Powered By Blogger

Thursday, 7 December 2017

KISI KISI PENULISAN SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN  2017/2018

Jenjang Sekolah               :               Sekolah  Menengah  Pertama (SMP)                                                      Tahun Pelajaran               :                2017 /2018
Kelas / Semester             :               VII / 1                                                                                                                    Bentuk Soal                        :                Pilihan Ganda
Mata Pelajaran                 :               Matematika                                                                                                       Jumlah Soal                        :                40
No. Urut
KOMPETENSI DASAR
MATERI / SUB MATERI
INDIKATOR SOAL
NOMOR SOAL

3.1. siswa mampu menjelaskan dan menentukan urutan pada bilangan bulat (positif dan negatif) dan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen);

Mengurutkan dan membandingkan bilangan bulat dan pecahan

Peserta didik dapat membandingkan dua bilangan  bulat
1
Diberikan  4 buah angka, peserta didik dapat menentukan  selisih bilangan terbesar dan terkecil  yang disusun dari angka angka tersebut

2
Peserta didik dpat menentukan tanda pertidaksamaan antara dua pecahan

7
Peserta didik dapat menentukan urutan pecahan (decimal, persen atau pecahan biasa ) dari yang terbesar ke yang terkecil atau sebaliknya

8
3.2 Menjelaskan dan melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi
Operasi Bilangan Bulat


Peserta didik dapat menentukan  hasil  operasi  penjumlahan bilangan bulat



3
Peserta didik dapat menentukan hasil  operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat berbentuk deret  biangan sederhana


4




Peserta didik dapat menentukan hasil  operasi  gabungan ( penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian ) pada bilangan bulat

5
Diberikan 4 pernyataan , peserta didik dapat menentukan sifat operasi  hitung yang melibatkan bilangan   bulat

6
Persta didik dapat menentukan hasil  operasi perkalian bilangan pecahan

9
Peserta didik dapat menentukan hasil  operasi  gabungan ( penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian ) pada bilangan  pecahan

10
Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan  KPK atau FPB

13
Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan  operasi bilangan  pecahan

15
3
3.3.menjelaskan dan menentukan representasi bilangan bulat besar sebagai bilangan berpangkat bulat positif;

Bilangan berpangkat


Peserta didik menyatakan  sebuah bilanganBilangan sebagai hasil kali faktor-faktor primanya
11
Peserta didik dapat menentukan hasil bilangan berpangkat

12
Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang melibatkan operasi bilangan bulat


14
4
3.4 Menjelaskan himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan kosong, komplemen himpunan, dan melakukan operasi biner pada himpunan menggunakan masalah kontekstual
Menyatakan himpunan atau bukan himpunan
Peserta didik dapat mengidentifikasi  suatu kumpulan yang merupakan himpunan .
16
Cara menyajikan himpunan
Peserta didik dapat menyajikan himpunan dengan notasi pembentuk himpunan

17
Kardinalitas
Peserta didik dapat menentukan  kardinalitas dari suatu himpunan

18
Himpunan bagian
Peserta didik dapat menentukan  himpunan bagian dari suatu himpunan

19
Operasi himpunan
Peserta didik dapat menentukan operasi himpunan (gabungan, irisan , seliasih atau komplemen)  dari dua himpunan

20,21,23
Disajikan sebuah diagram venn, operasi himpunan (gabungan, irisan , seliasih atau komplemen) dari dua himpunan


22
Peserta didik dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan operasi himpunan

24-25
5
3.5. Menjelaskan bentuk aljabar dan melakukan operasi pada bentuk aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian)
Suku sejenis
Peserta didik dapat menenentukan suku sejenis
26







Operasi bentuk aljabar
Peserta didik  menyelesaikan operasi  bentuk aljabar


27 , 29 dan 32
Peserta didik  menyederhanakan bentuk pecahan aljabar
28 dan 30
Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang melibatkan operas  bentuk  aljabar

31 dan 33
6
siswa mampu menjelaskan persamaan dan pertidaksamaan linear satu  variabel dan penyelesaiannya.
Persamaan linear satu variabel
Peserta didik dapat menetukan penyelesaian dari persamaan linear satu variabel


34, dan 35



Peserta didik dapat menetukan penyelesaian dari persamaan linear satu variable pecahan albar

36



Peserta didik dapat menetukan penyelesaian dari pertidak samaan linear satu variabel

37



Peserta didik dapat menetukan penyelesaian dari pertidak samaan linear satu variable   dalam bentuk pecahan

38



Peserta didik dapat menentukan bentuk  persamaan linear satu variable dari masalah sehari hari


39



Dibeikan ukuran bangun datar yang diperlukan ,  dalam bentuk aljabar peserta didik dapat menentukan panjang  salah satu sisi bangun datar tersebut
40






No comments:

Post a Comment