KISI-KISI SOAL
UUB – SUDIN WILAYAH JAKARTA UTARA
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Jenjang
Sekolah : Sekolah Menengah Pertama
(SMP)
Kelas
/ Semester : VII /
1
Mata Pelajaran : Penjasorkes
Tahun
Pelajaran : 2017/2018
Bentuk Soal : Pilihan Ganda
Jumlah Soal : 50
soal
No. Urut
|
KD
|
Materi / Sub Materi
|
Indikator Soal
|
Nomor
Soal
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1.
|
3.1
Memahami gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan
atau tradisional
|
Permainan bola besar / Sepak bola
|
Disajikan pernyataan
peserta didik dapat mengidentifikasi organisasi sepak bola Indonesia
|
1
|
2.
|
|
|
Disajikan gambar peserta didik
dapat mengidentifikasi nama gerakan pada permainan sepak bola
|
2
|
3.
|
|
|
Disajikan
gambar peserta didik dapat menentukan nama gerakan pada permainan sepak bola
|
3
|
4
|
|
|
Disajikan
pernyataan pesrta didik dapat mengidentifikasi cara menendang untuk operan
bola pendek permainan sepak bola
|
4
|
5
|
|
|
Disajikan
pernyataan peserta didik dapat menidentifikasi cara menahan bola
|
5
|
6.
|
|
|
Disajikan
pernyataan peserta didik dapat menentukan salah satu cara menahan bola
|
6
|
7.
|
|
|
Disajikan
pernyataan peserta didik dapat menentukan gerakan menggiring bola
|
7
|
8.
|
|
|
DIsajikan
pernyataan peserta didik dapat mengidentifikasi tujuan dari gerakan
menggiring bola
|
8
|
9.
|
|
Permainan
bola besar /bola voli
|
Disajikan
beberapa pernyataan peserta didik dapat mengidentifikasi prinsip dasar
permainan bola voli
|
9
|
10
|
|
|
Disajikan
pernyataan peserta didik dapat mengidentifikasi gerakan passing bawah pada
permainan bola voli
|
10
|
11
|
|
|
Disajikan
pernyataan peserta didik dapat mengidentifikasi gerakan yang dipakai untuk
memulai permainan bola voli
|
11
|
12.
|
|
Permainan
bola besar/bola basket
|
DIsajikan
pernyataan peserta didik dapat mengidentifikasi tujuan dari permainan bola
basket
|
12
|
13.
|
|
|
Disajikan
pernyataan peserta didik dapat menentukan nama melempar dan menangkap bola
lurus dengan dada permainan bola basket
|
13
|
14.
|
|
|
Disajikan
pernyataan peserta didik dapat menentukan nama gerakan operan untuk jarak
pendek permaianan bola basket
|
14
|
15.
|
|
|
Disajikan
gambar peserta didik dapat menentukan nama gerakan permainan bola basket pada
gambar disamping
|
15
|
16.
|
|
|
Disajikan
pernyataan peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk gerakan dengan
memantul-mantulkan bola kelantai pada permainan bola basket
|
16
|
17.
|
|
|
Disajikan
pernyataan peserta didik dapat mengidentifikasi gerakan spesifik melempar
bola dari atas kepala pada bola basket
|
17
|
18.
|
|
|
Disajikan
pernyataan peserta didik dapat mengidentifikasi cara melakukan gerakan
spesifik menggiring bola dalam permainan bola basket
|
18
|
19.
|
|
|
Disajikan
beberapa pernyataan peserta didik dapat mengidentifikasi kegunaan menggiring
bola dalam permainan bola basket
|
19
|
20.
|
3.2
memahami gerak spesifik dalam berbagai permainan bola kecil sederhana dan
atau tradisional
|
Permainan
bola kecil/kasti
|
Disajikan
beberapa pernyataan peserta didik dapat mengidentifikasi gerakan bermain
kasti
|
20
|
21.
|
|
|
disajikan
pernyataan peserta didik dapat mengidentifikasi cara menangkap bola dalam
permainan kasti
|
21
|
22.
|
|
Permainan
bola kecil /bulu tangkis
|
Disajikan
gambar peserta didik dapat mengidentifikasi gambar lapangan permainan bulu
tangkis
|
22
|
23.
|
|
|
Disajikan
pernyataan peserta didik dapat menyebutkan pukulan yang sering mendapatkan
angka dalam permainan bulu tangkis
|
23
|
24.
|
|
Permainan
bola kecil/tenis meja
|
Disajikan
gambar peserta didik dapat mengidentifikasi alat pada permainan tenis meja
|
24
|
25.
|
3.3
memahami gerak spesifik jalan, lari, lompat dan lempar dalam berbagai
permainan sederhana dan atau tradisional
|
Aktivitas
atletik/jalan cepat
|
Disajikan
beberapa pernyataan peserta didik dapat mengidentifikasi hal-hal yang harus
dihindari dalam melakukan jalan cepat
|
25
|
26.
|
|
|
Disajikan
beberapa pernyataan peserta didik dapat mengidentifikasi teknik jalan cepat
|
26
|
27
|
|
|
Disajikan
gambar peserta didik dapat mengidentifikasi gerakan lengan pada lari jalan
cepat
|
29
|
28.
|
|
Aktivitas
Atletik/Lari jarak pendek
|
Disajikan
pernyataan siswa dapat mengidentifikasi gerakan aba-aba bersedia pada start
jongkok
|
27
|
29.
|
|
|
Disajikan
pernyataan gambar peserta didik dapat mengidentifikasi gerakan aba-aba ya’
pada start jongkok
|
28
|
30.
|
|
|
Disajikan
pernyataan peserta didik dapat
mengidentifikasi macam-macam start jongkok
|
30
|
31.
|
|
|
Disajikan
beberapa pernyataan peserta didik dapat mengidentifikasi gerak spesifik pada
lari jarak pendek
|
31
|
32.
|
|
|
Disajikan
pernyataan peserta didik dapat menentukan posisi badan pada lari jarak pendek
|
32
|
33.
|
|
|
Disajikan
pernyataan peserta didik dapat menentukan gerakan lengan lari jarak pendek
|
33
|
34.
|
|
|
Disajikan
pernyataan peserta didik dapat menentukan gerak spesifik memasuki garis finish lari jarak pendek
|
34
|
35.
|
|
Aktivitas
Atletik/ Lompat jauh
|
disajikan
gambar peserta didik dapat mengidentifikasi gerakan gambar disamping pada
lompat jauh
|
35
|
36.
|
|
|
Disajikan
pernyataan peserta didik dapat mengidentifikasi gerakan mendarat pada lompat
jauh
|
36
|
37.
|
|
|
Disajikan
pernyataan peserta didik dapat mengidentifikasi panjang lintasan awalan
lompat jauh
|
37
|
38.
|
|
|
Disajikan
pernyataan peserta didik dapat mengidentifikasi awalan dalam lompat jauh
|
38
|
39
|
|
Aktivitas
atletik/Tolak peluru
|
Disajikan
pernyataan peserta didik dapat menentukan gaya tolak peluru
|
39
|
40
|
|
|
Disajikan
pernyataan peserta didk dapat mengidentifikasi cara memegang peluru
|
40
|
41
|
3.4
Memahami gerak spesifik seni beladiri.
|
Aktivitas
beladiri/ Asal-usul pencak silat
|
Disajikan
pernyataan peserta didik dapat menentukan organisasi pencaksilst Indonesia
|
41
|
42
|
3.5
Memahami konsep latihan peningkatan derajat kebugaran jasmani yang terkait
dengan kesehatan (daya tahan,kekuatan,komposisi tubuh, dan kelenturan) dan
pengukuran hasilnya.
|
Aktivitas
Kebugaran/ Bentuk-bentuk tes kebugaran jasmani
|
Disajikan
gambar peserta didik dapat mengidentifikasi gerakan pada gambar beberapa
senam kebugaran sesuai dengan manfaatnya
|
42
|
43
|
|
|
Disajikan
pernyataan peserta didik dapat mengidentifikasi manfaat dari latihan
kebugaran jasmani
|
43
|
44
|
|
|
Disajikan
pernyataan peserta didik dapat mengidentikasi kemampuan otot dalam melakukan
aktivitas
|
44
|
45
|
|
|
Disajikan
gambar peserta didik dapat mengidentifikasi gambar
gerakan
latihan naik palang tunggal
|
45
|
46
|
3.6 Memahami berbagai
keterampilan dasar spesifik senam lantai
|
Aktivitas
Senam /Senam lantai
|
Disajikan
pernyataan peserta didik dapat mengidentifikasi gerakan guling ke depan
|
46
|
47
|
|
|
Disajikan
pernyataan peserta didik dapat mengidentifikasi sikap awal gerakan guling
depan
|
47
|
48
|
|
|
Disajikan pernyataan peserta didik dapat mengidentifikasi
gerakan senam lantai posisi badan gerakan berguling belakang
|
48
|
49
|
3.7 Memahami variasi dan
kombinasi gerak berbentuk rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama
(ketukan) tanpa/dengan musik sebagai
pembentuk gerak pemanasan dalam aktivitas gerak berirama.
|
Aktivitas
gerak berirama
|
Disajikan
pernyataan peserta didik dapat mengidentifiksi sikap awal langkah biasa pada
aktivitas gerak berirama
|
49
|
50
|
|
|
Disajikan
pernyataan peserta didk dapat mengidentifikasi bentuk langkah dalam aktivitas
gerak berirama
|
50
|
No comments:
Post a Comment