KISI KISI PENULISAN SOAL PENILAIAN AKHIR
SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Jenjang Sekolah : Sekolah Menengah
Pertama (SMP) Tahun
Pelajaran : 2017 /2018
Kelas /
Semester : VII / 1 Bentuk
Soal : Pilihan Ganda
Mata Pelajaran : Matematika Jumlah
Soal : 40
No. Urut
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI / SUB
MATERI
|
INDIKATOR
SOAL
|
NOMOR SOAL
|
|
3.1. siswa mampu menjelaskan dan menentukan urutan pada
bilangan bulat (positif dan negatif) dan pecahan (biasa, campuran, desimal,
persen);
|
Mengurutkan dan membandingkan
bilangan bulat dan pecahan
|
Peserta didik dapat membandingkan dua bilangan bulat
|
1
|
Diberikan 4
buah angka, peserta didik dapat menentukan
selisih bilangan terbesar dan terkecil
yang disusun dari angka angka tersebut
|
2
|
|||
Peserta didik dpat menentukan tanda pertidaksamaan
|
7
|
|||
Peserta didik dapat menentukan urutan pecahan
(decimal, persen atau pecahan biasa ) dari yang terbesar ke yang terkecil
atau sebaliknya
|
8
|
|||
3.2 Menjelaskan dan melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi
|
Operasi Bilangan Bulat
|
Peserta didik dapat menentukan hasil
operasi penjumlahan bilangan
bulat
|
3
|
|
Peserta didik dapat menentukan hasil operasi penjumlahan dan pengurangan
bilangan bulat berbentuk deret biangan
sederhana
|
4
|
|||
|
|
Peserta didik dapat menentukan hasil operasi
gabungan ( penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian ) pada
bilangan bulat
|
5
|
|
Diberikan 4 pernyataan , peserta didik dapat
menentukan sifat operasi hitung yang
melibatkan bilangan bulat
|
6
|
|||
Persta didik dapat menentukan hasil operasi perkalian bilangan pecahan
|
9
|
|||
Peserta didik dapat menentukan hasil operasi
gabungan ( penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian ) pada
bilangan pecahan
|
10
|
|||
Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan KPK atau FPB
|
13
|
|||
Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang
berkaitan operasi bilangan pecahan
|
15
|
|||
3
|
3.3.menjelaskan dan menentukan representasi
bilangan bulat besar sebagai bilangan berpangkat bulat positif;
|
Bilangan berpangkat
|
Peserta didik menyatakan
sebuah bilanganBilangan sebagai hasil kali faktor-faktor primanya
|
11
|
Peserta didik dapat menentukan hasil bilangan
berpangkat
|
12
|
|||
Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang
melibatkan operasi bilangan bulat
|
14
|
|||
4
|
3.4 Menjelaskan himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan kosong, komplemen himpunan, dan melakukan operasi biner pada himpunan menggunakan masalah kontekstual
|
Menyatakan himpunan atau bukan
himpunan
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi suatu kumpulan yang merupakan himpunan .
|
16
|
Cara menyajikan himpunan
|
Peserta didik dapat
menyajikan himpunan dengan notasi pembentuk himpunan
|
17
|
||
Kardinalitas
|
Peserta didik dapat
menentukan kardinalitas dari suatu
himpunan
|
18
|
||
Himpunan bagian
|
Peserta didik dapat
menentukan himpunan bagian dari suatu
himpunan
|
19
|
||
Operasi himpunan
|
Peserta
didik dapat menentukan operasi himpunan (gabungan,
irisan , seliasih atau komplemen) dari
dua himpunan
|
20,21,23
|
||
Disajikan sebuah diagram venn, operasi himpunan (gabungan, irisan , seliasih atau
komplemen) dari dua himpunan
|
22
|
|||
Peserta didik dapat menyelesaikan
masalah sehari-hari yang berkaitan dengan operasi himpunan
|
24-25
|
|||
5
|
3.5. Menjelaskan bentuk aljabar dan melakukan operasi pada bentuk aljabar (penjumlahan, pengurangan,
perkalian, dan pembagian)
|
Suku sejenis
|
Peserta didik dapat menenentukan suku sejenis
|
26
|
|
|
Operasi bentuk aljabar
|
Peserta didik
menyelesaikan operasi bentuk aljabar
|
27 , 29 dan
32
|
Peserta didik
menyederhanakan bentuk pecahan
aljabar
|
28 dan 30
|
|||
Peserta didik dapat menyelesaikan
masalah yang melibatkan operas bentuk
aljabar
|
31 dan 33
|
|||
6
|
siswa mampu menjelaskan persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel
dan penyelesaiannya.
|
Persamaan linear satu variabel
|
Peserta didik dapat menetukan penyelesaian dari
persamaan linear satu variabel
|
34, dan 35
|
|
|
|
Peserta didik dapat menetukan penyelesaian dari
persamaan linear satu variable pecahan albar
|
36
|
|
|
|
Peserta didik dapat menetukan penyelesaian dari
pertidak samaan linear satu variabel
|
37
|
|
|
|
Peserta didik dapat menetukan penyelesaian dari
pertidak samaan linear satu variable
dalam bentuk pecahan
|
38
|
|
|
|
Peserta didik dapat menentukan bentuk persamaan linear satu variable dari masalah
sehari hari
|
39
|
|
|
|
Dibeikan ukuran bangun datar yang diperlukan , dalam bentuk aljabar peserta didik dapat
menentukan panjang salah satu sisi bangun
datar tersebut
|
40
|
No comments:
Post a Comment