KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL
SMP JAKARTA
UTARA
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Jenjang
Sekolah : Sekolah
Menengah Pertama (SMP) Tahun
Pelajaran : 2017/2018
Kelas
/ Semester : VII /
1 Bentuk Soal : Pilihan Ganda
Mata Pelajaran : Seni Budaya Jumlah Soal : 50
No. Urut
|
KOPETENSI DASAR
|
Materi / Sub Materi
|
Indikator Soal
|
Nomor
Soal
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
Mendeskripsikan keunikan flora, fauna,
dan alam benda Indonesia
|
Defini gambar
|
Disajikan
pernyataan peserta didik mampu menentukan definisi gambar
|
1
|
2
|
Mendeskripsikan keunikan flora, fauna,
dan alam benda Indonesia
|
Pengertian menggambar
|
Disajikan
pernyataan peserta didik mampu menentukan kegiatan menggambar
|
2
|
3
|
Mengekspresikan diri melalui gambar
flora, fauna, dan alam benda
|
Motif ragam hias
|
Disajikan
gambar, peserta didik mampu mengidentifikasi motif ragam hias
|
3
|
4
|
Mengekspresikan diri melalui gambar
flora, fauna, dan alam benda
|
Obyek
menggambar
|
Disajikan pernyataan, peserta
didik mampu mengidentifikasi obyek atau model gambar dari alam.
|
4
|
5
|
Mengekspresikan diri melalui gambar flora, fauna,
dan alam benda
|
Teknik
Menggambar
|
Disajikan pernyataan, peserta
didik mampu menentukan unsur-unsur dalam menggambar benda
|
5
|
6
|
Mengekspresikan diri melalui gambar flora, fauna,
dan alam benda
|
Media Gambar
|
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu
mengidentifikasi media gambar
|
6
|
7
|
Mengekspresikan diri melalui gambar flora, fauna,
dan alam benda
|
Unsur unsur menggambar
|
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu
mengidentifikasi unsur menggambar
|
7
|
8.
|
Mengekspresikan diri melalui gambar flora, fauna,
dan alam benda
|
Komposisi
|
Disajikan sebuah gambar, peserta didik mampu
menentukan salah satu bentuk
komposisi.
|
8
|
9.
|
Mengekspresikan diri melalui gambar flora, fauna,
dan alam benda
|
Langkah-langkah dalam menggambar
|
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu
menentukan tahapan-tahapan menggambar flora yang tepat
|
9
|
10
|
Mengekspresikan diri melalui gambar flora, fauna, dan
alam benda
|
Ragam hias
flora dan fauna serta geometrik
|
Disajikan
gambar, peserta didik mampu menentukan
tahapan menggabar flora
|
10
|
11
|
Mengekspresikan diri melalui gambar flora, fauna,
dan alam benda
|
Ragam hias
flora dan fauna serta geometrik
|
Disajikan
gambar, peserta didik mampu menentukan
bentuk ragam hias
|
11
|
12
|
Memahami konsep dan prosedur meggambar gubahan flora dan fauna serta geometris menjadi
ragam hias
|
Ragam hias
flora dan fauna serta geometrik
|
Disajikan
gambar, peserta didik mampu menentukan
bentuk ragam hias
|
12
|
13
|
Memahami konsep dan prosedur meggambar gubahan flora dan fauna serta geometris menjadi
ragam hias
|
Menggambar bentuk
|
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu
mengidentifisi menggambar bentuk
|
13
|
14
|
Memahami konsep dan prosedur meggambar gubahan flora dan fauna serta geometris menjadi
ragam hias
|
Macam-macam
menggambar
bentuk
|
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu
mengidentifisi menggambar bentuk
|
14
|
15
|
Memahami konsep dan prosedur meggambar gubahan flora dan fauna serta geometris menjadi
ragam hias
|
Macam-macam
menggambar
bentuk
|
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu
mengidentifisi menggambar bentuk
|
15
|
16
|
Memahami konsep dan prosedur meggambar gubahan flora dan fauna serta geometris menjadi
ragam hias
|
Macam-macam
menggambar
bentuk
|
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu
mengidentifisi contoh menggambar bentuk bebas
|
16
|
17
|
Memahami konsep dan prosedur meggambar gubahan flora dan fauna serta geometris menjadi
ragam hias
|
Macam-macam
menggambar
bentuk
|
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menentukan prinsip-prinsip menggambar alam
benda
|
17
|
18
|
Mengidentifikasi keragaman lagu dan
musik daerah sebagai warisan budaya indonesia.
|
Lagu daerah
|
Disajikan
potongan lagu, peserta didik mampu melengkapi syair aslah satu lagu daerah
|
18
|
19
|
Mengidentifikasi keragaman lagu dan
musik daerah sebagai warisan budaya indonesia.
|
Lagu daerah
|
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menentukan ciri-ciri lagu daerah
|
19
|
20
|
Mengidentifikasi keragaman lagu dan
musik daerah sebagai warisan budaya indonesia.
|
Lagu daerah
|
Disajikan
cuplikan syair lagu, peserta didik mampu mngidentifikasi judul lagu daerah
|
20
|
21
|
Mengidentifikasi keragaman lagu dan
musik daerah sebagai warisan budaya indonesia.
|
Lagu daerah
|
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menentukan keunikan lagu daerah
|
21
|
22
|
Mengidentifikasi keragaman lagu dan
musik daerah sebagai warisan budaya indonesia.
|
Melodi, akord dan harmoni
|
Disajikan
pernyataan, peserta didik dapat menentukan iringan harmoni dalam lagu
|
22
|
23
|
Mengidentifikasi keragaman lagu dan
musik daerah sebagai warisan budaya indonesia.
|
Teknik pernafasan
|
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menentukan teknik pernafasan dalam bernyanyi
|
23
|
24
|
Mengidentifikasi keragaman lagu dan
musik daerah sebagai warisan budaya indonesia.
|
Teknik Vokal dan Organ Suara
Manusia
|
Disajkan
pernyataan peserta didik mampu menentukan jenis-jenis pernafasan
|
34
|
25
|
Mengidentifikasi keragaman lagu dan
musik daerah sebagai warisan budaya indonesia.
|
Teknik Vokal dan Organ Suara
Manusia
|
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menentukan instrumen getar pada vocal manusia
|
24
|
26
|
Mengidentifikasi keragaman lagu dan
musik daerah sebagai warisan budaya indonesia.
|
Teknik Vokal dan Organ Suara
Manusia
|
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menentukan penyajian vocal penyanyi
|
30
|
27
|
Menyanyikan
lagu dengan berlatih teknik vokal, sesuai dengan gaya serta isi lagu,
|
Lagu wajib nasional
|
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu mengidentifikasi lagu wajib nasional
|
25
|
28
|
Menyanyikan
lagu dengan berlatih teknik vokal, sesuai dengan gaya serta isi lagu,
|
Lagu wajib nasional
|
Disajikan
judul lagu wajib, peserta didik mampu
menentukan penciptanya.
|
26
|
29
|
Menyanyikan
lagu dengan berlatih teknik vokal, sesuai dengan gaya serta isi lagu,
|
Lagu wajib nasional
|
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu mengidentifikasi unsur-unsur musik
|
27
|
30
|
Menyanyikan
lagu dengan berlatih teknik vokal, sesuai dengan gaya serta isi lagu,
|
Teknik bernyanyi
|
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menentukan teknik mencuri nafas dalam
bernyanyi
|
28
|
31
|
Menyanyikan
lagu dengan berlatih teknik vokal, sesuai dengan gaya serta isi lagu,
|
Teknik bernyanyi
|
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menentukan teknik dalam bernyanyi
|
29
|
32
|
Menyanyikan
lagu dengan berlatih teknik vokal, sesuai dengan gaya serta isi lagu,
|
Teknik bernyanyi
|
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menentukan menyusun ulang lagu
|
31
|
33
|
Menyanyikan
lagu dengan berlatih teknik vokal, sesuai dengan gaya serta isi lagu,
|
Menyanyi unisono
|
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menentukan bernyanyi dengan unisono
|
33
|
34
|
Memainkan alat musik melodis
lagu daerah sesuai dengan gaya dan isi lagu.
|
Memainkan musik ansambel lagu-lagu
daerah di indonesia,
|
Disajikan
gambar, peserta didik mampu menentukan
daerah asal alat musik tradisional.
|
35
|
35
|
Memainkan alat musik melodis
lagu daerah sesuai dengan gaya dan isi lagu.
|
Memainkan musik ansambel
lagu-lagu daerah di indonesia,
|
Disajikan
gambar, peserta didik mampu mengidentifikasi nama alat musik tradisional
|
36
|
36
|
Memainkan alat musik melodis
lagu daerah sesuai dengan gaya dan isi lagu.
|
Memainkan musik ansambel
lagu-lagu daerah di indonesia,
|
Disajikan
gambar, peserta didik mampu mengidentifikasi asal daerah musik tradisional.
|
37
|
37
|
Memainkan alat musik melodis
lagu daerah sesuai dengan gaya dan isi lagu.
|
Alat
musik di Indonesia
|
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu mengidentifikasi alat musik melodis.
|
31
|
38
|
Memainkan alat musik melodis
lagu daerah sesuai dengan gaya dan isi lagu.
|
Alat
musik di Indonesia
|
Disajikan
gambar, peserta didik mampu mengidentifikasi teknik memainkan alat musik.
|
38
|
39
|
Memainkan alat musik melodis
lagu daerah sesuai dengan gaya dan isi lagu.
|
Alat
musik di Indonesia
|
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu mengidentifikasi alat musik keroncong
|
39
|
40
|
Memainkan alat musik melodis
lagu daerah sesuai dengan gaya dan isi lagu.
|
Alat
musik di Indonesia
|
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu mengidentifikasi alat musik medolis.
|
43
|
41
|
Memainkan alat musik melodis
lagu daerah sesuai dengan gaya dan isi lagu.
|
Alat
musik di Indonesia
|
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menentukan alat musik berdasarkan cara
memainkannya.
|
44
|
42
|
Memainkan alat musik melodis
lagu daerah sesuai dengan gaya dan isi lagu.
|
Unsur-unsur
Musik
|
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menentukan nama tempat untuk meletakkan not
balok.
|
40
|
43
|
Memainkan alat musik melodis
lagu daerah sesuai dengan gaya dan isi lagu.
|
Unsur-unsur
Musik
|
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu mengidentifikasi jarak antar nada
|
41
|
44
|
Memainkan alat musik melodis
lagu daerah sesuai dengan gaya dan isi lagu.
|
Unsur-unsur
Musik
|
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menentukan ketepatan bunyi tiap nada
|
42
|
45
|
Mengidentifikasi elemen gerak
tari berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga
|
Jenis
tarian
|
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu mengidentifikasi jenis tarian
|
45
|
46
|
Mengidentifikasi elemen gerak
tari berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga
|
Jenis
tarian
|
Disajikan
nama tarian daerah, peserta didik mampu menentukan asal daerahnya
|
48
|
47
|
Melakukan gerak tari dengan
menerapkan ruang, waktu, dan tenaga sesuai dengan iringan
|
Musik
pengiring Tarian
|
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menentukan fungsi musik pengiring tarian.
|
46
|
48
|
Mengidentifikasi elemen gerak
tari berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga
|
Pola
lantai
|
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu
menentukan pola lantai dalam tarian.
|
47
|
49
|
Mendeskripsikan elemen gerak
tari berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga
|
Unsur
pendukung tari
|
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu mengidentifikasi unsur pendukung dalam seni
tari.
|
49
|
50
|
Melakukan asosiasi elemen gerak
tari berdasarkan ruang, waktu, dan
tenaga dengan sikap dan sosial
budaya masyarakat
|
Unsur
gerak tari
|
Disajikan
pernyataan, peserta didik dapat menentukan faktor yang membedakan gerak tari.
|
50
|
No comments:
Post a Comment