KISI-KISI
PENULISAN SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) GANJIL
Mata Pelajaran : Seni
Budaya Alokasi
Waktu : 90 Menit
Kelas : IX (Sembilan) Kurikulum
Acuan : KTSP
Tahun Ajaran : 2016/2017
No
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
No.
Soal
|
Bentuk
Soal
|
Bobot
Soal
|
1
|
1.Mengapresiasi
karya seni rupa
|
1.1.Mengidentifikasi
seni rupa
|
· Beragam jenis bentuk, fungsi makna seni
rupa murn daerah setempat.
|
· Menjelaskan pengertian seni rupa murni
daerah.
· Mengidentifikasi beragam karya seni rupa
murni daerah.
· Menggolongkan karya seni rupa berdasarkan
kegunaannya.
· Menyebutkan empat macam teknik dalam
berkarya seni rupa tiga dimensi.
· Menyebutkan unsur-unsur seni rupa (5
macam).
|
1
2, 3
4
5
6
7,8
9-12
15
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
|
MD
MD
MD
MD
SDG
SDG
SDG
MD
|
|
|
1.2.Menampilkan
sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik seni rupa murni daerah
setempat.
|
· Apresiasi karya seni.
· Jenis-jenis aliran karya seni rupa murni
modern.
· Jenis-jenis aliran seni rupa murni di
Indonesia.
|
· Menjelaskan pengertian apresiasi.
· Menjelaskan tingkatan apresiasi.
· Menjelaskan pengertian aliran Naturalisme
dan Abstrak.
· Menjelaskan tokoh pelopor seni lukis
Indonesia.
· Menjelaskan aliran primitif.
|
1-11
|
PG
PG
PG
PG
PG
|
MD
SDG
SDG
SDG
SDG
SKR
SDG
MD
SDG
SDG
|
No
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
No.
Soal
|
Bentuk
Soal
|
Bobot
Soal
|
2
|
2.Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa.
|
2.1. Memilih unsur seni rupa Nusantara untuk dikembangkan menjadi
karya seni rupa murni.
|
· Unsur-unsur seni rupa.
· Membuat karya seni rupa
murni dari unsur seni rupa Nusantara.
|
· Menyebutkan tiga jenis
warna primer.
· Menyebutkan 1 orang
tokoh Naturalisme.
|
36-40
|
PG
PG
|
MD
SDG
|
|
|
2.2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa murni yang
dikembangkan dari unsur seni rupa Nusantara.
|
· Pengembangan unsur-unsur
seni rupa.
|
.
· Menyebutkan bahan-bahan
untuk lukisan.
|
43-44
|
PG
PG
|
SKR
MD
|
3
|
3.Mengekspresikan karya seni musik.
|
3.1.Mengidentifikasi lagu
mancanegara di Asia.
|
· Lagu / musik
mancanegara.
|
Musik yang berasal dari Mancanegara
|
46-50
|
PG
|
MD
|
|
|
3.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu mancanegara
di Asia.
|
· Lagu / musik
mancanegara.
|
· Menyebutkan alat musik
dari China.
· Menyebutkan negara
tempat berkembangnya musik Hindustan.
|
|
PG
|
MD
MD
|
No
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
No.
Soal
|
Bentuk
Soal
|
Bobot
Soal
|
4
|
4. Mengekspresikan
diri melalui karya seni musik.
|
4.1. Mengaransir lagu mancanegara Asia.
|
· Musik mancanegara Asia.
|
· Menjelaskan pengertian
Accord.
· Menyebutkan nama-nama
tingkatan Accord.
· Menyebutkan susunan
nada-nada pada Accord.
· Menyebutkan jenis alat
musik harmonis.
· Menjelaskan pengertian
Arranger.
|
24-32
|
PG
|
SDG
SDG
SDG
MD
MD
|
|
|
4.2. Menampilkan hasil arransmen lagu mancanegara.
|
· Musik mancanegara Asia.
|
· Menyebutkan istilah lain
teks lagu / komposisi musik
|
23
|
PG
|
MD
|
No comments:
Post a Comment