KISI
–KISI PENULISAN SOAL
ULANGAN
AKHIR SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2017 / 2018
SMP
NEGERI JAKARTA
Jenis Sekolah : Sekolah
Menengah Pertama Alokasi Waktu : 90
Menit
Mata Pelajaran/Kelas : PAI dan Budi Pekerti / VIII JumlahSoal : 50
Kurikulum : Kurikulum 2013 BentukTes : Pilihan Ganda
Disusun Oleh :
Hj. Refrianten As Syarief SPd I
No.
|
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
|
I N D I K A T O R S O A L
|
NO. SOAL
|
1.
2
3
4
|
1 Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya
2 Menunjukan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3 Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori
|
1.3.
Beriman kepada kitab-kitab
suci yang diturunkan Allah Swt.
2.3. Menghayati
perilaku toleran sebagai implementasi dari beriman kepada kitabkitab Allah
Swt.
3.3. Memahami makna beriman kepada Kitab- kitab Allah Swt.
4.3. Menyajikan dalil naqli tentang beriman kepada
Kitab-kitab Allah Swt.
|
1. Meyakini
Kitab-kitab Allah, Mencintai Al-Qur’ān
|
-
Peserta didik dapat menjelaskan
pengertian iman kepada kitab.
-
Ditampilkan pernyataan tentang
kitab suci, peserta didik dapat menyebutkan jumlah kitab suci yang dimaksud..
-
Ditampilkan beberapa pernyataan, peserta
didik dapat menjelaskan isi pokok ajaran dari kitab-kitab Suci.
-
Peserta didik dapat menjebutkan cara beriman
kepada Nabi dan Rasul
-
Ditampilkan beberap nama surat dari
Al-Qur’an, peserta didik dapat menunjukkan wahyu yang pertama diturunkan
-
Peserta didik dapat menjelaskan
pengertian suhuf
- Ditampilkan QS. Al-‘A’la ayat:19, peserta didik dapat menjelaskan maksud yang terkandung dalam ayat
tersebut.
- Peserta didik dapat menyebutkan periode diturunkannya Al-Qur’an.
- Peserta didik dapat menyebutkan hikmah beriman kepada
kitab suci Al-Qur’an.
- Peserta
didik menyebutkan keistimewaan Al-Qur’an dari kitab 2 yang lain
-
Ditampilkan
beberapa surat dan ayat Al-Qur’an, peserta didik dapat
menyebutkan
wahyu yang terakhir diturunkan.
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
|
1.5. Meyakini bahwa minuman keras, judi,
dan pertengkaran adalah dilarang oleh Allah Swt.
2.5. Menghayati perilaku menghindari minuman keras, judi, dan pertengkaran dalam
kehidupan sehari-hari.
3.5. Memahami bahaya mengonsumsi minuman keras, judi,
dan pertengkaran
4.5. Menyajikan dampak bahaya mengomsumsi minuman
keras, judi, dan pertengkaran.
|
2. Menghindari
Minuman Keras , judi , dan Pertengkaran
|
-
Ditampilkan beberapa macam minuman, peserta
didik dapat menentukan minuman yang diharamkan
-
Ditampilkan salah satu ayat Al-Qur’an,
peserta didik dapat menyebutkan macam-macam Qalqalah.
-
Peserta didik dapat menyebutkan salah satu
akibat negatif dari berjudi.
-
Peserta didik dapat menjelaskan upaya
syaitan menggoda manusia yang meminum khamar.
-
Peserta didik dapat menyebutkan tanda-tanda
qalqalah kubro.
-
Disajikan sebuah tabel tentang ayat-ayat
Al-Qur’an, peserta didik dapat menyebutkan huruf qalqalah.
|
12
13
14
15
16
17
|
||
1.6.Meyakini bahwa perilaku jujur dan adil adalah ajaran pokok
agama.
2.6. Menghayati perilaku jujur dan adil dalam
kehidupan sehari-hari.
3.6. Memahami cara menerapkan perilaku jujur dan adi
|
3.
Mengutamakan kejujuran dan Menegakkan Keadilan
|
-
Peserta didik dapat menyebutkan dimana saja
harus berlaku jujur.
.
-
Peserta didik dapat menyebutkan
contoh-contoh perilaku adil .
-
Peserta didik dapat memberikan contoh
perilaku jujur dalam rumah tangga.
-
Peserta didik dapat menjelaskan perilaku
sikap adil.
-
Peserta didik dapat mempraktekkan perilaku
adil yang dicontohkan dalam Islam.
|
18
19
20
21
22
|
||
1.9. Melaksanakan salat sunah berjamaah dan munfarid sebagai
perintah agama
2.9. Menghayati perilaku peduli dan gotong royong
sebagai implementasi dari pemahaman salat sunah berjamaah dan munfarid.
3.9. Memahami tata cara salat sunah berjemaah dan munfarid.
4.9. Mempraktikkan
salat sunah berjamaah dan munfarid.
|
4.
Lebih Dekat Kepada Allah dengan Mengamalkan Shalat Sunah
|
-
Peserta didik dapat menjelaskan
pengertian salat sunnah
-
Peserta didik dapat menjelaskan
waktu pelaksanaan salah satu salat sunnah
-
Peserta didik dapat menyebutkan
salat sunnah yang dikerjakan secara berjamaah
-
Peserta didik dapat menyebutkan
salat sunnah untuk memohon
diturunkan hujan
-
Ditampilkan macam-macam shalat sunah.
Peserta didik dapat menyebutkan shalat sunah yang dikerjakan secara munfarid.
-
Disajikan beberapa macam shalat sunah
rawatib. Peserta didik dapat menentukan shalat sunah rawatib yang muakkad
-
Peserta didik dapat menyebutkan jumlah
rakaat shalat dhuha.
-
Peserta didik dapat menyebutkan shalah sunnah yang dikerjakan
pada malam hari
-
Peserta didik dapat menyebutkan hikmah dari
shalat sunah
|
23
24
25
26
27
28
29
30
31
|
||
1.10. Melaksanakan sujud
syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi
sebagai perintah agama
2.10 Menghayati perilaku santun sebagai implementasi
dari sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah.
3.10
Memahami tata cara sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
4.10 Mempraktikkan sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah.
|
5. Jiwa
lebih tenang dengan banyak melakukan Sujud
|
-
Ditampilkan ilustrasi dalam
kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan pelaksanaan sujud, peserta didik
dapat menentukan nama sujud yang dimaksud
-
Ditampilkan pernyataan contoh
pelaksanaan salah
satu sujud, peserta
didik dapat menyebutkan sujud yang dimaksud.
-
Peserta didik dapat menyebutkan
ketentuan sujud tilawah
-
Peserta didik dapat menyebutkan sebab-sebab
pelaksanaan sujud sahwi.
-
Ditampilkan salah satu bacaan sujud Peserta
didik dapat menerapkan waktu bacaan tersebut
-
Ditampilkan salah satu ayat. Peserta didik
dapat menyebutkan bacaan dari ayat tersebut
-
Peserta didik dapat menyebutkan hikmah dari
syukur
|
32
33
34
35
36
37
38
39
|
||
1.13.Meyakini bahwa pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Bani
Umayah sebagai bukti nyata agama Islam dilaksanakan dengan benar.
2.13 Menghayati perilaku tekun sebagai implementasi
dalam meneladani ilmuwan pada masa Bani Umayyah.
3.13 Memahami sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan
masa Bani Umayyah.
4.13 Menyajikan rangkaian sejarah pertumbuhan ilmu
pengetahuan pada masa Bani Umayyah.
|
6. Pertumbuhan
Ilmu Pengetahuan pada Masa Umayyah
|
-
Peserta didik dapat menyebutkan Khalifah
pertama Bani Umayyah
-
Peserta didik dapat menyebutkan
nama tokoh yang berperan membangun sebuah masjid di Damaskus.
-
Peserta didik dapat menyebutkan
nama pendiri Daulah Umayyah.
-
Peserta didik dapat menyebutkan
nama tokoh dan bidang keahliannya pada masa Bani Umayyah
|
40
41
42
43
|
||
1.1.Terbiasa membaca al-Qur’ān dengan memahami -bahwa
rendah hati, hemat, dan hidup sederhana adalah perintah agama.
2.1. Menghayati perilaku rendah hati, hemat, dan hidup
sederhana sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al-Furqān/25: 63, Q.S.
alIsrā’/17: 26-27 dan hadis terkait.
3.1. Memahami makna Q.S. al-Furqan/25: 63 dan Q.S.
al Isra’/17 : 27 serta hadis terkait.
4.1.2
Menunjukkan hafalan Q.S.
al-Furqan/25: 63, Q.S. Al-Isra’/17: 26-27
serta Hadis terkait dengan lancar.
|
7. Rendah
Hati, hemat, dan sederhana membuat hidup lebih mulia
|
-
Peserta didik dapat memberikan contoh
perilaku rendah hati
- Peserta didik
dapat menyebutkan lawan dari sifat hemat
- Ditampilkan QS. Al-Isra’ ayat 27, peserta didik dapat menjelaskan kandungan ayat tersebut
-
Ditampilkan salah satu ayat Al-Qur’an.
Peserta didik dapat mencari Mad Thabi’I dalam ayat tersebut
-
Peserta didik dapat
menyebutkan arti dari akhlak mahmudah
-
Peserta didik dapat memberikan contoh dari
salah satu sifat terpuji
-
Peserta didik dapat memberikan contoh
rendah hati
|
44
45
46
47
48
49
50
|
No comments:
Post a Comment