KISI-KISI SOAL
PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL
SMP JAKARTA UTARA
TAHUN
PELAJARAN 2017/2018
Jenjang Sekolah : Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tahun
Pelajaran :
2017/2018
Kelas / Semester : VII /
1 Bentuk Soal : Pilihan Ganda
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Jumlah Soal : 50……
No. Urut
|
KOPETENSI DASAR
|
Materi / Sub Materi
|
Indikator Soal
|
Nomor Soal
|
||||
1
|
2
|
4
|
5
|
6
|
||||
3.1.
|
-
Mengindetifikasi informasi dalam
teks Deskrepsi tentang objek (sekolah tempat wista ,tempat bersejarah atau
suasana pentas seni daerah )yang di dengar dan di baca..
-
Mengindetifikasi informasi dalam
teks Deskrepsi tentang objek (sekolah tempat wista ,tempat bersejarah atau
suasana pentas seni daerah )yang di dengar dan di baca
|
-
Kalimat
utama
-
Menentukan ciri-ciri teks depskripsi.
|
-
Peserta didik mampu menujukan kalimat
utama
-
Peserta didik dapat menentukan
ciri-ciri teks depskripsi
|
1
2
|
||||
3.2
|
- Menelaah struktur dan
kebahasaan dari teks depskripsi tentng objek sekolah.tempat wisata ,tempat
sejarah, atau suasana pentas seni daerah yang di dengar dan dibaca
- Menelaah struktur dan
kebahasaan dari teks depskripsi tentng objek sekolah.tempat wisata ,tempat
sejarah, atau suasana pentas seni daerah yang di dengar dan dibaca
- Menelaah struktur dan
kebahasaan dari teks depskripsi tentng objek sekolah.tempat wisata ,tempat
sejarah, atau suasana pentas seni daerah yang di dengar dan dibaca
|
- struktur teks depskripsi
- struktur teks depskripsi
- bagian dari teks depskripsi
|
- peserta didik mampu memilah strukur teks depskripsi
-Peserta didik dapat menentukan struktur teks depskripsi
-Peserta didik dapat menentukan bagian dari struktur teks depskripsi
|
5
6,7
8
|
||||
4.1
4.2
|
-
menjelaskan isi teks depskripsi
objek tempat (bersejarah,pentas seni, daerah kain tradisional) yang di dengar
dan di baca secara lisan,tulisan da visual
- menyajikan data gagasan
dan bentuk teks depskripsi tentang objek wisata (sekolah,tempat wisata,tempat
bersejarah atau suasana pentas seni secara tulis da lisan dengan
memperlihatkan struktur kebahasaan yang baik secara lisan dan tulisan
|
- kebahasaan teks depskripsi
- mengedifikasi majas
|
- peserta didik dapat
menenntukah uraian kata
- peserta didik mampu menentukan majas
|
9
10
|
||||
3,3
3.4
|
-mengidentifiikan unsur-unsur teks narasi
(cerita imajinasi yang di baca dan di dengar
Menelaah struktur dan kebahasaan teks narasi
(cerita imajinasi yang di baca dan di dengar
|
-memahami
isi cerita dan unsur-unsur
-memahami
isi cerita dan unsur- unsur
|
Peserta
didik dapat menentukan latar dari sebuah cerita
-peserrta
didik dapat menentukan tokoh dari cerita fantasi
|
11,,12,13,14
15,16
|
||||
3.2
|
Menelaah struktur dan
kaidah kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek tempat wisata,
tempat bersejarah atau suasan pentas
seni daerah yang dide
ngar dan dibaca.
|
Struktur teks deskripsi dan contoh –contoh telaahannya.
|
-disajikan
sebuah kalimat peserta didik dapat menentukan makna
katanya.
-disajikan sebuah paragraf
rumpang peserta didik dapat menentukan
kata penghubung untuk melengkapi kalimat tsb.
-disajikan sebuah kalimat peserta
didik dapat menentukan makna katanya.
|
26
27
28
|
||||
3.6
|
Menelaah struktur dan aspek kebahasan teks prosedur tentang cara
melakukan Sesuatu dan cara membuat ( cara memain Kan alat music/ tarian
daerah, cara mem Buat kuliner khas daerah, membuat cendra - Mata, dll ) dari
berbagai sumber yang dibaca dan didengar
|
Variasi
pola penyajian tujuan , bahan/ alat, langkah
Struktur
teks prosedur,
Ciri
kebahasaan: kalimat saran
|
-disajikan ilustrasi
tentang teks prosedur peserta didik dapat menentukan langkah-langkahnya
dengan tepat.
-Peserta didik dapat
menentukan struktur teks prosedur.
-peserta didik dapat
menentukan kalimat saran.
|
29, 30,31,
32
33
|
||||
3.5
|
Mengidentifikasi teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu dan
cara membu at ( car memainkan alat musik/ tarian da erah , cara membuat
kuliner khas daerah)
dari berbagai sumber yang dibaca dan di dengar.
|
Struktur
teks prosedur: tujuan, bahan, alat, langkah.
Ciri
kebahasaan: kalimat perintah,
kata
penghubung.
|
-disajikan ilustrasi tentang teks prosedu
peserta didik dapat menentukan langkah-langkah dengan tepat.
Peserta didik dapat menentukan kata penghubung
dan kalimat perintah.
|
34,35,36
37,38,39
|
||||
|
|
|
|
|
||||
3.7
|
Mengidentifikasi informasi
dari teks laporan hasil observasi berupa buku
pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan.
|
Daftar informasi
isi teks laporan hasil observasi
|
-disajikan
teks laporan hasil observasi peserta didik dapat menentukan tema.
-disajikan
teks laporan hasil observasi peserta didik dapat menentukan klasifikasi teks
prosedur.
-disajikn
teks laporan hasil observasi peserta
didik dapat menentukan isi dan struktur teks observasi.
|
40,
41
42, 43
|
||||
3.8
|
Menelaah struktur,
kebahasaan, dan isi teks laporan
hasil observasi yang berupa buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan.
|
Struktur
teks laporan hasi observasi.
Variasi
kalimat , variasi pola penyajian teks laporan hasil observasi.
|
-disajikan
ilustrasi teks observasi peserta didik dapat menentukan deskripsi bagian dan
makna kata .
-disajikan
teks observasi peserta didik dapat menentukan
ide pokok dan struktur teks.
-disajikan
teks prosedur yang tidak beraturan, peserta didik dapat menyusun dengan
benar.
-peserta
didik dapat merangkum laporan hasil observasi
-
peserta didik dapat menentukan keterangan alat
dalam kalimat.
|
44, 45
46,47
48
49
50
|
No comments:
Post a Comment