SEKOLAH
MENENGAH PERTAMA (SMP) JAKARTA UTARA
WILAYAH II
KISI–KISI SOALULANGAN AKHIR SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2016 - 2017
Mata Pelajaran : Tata. Busana
Kurikulum : KTSP 2006
K e l a s : IX
Alokasi
Waktu : 90 menit
Banyak Soal : 50
Bentuk
Soal : PilihanGanda
No
|
STANDAR Kompetensi
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
|
Indikator
|
No soal
|
1
|
Memahami dan menerap
Kan etika dan estetika
Berbusana
Mengenal busana
Tradisional Indonesia
Dan Negara Asia
Membuat pola dasar
Badan pria
|
1.1 Menerapkan etika dan
estetika berbusana dalam Kehidupan sehari-hari.
Membuat pola dasar badan
pria
Mengenal busana tradisional
Indonesia
Busana tradisional negara
Asia
Membuat pola dasar badan
pria
|
Pengertian etika
Dan estetika ber
Busana
Syarat-syarat ber
Busana estetis
Siluet Busana
Pemilihan warrna busana
Dan garis
Tekstur Busana
Corak Busana
Mengambil
Ukuran badan
Mengenal lbusana
Tradisional
Daerah Betawi
Dan Sumut
Busana
Tradisional
Negara Jepang
Dan Thailand
Membuat pola
Dasar badan
pria
|
1.Disajikan pernyataan
pengertian etika berbusana,peserta didik dapat menen
Tukan dengan pasti bahwa pernyataanitu
pengertian etika berbusana.
2. Disajikan pernyataan pengertian
estetika berbusana peserta didik
Dapat menentukan dengan pasti bahwa pernyataan tersebut pengerti
An estetika berbusana.
3. Peserta didik dapat memilih model
busana untuk kepribadian
Feminim.
4.
Peserta didik dapat memilih desain garis busana untu orang yang
Bertubuh kurus tinggi agar
memberi efek gemuk.
5.
Peserta didik dapat memilih warna busana dengan tepat untuk orang
Yang berkulit hitam agar memberi efek cerah bagi si pemakai.
6.
Peserta didik dapat memilih busana untuk dipakai pada kesempatan
resmi.
7.
Peserta didik dapat menentukan
salah satu syarat untuk dapat
Berbusana yang baik..
8. Peserta didik dapat menyebutkan
kesan yang ditimbulkan jika
Mengenakan busana
dengan bentu siluet S.
9. Disajikan 3 warna peserta didik dapat
menentukan kelompok warna
Tersebut.
10. Peserta didik dapat melengkapi
pernyataan yang rumpang tentang
Penggolongan warna
menurut Brewster dengan memilih jawaban
Yang tersedia.
11. Peserta didik dapat mengidetifikasi yang termasuk warna primer
12. Peserta didik dapat mengidentifikasi macam garis lurus dalam
desain
Busana
13. Peserta didik dapat menjelaskan kesan yang ditimbulkan
pemakaian
Desain garis
horizontal bagi orang yang bertubuh
tinggi kurus.
14.Peserta didik dapat mengidentifikasi nama garis hias lengkung
Pada busana
15. Peserta didik dapat menyebutkan kesan yang ditimbulkan apabila
Seorang yang bertubuh
gemuk menggunakan busana menggunakan
Desain garis
horizontal
16. Peserta didik dapat mengidentifikasi warna yang termasuk
Kelommpok warna sekunder
17 Disajikan pernyataan dua
buah warna , peserta didik dapat menentu
kan nama kelompok
warna tersebut yaitu tertier..
18. Peserta didik dapat menjelaskan pengaruh garis melengkung pa
Pada busana terhsdap
sipemakainya.
19 Disajikan sebuah gambar
busana menggunakan desain garis
Lengkung peserta didik
mentukan nama garis yang ada
Pada busana tsb.
20. Peserta didi dapat
menyebutkan istilah dari warna yang
letaknya
Bertentangan
dalam lingkaran warna
21 Disajika
pernyataan dua buah warna pada busana
peserta didik
Dapat menentukan nama kelompok warana tersebut
22. Disajikan
ilustrasi seseorang mengenakan busana
kemeja warna
Kuning dan celana
panjang warna hijau peserta didik
dapat
Menentukan nama kelompok warna tersebut.
23 Peserta didik dapat menyebutkan
tekstur dari celana, rok,dan dasi
Seragam sekolah.berwarna biru
24 Peserta didik dapat
menyebutkan satu buah nama bahan tekstil
Yang bertekstur
kusam.
25. Peserta didik
dapat menentukan tekstur dari
bahan sutera dan
Beludru.
26. Peserta didik dapat
menyebutkan satu buah motif /corak
yang
Termasuk kelompok
geometris.
27. Peserta didik dapat mengidetifikasi macam –macam corak alam
28 Disajikan tentang
pengertian cara mengambil ukuran badan, peserta
Didik dapat melih
jawaban yang sesuai dengan pernyataan
tersebut
Adalah cara mengambil
ukuran badan.
29. Disajikan pernyataan
tentang cara mengambil ukuran lebar muka,
Peserta didik dapat
memilih jawaban yang sesuai dengan
Pernyataan tersebutt
30. Peserta didik dapat
menyebutkan alat/piranti untuk mengambil
Ukuran badan
31. Peserta didik dapat
menentukan nama daerah yang mempunyai
Busana tradisional
bernama kain ulos.
32. Peserta didik
dapat menentukan motif depan pada kain
yang
Dikenakan none
Jakarta
33. Peserta didik
dapat menyebutkan nama busana yang
dipakai
Abang Jakarta yang
berupa stelan jas.
34. Peserta didik dapat
menentukan kesempatan memakai busana
Sadariah dari daerah
Betawi.
35. Peserta didik dapat
menyebutkan nama ikat pinggang lebar
Pada busana kimono
yang dipakai wanita Jepang.
36. Peserta didik dapat
menentukan nama Negara yang mempunyai
Busana tradisional
bernama Seur Pra.
37. Disajikan gambar pola
dasar pria,peserta didik dapat menunjuk
Kan garis bagian
lebar muka.
38 Disajikan gambar pola
dasar badan pria, peserta didik dapat
Menunjukan garis
bagianleher.
39 Disajikan gambar pola
dasar badan pria,peserta didik dapat
Menunjukan garis bagian
pinggang
40 Disajikan gambar pola
dasar badan pria , peserta didik dapat
Menunjukan garis
bagian panjang bahu
41. Disajikan gambar pola
dasar badan pria, peserta didik dapat
Menjelaskan
ukuran garis A- G = B- H
42 Disajikan gambar pola
dasar badan pria, peserta didik dapat
Menjelaskan ukuran garis L- P.
43. Disajikan gambar pola dasar badan pria, peserta didik
dapat
Menjelaskan ukuran
garis B- P
44. Disajikan gambar pola
dasar badan pria, peserta didik dapat
Menjelaskan ukuran gari dari E- I
45. Disajikan gambar pola dasar
badan pria, peserta didik dapat
Mwnyebutkan nama pola
tersebut.
46. Peserta didik dapat menjelaskan cara menghitung untuk membuat
Garis H-K pada gambar
pola pada soal no 37 .
47. Peserta didik dapat menjelaskan arti tanda panah pada gambar
pola
Yang adadinomor 37.
48. Peserta didik dapat menjelaskan kepanjangan dari TM pada
gambar
Pola dinomor 37
49. Peserta didik dapat menjelaskan kepanjangan TB pada gambar
Pola dinomor 37.
50. Peserta didik dapat menyebutkan nama alat ukur membuat pola
dasar
Badan pria yang dibuat dibuku.
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
41
42
43
44
45
46
47
48
49
50
|
Jakarta
31 oktober 2017
Guru Mapel
Rosyati, Spd
No comments:
Post a Comment