SEKOLAH
MENENGAH PERTAMA (SMP) JAKARTA UTARA
WILAYAH II
KISI–KISI SOALULANGAN AKHIR SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2017 - 2018
Mata Pelajaran : Matematika
Kurikulum : KTSP 2006 Penyusun
:
K e l a s : IX 1.
Sri Husnati, M.Pd. (SMP N 200)
Alokasi Waktu : 120menit 2.
Agus Setiawan, S.Pd (SMP N 53)
Banyak Soal : 40 Soal
Bentuk Soal : Pilihan Ganda Jakarta,
31 Oktober 2017
No
|
STANDAR Kompetensi
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
|
Indikator
|
No.
Soal
|
1
|
Memahami kesebangunan bangun datar dan
penggunaannya dalam pemecahan masalah
|
1.1 Mengidentifikasi bangun-bangun datar yang sebangun dan
kongruen
|
Kesebangunandankongruensibangundatar
|
·
Peserta
didik dapat menentuka dua bangun yang pasti sebangun.
·
Diberikan
ukuran sebidang tanah berbentuk persegipanjang danukuran4 bangun persegipanjang yang berbeda, peserta didik
dapat menentukansalah satu bangun yang
sebangun dengan sebidang tanah tersebut.
· Disajikan gambar dua segitiga sebangun
yang salah satu sudutnya berhimpit dan
memiliki sisi sejajar, peserta
didik dapat menentukan pasangan
sisi yang mempunyai perbandingan yang sama (sebanding).
·
Disajikan dua
gambar trapesium yang sebangun dan mempunyai ukuran yang diperlukan, peserta
didik dapat menentukan panjang salah satu sisinya.
|
1
2
3
4
|
1.2 Mengidentifikasi sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen
|
Kesebangunandankongruensisegitiga.
|
· Diberikan dua segitiga kongruen (tanpa
gambar) dengan ukuran sudut yang diperlukan diketahui,pesertadidikdapat
menentukan pernyataan yang benar diantara pasangan sisi yang sama
panjang .
· Disajikan gambar bangun yang memuat
beberapa pasang segitiga kongruen, peserta didik dapat menentukan banyak pasangan segitiga yang kongruen.
· Diberikan dua segitiga kongruen (tanpa
gambar) dengan ukuran panjang sisi yang diperlukan diketahui,pesertadidikdapat
menentukan pasangan sudut yang sama
besar.
· Disajikan gambar dua segitiga sebangun
yang salah satu sudutnya berhimpit dan
memiliki sisi sejajar serta
panjang sisi yang diperlukan diketahhui, peserta didik dapat menentukan panjang salah satu sisi yang ditentukan.
· Disajikan gambar 2 segitiga kongruen dan
unsur yang diperlukan diketahui,
peserta didik dapat menentukan alasan (syarat) kedua segitiga itu kongruen.
|
5
6
7
8
9
|
||
1.3 Menggunakan konsep kesebangunan segitiga dalam
pemecahan masalah
|
|
· Peserta didik dapat
menyelesaikan soal cerita menggunakan konsep
kesebangunan segitiga
· Peserta didik dapat menyelesaikan
soal cerita dengan menggunakan konsep kesebangunan
segiempat
· Disajikan 2 gambar trapesium
sebangun yang kedua sudutnya berhimpit sedemikian hinggaterdapat 3 ruas garis
sejajar yang terbentuk, peserta didik
dapat menentukan panjang salah satu ruas garissejajarjika unsur yang
diperlukan diketahui.
|
10
11
12
|
||
2
|
Memahami sifat-sifat tabung, kerucut dan
bola, serta menentukan ukurannya
|
2.1 Mengidentifikasi unsur-unsur tabung, kerucut dan
bola
|
Unsur-unsurtabung, kerucut, dan bola
|
· Peserta didik dapat menyebutkan salah satu unsurbangun ruang
sisi lengkung (tabung, kerucut atau bola), yang ditunjukkan dengan gambar.
· Disajikan gambar satu bangun ruang sisi
lengkung, peserta didik dapat menentukan banyaknya rusuk atau sisi pada bangun ruang tersebut.
|
13
14
|
2.2 Menghitung luas selimut dan volume tabung, kerucut
dan bola
|
Luasdan volume tabung, kerucut, dan bola
|
· Pesertadidikdapat
menghitung volume kerucut, jika tinggi dan jari-jari atau
diameter alas diketahui, dan
· Pesertadidikdapat
menghitung luas permukaan tabung
tanpa tutup, jika jari-jari dan tingginya diketahui .
· Pesertadidikdapat
menentukan volum bola, jika diameternya
atau jari jarinya diketahui. .
· Peserta didik dapat menghitung
volumetabung, jika panjang diameter atau jari-jari alas dan tinggi tabung diketahui, dan
· Peserta didik dapat menghitung luas permukaan kerucut, jika jari-jari alas dan tingginya diketahui, dan
|
15
16
17
18
19
|
||
2.3
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan tabung, kerucut dan bola
|
Penggunaankonsepluasdan volume
untukpemecahanmasalahberkaitandengantabung, kerucut, dan bola
|
· Pesertadidikdapat
menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan luas gabungan tabung dan kerucut.
· Disajikangambarsebuah
benda yang terbentuk dari tiga bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, bola), dan unsur yang
diperlukan diketahui, peserta didik dapat menghitung volume benda tersebut.
· Peserta didik dapat menyelesaikan
soal cerita yang berkaitan dengan volume bola.
· Peserta didik dapat menyelesaikan
soal cerita yang berkaitan dengan volumtabung.
· Peserta didik dapat menghitung perbandingan volume dua buah kerucut
yang tingginya sama dan jari-jarinya berbeda.
|
20
21
22
23
24
|
||
3
|
Melakukan pengolahan dan penyajian data
|
3.1
Menentukan rata-rata, median, dan modus data tunggal serta
penafsirannya
|
Mean, median, dan modus
|
· Disajikan data dalam tabel frekuensi,
peserta didik dapat menentukan modus dari data tersebut.
· Peserta didik dapat menentukan nilai yang belum diketahui, jika nilai rata-rata dan data ( 6
· Diberikannilai modus sejumlah data yang salahsatudatanyadalambentukvariabel,
pesertadidikdapatmenentukanmedian data tersebut.
· Diberikan nilai rata-rata sejumlah data pertama
dan nilai rata-rata sejumlah data kedua, peserta didik dapat menentukan nilai
rata-rata selisih data yang pertama
dan kedua
|
25
26
27
28
|
3.2 Menyajikan data dalam bentuk tabel dan
diagram batang, garis, dan lingkaran
|
|
· Disajikan data dalam tabel frekuensi,
peserta didik dapat menentukan median dari data tersebut.
· Disajikan data dalam tabel frekuensi,
peserta didik dapat menentukan banyak siswa yang mendapat nilai lebih dari nilai tertentu.
· Disajikan data nilai peserta ujian dalam
tabel frekuensi, peserta didik dapat menentukan banyak pesertaujianyang
mendapat nilai kurang dari nilai rata-rata.
· Disajikan data dengan diagram batang, peserta didik dapat menghitung
nilai rata-ratanya.
· Diberikan diagram
lingkaran dengan n
juring(3
|
29
30
31
32
33
|
||
4
|
Memahami peluang kejadian sederhana
|
4.1 Menentukan ruang sampel
suatu percobaan
|
|
· Siswa dapat menentukan banyaknya titik sampel suatu kejadian dari percobaan melempar sebuah dadu.
· Diberikan suatu percobaan mengambil bola secara acak dari dalam sebuah
kantong, peserta didik dapat menentukan banyaknyaruang sampel kejadian tertentu.
|
34
35
|
4.2 Menentukan peluang suatu kejadian
sederhana
|
|
· Peserta didik dapat menentukan peluang
kejadian tertentu pada percobaan melempar dua buah dadu.
· Peserta didik dapat menentuka peluang kejadian tertentu pada huruf-huruf
pembentuk suatu kata
· Pesertadidikdapat
menentukan peluang kejadian
tertentu pada percobaan
melempar 3 buah uang logam.
· Peserta didik dapat menentukan peluang
kejadian tertentu pada percobaan pengambilan
sebuah bola dan tidak dikembalikan ke dalam kantong.
· Peserta didik dapat menentukan peluang
kejadian tertentu dalam kehidupan sehari-hari.
|
36
37
38
39
40
|
No comments:
Post a Comment