KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER
JENJANG : SMP
KELAS/SEMESTER :
VII / 1
TAHUN
PELAJARAN : 2017 – 2018
NO
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
/ SUB MATERI
|
INDIKATOR
SOAL
|
NOMOR
SOAL
|
1
|
3.1.
Menerapkan konsep pengukuran berbagai
besaran dengan menggunakan satuan
standard (baku)
4.1.
Menyajikan data hasil pengukuran dengan
alat ukur yang sesuai pada diri
sendiri,
makhluk hidup lain, dan benda-benda di
sekitar dengan menggunakan satuan tak
baku dan satuan baku
|
Pengukuran
|
Peserta
didik dapat membedakan besaran dan bukan besaran jika diberikan beberapa
pernyataan
|
1
|
Peserta
Didik dapat melakukan pengukuran besaran waktu jika diberikan gambar
stopwatch
|
2
|
|||
Peserta
didik dapat melakukan pengukuran besaran volume jika diberikan gambar .
|
3
|
|||
Besaran
Pokok
|
Peserta
didik dapat menentukan besaran pokok jika diberikan data hasil pengamatan
|
4
|
||
Peserta
didik dapat menyebutkan macam-macam besaran pokok beserta satuannya jika
diberikan tabel berbagai besarn
|
5
|
|||
Besaran
Turunan
|
Peserta
Didik dapat menyebutkan macam-macam besaran turunan beserta satuannya jika
diberikan tabel berbagai besaran
|
6
|
||
2
|
3.2.
Mengklasifikasikan makhluk hidup dan
benda berdasarkan karakteristik yang
diamati
4.2.
Menyajikan hasil pengklasifikasian
makhluk hidup dan benda di lingkungan
sekitar berdasarkan karakteristik yang
diamati
|
Membedakan
makhluk hidup dan tak hidup
|
Peserta
didik dapat menyebutkan salah satu ciri makhluk hidup jika diberikan gambar
aktivitas makhluk hidup
|
7
|
Kunci
determinasi
|
Peserta
didik dapat menentukan kunci determinasi hewan jika diberikan data kunci
determinasi
|
8
|
||
Mikroskop
|
Peserta
didik dapat mengurutkan langkah penggunaan mikroskop yang benar jika
diberikan gambar mikroskop
|
9
|
||
Mengelompokkan
makhluk hidup berdasarkan prinsip klasifikasi
|
Peserta
didik dapat menyebutkan urutan takson pada hewan jika diberikan nama takson
|
10
|
||
Peserta
didik dapat menentukan kelompok hewan jika diberikan ciri-cirinya
|
11
|
|||
Peserta
didik dapat menentukan hewan-hewam yang satu kelompok jika diberikan data
beberapa hewan
|
12
|
|||
Peserta
didik dapat menyebutkan ciri-ciri tumbuhan monokotil jika diberikan beberapa
pernyataan
|
13
|
|||
3
|
3.3.
Menjelaskan konsep campuran dan zat
tunggal (unsur dan senyawa), sifat
fisika
dan kimia, perubahan fisika dan kimia
dalam kehidupan sehari-hari.
4.3.
Menyajikan hasil penyelidikan atau karya
tentang sifat larutan, perubahan
fisika dan
perubahan kimia, atau pemisahan
campuran.
|
Karakteristik
materi, unsur, senyawa dan campuran
|
Peserta
didik dapat menentukan kelompok unsur jika diberikan data
|
14
|
Peserta
didik dapat menentukan campuran heterogen jika diberikan beberapa contoh
campuran
|
15
|
|||
Campuran
dan sifat larutan asam basa
|
Peserta
didik dapat menentukan larutan yang diuji dengan kertas lakmus jika diberikan
data hasil pengamatan
|
16
|
||
Peserta
didik dapat menentukan manfaat dari reaksi penetralan
|
17
|
|||
Pemisahan
campuran
|
Peserta
didik dapat menentukan jenis pemisahan campuran jika diberikan data
macam-macam campuran
|
18
|
||
Sifat
fisika dan sifat kimia
|
Peserta
didik dapat menyebutkan sifat kimia jika diberikan beberapa pernyataan.
|
19
|
||
Perubahan
fisika dan perubahan kimia
|
Peserta
didik dapat menentukan perubahan kimia jika diberikan beberapa contoh
perubahan materi
|
20
|
No comments:
Post a Comment