KISI-KISI PENULISAN SOAL ULANGAN AKHIR
SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2017/ 2018
Jenis sekolah :
SMPN 244 Jakarta
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahrag dan Kesehatsn Kelas
/smtr :
VII ( tujuh ) / Satu & Dua
Kurikulum Acuan
:
KTSP 2013 (Standar Isi)
Alokasi Waktu :
60 Menit
Aspek :
Permaian bola besar
NO
|
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KLS/
SMT
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
NO.
SOAL
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
|
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
|
3.1 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental
permainan bola besar.*)
|
|
· Permainan bola besar melalui permainan bolabasket
|
ü Menyebutkan salah satu bentuk gerakan melempar
bolabasket dari depan dada
ü Menunjukan salah satu posisi awal melakukan gerakan
melempar bolabasket dari depan dada
ü Menunjukan salah satu gerakan melempar bolabasket
dari depan dada dengan pantulan
ü Menyebutkan salah satu perbedaan bentuk gerakan
melempar bolabasket dari depan dada tanpa pantulan dan dengan pantulan
ü Menyebutkan salah satu bentuk gerakan
memantul-mantulkan bolabasket
ü Menyebutkan salah satu bentuk tangan saat akan
menangkap bolabasket
ü Menyebutkan salah satu bentuk gerakn melempar bola
melalui atas kepala
ü Menyebutkan salah satu posisi akhir lengan pada
gerakan melempar bola melalui atas
kepala
|
1
2
3
4
5
6
7
8
|
Jenis sekolah :SMPN 244 Jakarta
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahrag dan Kesehatsn Kelas
/smtr :
VII ( tujuh ) / Satu & Dua
Kurikulum Acuan
:
KTSP 2013 (Standar Isi)
Alokasi Waktu :
60 Menit
Aspek : Permaian
bola kecil
NO
|
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KLS/
SMT
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
NO.
SOAL
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
|
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.2 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental permainan bola kecil . *)
|
VII/1
|
· Permainan bola kecil melalui
permainan bolakasti
|
ü Menyebutkan salah satu posisi
telapak tangan saat memegang bolakasti
ü Menyebutkan salah satu bentuk
gerakan melempar lambung bolakasti
ü Menyebutkan salah satu bentuk
gerakan melempar datar bolakasti
ü Menyebutkan salah satu posisi kedua
telapak tangan menangkap arah bola lambung
melalui permainan bolakasti
ü Menyebutkan salah satu posisi kedua
telapak tangan menangkap arah bola datar
melalui permainan bolakasti
ü Menyebutkan salah satu posisi kedua
telapak tangan memegng pemukul
bolakast
ü Menyebutkan salah satu bentul
gerakan lengan saat memukul pemukul
bolakasti
ü
Menyebutkan salah satu posisi awal untuk melakukan
gerakan memukul bolakasti
ü Menunjukan
salah satu gerakan menggulirkan bola pada permainan bolakasti
|
9
10
11
12
13
14
15
16
17
|
Jenis sekolah :SMPN 244 Jakarta
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahrag dan Kesehatsn Kelas
/smtr :
VII ( tujuh ) / Satu & Dua
Kurikulum Acuan
:
KTSP 2013 (Standar Isi)
Alokasi Waktu :
60 Menit
Aspek : Atletik
NO
|
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KLS/
SMT
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
NO.
SOAL
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
|
3.Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
|
3.3Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan
lempar).
|
VII/1
|
· Pembelajarasn atletik melalui
jalan cepat
· Pembelajarasn atletik melalui lari
jarak pendek
|
ü Menyebutkan salah satu posisi
badan saat jalan cepat
ü Menyebutkan salah satu prinsip
dasar arah pandangan mata saat jalan cepat
ü Menyebutkan salah satu prinsip
dasar gerakan lengan saat jalan cepat
ü Mennunjukankan salah satu prinsip
dasar gerakan lengan lari jarak pendek
ü Menyebutkan salah satu prinsip
dasar pendaratan kaki lari jarak pendek
|
18-21
22-25
26-28
29-30
31
|
Jenis sekolah : SMPN 244 Jakarta
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahrag dan Kesehatsn Kelas
/smtr :
VII ( tujuh ) / Satu & Dua
Kurikulum Acuan
:
KTSP 2013 (Standar Isi)
Alokasi Waktu :
60 Menit
Aspek : Beladiri
Pencaksilat
NO
|
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KLS/
SMT
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
NO.
SOAL
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
|
3.Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
|
3.4Memahami konsep keterampilan
gerak fundamental olahraga beladiri.
|
VII/1
|
· Pembelajaran beladiri melalui
pencaksilat
|
ü Menyebutkan salah satu posisi kaki
pada posisi tegak 1
ü Menyebutkan salah satu posisi
tangan pada posisi tegak 2
ü Menunjukan salah satu gerak
langkah serong
ü Mennunjukankan salah satu prinsip
dasar kuda-kuda depan
|
32
33
34
35
|
Jenis sekolah :SMPN 244 Jakarta
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahrag dan Kesehatsn Kelas
/smtr :
VII ( tujuh ) / Satu & Dua
Kurikulum Acuan
:
KTSP 2013 (Standar Isi)
Alokasi Waktu :
60 Menit
Aspek : Kebugaran
Jasmani
NO
|
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KLS/
SMT
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
NO.
SOAL
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
|
3.Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
|
3.5Memahami konsep latihan peningkatan
derajat kebugaran jasmaniyang terkait
dengan kesehatan, dan pengukuran hasilnya
|
VII/1
|
· Pembelajaran kebugaran jasmani
|
ü Menunjukan tiga komponen keb
ugaran jasmani
ü Menyebutkan salah satu waktu minimal
untuk latihan bukan atlit
ü Menyebutkan salah satu frekwensi
latihan untuk seorang bukan atlit
ü Menunjukan salah satu bentuk
lahian untuk kekuatan dan daya tahan otot tungkai
ü Menunjukan salah satu bentuk
lahian untuk kekuatan dan daya tahan otot lengan
ü Menunjukan salah satu bentuk
lahian untuk kelentukan sendi lutut
ü Menunjukan salah satu bentuk
lahian untuk kelentukan sendi pinggang
ü Menunjukan salah satu bentuk
lahian untuk keseimbangan
|
36
37
38
39
40
41
42
43
|
Jenis sekolah :SMPN 244 Jakarta
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahrag dan Kesehatsn Kelas
/smtr :
VII ( tujuh ) / Satu & Dua
Kurikulum Acuan : KTSP 2013 (Standar Isi)
Alokasi Waktu :
60 Menit
Aspek : Senam
lantai
NO
|
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KLS/
SMT
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
NO.
SOAL
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
|
3.Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.6 Memahami konsep gabungan pola gerak dominan dalam bentuk rangkaian keterampilan dasar senam lantai.
|
VII/1
|
· Pembelajarasn senam lantai
|
ü Menyebutkan
salah satu posisi badan guling depan
ü Menyebutkan
salah satu posisi bandan guling kebelakang
ü Menyebutkan
salah satu posisi badan guling lenting
ü
|
44
45
|
Jenis sekolah : SMPN 244 Jakarta
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahrag dan Kesehatsn Kelas /smtr : VII ( tujuh ) / Satu & Dua
Kurikulum Acuan : KTSP 2013 (Standar Isi)
Alokasi Waktu :
60 Menit
Aspek :
Aktivitas gerak berirama (ritmik)
NO
|
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KLS/
SMT
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
NO.
SOAL
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
|
3.Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
|
3.7 Memahami konsep keterampilan
gerak fundamental (langkah dan ayunan lengan) dalam bentuk rangkaian
keterampilan dasar aktivitas gerak ritmik
|
VII/1
|
· Pembelajarasn aktivitas ritmik
|
ü Menyebutkan
salah satu posisi badan saat melakukan sikap awal gerak melangkah dalam aktivitas
berirams
ü
|
46
|
Jenis sekolah : SMPN 244 Jakarta
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahrag dan Kesehatsn Kelas
/smtr :
VII ( tujuh ) / Satu & Dua
Kurikulum Acuan : KTSP 2013 (Standar Isi)
Alokasi Waktu :
60 Menit
Aspek :
Aktivitas air
NO
|
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KLS/
SMT
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
NO.
SOAL
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
|
3.Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
|
3.8 Memahami konsep keterampilan dasar dua gaya renang yang berbeda.
|
VII/1/2
|
· Pembelajarasn aktivitas air
|
ü Menyebutkan
salah satu posisi badan saat melakukan renang gaya dada
|
47-48
|
Jenis sekolah : SMPN 244 Jakarta
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahrag dan Kesehatsn Kelas
/smtr :
VII ( tujuh ) / Satu & Dua
Kurikulum Acuan : KTSP 2013 (Standar Isi)
Alokasi Waktu :
60 Menit
Aspek :
P 3 K
NO
|
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KLS/
SMT
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
NO.
SOAL
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
|
3.Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
|
3.9Memahami tindakan P3K pada kejadian darurat,
baik pada diri sendiri maupun orang lain.
|
VII/1/2
|
· Pembelajarasn P3K
|
ü Menyebutkan
salah satu tujuan P3K
|
49-50
|
No comments:
Post a Comment