar permasalahan negara di dunia,
peserta didik dapat menentukan salah satu permasalahan yang terjadi di negara
maju
|
PG
|
3
|
|||
Disajikan sebuah
teks berita yang di unduh dari web CNN Indonesia, peserta didik dapat
menentukan pernyataan yang tidak
sesuai dengan isi berita
|
PG
|
4
|
|||
Perang
Dunia II dan pengaruhnya terhadap Indonesia (1939-1945)
|
Peserta didik dapat menyebutkan salah satu faktor yang
mendorong negara Jepang terlibat dalam Perang dunia kedua
|
PG
|
5
|
||
Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan dampak positif dari masa pendudukan Jepang
di Indonesia
|
PG
|
6
|
|||
Negara maju dan berkembang
|
Disajikan tabel negara-negara di dunia, peserta didik
dapat menentukan beberapa negara yang
termasuk negara berkembang pada tabel tersebut
|
PG
|
7
|
||
Perjuangan mempertahankan kemerdekaan (1945-1949)
|
Peserta didik dapat menentukan jenis serangan yang
dilakukan TNI dalam merebut kota
Yogyakarta dari tangan penjajah
|
PG
|
8
|
||
Disajikan gambar suatu tempat, peserta didik dapat
menentukan nama peristiwa bersejarah yang berlangsung di tempat tersebut
|
PG
|
9
|
|||
|
Peserta didik dapat menentukan faktor yang menyebabkan
terjadinya konflik antara Indonesia-Belanda pada awal kemerdekaan
|
PG
|
10
|
||
Perubahan sosial budaya
|
Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan bentuk
perubahan sosial yang terjadi
|
PG
|
11
|
||
Perjuangan mempertahankan kemerdekaan (1945-1949)
|
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat
menentukan hasil-hasil perundingan
linggarjati
|
PG
|
12
|
||
Uang dan Lembaga Keuangan
|
Disajikan gambar salah satu jenis uang giral, peserta
didik dapat menentukan fungsinya
|
PG
|
13
|
||
Indonesia Pasca pengakuan kedaulatan (1950-1966)
|
Peserta didik dapat menentukan isi dari dekrit presiden
|
PG
|
14
|
||
Perubahan sosial budaya
|
Disajikan ilustrasi tentang perubahan sosial budaya,
peserta didik dapat memilih gambar yang tepat sesuai ilustrasi
|
PG
|
15
|
||
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan
faktor-faktor penyebab perubahan
sosial budaya yang berasal dari dalam
|
PG
|
16
|
|||
Peserta didik dapat menyebutkan nama tokoh
dengan pendapatnya tentang perubahan sosial budaya
|
PG
|
17
|
|||
Peserta didik dapat menentukan suatu istilah
asing tentang perubahan sosial budaya
|
PG
|
18
|
|||
Peserta didik dapat memilih gambar yang tepat tentang
perubahan sosial budaya dalam bidang pertanian
|
PG
|
19
|
|||
Peserta didik dapat menentukan sikap terhadap berbagai
bentuk perubahan sosial budaya di masyarakat
|
PG
|
20
|
|||
|
Peserta didik dapat memberi contoh penghambat perubahan sosial budaya
|
PG
|
21
|
||
Disajikan ilustrasi tentang harga BBM, peserta didik
dapat menentukan pernyataan yang tepat sesuai dengan ilustrasi
|
PG
|
22
|
|||
Uang dan Lembaga Keuangan
|
Disajikan logo sebuah lembaga keuangan, peserta didik
dapat menentukan motto lembaga keuangan tersebut
|
PG
|
23
|
||
|
|
Peserta didik dapat menentukan pengertian dari salah
satu jenis uang giral
|
PG
|
24
|
|
Perdagangan internasional
|
Disediakan tabel valuta asing, peserta didik dapat
menghitung soal berdasarkan nilai kurs
yang berlaku
|
PG
|
25
|
||
|
Disajikan logo sebuah jasa pelayanan Bank, peserta
didik dapat menentukan jenis jasa yang dapat diperoleh masyarakat
|
PG
|
26
|
||
Disajikan sumber dan
penggunaan devisa, peserta didik dapat menentukan sumber devisa negara
|
PG
|
27
|
|||
Disediakan tabel
neraca perdagangan Indonesia, peserta didik dapat menentukan
kesimpulan yang tepat berdasarkan
hasil analisa terhadap tabel tersebut
|
PG
|
28
|
|||
Negara maju dan berkembang
|
Disediakan peta benua Australia, peserta didik dapat
menentukan alasan penentuan sebagai negara maju
|
PG
|
29
|
||
Perjuangan mempertahankan kemerdekaan (1945-1949)
|
Disediakan beberapa pernyataan , peserta didik dapat
menentukan hasil perundingan KMB yang berpengaruh terhadap perkembangan
politik di Indonesia
|
PG
|
30
|
||
Peserta didik dapat menunjukkan gambar tokoh pemimpin delegasi Indonesia dalam
perundingan Linggarjati
|
PG
|
31
|
|||
Perubahan sosial budaya
|
Peserta didik dapat menyebutkan usaha yang dapat dilakukan untuk
menghindari atau meminimalisir dampak negatif
dari perubahan sosial
|
PG
|
32
|
||
|
|
Uang dan Lembaga Keuangan
|
Peserta didik dapat menyebutkan alasan masyarakat primitif mulai meninggalkan sistem barter
|
PG
|
33
|
|
|
Indonesia Pasca pengakuan kedaulatan (1950-1966)
|
Peserta didik dapat menyebutkan bentuk-bentuk
penyimpangan terhadap politik luar negeri Indonesia pada masa demokrasi
terpimpin
|
PG
|
34
|
|
|
Disajikan gambar
suasana pemilu 1955, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang
tepat berdasarkan gambar
|
PG
|
35
|
|
|
|
Uang dan Lembaga Keuangan
|
Disediakan beberapa pernyataan tentang syarat-syarat
benda, peserta didik dapat menentukan
dengan tepat bendayang dapat dijadikan
uang
|
PG
|
36
|
|
|
Disediakan tabel beberapa produk bank, peserta didik
dapat menentukan produk bank perkreditan rakyat
|
PG
|
37
|
|
|
|
Disediakan gambar bank dan ilustrasi tentang bank,
peserta didik dapat menentukan tugas pokok bank tersebut
|
PG
|
38
|
|
|
|
|
Peserta didik dapat menentukan nilai nominal dan nilai
intrinsik mata uang
|
PG
|
39
|
|
|
|
Disediakan beberapa logo bank, peserta didik dapat
menentukan bank milik pemerintah
|
PG
|
40
|
|
|
Perubahan sosial budaya
|
Peserta didik dapat menentukan ciri-ciri perubahan sosial pada masyarakat
|
PG
|
41
|
|
|
Disajikan ilustrasi tentang kontak sosial, peserta didik dapat menentukan
gambar wujud
perubahan budaya akibat adanya kontak dengan budaya lain.
|
PG
|
42
|
|
|
|
Uang dan Lembaga Keuangan
|
Disediakan beberapa pernyataan tentang fungsi uang, peserta didik dapat
menentukan fungsi turunan uang
|
PG
|
43
|
|
|
Disediakan tabel valuta asing, peserta didik dapat
menghitung soal berdasarkan nilai kurs
yang berlaku
|
PG
|
44
|
|
|
|
Perang Dunia II dan pengaruhnya terhadap Indonesia
(1939-1945)
|
Disediakan gambar, peserta didik dapat menentukan nama
tokoh yang sangat berpengaruh pada perang dunia kedua
|
PG
|
45
|
|
|
Uang dan Lembaga Keuangan
|
Peserta didik dapat menentukan logo bank milik pemerintah
yang menangani masalah kartu jakarta pintar
|
PG
|
46
|
|
|
Perubahan sosial budaya
|
Disajikan tujuh unsur kebudayaan, peserta didik dapat
menyebutkan nama tokoh yang mempopulerkannya
|
PG
|
47
|
|
|
Perdagangan Internasional
|
Disajikan diagram batang nilai ekspor hasil perikanan
Indonesia ke Jepang, peserta didik dapat menyimpulkan hasil ekspor dalam
tujuh tahun terakhir
|
PG
|
48
|
|
|
Perdagangan Internasional
|
Disediakan grafik neraca perdagangan, peserta didik
dapat menentukan neraca perdagangan aktif
|
PG
|
49
|
|
|
Indonesia Pasca pengakuan kedaulatan (1950-1966)
|
Disajikan daftar nama operasi, peserta didik dapat
menentukan nama operasi penumpasan PRRI di Sumatra Barat
|
PG
|
50
|
Jakarta, 2 November 2017
Guru IPS Kelas IX
Sri Wahyuni, M.Pd
NIP. 197211202008012009
No comments:
Post a Comment