KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER
Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas IX (Sembilan)
Tahun Pelajaran 2017/1018
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
DAERAH KHUSUS IBUKOTA (DKI)
JAKARTA
KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
JENIS SEKOLAH : SMP ALOKASI WAKTU : 90 MENIT
MATA PELAJARAN : PKn
JUMLAH
SOAL : 50 (LIMA PULUH)
KURIKULUM ACUAN : KTSP BENTUK SOAl :
PILIHAN GANDA
BAHAN KELAS : IX ( Sembilan ) PEMBUAT SOAL : 1. Purwoko (SMPN 143)
2. Yusril (SMPN 266)
No
Urut
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
No.
Soal
|
1
|
1.
Menampilkan partisipasi dalam usaha pembelaan negara
|
1.1 Menjelaskan
pentingnya usaha pembelaan negara
|
Pengertian negara
|
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian negara
|
1
|
|
|
|
Pengertian
warga negara
|
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian warga negara
menurut UU No. 12 Tahun 2006
|
2
|
|
|
|
Tujuan negara RI
|
Di sajikan pernyataan Peserta didik dapat menunjukkan
tujuan negara RI yang tertuang dalam alinea keempat Pembukaan UUD 1945
|
3
|
|
|
|
Fungsi Negara
|
Disajikan 4 kolom, peserta didik dapat menunjukkan 2 kolom yang berisi fungsi negara
|
4
|
|
|
|
Unsur negara
|
Disajikan pernyataan peserta didik dapat menunjukkan unsur-unsur negara
|
5
|
|
|
|
Pengertian upaya bela negara
|
Peserta didik dapat
menjelaskan pengertian upaya pembelaan negara
|
6
|
|
|
|
Pentingnya pembelaan negara
|
Disajikan pernyataan peserta didik dapat menjelaskan alasan
pentingnya upaya pembelaan negara dilakukan oleh setiap warga negara
|
7
|
|
|
|
Perundang-undangan bela negara
|
Disajikan beberapa dasar hukum, peserta didik dapat menunjukkan dasar hukum kewajiban
membela negara bagi setiap warga negara
|
8
|
|
|
|
UUD 1945 pasal 30 ayat 1
|
Disajikan 4 isi
pasal dalam UUD 1945, Peserta didik dapat menunjukkan bunyi pasal 30
ayat 1
|
9
|
|
|
|
UUD 1945 Pasal 27
ayat 3
|
Disajikan gambar bela negara peserta didik dapat
menunjukkan pasal dalam UUD 1945 yang
sesuai gambar tersebut
|
10
|
|
|
|
|
Peserta didik dapat menunjukkan pasal yang mengatur sistem hankamrata
|
11
|
|
|
|
Komponen pertahanan negara
|
Disajikan gambar Hansip peserta didik dapat menunjukkan
komponen pertahanan negara dari gambar tersebut
|
12
|
|
|
1.2 Mengidentifikasi bentuk-bentuk
usaha pembelaan negara
|
Bentuk-bentuk usaha pembelaan
negara .
|
Disajikan 4 pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan 2 contoh bentuk-bentuk
usaha pembelaan negara
|
13
|
|
|
|
Sistem Hankamrata
|
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian sistem
hankamrata
|
14
|
|
|
|
Bentuk-bentuk ancaman terhadap
bangsa dan negara
|
Disajikan 5 Pernyataan, Peserta didik dapat menunjukan 4 bentuk ancaman terhadap bangsa dan negara
yang datang dari dalam negeri
|
15
|
|
|
|
|
Disajikan 5 Pernyataan, Peserta didik dapat menunjukan 4 bentuk ancaman terhadap bangsa dan negara yang
bersifat militer
|
16
|
|
|
|
Pengertian pertahanan negara
|
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian pertahanan
negara sesuai UU No.. 3 tahun 2002.
|
17
|
|
|
|
|
Disajikan pernyataan peserta didik dapat menunjukkan 3
tugas Polisi
|
18
|
|
|
|
Wawasan nusantara
|
Peserta didik dapat menjelaskan
makna satu kesatuan hankam dalam wawasan nusantara
|
19
|
|
|
1.3 Menampilkan
peran serta dalam usaha pembelaan negara
|
Bentuk partisipasi usaha bela Negara
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan
bentuk
partisipasi dalam usaha bela negara di lingkungan masyarakat
|
20
|
|
|
|
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan
partisipasi usaha bela negara sesuai profesi.
|
21
|
|
|
|
|
Peserta didik dapat menunjukkan sikap
kecintaan terhadap negara RI sebagai wujud upaya bela negara
.
|
22
|
|
|
|
Partisipasi bela negara
|
Disajikan 4 gambar, peserta didik dapat menunjukkan gambar yang
mencerminkan bentuk partisipasi masyarakat dalam bela negara.
|
23
|
|
|
|
Sikap warga negara, jika negara diserang musuh.
|
Disajikan 4
pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan 3 sikap yang terbaik
sebagai warga negara jika negara diserang
musuh
|
24
|
|
|
|
Keikutsertaan warga negara dalam pembelaan
negara
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menunjukan keikutsertaan warga
negara dalam usaha pembelaan
negara.
menurut pasal 9 ayat 2 UU nomor 3 tahun 2002.
|
25
|
2
|
Memahami pelaksanaan otonomi daerah
|
2.1 Mendeskripsikan
Pengertian otonomi daerah
|
Pengertian Otonomi Daerah.
|
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian otonomi daerah
|
26
|
|
|
|
Pentingnya pelaksanaan otonomi
daerah
|
Peserta didik dapat menjelaskan tujuan otonomi daerah
|
27
|
1.
|
|
|
.
Perundang-undangan Otonomi daerah
|
Disajikan perundang-undangan, Peserta didik dapat
menunjukkan Undang-Undang yang merupakan landasan hukum tentang pelaksanaan otonomi daerah
|
28
|
2.
|
|
|
Azas-azas Otonomi daerah
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan 3
azas otonomi daerah
|
29
|
3.
|
|
|
|
Peserta didik dapat menjelaskan azas dekonsentrasi dalam otonomi daerah
|
30
|
4.
|
|
|
Kewenagan dalam otonomi daerah
|
Disajikan 4 kolom data, Peserta didik dapat menunjukan 2 kolom yang berisi
kewenangan pemerintah pusat dalam otonomi daerah
|
31
|
|
|
|
Pemekaran daerah
otonomi
|
Disajikan 6 pernyataan, peserta didik dapat menunjukan 3 syarat pemekaran daerah otonomi
|
32
|
|
|
|
Provinsi hasil pemekaran
setelah adanya otonomi daerah
|
Disajikan 4 kolom yang berisi provinsi di Indonesia, peserta
didik dapat menunjukkan 2 kolom berisi provinsi yang dimekarkan setelah adanya otonomi daerah
|
33
|
|
|
|
|
Disajikan pernyataan peserta didik dapat menunjukkan
dampak negatif otonomi daerah
|
34
|
|
|
|
Pengertian pemerintah daerah
|
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian pemerintah daerah menurut perundang-undangan.
|
35
|
|
|
|
|
Disajikan 4 kolom yang berisi provinsi di Indonesia, peserta
didik dapat menunjukkan 2 kolom berisi provinsi yang diberikan otonomi khusus
dalam pelaksanaan otonomi daerah
|
36
|
|
|
|
Hak-hak DPRD
|
Disajikan 4 kolom
yang berisi
hak, peserta didik dapat menunjukan 2 kolom yang berisi hak yang dimiliki DPRD
|
37
|
|
|
|
Tugas dan wewenang Kepala Daerah
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan 3
tugas dan wewenang Kepala Daerah
|
38
|
|
|
|
Lembaga eksekutif
|
Disajikan 4 kolom
beberapa jabatan di daerah, peserta didik dapat mnenunjukkan 2 kolom
lembaga eksekutif.
|
39
|
|
|
|
Fungsi DPRD.
|
Disajikan 4 pernyataan, peserta didik dapat menjelaskan
2 fungsi legislasi bagi DPRD
|
40
|
|
|
|
Peraturan daerah.
|
Peserta didik dapat menunjukkan lembaga yang mengesahkan Perda
|
41
|
|
|
2.2 Menjelaskan Pentingnya
partisipasi masyarakt dalam perumusan kebijakan publik di daerah
|
Perumuskan kebijakan publik di
daerah .
|
Peserta didik dapat menjelaskan pentingnya partisipasi
masyarakat dalam merumuskan kebijakan
publik di daerah
|
42
|
|
|
|
|
Disajikan 5 pernyataan , Peserta didik dapat menunjukan 2 hal yang perlu diperhatikan
pemerintah dalam membuat kebijakan publik
|
43
|
|
|
|
Dampak negatif kebijakan
|
Disajikan 5 pernyataan, Peserta didik dapat menunjukan
4 dampak negatif kebijakan publik jika tidak sesuai dengan aspirasi masyarakat
|
44
|
|
|
|
Partisipasi aktif
rakyat dalam perumusan kebijakan publik .
|
Peserta didik dapat menunjukkan partisipasi aktif rakyat dalam
perumusan kebijakan publik
|
45
|
|
|
|
|
Peserta didik dapat menunjukan contoh partisipasi aktif masyarakat bila kebijakan publik
di daerah tidak aspiratif
|
46
|
|
|
|
Peran serta masyarakat dalam
pelaksanaan otonomi daerah
|
Disajikan 5
pernyataan, peserta didik dapat menunjukan 3 contoh peran serta masyarakat
dalam pelaksanaan otonomi daerah
|
47
|
|
|
|
Keberhasilan pembangunan daerah dalam otonomi daerah
|
Peserta didik dapat menunjukan pihak yang bertanggung
jawab terhadap keberhasilan pembangunan daerah dalam otonomi daerah
|
48
|
|
|
|
Konsekwensi akibat ketidak
aktifan masyarakat dalam perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik.
|
Disajikan 5 pernyataan, peserta didik dapat menunjukan 3
konsekwensi
akibat ketidak aktifan masyarakat dalam perumusan dan pelaksanaan kebijakan
publik
|
49
|
|
|
|
Langkah aktif masyarakat dalam
memecahkan masalah pelaksanaan otonomi daerah
|
Peserta didik dapat menunjukan langkah aktif masyarakat
dalam memecahkan masalah dalam
pelaksanaan otonomi daerah
|
50
|
No comments:
Post a Comment