KISI-KISI SOAL PAS GANJIL PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI
Jenjang Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen dan
Budi Pekerti
Kurikulum :
Kurikulum 2013
Kelas :
IX ( Sembilan )
Alokasi Waktu :
90 Menit
Jumlah soal :
50
Bentuk Soal :
Pilihan Ganda
Tahun Ajaran :
2017 – 2018
Penyusun :
Linda Sinaga,S.PAK
Kompetensi Inti :
Memahami dan menerapkan pengetahuan ( faktual,konseptual,dan prosedural)
berdasarkan
rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi,seni,budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator soal
|
Tingkat kesulitan
|
Nomor Soal
|
1
|
3.1 Memahami
karya Allah dalam
pertumbuhan gereja sebagai
umatNya di dunia yang
bergumul untuk menjadi
saksiNya yang setia.
|
Gereja sebagai Umat Allah yang Baru
|
Disajikan kutipan pemahaman tentang
gereja,peserta
didik mampu menentukan gereja sebagai umat Allah.
|
.Sedang
|
1
|
|
Peserta didik mampu menentukan pengertian dari
Ekklesia.
Peserta didik mampu menentukan perjanjian baru yang
dilakukan Allah sesuai dalam kitab Yeremia 31 : 31 - 33
|
Mudah
Sukar
|
2
3
|
||
|
|
|
Peserta didik mampu menentukan satu intisari dari
Khotbah Petrus ketika turunnya Roh Kudus.
|
Sedang
|
4
|
Peserta didik mampu menentukan inti khotbah Petrus
dalam kitab Kisah Para Rasul 2 : 36
|
Sedang
|
5
|
|||
|
Disajikan kutipan tentang sifat-sifat gereja ,peserta
didikmampu menentukan sifat gereja Perdana.
|
.
Mudah
|
6
|
||
|
|||||
|
|||||
|
|
|
Disajikan kutipan tentang pernyataan orang Kristen
,peserta didik mampu menentukan pernyataan Mahatma Gandh.
|
Mudah
|
7
|
|
|
|
Peserta didik mampu menentukan pengertian gereja
sebagai umat Allah
|
Mudah
|
8
|
|
|
|
Peserta didik mampu menetukan pengertian gereja sesuai
dalam kitab 1 Petrus 2 : 9
|
Sukar
|
9
|
Peserta didik mampu menentukan bentuk kegagalan dalam masyarakat yang terjadi di
Pantai Gading Afrika.
|
Sedang
|
10
|
|||
|
|
|
Disajikan pola hidup manusia, peserta didik mampu
menentukan pola hidup jemaat mula-mula.
|
Sedang
|
11
|
|
|
|
Peserta didik mampu menentukan pernyataan seorang
terkaya di dunia tentang pola hidup yang sesuai dengan kebutuhan hidup.
|
Mudah
|
12
|
|
Peserta didik mampu menentukan pernyataan seorang
terkaya di dunia tentang pola hidup sederhana
|
Mudah
|
13
|
||
Mengenal Gerejaku.
|
Peserta didik mampu menetukan isi doa Yesus sesuai
kitab Yohanes 17 : 21
|
Sedang
|
14
|
||
|
|
|
Peserta didik mampu menentukan penyebab perpecahan
gereja yang dipimpin Petrus dan Yakobus.
|
Sedang
|
15
|
|
Peserta didik mampu menentukan penyebab perpecahan
gereja yang dipimpin
Rasul Paulus.
|
Mudah
|
16
|
||
|
|
Peserta didik mampu menentukan isi kesepakatan Konsili Yerusalem
atau Konferensi Apostolik.
|
Sukar
|
17
|
|
|
|
|
Peserta didik mampu menentukan beberapa penyebab
perpecahan gereja .
|
Sukar
|
18
|
|
|
|
Peserta didik mampu menetukan satu diantara 95 dalil
yang dilakukan Martin Luther.
|
Mudah
|
19
|
|
3.2 Menjelaskan
Karya Allah
melalui perubahan-perubahan
baru yang dihadirkan gereja di
tengah-tengah dunia.
|
|
Peserta didik mampu menentukan kesatuan yang dimaksud
dalam gereja .
|
Mudah
|
20
|
|
Peserta didik mampu menetukan nama tokoh Reformasi
dalam gereja Protestan.
|
Sedang
|
21
|
||
|
Peserta didik mampu menentukan pengertian dari Sola
Gratia.
|
Sudang
|
22
|
||
|
Peserta didik mampu menentukan pengertian dari Sola
Fide.
|
Sukar
|
23
|
||
|
Peserta didik mampu menentukan waktu berdirinya PGI
|
Sedang
|
24
|
||
Gereja yang Hidup di Dunia.
|
Peserta didik mampu menentukan keterlibatan gereja
untuk kesejahteraan warga negara.
|
Mudah
|
25
|
||
|
|
|
Peserta didik mampu menentukan pengertian dari Kerugma.
|
Sedang
|
26
|
|
Peserta didik mampu menentukan pengertian dari
Leitourgia.
|
Sedang
|
27
|
||
|
|
|
Peserta didik mampu menentukan pengertian dari
Koinonia.
|
Mudah
|
28
|
Peserta didik mampu menentukan sikak orang Kristen
dalam hal pemberian bantuan bagi sesama.
|
Sedang
|
29
|
|||
|
Peserta didik mampu melengkapi isi kitab Galatia 3 : 28
|
Sukar
|
30
|
||
Peserta didik mampu menentukan nama tokoh yang berdoa
agar tidak melakukan kekerasan dalam menyelesaikan masalah.
|
Sedang
|
31.
|
|||
|
|
Gereja yang Bersaksi dan yang Melayani di Dunia.
|
Peserta didik
mampu menentukan nama tokoh yang
memperjuangkan perlakuan yang terhadap
orang Dalit di India.
|
Mudah
|
32
|
|
Peserta didik mampu melengkapi firman Tuhan dalam kitab
Matius 25 : 40
|
Sukar
|
33
|
||
|
|
Gereja yang Bergumul di Dunia.
|
Peserta didik mampu menentukan bentuk sosial yang
dilakukan orang Kristen dalam kehidupan sehari-hari.
|
Sedang
|
34
|
Peserta didik mampumenentukan isi kitab Yohanes 15 : 18
- 19
Peserta didik mampu menentukan pernyataan Graeme
Goldsworthy tentang Kerajaan Sorga.
|
Sukar
Sedang
|
35
36
|
|||
|
Peserta didik mampu menentukan pengertian Kerajaan
Allah yang disampaikan Yesus Kristus.
|
Mudah
|
37
|
||
|
Peserta didik mampu menentukan nama seseorang Yahudi yang mengalami aniaya karena
menyatakan kebenaran sesuai Firman Tuhan.
|
Sedang
|
38
|
||
|
|
|
Peserta didik mampu menentukan Firman Tuhan dalam kitab
Matius 20 : 16
|
Sukar
|
39
|
|
|
Gereja dan Orang Muda
|
Peserta didik mampu menentukan firman Tuhan yang
disampaikan Rasul Paulus terhadap orang muda.
|
Sedang
|
40
|
|
Peserta didik mampu menentukan peranan orang muda dalam
masyarakat.
|
Mudah
|
41
|
||
|
|
|
Peserta didik mampu menentukan firman Allah yang
menyatakan bahwa orang Kristen harus ramah terhadap semua orang.
|
Mudah
|
42
|
|
|
|
Peserta didik mampu menentukan peranan orang muda dalam
gereja.
|
Mudah
|
43
|
|
3.3 Menguraikan
berbagai sikap
toleran antar manusia pada
umumnya dan secara khusus
antar umat beragama
berdasarkan ajaran Tuhan
Yesus.
|
Indahnya Lingkungan yang Majemuk
|
Peserta didik mampu
bersikap harmoni dalam
masyarakat majemuk.
|
Mudah
|
44
|
|
|
|
Peserta didik mampu menentukan pengertian dari
Toleleransi.
Peserta didik mampu menentukan sikap hidup toleransi
dalam masyarakat majemuk
|
Sedang
Sedang
|
45
46
|
|
|
Toleransi bagian dari hidupku
|
Peserta didik mampu menentukan sikap toleran yang perlu
dibangun dalam masyarakat majemuk.
|
Mudah
|
47
|
|
|
|
Peserta didik mampu menentukan sikap orang Kristen
dalam memberikan bantuan.
|
Mudah
|
48
|
|
|
Membangun Perdamaian ,Merajut Toleransi
|
Peserta didik mampu menentukan alasan pentingnya remaja
dilibatkan dalam masyarakat.
|
Mudah
|
49
|
Peserta didik mampu menentukan komitmen untuk menuju
pada transformasi lingkungan.
|
Sedang
|
50
|
No comments:
Post a Comment