KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL
TAHUN 2017/2018
Jenjang Pendidikan : SMP Mata
Pelajaran :
Matematika
Bentuk Soal :
Pilihan Ganda Alokasi
Waktu : 120
menit
Kelas/Semester : IX/ Ganjil Jumlah Soal :
40 butir
Kurikulum : Kurikulum 2013 Penyusun :
MGMP Matematika Kec. Cilincing
Maryam,S.Pd
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Tingkat kesulitan
|
Nomor soal
|
1
|
3.1
Memahami sifat-sifat
bilangan berpangkat dan bentuk akar dalam suatu permasalahan
|
Bilangan Berpangkat
|
Peserta didik dapat mengubah bentuk akar ke
dalam bilangan berpangkat
|
level
C 3
|
1
|
Peserta didik dapat menentukan nilai bilangan
berpangkat pecahan dari perpangkatan pecahan
|
level
C1
|
2
|
|||
Peserta didik dapat menentukan hasil perkalian
dari bilangan berpangkat bulat
|
level
C 2
|
3
|
|||
Peserta didik dapat menentukan hasil operasi perkalian
dan pembagian bilangan berpangkat
|
level
C 3
|
4
|
|||
Peserta didik dapat menyelesaikan permasalahan
yang berkaiatan dengan bilangan berpangkat
|
level
C 3
|
5
|
|||
2
|
3.2.
Memahami operasi aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat
bulat dan bentuk akar
|
Bentuk Akar
|
Peserta didik dapat menentukan hasil operasi
penjumlahan dan pengurangan bentuk akar
|
level
C 2
|
6
|
Jika diketahui x = a√b , y = c√d , dan z = e√f ,
maka peserta didik dapat menyederhanakan bentuk x2 + yz – z2
, dengan a, b, c, d, e, f
|
level
C 3
|
7
|
|||
Peserta didik dapat merasionalkan penyebut
pecahan bentuk
|
level
C 2
|
8
|
|||
3
|
3.10. Menerapkan pola dan generalisasi untuk membuat prediksi
|
Pola Bilangan
|
Peserta didik dapat n bilangan berikutnya dari
suatu pola bilangan
|
level C1
|
9
|
Diberikan gambar suatu pola bilangan, maka
peserta didik dapat menentukan pola ke-n
|
level
C 1
|
10
|
|||
Barisan dan Deret Bilangan
|
Peserta didik dapat menentukan rumus suku ke-n
dari suatu barisan bilangan
|
level
C 2
|
11
|
||
Diketahui dua buah suku suatu barisan bilangan
aritmatika, maka peserta didik dapat menentukan suku ke-n dari barisan tersebut
dengan 35 ≤ n ≤ 50
|
level
C 2
|
12
|
|||
Diketahui dua buah suku suatu barisan bilangan
geometri, maka peserta didik dapat menentukan suku ke-n dari barisan tersebut
dengan 5 ≤ n ≤ 10
|
level
C 2
|
13
|
|||
4
|
3.11. Memilih strategi dan aturan-aturan yang sesuai untuk memecahkan
suatu permasalahan
|
Barisan dan Deret Bilangan
|
Peserta didik dapat menyelesaikan permasalahan
yang berkaitan dengan barisan dan deret aritmatika
|
level
C 3
|
14
|
Peserta didik dapat menyelesaikan permasalahan
yang berkaitan dengan barisan dan deret geometri
|
level
C 3
|
15
|
|||
3
|
3.4.
Memahami perbandingan
bertingkat dan persentase, serta mendeskripsikan permasalahan menggunakan
tabel, grafik, dan persamaan
|
Perbandingan Bertingkat
|
Peserta didik dapat menyelesaikan permasalahan
yang berkaitan dengan perbandingan bertingkat, jika diketahui a : b dan b : c
, serta nilai a – b
|
level
C 1
|
16
|
Peserta didik dapat menyelesaikan permasalahan
yang berkaitan dengan perbandingan bertingkat, jika diketahui a : b dan a +
b, serta a : b setelah bertambah n, dengan 3 ≤ n ≤ 10
|
level
C 2
|
17
|
|||
Peserta didik dapat menyelesaikan permasalahan
yang berkaitan dengan perbandingan bertingkat, jika diketahui a : b dan a : b
setelah a berkurang sebanyak n dengan 3 ≤ n ≤ 10
|
level
C 2
|
18
|
|||
Peserta didik dapat menyelesaikan permasalahan
yang berkaitan dengan perbandingan bertingkat
|
level
C 3
|
19, 20
|
|||
4
5
|
3.6.
Memahami konsep
kesebangunan dan kekongruenan geometri melalui pengamatan
.
|
Kesebangunan dan Kekongruenan
|
Diketahui
dua buah segitiga sama kaki kongkruen, peserta didik dapat menentkan luas
segitiga ADE.
|
level 2
|
21
|
Disajikan
gambar dua buah segitiga kongkruen yang saling berimpit, Peserta didik dapat
menentukan panjang sisi pada segitiga.( sisi, sudut,sisi)
|
level 2
|
22
|
|||
Segitiga
siku – siku dengan garis tinggi ke sisi miring
|
Disajikan
gambar dua buah segitiga sebangun yang saling berimpit, Peserta didik dapat
menentukan besar sudut pada segitiga yg berimpit ( sisi, sudut, sisi)
|
level 2
|
23
|
||
Garis
– garis sejajar pada segitiga sebangun
|
peserta
didik dapat menentukan dua buah bangun yang sebangun.
|
level 1
|
24
|
||
Segitiga
siku – siku dengan garis tinggi ke sisi miring
|
Disajikan
gambar dua buah segitiga siku – siku berimpit
yang sebangun , peserta didik dapat menentukan panjang garis BD( garis
tinggi )
|
level 2
|
25
|
||
Garis
– garis sejajar pada segitiga sebangun
|
Disajikan
gambar trapezium pada segitiga sebangun, peserta didik dapat menghitung
panjang sisi EF pada trapezium.
|
level 2
|
26
|
||
6
|
3.7.
Menentukan luas selimut dan volume tabung, kerucut dan bola
|
volume
Tabung
|
Diketahui
ukuran jari – jari dan tinggi tabung, peserta didik dapat menghitung volume
tabung.
|
level 1
|
27
|
Luas
permukaan
|
Diketahui
tabung tampa tutup dengan ukuran tinggi dan diameter tabung, peserta ddik
dapat menghitung luas permukaan tabung.
|
level 2
|
28
|
||
volume
kerucut
|
Diketahui
ukuran jari – jari dan garis pelukis kerucut. Peserta didik dapat menentukan
volume kerucut.
|
level 1
|
29
|
||
|
3.7.
Menentukan luas selimut dan volume tabung, kerucut dan bola
|
Luas
selimut kerucut
|
Diketahui
ukuran diameter alas dan tinggi kerucut, peserta didik dapat menghitung luas
selimut kerucut.
|
level 2
|
30
|
volume
bola
|
Diketahui
diameter bola , peserta didik dapat menghitung volume bola
|
level 1
|
31
|
||
|
.8.
Menaksir dan menghitung luas permukaan bangun datar dan bangun ruang yang
tidak beraturan dengan menerapkan kombinasi geometri dasarnya.
|
luas
permukaan bola
|
Diketahui
ukuran jari – jari bola, peserta didik dapat menghitung luas permukaan bola
|
level 1
|
32
|
luas
permukaan tabung dan kerucut
|
Disajikan
gambar gabungan tabung dan kerucut, Peserta didik dapat menghitung luas
permukaan tabung dan kerucut
|
level 3
|
33
|
||
|
3.7.
Menentukan luas selimut dan volume tabung, kerucut dan bola
|
Menghitung
volume kerucut dan setengah bola
|
Disajikan
gambar sebuah bandul ( gabungan kerucut dan setengah bola ) dengan ukuran
ukurannya, peserta didik dapat menghitung berat ( volume ) bandul .
|
level 3
|
34
|
|
3.11.
Menentukan nilai rata – rata, mdian, dan modus dari berbagai
|
Mean,
median, modus
|
Disajikan
tabel frekuensi ( nilai dan frekuensi ), peserta didik dapat menghitung
median dan modus dari data pada table
|
level C 3
|
35
|
|
Mean,
median, modus
|
Diberikan
data nilai rata – rata beberapa siswa, dengan tambahan 3 siswa, peserta didik
dapat menghitung nilai masing – masing siswa yang masuk.
|
level 3
|
36
|
|
|
3.12.Memilih
Teknik penyajian data dua variable dan mengevaluasi keefektifannya, serta
menentukan antar variable berdasarkan data untuk mengambil kesimpulan
|
Diagram
lingkar
|
Disajikan
gabar diagram lingkaran dengan bagian berupa sudut, peserta didik dapat
menentukan bagian yang belum diketahui besar sudutnya
|
level 3
|
37
|
Diagram
batang
|
Disajikan
gambar diagram batang yang menunjukkan hasil panen, peserta didik dapat
menghitung rata – rata hasil panen pertahun.
|
level 2
|
38
|
||
|
3.11.
Menentukan nilai rata – rata, mdian, dan modus dari berbagai jenis data
|
Mean ( rata – rata)
|
Diberikan
data tunggal nilai siswa, peserta didik dapat menghitung nilai yang belum
diketahui, jika rata – rata nilai di tentukan.
|
level
C 2
|
39
|
|
3.12.Memilih
Teknik penyajian data dua variable dan mengevaluasi keefektifannya, serta
menentukan antar variable berdasarkan data untuk mengambil kesimpulan
|
Mean Data berkelompok
|
Disajikan
table frekuensi peserta didik dapat menentukan banyak siswa yang mendapat
nilai diatas rata – rata.
|
level
C 2
|
40
|
Mengetahui Jakarta, 2 November 2017
Kepala Sekolah Tim Penyusun
MGMP Matematika Kec. Cilincing
No comments:
Post a Comment