KISI-KISI PELAKSANAAN PRAKTIK UJIAN AKHIR
SEKOLAH TAHUN PELAJARAN 2014-2015 MATA PELAJARAN SENI BUDAYA
Bidang Seni
|
Standar Kompetensi
Lulusan
|
Kompetensi
/Kemampuan yang diuji
|
Indikator
|
Rubrik Penilaian
|
Seni Rupa
|
1.
Mengapresiasi dan
mengekspresikan karya seni rupa terapan melalui gambar bentuk obyek tiga
dimensi yang ada di daerah setempat
2.
Mengapresiasi
dan mengekspresikan karya seni rupa terapan melalui gambar/lukis, karya seni
grafis dan kriya tekstil batik daerah Nusantara
3.
Mengapresiasi
dan mengekspresikan karya seni rupa murni yang dikembangkan dari beragam
unsur seni rupa Nusantara dan mancanegara
|
·
Menggambar
bentuk dengan obyek karya seni rupa
terapan tiga dimensi dari daerah setempat
·
Membuat
karya seni grafis
·
Membuat
karya seni kriya tektil dengan teknik
dan corak seni rupa terapan Nusantara
·
Membuat
karya seni rupa murni, yang mengembangkan unsur seni rupa Nusantara dan
mancanegara
|
·
Menggambar
bentuk obyek tiga dimensi dari benda di sekitar yang terdiri dari benda
kubistis, silindris, dan bentuk bebas dengan memperhatikan unsur-unsur
komposisi, proporsi, perspektif, dan teknik pewarnaan
·
Membuat
stempel, berdasarkan teknik grafis cetak tinggi, menggunakan bahan dan alat
yang ada di sekitar dengan mengembangkan kreativitas dan orisinalitas
·
Membuat
karya tekstil dengan teknik batik yang mengembangkan kreativitas dan
orisinalitas
·
Membuat
karya seni murni dua dimensi/tiga dimensi yang mengolah bahan-bahan di sekitar dengan
kreativitas teknik dan orisinalitas
|
·
Komposisi
·
Proporsi
·
Perspektif
·
Teknik
Pewarnaan
·
Ketuntasan
·
Teknik
·
Kreativitas
·
Orisinalitas
·
Kerapihan
·
Teknik
·
Kreativitas
·
Orisinalitas
·
Kerapihan
·
Teknik
·
Kreativitas
·
Orisinalitas
·
Ketuntasan
|
Seni Musik
|
1.
Mengapresiasi
dan mengekspresiakan karya seni musik lagu daerah setempat secara
perseorangan dan berkelompok
2.
Mengapresiasi
dan mengekspresiakan karya seni musik lagu tradisional Nusantara secara
perseorangan dan kelompok
3.
Mengapresiasi
dan mengekspresiakan karya seni musik lagu mancanegara secara perseorangan
dan kelompok
|
·
Menyanyikan
lagu/memainkan musik rakyat Betawi
·
Menyanyikan
lagu/memainkan musik daerah Nusantara
·
Menyanyikan
lagu/memainkan musik mancanegara
|
·
Praktik
vokal/ instrument musik tunggal/Band
lagu Jakarta / Betawi
·
Praktik
vokal/ instrument musik kelompok (Paduan Suara/Ansambel)
lagu Jakarta / Betawi
·
Praktik
vokal/ instrument musik tunggal/Band
lagu Nusantara.
·
Praktik
vokal/ instrument musik kelompok (Paduan Suara/Ansambel)
lagu Nusantara.
·
Praktik
vokal/ instrument musik tunggal/Band
lagu Mancanegara
·
Praktik
vokal/ instrument musik kelompok (Paduan Suara/Ansambel)
|
·
PenguasaanVokal
Teknik
Ekspresi/Pembawaan
·
Penguasaan
Instrumen
Teknik
Ekspresi/Pembawaan
Dirigen/ Pemimpin lagu / musik
·
PenguasaanVokal
Teknik
Ekspresi/Pembawaan
·
Penguasaan
Instrumen
Teknik
Ekspresi/Pembawaan
Dirigen/ Pemimpin lagu / musik
·
PenguasaanVokal
Teknik
Ekspresi/Pembawaan
·
Penguasaan
Instrumen
Teknik
Ekspresi/Pembawaan
Dirigen/ Pemimpin lagu / musik
|
Seni Tari
|
1.
Mengapresiasi
dan mengekspresiakan karya seni tari tunggal dan berpasangan/kelompok
terhadap keunikan seni tari daerah setempat
2.
Mengapresiasi
dan mengekspresiakan karya seni tari tunggal dan berpasangan/kelompok
terhadap keunikan seni tari Nusantara
3.
Mengapresiasi
dan mengekspresikan karya seni tari tunggal dan berpasangan/kelompok terhadap
keunikan seni tari mancanegara
|
· Memeragakan tari
tunggal / berpasangan daerah DKI Jakarta
· Memeragakan tari
tunggal / berpasangan / kelompok tari
Nusantara
· Memeragakan tari
tunggal / berpasangan / kelompok tari Mancanegara
|
· Praktik Tari kreasi
bentuk tunggal / berpasangan daerah DKI Jakarta
· Praktik tari kreasi
bentuk tunggal / berpasangan / kelompok tari Nusantara
·
Praktik
tari kreasi bentuk tunggal / berpasangan / kelompok tari Mancanegara
|
· Tema tari
Wiraga
Wirama
Wirasa
Tata rias/busana
Kreatifitas
·
Tema
tari
Wiraga
Wirama
Wirasa
Tata rias/busana
Tata Kreatifitas
·
Tema
tari
Wiraga
Wirama
Wirasa
Tata rias/busana
Kreatifitas
|
Seni Teater
|
1.
1.
Mengapresiasi dan meng -ekplorasi teknik olah tubuh, pikiran dan suara
2.
2.
Mengapresiasi dan mengekspresikan kar ya seni teater terhadap keu- nikan dan
pesan moral se- ni teater daerah setempat
3.
3.
Mengapresiasi dan mengekspresikan kar ya seni teater terhadap keunikan dan
pesan moral seni teater Nusantara
4.
4.
Mengapresiasi dan mengekspresikan kar ya seni teater tradisional, modern dan
kreatif terhadap keunikan dan pesan moral seni teater daerah setempat,
Nusantara dan mancanegara
5.
|
·
Menampilkan teknik bermain peran/penokohan
·
Menampilkan pertunjukan teater kreatif dengan mengolah
unsur teater DKI Jakarta (Betawi)
·
Menampilkan pertunjukan teater kreatif dengan mengolah
unsur teater Nusantara
·
Menampilkan pertunjukan teater kreatif dengan mengolah
unsur teater tradisional dan modern DKI Jakarta, Nusantara dan Mancanegara
|
·
Praktik bermain peran/penokohan
·
Praktik pementasan teater DKI Jakarta (Betawi)
·
Praktik pementasan teater Nusantara
·
Praktik pementasan teater kreatif
|
·
Teknik olah tubuh
Teknik
olah pikir
Teknik
olah suara (vokal)
· Teknik
vokal
Interpretasi/penokohan
Teknik
bloking
Tata
kostum
Artistik
·
Teknik vokal
Interpretasi/penokohan
Teknik
bloking
Tata
kostum
Artistik
·
Teknik vokal
Interpretasi/penokohan
Teknik bloking
Tata kostum
Artistik
|
RUBRIK PENILAIAN UJIAN PRAKTIK SENI
BUDAYA
- Seni Rupa Menggambar Bentuk
No
|
Aspek-aspek yang
dinilai
|
Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Komposisi
|
|
|
|
|
|
2
|
Proporsi
|
|
|
|
|
|
3
|
Perspektif
|
|
|
|
|
|
4
|
Teknik
Pewarnaan
|
|
|
|
|
|
5
|
Ketuntasan
|
|
|
|
|
|
|
Skor
maksimal
|
25
|
Grafis cetak tinggi / Batik
No
|
Aspek-aspek yang
dinilai
|
Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Teknik
|
|
|
|
|
|
2
|
Kreativitas
|
|
|
|
|
|
3
|
Orisinalitas
|
|
|
|
|
|
4
|
Kerapihan
|
|
|
|
|
|
|
Skor maksimal
|
20
|
Seni Murni
No
|
Aspek-aspek yang
dinilai
|
Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Teknik
|
|
|
|
|
|
2
|
Kreativitas
|
|
|
|
|
|
3
|
Orisinalitas
|
|
|
|
|
|
4
|
Ketuntasan
|
|
|
|
|
|
|
Skor maksimal
|
20
|
Keterangan :
1 = sangat kurang 2 = kurang
3 = cukup 4 = baik 5 =
sangat baik
Panduan Penskoran:
Nilai = x 100
- Seni Musik
Praktik
Vokal/Instrumen Musik Tunggal/Band
No
|
Aspek-aspek yang
dinilai
|
Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
PenguasaanVokal/Instumen
musik
|
|
|
|
|
|
2
|
Teknik
|
|
|
|
|
|
3
|
Ekspresi/Pembawaan
|
|
|
|
|
|
|
Skor
maksimal
|
15
|
Praktek
Vokal/Instrumen Musik Kelompok (Paduan Suara/Musik Ansambel)
No
|
Aspek-aspek yang
dinilai
|
Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Penguasaan
Vokal/Instumen musik
|
|
|
|
|
|
2
|
Teknik
|
|
|
|
|
|
3
|
Ekspresi/Pembawaan
|
|
|
|
|
|
4
|
Dirigen/Pemimpin
lagu/musik
|
|
|
|
|
|
|
Skor
maksimal
|
20
|
Keterangan :
1 = sangat kurang 2 = kurang
3 = cukup 4 = baik 5 =
sangat baik
Panduan Penskoran:
Nilai = x 100
- Seni Tari
Praktik tari kreasi
bentuk tunggal / berpasangan / kelompok tari
No
|
Aspek-aspek yang
dinilai
|
Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Tema
tari
|
|
|
|
|
|
2
|
Wiraga
|
|
|
|
|
|
3
|
Wirama
|
|
|
|
|
|
4
|
Wirasa
|
|
|
|
|
|
5
|
Tata
Rias /busana
|
|
|
|
|
|
6
|
Kreatifitas
|
|
|
|
|
|
|
Skor
maksimal
|
30
|
Keterangan
:
1 = sangat kurang 2 = kurang
3 = cukup 4 = baik 5 = sangat baik
Panduan Penskoran:
Nilai = x 100
4.
Seni Teater
Praktik
Bermain Peran/Penokohan
No
|
Aspek-aspek yang
dinilai
|
Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Teknik
Olah Tubuh
|
|
|
|
|
|
2
|
Teknik
Olah Pikir
|
|
|
|
|
|
3
|
Teknik
Olah suara (vokal)
|
|
|
|
|
|
|
Skor
maksimal
|
15
|
Praktik
Pementasan
No
|
Aspek-aspek yang
dinilai
|
Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Teknik
Vokal
|
|
|
|
|
|
2
|
Interpretasi/Penokohan
|
|
|
|
|
|
3
|
Teknik
Bloking
|
|
|
|
|
|
4
|
Tata
Kostum
|
|
|
|
|
|
5
|
Ilustrasi
Musik
|
|
|
|
|
|
6
|
Artistik
|
|
|
|
|
|
|
Skor
maksimal
|
30
|
Keterangan
:
1 = sangat kurang 2 = kurang
3 = cukup 4 = baik 5 =
sangat baik
Panduan Penskoran:
Nilai = x 100
No comments:
Post a Comment