KISI-KISI SOAL
PENILAIAN AKHIR SEMESTER ( PAS )
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Satuan
pendidikan : SMP/MTs Bentuk
Soal : PG
Mata
Pelajaran : Prakarya Jumlah Soal : 50 Butir
Kurikulum
acuan : Kurikulum 2013 Waktu : 90 menit
Kelas/semester : IX/ genap Penyusun : Sulistyowati
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR
SOAL
|
LEVEL
KOGNITIF
|
NOMOR
SOAL
|
3.1.
Memahami desain dan pengemasan karya kerajinan yang memiliki fungsi hias berdasarkan
konsep dan prosedur sesuai wilayah setempat
|
Kerajinan
Fungsi hias
|
Siswa
dapat menjelaskan Pengertian kerajinan fungsi pakai
|
C2
|
1
|
Siswa
dapat menyebutkan kerajinan sebagai benda kontruktif
|
C2
|
2
|
||
Siswa
dapat menjelaskan ukiran rumah toraja sebagai kebutuhan
|
C2
|
3
|
||
Siswa
dapat menjelaskan wayangkulit termasuk kerajinan yang mempunyai nilai
simbolik
|
C2
|
4
|
||
Siswa
dapat menyebutkan tehnik yang digunakan untuk membuat suatu produk.
|
C2
|
5
|
||
Siswa
dapat menyebutkan bahan yang digunakan untuk membuat kerajinan fungsi hias
|
C2
|
6
|
||
Keunikan
bahan kerajinan fungsi hias
|
Siswa
dapat menyebutkankan tektur dari bahan alam tanah liat
|
C2
|
7
|
|
Siswa
dapat menyebutkan bahan anorganik yang
dapat digunakan untuk membuat kerajinan
|
C2
|
8
|
||
Produk
kerajinan fungsi hias,
|
Siswa
dapat menjelaskan pengertian kerajinan
tusuk hias
|
C2
|
9
|
|
Siswa
dapat menjelaskankan pengertian hiasan tersetruktur
|
C2
|
10
|
||
Siswa
dapat menunjukan tehnik untuk sebuah produk
|
C3
|
11
|
||
Siswa
dapat menunjukan bendakerajinan fungsi
hias
|
C3
|
12
|
||
Siswa
dapat menjelaskan pengertian hiasan penjor
|
C2
|
13
|
||
Siswa
dapat menjelaskan yang dimaksud dengan lungsin
|
C2
|
14
|
||
Siswa
dapat menjelaskangkan yang dimaksud benang pakan
|
C2
|
15
|
||
Siswa
dapat menyebutkan fungsi tusuk jelujur
|
C1
|
16
|
||
Siswa
dapat menyebutkan fungsi dari tusuk penganti mesinjahit
|
C2
|
17
|
||
Siswa
dapat menunjukan gambar tusuk hias yang berfungsi untuk membuat kristik
|
C3
|
18
|
||
Siswa
dapat menunjukan gambar tusuk silang
|
C3
|
19
|
||
Siswa
dapat menunjukan gambar tusuk flannel
|
C3
|
20
|
||
Siswa
dapat menunjukan gambar tusuk hias yang berfungsi untuk menjahit kantung
terigu
|
C3
|
21
|
||
Siswa
dapat menjelaskan pengertian hiasan permukaan
|
C2
|
22
|
||
Siswa
dapat menunjukan gambar ragam hias yang dibuat dengan hiasan permukaan
|
C3
|
23
|
||
3.3
Memahami desain dan pengemasan karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai
berdasarkan konsep dan prosedur sesuai wilayah setempat
|
Hiasan
Sulaman
|
Siswa
dapat menunjukan jenis sulaman terawang
|
C3
|
24
|
Siswa
dapat menunjukan jenis sulaman timbul
|
C3
|
25
|
||
Siswa
dapat menjelaskan pengertian kembar mayang
|
C2
|
26
|
||
Siswa
dapat menjelaskankan pengertian sulam datar
|
C2
|
27
|
||
Unsur
rancangan
|
Siswa
dapat menjelaskan kan pengertian faktor estetika
|
C2
|
28
|
|
Makrame
|
Siswa
dapat enjelaskankan pengertian makrame
|
C2
|
29
|
|
3.
4. Menerapkan proses modifikasi karya kerajinan yang memiliki fungsi hias dan
pengemasan sesuai wilayah setempat
|
Kerajianan
Modifikasi Fungsi Pakai
|
Siswa
dapat menentukan gambar modifikasi fungsi pakai yang menggunakan dua tehnik
|
C2
|
30
|
Siswa
dapat menganalisa produk kerajinan modifikasi dengan menentukan tehnik yang
digunakan
|
C4
|
31
|
||
Merajut
|
Siswa
dapat menunjukan bahan yang digunakan untuk membuat makrame
|
C3
|
32
|
|
Siswa
dapat menunjukan alat yang digunakan untuk merajut
|
C3
|
33
|
||
Siswa
dapat menyebutkan nama alat yang digunakan untuk merajud
|
C1
|
34
|
||
Batik
|
Siswa
dapat menjelaskan batik yang berkembang dilingkungan kraton
|
C1
|
35
|
|
Siswa
dapat menyebutkan ciri2 batik pedalaman
|
C1
|
36
|
||
Siswa
dapat menyebutkan ciri2 batik pesisir
|
C1
|
37
|
||
Siswa
dapat menyebutkan alat tradisional yang digunakan untuk membatik
|
C1
|
38
|
||
Siswa
dapat menyebutkan fungsi gawangan untuk membatik
|
C1
|
39
|
||
Siswa
dapat menentukan bahan pewarna alami batik.
|
C4
|
40
|
||
Aplikasi
|
Siswa
dapat menjelaskankan pengertian aplikasi
|
C2
|
41
|
|
Siswa
dapat menyebutkan tusuk hias yang digunakan untuk menjahit aplikasi
|
C1
|
42
|
||
Siswa
dapat menjelaskan tehnik aplikasi potong motip
|
C2
|
43
|
||
Siswa
dapat menunjukan gambar aplikasi potong motif
|
C3
|
44
|
||
Siswa
dapat menjelaskankan pengertian aplikasi potong sisip
|
C2
|
45
|
||
Siswa
dapat menunjukan gambar aplikasi tehnik pengisisan
|
C3
|
46
|
||
Siswa
dapat mienjelaskan alat yang digunakan untuk membentangkan kain saat disulam
|
C2
|
47
|
||
Siswa
dapat menyebutkan alat yang digunakan untuk membuka jahitan
|
C1
|
48
|
||
Siswa
dapat menyebutkan motip batik dari daerah Cirebon
|
C1
|
49
|
||
Dapat
menyebutkan alat yang digunakan untuk melindungi jari saat menjahit.
|
C1
|
50
|
No comments:
Post a Comment