KISI-KISI PENULISAN SOAL KELAS VII
PENILAIAN
AKHIR SEMESTER
Jenjang Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam
Alokasi
Waktu : 120 Menit
Jumlah
Soal : 40 Butir
Bentuk
Soal : Pilihan Ganda
Tahun
Pelajaran : 2017-2018
NO
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
/ SUB MATERI
|
INDIKATOR
SOAL
|
NOMOR
SOAL
|
1
|
3.1.
Menerapkan konsep pengukuran berbagai
besaran dengan menggunakan satuan
standard (baku)
4.1.
Menyajikan data hasil pengukuran dengan
alat ukur yang sesuai pada diri
sendiri,
makhluk hidup lain, dan benda-benda di
sekitar dengan menggunakan satuan tak
baku dan satuan baku
|
Pengukuran
|
Peserta
didik dapat membedakan besaran dan bukan besaran jika diberikan beberapa
pernyataan
|
1
|
Peserta
Didik dapat melakukan pengukuran besaran waktu jika diberikan gambar
stopwatch
|
2
|
|||
Peserta
didik dapat melakukan pengukuran besaran volume jika diberikan gambar .
|
3
|
|||
Besaran Pokok
|
Peserta
didik dapat menentukan besaran pokok jika diberikan data hasil pengamatan
|
4
|
||
Peserta
didik dapat menyebutkan macam-macam besaran pokok beserta satuannya jika
diberikan tabel berbagai besarn
|
5
|
|||
Besaran Turunan
|
Peserta
Didik dapat menyebutkan macam-macam besaran turunan beserta satuannya jika
diberikan tabel berbagai besaran
|
6
|
||
2
|
3.2.
Mengklasifikasikan makhluk hidup dan
benda berdasarkan karakteristik yang
diamati
4.2.
Menyajikan hasil pengklasifikasian
makhluk hidup dan benda di lingkungan
sekitar berdasarkan karakteristik yang
diamati
|
Membedakan makhluk hidup dan tak hidup
|
Peserta
didik dapat menyebutkan salah satu ciri makhluk hidup jika diberikan gambar
aktivitas makhluk hidup
|
7
|
Kunci determinasi
|
Peserta
didik dapat menentukan kunci determinasi hewan jika diberikan data kunci
determinasi
|
8
|
||
Mikroskop
|
Peserta
didik dapat mengurutkan langkah penggunaan mikroskop yang benar jika
diberikan gambar mikroskop
|
9
|
||
Mengelompokkan makhluk hidup
berdasarkan prinsip klasifikasi
|
Peserta
didik dapat menyebutkan urutan takson pada hewan jika diberikan nama takson
|
10
|
||
Peserta
didik dapat menentukan kelompok hewan jika diberikan ciri-cirinya
|
11
|
|||
Peserta
didik dapat menentukan hewan-hewam yang satu kelompok jika diberikan data
beberapa hewan
|
12
|
|||
Peserta
didik dapat menyebutkan ciri-ciri tumbuhan monokotil jika diberikan beberapa
pernyataan
|
13
|
|||
3
|
3.3.
Menjelaskan konsep campuran dan zat
tunggal (unsur dan senyawa), sifat
fisika
dan kimia, perubahan fisika dan kimia
dalam kehidupan sehari-hari.
4.3.
Menyajikan hasil penyelidikan atau karya
tentang sifat larutan, perubahan
fisika dan
perubahan kimia, atau pemisahan
campuran.
|
Karakteristik materi, unsur, senyawa
dan campuran
|
Peserta
didik dapat menentukan kelompok unsur jika diberikan data
|
14
|
Peserta
didik dapat menentukan campuran heterogen jika diberikan beberapa contoh
campuran
|
15
|
|||
Campuran dan sifat larutan asam basa
|
Peserta
didik dapat menentukan larutan yang diuji dengan kertas lakmus jika diberikan
data hasil pengamatan
|
16
|
||
Peserta
didik dapat menentukan manfaat dari reaksi penetralan
|
17
|
|||
Pemisahan campuran
|
Peserta
didik dapat menentukan jenis pemisahan campuran jika diberikan data
macam-macam campuran
|
18
|
||
Sifat fisika dan sifat kimia
|
Peserta
didik dapat menyebutkan sifat kimia jika diberikan beberapa pernyataan.
|
19
|
||
Perubahan fisika dan perubahan kimia
|
Peserta
didik dapat menentukan perubahan kimia jika diberikan beberapa contoh
perubahan materi
|
20
|
NO
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI/SUB
MATERI
|
INDIKATOR
SOAL
|
NO
SOAL
|
21
|
Menganalisis
konsep suhu, pemuaian , kalor, perpindahan kalor dan penerapanya dalam
kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada
manusia dan hewan
|
Pengertian
suhu
|
Peserta
didik dapat menyebutkan yang dimaksud dengan derajat panas suatu benda
|
21
|
22
|
Menganalisis
konsep suhu, pemuaian , kalor, perpindahan kalor dan penerapanya dalam
kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada
manusia dan hewan
|
Skala
suhu
|
Disajikan gambar thermometer dalam derajat Celsius peserta didik dapat
menghitung besar suhu dalam derajat fahreinheit
|
22
|
23
|
Menganalisis
konsep suhu, pemuaian , kalor, perpindahan kalor dan penerapanya dalam
kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada
manusia dan hewan
|
Skala
suhu
|
Berdasarkan
pernyataan yang disajikan, peserta didik dapat menghitung besar suhu yang
ditunjukkan oleh thermometer buatan
|
23
|
24
|
Menganalisis
konsep suhu, pemuaian , kalor, perpindahan kalor dan penerapanya dalam
kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada
manusia dan hewan
|
Jenis-jenis
thermometer
|
Disajikan 4 pernyataan tentang raksa , peserta didik dapat menentukan 3
keunggulanya sebagai pengisi thermometer
|
24
|
25
|
Menganalisis
konsep suhu, pemuaian kalor dan penerapanya dalam kehidupan sehari-hari
termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan
|
Pemuaian
pada zat padat
|
Berdasarkan
pernyataan yang disajikan, peserta didik dapat menghitung panjang akhir
sebatang logam aluminium setelah mengalami pemanasan
|
25
|
26
|
Menganalisis
konsep suhu, pemuaian kalor dan penerapanya dalam kehidupan sehari-hari
termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan
|
Jumlah
kalor
|
Diberikan
pernyataan beserta besaranya, peserta didik dapat menghitung besarnya
kenaikan suhu 1 kg air pada proses pemanasan
|
26
|
27
|
Menganalisis
konsep suhu, pemuaian kalor dan penerapanya dalam kehidupan sehari-hari
termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan
|
Pemuaian
pada zat cair
|
Berdasarkan
pernyataan yang diberikan tentang pemuaian pada zat cair dan zat padat,
peserta didik dapat menentukan contoh peristiwa yang merupakan penerapanya
|
27
|
28
|
Menganalisis
konsep suhu, pemuaian kalor dan penerapanya dalam kehidupan sehari-hari
termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan
|
Konsep
Hubungan Kalor dan Perubahan Suhu Benda
|
Berdasarkan
pernyataan yang disajikan , peserta didik dapat menentukan penyebab pecahnya
gelas saat diisi dengan kopi panas
|
28
|
29
|
Menganalisis
konsep suhu, pemuaian kalor dan penerapanya dalam kehidupan sehari-hari
termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan
|
Konsep Hubungan Kalor dan Perubahan
Zat Benda
|
Diberikan
pernyataan beserta besaranya, Peserta didik dapat menentukan jumlah kalor
yang dibutuhkan pada pemanasan besi
|
29
|
30
|
Menganalisis
konsep suhu, pemuaian kalor dan penerapanya dalam kehidupan sehari-hari
termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan
|
Hubungan
kalor dengan suhu benda
|
Peserta
didik dapat menentukan proses yang terjadi pada pencampuran air dingin dan air
panas
|
30
|
31
|
Menganalisis
konsep suhu, pemuaian kalor dan penerapanya dalam kehidupan sehari-hari
termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan
|
Kalor
dan Perubahan wujud
|
Peserta
didik dapat menentukan proses yang terjadi pada pembuatan kapur barus
|
31
|
32
|
Menganalisis
konsep suhu, pemuaian kalor dan penerapanya dalam kehidupan sehari-hari
termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan
|
Kalor
dan perubahan wujud benda
|
Peserta
didik dapat menentukan contoh perubahan wujud
cair menjadi padat dalam kehidupan sehari-hari
|
32
|
33
|
Menganalisis
konsep suhu, pemuaian kalor dan penerapanya dalam kehidupan sehari-hari
termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan
|
Kalor
dan perubahan wujud benda
|
Disajikan
beberapa pernyataan, peserta didik dapat menentukan cara mempercepat
penguapan
|
33
|
34
|
Menganalisis
konsep suhu, pemuaian kalor dan penerapanya dalam kehidupan sehari-hari
termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan
|
Perpindahan
kalor
|
Peserta
didik dapat menentukan contoh peristiwa
perpindahan kalor secara konduksi
|
34
|
35
|
Menganalisis
konsep energy, berbagai sumber energy, dan perubahan bentuk energy dalam
kehidupan sehari-hari termasuk fotosintesis
|
Pengertian
energi
|
Peserta
didik dapat menentukan pengertian dari energi
|
35
|
36
|
Menganalisis
konsep energy, berbagai sumber energy, dan perubahan bentuk energy dalam
kehidupan sehari-hari termasuk fotosintesis
|
Energy
kimia
|
Berdasarkan
data yang disajikan , peserta didik dapat menentukan sumber energy kimia
|
36
|
37
|
Menganalisis
konsep energy, berbagai sumber energy, dan perubahan bentuk energy dalam
kehidupan sehari-hari termasuk fotosintesis
|
Energy
kinetik
|
Berdasarkan
gambar yang disajikan , peserta didik dapat menentukan jenis energy yang
dimilikinya
|
37
|
38
|
Menganalisis
konsep energy, berbagai sumber energy, dan perubahan bentuk energy dalam
kehidupan sehari-hari termasuk fotosintesis
|
Perubahan
energi
|
Peserta
didik dapat menentukan alat yang dapat merubah energy gerak menjadi energy listrik
|
38
|
39
|
Menganalisis
konsep energy, berbagai sumber energy, dan perubahan bentuk energy dalam
kehidupan sehari-hari termasuk fotosintesis
|
Konsep
energi
|
Peserta
didik dapat menentukan cara menghemat enertgi
|
39
|
40
|
Menganalisis
konsep energy, berbagai sumber energy, dan perubahan bentuk energy dalam
kehidupan sehari-hari termasuk fotosintesis
|
Bentuk
perubahan energi
|
Berdasarkan
gambar yang disajikan, peserta didik dapat menentukan bentuk perubahan energy
yang terjadi
|
40
|
No comments:
Post a Comment