KISI-KISI
PENULISAN SOAL UJIAN AKHIR SMESTER GANJIL 2017/2018
Jenjang sekolah :
…SMP Jumlah soal :
50 soal
Mata pelajaran : PPKN Kurikulum :
2013
Kelas/Semester:: [X /5
/Ganjil Penyusun :
.H.ARMANALAMAHFUDI ,M.Pd.
Bentuk Soal : Pilihan Ganda
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator Soal
|
Taksonomi
|
Nomor
Soal
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
|
Memahami
dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup
bangsa.
Perwujudan
Pancasila dari masa ke masa
Perwujudan
Pancasila Sebagai
Dasar
Negara.
Menghayati
isi alenia dan pokok pikiran yang terkandung dalam Pem bukaan UUD
1945
Mempertahankan isi alenia dan pokok pikiran
yang terkandung dalam Pembukaan UUD 1945
Menerapkan
isi alenia dan pokok pokok pikiran
yang terkandung dalam Pembukaan
UUD 1945
Menghargai
ketentuan tentang bentuk dan kedau latan
Negara sesuai dengan Undang undang Dasar Negara Republik Indonesia
Memahami
prinsip prisip kedaulatan sesuai dengan UUD 1945
Mewujudkan
prinsip hukum yang sesuai dengan UUD
1945
erbudi
pekerti luhur sesuai deng an nilai nilai Pancasila.
.
Perwujudan
ber tutur kata, bersi kap dan
berprila ku sesuai dengan nilai nilai Panca sila
|
Memahami
dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara
Pancasila
sebagai pandangan hidup bangsa
Penerapan
Panca sila dari masa ke masa
Dinamika
Pancasila sesuai perkemba ngan jaman .
Perwujudan nilai nilai Pancasila dalam berbagai bidang
kehidupan
Pokok
pikiran dalam Pembukaan Undang undang dasar Negara Republik Indonesia
Makna Alenia Pembukaan Undang undang dasar Negara Republik Indonesia
Makna pokok
pokok pikiran dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia
Sikap
fositif terhadap pokok-pokok piran pembukaan
dalam Pembukaan Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia.
Hakekat dan teori tentang hukum
Prinsip
prinsip kedaultan yang sesuai dengan
Undang Undang Dasar 1945
Melaksanakan
prinsip prinsip hukum yang sesuai
dengan Undang
Undang dasar
Negara Republik Indonesia
Hakekat
bertutur kata,bersikap dan ber prilaku sesuai dengan nilai nilai Pancasila.
Makna
bersikap dan berprilaku sesuai dengan nilai nilai Pancasila.
|
Peerta didik
dapat menjelaskan Alasan Pancasila dijadkan
sebagai dasar Negara
Peserta
didik dapat menjelaskan perwujudan
Pancasila sebagai Pandangan hidup bangsa
Peserta didik
dapat menelaskan contoh rongrongan terhadap Pancasila sebagai dasar Negara
Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat
menunjukan beberapa bentuk
pemberontakan yang bertujuan mengubah Dasar Negara..
Peera didik
dapat menganalisa tokoh tokoh pelaku
makar terhadap berdirinya Negara pada masa Orde lama
Peserta
didik dapat menjelaskan makna setia terhadap Pancasila
Peserta
didik dapat menjelaskan pengertian Ideologi terbuka
Disajikan
pernyataan peserta didik dapat menunjukan
dimesi Ideologi
Terbuka.
Disajikan Rernya taan.Peserta didik dapat meganalisa sikap fositif terhadap Pancasila seba
gai dasar
Negara.
Disajikan
pernyataan Peserta didik dapat
menjelaskan ciri ciri Ideologi
Pancasila
Disajikan
Pernyataan peserta didik
dapat
menunjukan Perwujudan
nilai nilai Pancasila dibidang ekonomi
Disajikan gambar peserta didik dapat menunjukan
nilai nilai Pancasila yang terdapat dalam
kerja bakti/gotong royong.
.
Peserta
didik dapat menjelaskan pentingnya ideology bagi suatu Negara
Peserta
didik dapat menje laskan gam baran dan
suasana Pokok pikiran Pem bukaan UUD 1945
Disajikan
Pernyataan Peserta didik dapat menujukan makna poko pikiran kedua dalam Pembukaan UUD 1945
Peserta
didik dapat menjelaskan hakikat pokok pikiran
Pem bukakaan UUD.1945
Disajikan pernya taan Peserta
didik dapat meng anlisis makna Alenia kedua Pembukaan UUD.1945
Peserta didik dapat menunjukan g Makna pokok
pikiran pertama dalan Pembukaan UUD 1945,
Peserta
didik dapat menjelaskan makna yang
terkandung pada Alenia ke tiga Pembukaan UUD 1945
Disajikan
pernyataan peserta didik dapat meng analisa pernyataan yang menggambarkan makna Pembukaan UUD 1945
Alenia ke tiga
Disajikan
gambar Peserta didik dapat menganalisa
gambar yang menunjuk sikap
posiif sesuai pokok pikiran kedua
Pembukaan UUD 1945
Peserta didik dapat menjelaskan makna pokok pikran yang ke empat dalam Pembukaan UUD 1945.
Disajikan
gambar peserta didik dapat menganalisa
pikiran yang mana yang sesuai dengan
gambar tersebut .
Peserta
didik dapat memberikan contoh yang merupakan gambar an
pokok pikiran pertama Pembukaan
UUD 1945
Peserta didik
dapat menjelaskan arti penting pokok pokok piran Pembukaan UUD 1945
Peserta
didik dapat menjelaskan tugas dan tanggung jawab Warga Ne gara terhadap pokok
pokok pikiran Pembukaan UUD 1945
Disajikan
gambar Peserta didik dapat meng identipikasi makna pokok piran ke empat yang ter dapat dalamPembukaan
UUD 1945.
Peserta
didik dapat memberikan contoh sikap positif terhadap Pokok pikiran ke empat pada pembukaan UUD 1945 di Lingkungan
keluarga
Peserta
didik dapat menje
Laskan sikap
positif pokok pikiran ketiga dalam lingkungan masyarakat.
Peseta
didik dapat menjelaskan Pengertian hukum
Disajikan
pernyataan peserta didik dapat menunukan
unsur unsur hukum
Peserta
didik dapat menjelaskan tujuan adanya
hukum
Disajikan
Pernyataan Peserta didik dapat menunjukan
penggolongan hukum berdasarkan sumbernya
Di
sajikan pernyataan Peserta didik dapat
menganalisa apabila terjadi
peselisihan antar Lembaga negara
Peserta
didik dapat menjelaskan alasan MPR tidak mengubah Pembukaan UUD 1945
Peserta didik
dapat men jelaskan hukum tertulis yang
di kodipikasikan .
Peserta
didik dapat menjelaskan sifat hukum
Di sajikan
pernyataan peserta didik dapat menganalisa
Penggolongan hukum berdasarkan isinya
Peserta
didik dapat menjelaskan arti penting hukum
dalam kehidupan bermasyarakat
dan bernegara.
Peserta
didik dapat memberikan contoh prilaku kepatuhan terhadap hukum di lingkangan
sekolah.
Disajikan
pernyataan Peserta didik
dapat
menunjukan ciri ciri yang berprilaku
sesuai dengan hukum yang berlaku
Disajikan
pernyataan peserta didik dapat menu
jukan prilaku mentaati hukum dalam
lingkaungan masyarakat.
Peserta
didik dapat menjelaskan makna bertutur
kata yang sesuai dengan nilai nilai
Pancasila.
Peserta
didik dapat menjelaskan hakikat bertutur kata, bersikap dan berprilaku sesuai
dengan nilai nilai Pancasila
Peseta didik
dapat. Mem berikan contoh prilaku yang
sesuai dengan nilai nilai Pancasila
pada sila Kema nusiaan yang adil dan beradab.
Disajikan
gambar Peserta didik dapat meng
analisa prilaku yang sesuai dengan
nilai sila sila dari Pancasila
Peserta
didik dapat menjelaskan akibat prilaku yang mencermin kan nilai nilai Pancasila
DIsajikan
pernyataan .Peserta did
dik dapat
menunjukan .arti penting budi pekerti yang sesuai dengan nilai nilai Panca sila di sekolah .Pancasila
Peserta
didik dapat menjelaskan Pengertian kebebasan yang bertanggung jawab
Disajikan
Gambar peserta didik dapat menganalisa tampilan gambar yang sesuai dengan prilaku bertutur kata sesuai nilai nilai Pancasila.
|
C 2
C.2
C.1
C.2
C.3
C.2.
C.2
C.2
C.3
C.2
C.3
C.2
C.2
C.2
C.2
C.1
C.3
C.2
C.2
C.3
C.3
C.2
C.2
C.2
C.2
C.2
C.3
C.2
C.2
C.2
C.2
C.2
C.2
C.3
C.1
C.2
C.3
C.2
C.2
C.3
C.2
C.2
C.2
C.2
C.2
C.2
C.2
C.2
C.2
C,2
|
01
02
03
04
05
06
07
08
09
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40 .
41
42
43
44
45
46
47
48
49
50
|
No comments:
Post a Comment