KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL
TAHUN 2017-2018
Jenjang Pendidikan : SMP Mata
Pelajaran : IPA
Bentuk Soal : Pilihan Ganda Penyusun : Ririn
Alriyanti,S.Pd & Dra. Hj. Eny Rosiany
Kelas/Semester : IX/ Ganjil Alokasi
Waktu : 120 menit
Kurikulum
: Kurikulum 2013 Jumlah Soal : 40 butir
Kompetensi Inti : 3. Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Tingkat kesulitan
|
Nomor soal
|
1.
2.
3
4
5
6
|
3.1.
Mendeskripsikan struktur dan fungsi sistem reproduksi pada manusia, kelainan
dan penyakit pada sistem reproduksi dan penerapan pola hidup yang menunjang
kesehatan reproduksi.
3.2. Memahami reproduksi pada tumbuhan dan hewan,
sifat keturunan, serta kelangsungan makhluk hidup.
3.3 Mendeskripsikan penyebab perkembangan
penduduk dan dampaknya bagi lingkungan
3.4 Mendeskripsikan atom dan
partikel penyusunnya, ion dan
molekul, serta hubungannya
dengan karakteristik material
yang digunakan dalam kehidupan
sehari-hari
3.5 Memahami konsep listrik statis, muatan listrik, potensial
listrik, hantaran listrik,
kelistrikan pada sistem syaraf,
dan contohnya pada hewan-hewan yang mengandung listrik
3.6 Mendeskripsikan karakteristik
rangkaian listrik, transmisi energi listrik, sumber-sumber energi listrik
alternatif (termasuk bioenergi),berbagai
upaya dalam menghemat energi listrik, serta
penggunaan teknologi listrik
di lingkungan sekitar.
|
Pembelahan sel
Sistem reproduksi
Organ reproduksi
Penyakit menular sexual
Reproduksi tumbuhan
Reproduksi hewan
Metamorfosis
Kelangsungan hidup
Dinamika Penduduk
Dampak Peningkatan Jumlah Penduduk terhadap
masalah lingkungan
Atom dan partikel penyusunnya
Prinsip pembentukan molekul
Identifikasi Unsur
Karakteristik benda dalam kehidupan sehari-hari
Konsep Listrik Statis
Hukum Coulomb
Beda Potensial dan Energi Listrik
Medan Listrik
Hantaran Listrik
Arus Listrik
Rangkaian Listrik
Karakteristik Rangkaian Listrik
Teknologi dalam lingkungan
|
Diberikan tabel pembelahan sel, peserta didik
dapat membedakan pembelahan mitosis dan meiosis
Peserta didik dapat menjelaskan istilah-istilah
dalam sistem reproduksi
Disajikan gambar organ-organ reproduksi wanita, peserta didik dapat menunjukan nama bagian
organ yang ditunjuk beserta fungsinya
Peserta didik dapat menyusun organ reproduksi
wanita
Disajikan gambar organ reproduksi laki-laki,
peserta didik dapat menunjukkan fungsi dua buah organ reproduksi
Disajikan gambar embrio didalam uterus, peserta
didik dapat menunjukkan fungsi salah satu bagian
Disajikan nama-nama penyakit menular sexual,
peserta didik dapat menentukan penyakit berdasarkan golongan organisme
penyebab penyakit
Peserta didik dapat menjelaskan keuntungan
vegetatif buatan
Disajikan gambar bunga, peserta didik dapat
menunjukkan bagian yang ditunjuk
Disajikan gambar hewan invertebrata, peserta
didik dapat menentukan cara berkembangbiak yang tepat
Peserta didik dapat menjelaskan perkembangbiakan
pada vertebrata
Peserta didik dapat menyebutkan hewan-hewan yang
mengalami metamorfosis
Peserta didik dapat menyebutkan contoh adaptasi
Peserta didik dapat menjelaskan manfaat teknik
budidaya tanaman
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian
dinamika penduduk
Disajikan grafik jumlah kelahiran dan kematian
sebuah kota dalam jangka 4 tahun, peserta didik dapat menentukan tahun dengan
penduduk terpadat
Disajikan cerita, peserta didik dapat menentukan
jenis migrasi
Disajikan gambar pabrik, peserta didik dapat
menyebutkan cara menanggulangi pencemaran udara
Peserta didik dapat menyebutkan cara
menanggulangi pencemaran air
Peserta didik dapat menyebutkan nama penemu yang
menyatakan bahwa atom adalah bagian terkecil dari sebuah benda
Peserta didik dapat menyebutkan bagian dari inti
atom
Disajikan sebuah unsur dengan nomor atom dan
nomor massa, peserta didik dapat menghitung jumlah elektron, proton dan
neutron
Peserta didik dapat menyebutkan warna salah satu
unsur berdasarkan hasil dari uji nyala
Peserta didik dapat menentukan fungsi dari salah
satu zat penyusun gigi
Disajikan tabel sebagai option, peserta didik
dapat menentukan aliran elektron dan jenis muatan listrik dari penggosokkan
penggaris dengan kain wol
Disajikan pernyataan gaya tarik dan tolak
beberapa benda, peserta didik dapat menentukan jenis muatan listrik benda
tersebut
Peserta didik dapat menghitung Gaya Coulomb jika
besaran lain diketahui
Peserta didik dapat menghitung Gaya Coulomb jika
jarak benda diperkecil
Peserta didik dapat menghitung beda potensial
listrik jika besaran lain diketahui
Disajikan gambar Elektroskop, peserta didik
dapat menentukan keadaan daun elektroskop jika didekatkan benda bermuatan
negatif
Peserta didik dapat menyebutkan pengertian medan
listrik
Disajikan tabel nama zat, peserta didik dapat
mengidentifikasi zat yang termasuk konduktor
Disajikan 4 data, peserta didik dapat menentukan
3 faktor yang mempengaruhi besar hambat jenis listrik
Peserta didik dapat menghitung jumlah muatan
listrik jika besaran lain diketahui
Disajikan gambar rangkaian listrik, peserta
didik dapat membedakan posisi pemasangan Amperemeter dan Voltmeter
Disajikan gambar rangkaian hambatan seri dan
paralel, peserta didik dapat menghitung hambatan pengganti
Disajikan gambar arus listrik yang masuk dan
keluar dari titik percabangan, peserta didik dapat menghitung kuat arus pada
salah satu titik percabangan
Disajikan gambar rangkaian listrik tertutup,
peserta didik dapat menghitung kuat arus pada rangkaian, jika besaran lain
diketahui
Disajikan gambar, peserta didik dapat menghitung
daya listrik, jika besaran yang lain diketahui
Disajikan tabel peralatan listrik sebuah rumah,
peserta didik dapat menghitung biaya energi listrik setiap bulan
|
Sedang
Mudah
Sulit
Mudah
Sulit
Sulit
Sedang
Mudah
Sedang
Sedang
Sedang
Mudah
Mudah
Sedang
Mudah
Sedang
Mudah
Sedang
Mudah
Sedang
Mudah
Sulit
Sedang
Sedang
Sulit
Sedang
Sulit
Sulit
Sedang
Sedang
Mudah
Sedang
Sedang
Sulit
Sedang
Sedang
Sedang
Sedang
Sulit
Sulit
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
|
No comments:
Post a Comment