KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS)SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2017-2018
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas :
VII (Tujuh)
Jumlah
: 40 Soal
Waktu
: 120 Menit
Bentuk
Soal :
Pilihan Ganda
No
KI
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
No Soal
|
3
|
3.1
Menganalisis gerak pada makhluk hidup dan sistem gerak pada manusia, dan upaya
menjaga kesehatan sistem gerak
|
Sistem Gerak pada
Manusia
·
Struktur dan fungsi rangka
·
Struktur dan fungsi sendi
·
Struktur dan fungsi otot
·
Mekanisme kerja otot
·
Gangguan pada system gerak
·
Upaya menjaga kesehatan system gerak
|
Disajikan
gambar, peserta didik mampu menjelaskan struktur tulang sesuai gambar
|
1
|
Disajikan
gambar, peserta didik mampu menjelaskan gerak yang ditimbulkan berdasarkan
gambar
|
2
|
|||
Disajikan
tabel, peserta didik mampu
menunjukkan alat gerak yang sesuai
dengan gambar
|
3
|
|||
Disajikan
gambar, peserta didik dapat menjelaskan penyebab kelainan sistem gerak pada
manusia
|
4
|
|||
3.2
Menganalisis gerak lurus, pengaruh gaya terhadap
gerak berdasarkan hukum Newton, dan penerapannya pada gerak benda dan gerak
makhluk hidup
|
Gerak dan Gaya
·
Gerak pada benda (GLB dan GLBB)
·
Kecepatan dan percepatan
·
Hukum Newton tentang gerak
·
PenerapanHukum Newton pada gerak makhluk hidup dan benda
|
Disajikan
beberapa pernyataan, peserta didik mendeskripsikan pengertian gerak dan gaya
|
5
|
|
Disajikan
contoh gerak dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menunjukkan
yang termasuk kedalam gerak
|
6
|
|||
Disajikan
sebuah gambar, peserta didik dapat menghitung kecepatan/percepatan
|
7
|
|||
Disajikan
contoh sedrhana, peserta didik dapat menghitung percepatan atau kecepatnnya.
|
8
|
|||
Disajikan
gambar, peserta didik dapat menghitung gaya
|
9
|
|||
Disajikan
beberapa contoh sederhana dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menyebutkan
penerapan hukum newton pada gerak makhluk hidup dan benda
|
10
|
|||
3.3 Menjelaskan konsep usaha, pesawat sederhana
dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk kerja otot pada
struktur rangka manusia Mengklasifikasikan makhluk hidup dan benda
berdasarkan karakteristik yang diamati
|
Pesawat sederhana
·
Kerja (Usaha)danDaya
·
Jenispesawatsederhana
·
Mekanisme kerja pesawats ederhana
·
Keuntungan mekanik
·
Prinsip kerja pesawat sederhana pada otot dan rangka manusia
|
Disajikan
contoh sederhana, peserta didik dapat menghitung tentang daya dan usaha
|
11, 12
|
|
Peserta
didik dapat menyebutkan/menunjukkan jenis pesawat sederhana
|
13
|
|||
Disajikan
sebuah gambar, pesrta didik dapat menyebutkan/menunjukkan jenis pesawat
sederhana
|
14
|
|||
Disajikan
beberapa pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan mekanisme kerja salah
satu jenis pesawat sederhana
|
15
|
|||
Disajikan
beberapa pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan keuntungan/manfaat
pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari
|
16
|
|||
Disajikan
gambar, peserta didik dapat menghitung keuntungan mekanik pesawat sederhana
|
17, 18
|
|||
Peserta
didik dapat menyebutkan Prinsip
kerja pesawat sederhana pada otot dan rangka manusia
|
19
|
|||
3.4
Menganalisis keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta
teknologi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan
|
Struktur daan Fungsi Tumbuhan
·
Struktur dan fungsi akar, batang, dandaun
·
Struktur dan fungsi bunga, buah, dan biji
·
Struktur dan fungsi jaringan
Teknologi yang terinspirasi oleh
struktur tumbuhan
|
Disajikan
gambar, peserta didik dapat menunjukkan struktur morfologi dari tumbuhan
|
20
|
|
Disajikan
gambar, peserta didik dapat menjelaskan fungsi dari struktur anatomi jaringan
pada tumbuhan
|
21
|
|||
Peserta
didik dapat menyebutkan contoh teknologi yang terinspirasi struktur jaringan
pada tumbuhan
|
22
|
|||
Disajikan
gambar, peserta didik dapat menyimpulkan percobaan tentang struktur jaringan
pada tumbuhan
|
23
|
|||
Disajikan
data, peserta didik mampu menyebutkan contoh gerak tumbuhan
|
24
|
|||
3. 5 Menganalisis system pencernaan pada manusia
dan memahami gangguan yang berhubungan dengan system pencernaan, serta upaya
enjaga kesehatan system pencernaan
|
Sistem Pencernaan pada manusia
·
Zatmakanan
·
Uji bahan makanan
·
Organ pencernaan
·
Enzim pencernaan
Penyakit yang berhubungan dengan
system pencernaan
|
Disajikan
data, peserta didik mampu menyebutkan bahan makanan berdasarkan kandungan zat
gizinya
|
25
|
|
Disajikan
tabel hasil percobaan, peserta didik mampu menyebutkan kandungan zat dari
bahan makanan berdasarkan data tabel
|
26
|
|||
Disajikan
gambar, peserta didik dapat menjelaskan fungsi enzim yamg dikeluarkan
kelenjar pencernaan
|
27
|
|||
Disajikan
gambar, peserta didik mampu menjelaskan proses pencenaan makanan pada manusia
|
28
|
|||
Disajikan
tabel, peserta didik mampu menjelaskan fungsi enzim pada proses pencernaan
pada manusia
|
29
|
|||
Peserta
didik mampu menjelaskan upaya pencegahan gangguan/ penyakit sistem pencernaan pada manusia
|
30
|
|||
3.6.menjelaskan
berbagai zat aditif dalam makanan dan minuman, zat adiktif, serta dampaknya terhadap
kesehatan
|
Zat Aditif dan Zat Adiktif
·
Jenis zat aditif (alami dan buatan) dalam makanan dan minuman
·
Jenis zat adiktif
Pengaruh zat aditif dan
adiktif terhadap kesehatan
|
Disajikan
data, siswa mampu menyebutkan zat aditif yang terkandung dalam makanan
tersebut
|
31
|
|
Peserta
didik mampu menjelaskan akibat penggunaan zat aditif berlebih dalam tubuh manusia
|
32
|
|||
Peserta
didik mampu menyebutkan jenis zat adiktif
yang terkandung dalam psikotopika
|
33
|
|||
3.7
Menganalisis system peredaran darah pada manusia dan memahami gangguan pada sistem
peredaran darah, serta upaya menjaga kesehatan sistem peredaran darah
|
Sistem Peredaran Darah
·
Komponendarah
·
Organ peredarandarah
·
Jenisperedarandarah
·
Penyakit pada sistem peredaran darah
Upaya menjaga kesehatan
system peredaran darah
|
Disajikan
data, peserta didik mampu menyebutkan organ peredaran darah pada manusia
|
34
|
|
Peserta
didik mampu menjelaskan perbedaan pembuluh darah pada manusia
|
35
|
|||
Disajikan
gambar, peserta didik mampu menjelaskan proses peredaran darah pada manusia
|
36
|
|||
Disajikan
gambar, peserta didik mampu mengurutkan proses peredaran darah pada manusia
|
37
|
|||
Disajikan
diagram, peserta didik mampu menjelaskan proses pembekuan darah
|
38
|
|||
Disajikan
data, peserta didik mampu menyebutkan gangguan pada sistem peredaran darah
pada manusia
|
39
|
|||
|
Peserta
didik mampu menjelaskan upaya pencegahan supaya terhindar dari bahaya narkoba
|
40
|
No comments:
Post a Comment