KISI-KISI
PENULISAN SOAL KELAS VII
PENILAIAN
AKHIR SEMESTER
Jenjang Sekolah : SMP
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Alokasi
Waktu : 120 Menit
Jumlah
Soal : 40 Butir
Bentuk
Soal : Pilihan Ganda
Tahun
Pelajaran : 2017-2018
NO
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KELAS/
SMT
|
MATERI/SUB
MATERI
|
INDIKATOR
SOAL
|
NO
SOAL
|
21
|
Menganalisis
konsep suhu, pemuaian , kalor, perpindahan kalor dan penerapanya dalam
kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada
manusia dan hewan
|
VII / I
|
Pengertian
suhu
|
Peserta
didik dapat menyebutkan yang dimaksud dengan derajat panas suatu benda
|
21
|
22
|
Menganalisis
konsep suhu, pemuaian , kalor, perpindahan kalor dan penerapanya dalam
kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada
manusia dan hewan
|
VII / I
|
Skala
suhu
|
Disajikan gambar thermometer dalam derajat Celsius peserta didik dapat
menghitung besar suhu dalam derajat fahreinheit
|
22
|
23
|
Menganalisis
konsep suhu, pemuaian , kalor, perpindahan kalor dan penerapanya dalam
kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada
manusia dan hewan
|
VII / I
|
Skala
suhu
|
Berdasarkan
pernyataan yang disajikan, peserta didik dapat menghitung besar suhu yang
ditunjukkan oleh thermometer buatan
|
23
|
24
|
Menganalisis
konsep suhu, pemuaian , kalor, perpindahan kalor dan penerapanya dalam
kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada
manusia dan hewan
|
VII / I
|
Jenis-jenis
thermometer
|
Disajikan 4 pernyataan tentang raksa , peserta didik dapat menentukan 3 keunggulanya
sebagai pengisi thermometer
|
24
|
25
|
Menganalisis
konsep suhu, pemuaian kalor dan penerapanya dalam kehidupan sehari-hari
termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan
|
VII / I
|
Pemuaian
pada zat padat
|
Berdasarkan
pernyataan yang disajikan, peserta didik dapat menghitung panjang akhir
sebatang logam aluminium setelah mengalami pemanasan
|
25
|
26
|
Menganalisis
konsep suhu, pemuaian kalor dan penerapanya dalam kehidupan sehari-hari
termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan
|
VII / I
|
Jumlah
kalor
|
Diberikan
pernyataan beserta besaranya, peserta didik dapat menghitung besarnya
kenaikan suhu 1 kg air pada proses pemanasan
|
26
|
27
|
Menganalisis
konsep suhu, pemuaian kalor dan penerapanya dalam kehidupan sehari-hari
termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan
|
VII / I
|
Pemuaian
pada zat cair
|
Berdasarkan
pernyataan yang diberikan tentang pemuaian pada zat cair dan zat padat,
peserta didik dapat menentukan contoh peristiwa yang merupakan penerapanya
|
27
|
28
|
Menganalisis
konsep suhu, pemuaian kalor dan penerapanya dalam kehidupan sehari-hari
termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan
|
VII / I
|
Konsep
Hubungan Kalor dan Perubahan Suhu Benda
|
Berdasarkan
pernyataan yang disajikan , peserta didik dapat menentukan penyebab pecahnya
gelas saat diisi dengan kopi panas
|
28
|
29
|
Menganalisis
konsep suhu, pemuaian kalor dan penerapanya dalam kehidupan sehari-hari
termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan
|
VII / I
|
Konsep Hubungan Kalor dan Perubahan
Zat Benda
|
Diberikan
pernyataan beserta besaranya, Peserta didik dapat menentukan jumlah kalor
yang dibutuhkan pada pemanasan besi
|
29
|
30
|
Menganalisis
konsep suhu, pemuaian kalor dan penerapanya dalam kehidupan sehari-hari
termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan
|
VII / I
|
Hubungan
kalor dengan suhu benda
|
Peserta
didik dapat menentukan proses yang terjadi pada pencampuran air dingin dan
air panas
|
30
|
31
|
Menganalisis
konsep suhu, pemuaian kalor dan penerapanya dalam kehidupan sehari-hari
termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan
|
VII / I
|
Kalor
dan Perubahan wujud
|
Peserta
didik dapat menentukan proses yang terjadi pada pembuatan kapur barus
|
31
|
32
|
Menganalisis
konsep suhu, pemuaian kalor dan penerapanya dalam kehidupan sehari-hari
termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan
|
VII / I
|
Kalor
dan perubahan wujud benda
|
Peserta
didik dapat menentukan contoh perubahan wujud
cair menjadi padat dalam kehidupan sehari-hari
|
32
|
33
|
Menganalisis
konsep suhu, pemuaian kalor dan penerapanya dalam kehidupan sehari-hari
termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan
|
VII / I
|
Kalor
dan perubahan wujud benda
|
Disajikan
beberapa pernyataan, peserta didik dapat menentukan cara mempercepat
penguapan
|
33
|
34
|
Menganalisis
konsep suhu, pemuaian kalor dan penerapanya dalam kehidupan sehari-hari
termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan
|
VII / I
|
Perpindahan
kalor
|
Peserta
didik dapat menentukan contoh peristiwa
perpindahan kalor secara konduksi
|
34
|
35
|
Menganalisis
konsep energy, berbagai sumber energy, dan perubahan bentuk energy dalam
kehidupan sehari-hari termasuk fotosintesis
|
VII / I
|
Pengertian
energi
|
Peserta
didik dapat menentukan pengertian dari energi
|
35
|
36
|
Menganalisis
konsep energy, berbagai sumber energy, dan perubahan bentuk energy dalam
kehidupan sehari-hari termasuk fotosintesis
|
VII / I
|
Energy
kimia
|
Berdasarkan
data yang disajikan , peserta didik dapat menentukan sumber energy kimia
|
36
|
37
|
Menganalisis
konsep energy, berbagai sumber energy, dan perubahan bentuk energy dalam
kehidupan sehari-hari termasuk fotosintesis
|
VII / I
|
Energy
kinetik
|
Berdasarkan
gambar yang disajikan , peserta didik dapat menentukan jenis energy yang
dimilikinya
|
37
|
38
|
Menganalisis
konsep energy, berbagai sumber energy, dan perubahan bentuk energy dalam
kehidupan sehari-hari termasuk fotosintesis
|
VII / I
|
Perubahan
energi
|
Peserta
didik dapat menentukan alat yang dapat merubah energy gerak menjadi energy listrik
|
38
|
39
|
Menganalisis
konsep energy, berbagai sumber energy, dan perubahan bentuk energy dalam
kehidupan sehari-hari termasuk fotosintesis
|
VII / I
|
Konsep
energi
|
Peserta
didik dapat menentukan cara menghemat enertgi
|
39
|
40
|
Menganalisis
konsep energy, berbagai sumber energy, dan perubahan bentuk energy dalam
kehidupan sehari-hari termasuk fotosintesis
|
VII / I
|
Bentuk
perubahan energi
|
Berdasarkan
gambar yang disajikan, peserta didik dapat menentukan bentuk perubahan energy
yang terjadi
|
40
|
Penyusun
Sri gunawan
SMPN 170 Jakarta
No comments:
Post a Comment