Powered By Blogger

Friday, 8 December 2017

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) JAKARTA UTARA WILAYAH II

KISI–KISI SOALULANGAN AKHIR SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2016 - 2017

Mata Pelajaran            :  Tata. Busana
Kurikulum                   :  KTSP 2006
K e l a s                       :  IX
Alokasi  Waktu           :  90 menit
Banyak Soal                :  50
Bentuk  Soal               :  PilihanGanda
No
STANDAR Kompetensi
KOMPETENSI DASAR
MATERI
Indikator
No soal
1
Memahami dan menerap
Kan etika dan estetika
Berbusana





































































Mengenal busana
Tradisional Indonesia
Dan Negara Asia











Membuat pola dasar
Badan pria
1.1  Menerapkan etika dan estetika berbusana dalam Kehidupan sehari-hari.







































Membuat pola dasar badan
pria




Mengenal busana tradisional
Indonesia







Busana tradisional negara
Asia



Membuat pola dasar badan
pria

Pengertian etika
Dan estetika ber
Busana

Syarat-syarat ber
Busana estetis









Siluet Busana

Pemilihan warrna busana
Dan garis




























Tekstur Busana





Corak Busana



Mengambil
Ukuran badan






Mengenal lbusana
Tradisional
Daerah Betawi
Dan Sumut




Busana
Tradisional
Negara Jepang
Dan Thailand

Membuat pola
Dasar badan
pria








1.Disajikan pernyataan pengertian etika berbusana,peserta didik dapat menen
   Tukan dengan pasti bahwa pernyataanitu pengertian etika berbusana.
2. Disajikan pernyataan pengertian estetika berbusana peserta didik
    Dapat menentukan dengan pasti bahwa pernyataan tersebut pengerti
    An estetika berbusana.
3. Peserta didik dapat memilih model busana untuk kepribadian
     Feminim.
4.  Peserta didik dapat memilih desain garis busana untu orang yang
     Bertubuh kurus tinggi agar  memberi efek gemuk.
5.  Peserta didik dapat memilih warna busana dengan tepat untuk orang
     Yang berkulit hitam agar memberi efek cerah bagi si pemakai.
6.  Peserta didik dapat memilih busana untuk dipakai pada kesempatan
     resmi.
7.  Peserta didik dapat menentukan  salah satu syarat untuk dapat
     Berbusana yang baik..
 8. Peserta didik dapat menyebutkan kesan yang ditimbulkan  jika
     Mengenakan busana dengan bentu siluet S.  
 9.  Disajikan 3 warna peserta didik dapat menentukan kelompok warna
      Tersebut.
10. Peserta didik dapat melengkapi  pernyataan yang rumpang tentang
      Penggolongan warna menurut Brewster dengan memilih jawaban
      Yang tersedia.
11. Peserta didik dapat mengidetifikasi yang termasuk warna primer
12. Peserta didik dapat mengidentifikasi macam garis lurus dalam desain
      Busana
13. Peserta didik dapat menjelaskan kesan yang ditimbulkan pemakaian
      Desain garis horizontal bagi orang yang bertubuh  tinggi kurus.
14.Peserta didik dapat mengidentifikasi nama garis hias lengkung
      Pada busana
15. Peserta didik dapat menyebutkan kesan yang ditimbulkan apabila
       Seorang yang bertubuh gemuk menggunakan busana menggunakan
       Desain garis horizontal
16. Peserta didik dapat mengidentifikasi  warna yang termasuk
      Kelommpok warna  sekunder
17 Disajikan pernyataan  dua buah warna , peserta didik dapat menentu
       kan nama kelompok warna tersebut yaitu tertier..
18. Peserta didik dapat menjelaskan pengaruh garis melengkung pa
       Pada busana terhsdap sipemakainya.
19  Disajikan sebuah gambar busana menggunakan desain garis
       Lengkung peserta didik mentukan nama garis yang ada
       Pada busana tsb.
20.  Peserta didi dapat menyebutkan  istilah dari warna yang letaknya
       Bertentangan dalam  lingkaran warna
21   Disajika pernyataan  dua buah warna pada busana peserta didik
       Dapat menentukan  nama kelompok warana tersebut
22.  Disajikan ilustrasi  seseorang mengenakan busana kemeja warna
       Kuning dan celana panjang warna hijau  peserta didik dapat
       Menentukan  nama kelompok warna  tersebut.
23  Peserta didik dapat menyebutkan tekstur dari  celana, rok,dan dasi
       Seragam sekolah.berwarna biru
24   Peserta didik dapat menyebutkan satu buah nama bahan tekstil
       Yang bertekstur kusam.
25.  Peserta didik dapat  menentukan tekstur dari bahan  sutera dan
       Beludru.
26.  Peserta didik dapat menyebutkan  satu buah motif /corak yang
       Termasuk kelompok geometris.
27. Peserta didik dapat mengidetifikasi macam –macam corak alam
28  Disajikan tentang pengertian cara mengambil ukuran badan, peserta
       Didik dapat melih jawaban yang sesuai dengan pernyataan  tersebut
       Adalah cara mengambil ukuran badan.
29.  Disajikan pernyataan tentang cara mengambil ukuran lebar muka,
        Peserta didik dapat memilih jawaban yang sesuai dengan
        Pernyataan tersebutt
30.   Peserta didik dapat menyebutkan alat/piranti untuk mengambil
        Ukuran badan
31.  Peserta didik dapat menentukan nama daerah yang mempunyai
       Busana tradisional bernama kain ulos.
32.  Peserta didik dapat  menentukan motif depan pada kain yang
       Dikenakan none Jakarta
33.  Peserta didik dapat  menyebutkan nama busana yang dipakai
       Abang Jakarta yang berupa stelan jas.
34.  Peserta didik dapat menentukan kesempatan memakai busana
       Sadariah dari daerah Betawi.
35.  Peserta didik dapat menyebutkan nama ikat pinggang lebar
       Pada busana kimono yang dipakai wanita Jepang.
36.  Peserta didik dapat menentukan nama Negara yang  mempunyai
       Busana tradisional bernama Seur Pra.
37.  Disajikan gambar pola dasar pria,peserta didik dapat menunjuk
       Kan garis bagian lebar muka.
38  Disajikan gambar pola dasar badan  pria, peserta didik dapat
       Menunjukan garis bagianleher.
39  Disajikan gambar pola dasar badan pria,peserta didik dapat
       Menunjukan garis bagian pinggang
40  Disajikan gambar pola dasar badan pria , peserta didik dapat
       Menunjukan garis bagian  panjang bahu
41.  Disajikan gambar pola dasar badan pria, peserta didik dapat
       Menjelaskan  ukuran garis A- G = B- H
42  Disajikan gambar pola dasar badan pria, peserta didik dapat
       Menjelaskan  ukuran garis L- P.
43.  Disajikan  gambar pola dasar badan pria, peserta didik dapat
       Menjelaskan ukuran garis B- P
44.  Disajikan gambar pola dasar badan pria, peserta didik dapat
       Menjelaskan ukuran  gari dari E- I
45. Disajikan gambar pola dasar  badan pria, peserta didik dapat
       Mwnyebutkan nama pola tersebut.
46. Peserta didik dapat menjelaskan cara menghitung untuk membuat
      Garis H-K pada gambar pola pada soal no 37 .
47. Peserta didik dapat menjelaskan arti tanda panah pada gambar pola
      Yang adadinomor 37.
48. Peserta didik dapat menjelaskan kepanjangan dari TM pada gambar
       Pola dinomor 37
49. Peserta didik dapat menjelaskan kepanjangan TB pada gambar
      Pola dinomor 37.
50. Peserta didik dapat menyebutkan nama alat ukur membuat pola dasar
       Badan pria  yang dibuat dibuku.



1
2

3
4
   5
6

7
8
9
10

11
12
13
14
15

16
17
18
19

20
21
22

23
24
25
26
27
28

29
30
31
32
33
34
35
36
37
38

39

40
41
42
43
44

45
46
47
48
49
50




























                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                 Jakarta 31 oktober 2017
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                 Guru  Mapel



                                                                                                                                                                                          

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                             Rosyati, Spd

No comments:

Post a Comment