Powered By Blogger

Monday, 2 March 2015

KISI-KISI SOAL AGAMA ISLAM UJIAN SEKOLAH SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) KELAS IX TAHUN PELAJARAN 2014/2015


KISI-KISI UJIAN SEKOLAH
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)
TAHUN PELAJARAN 2014/2015

MATA PELAJARAN                  :  PENDIDIKAN AGAMA ISLAM                                                 BENTUK SOAL                         :  PILIHAN GANDA 
WAKTU                                    :  90 MENIT                                                                              JUMLAH SOAL                         :  50 SOAL                                                                                                                                                                                                                   
NO.
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
KEMAMPUAN YANG DIUJI
INDIKATOR
NO
SOAL
1
Menjelaskan dan membiasa­kan perilaku terpuji seperti qanaah dan tasamuh dan  menjauhkan diri dari perilaku tercela seperti ananiah, hasad, ghadab dan namimah.
Menerapkan perilaku terpuji  (tawadu, taat, atau sabar) dalam kehidupan sehari-hari.
Disajikan cerita tentang perilaku  sehari-hari, peserta didik  dapat menentukan contoh perilaku terpuji  (tawadu, taat, atau sabar).
1
Menerapkan perilaku terpuji  (kerja keras, ulet, tekun dan teliti) dalam kehidupan sehari-hari.
Disajikan beberapa contoh perilaku sehari-hari, peserta didik  dapat menunjukkan contoh perilaku terpuji  (kerja keras, ulet, tekun atauteliti).
2
Menerapkan perilaku terpuji  (zuhud dan tawakal) dalam kehidupan sehari-hari.
Disajikan contoh perilaku dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik  dapat menentukan ciri  perilaku terpuji (zuhud atau  tawakal).
3
Menerapkan adab makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari.
Peserta didik  dapat menentukan sikap yang benar berkenaan dengan adab makan dan minum.
4
Menampilkan contoh perilaku qana'ah dan tasamuh dalam kehidupan sehari-hari.
Ditampilkan beberapa pernyataan tentang keutamaan dari perilaku terpuji, peserta didik dapat menunjukkan  keutamaan perilaku terpuji (qanaah dan tasamuh).

5
Menampilkan contoh perilaku qana'ah dan tasamuh dalam kehidupan sehari-hari.
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik  dapat menentukan contoh perilaku terpuji ( qanaah dan tasamuh).
6
Menampilkan contoh perilaku qana'ah dan tasamuh dalam kehidupan sehari-hari.
Disajikan wacana tentang hubungan sosial antar umat beragama, peserta didik dapat menentukan perilaku tasamuh yang tepat.
7
Menghin­dari perilaku tercela (ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah) dalam kehi­dupan sehari-hari.
Ditampilkan ilustrasi perilaku sehari-hari yang mengandung sikap tercela (ananiah, ghadab, hasad, ghibah atau namimah), peserta didik  dapat menentukan cara menghindarinya dengan tepat.
8
Mengklasifikasi akibat  peri­laku tercela (dendam dan muna­fik) dalam kehidupan sehari-hari.
Disajikan beberapa pernyataan tentang akibat perilaku tercela, peserta didik  dapat  menentukan akibat buruk perilaku tercela (dendam dan munafik).
9
Menghindari perilaku tercela (takabur) dalam kehidupan sehari-hari.
Disajikan ilustrasi perilaku sehari-hari yang mengandung sikap tercela (takabur), peserta didik  dapat menentukan sikap untuk menghindarinya.
10
2

Menjelaskantatacaramandiwajibdanshalat-shalatmunfariddanjamaahbaikshalatwajibmaupunshalatsunat.

Menjelaskan ketentuan mandi wajib.
Disajikan tabel tentang hal-hal yang menyebabkan hadas, peserta didik  dapat menunjukkan sebab-sebab mandi wajib.
11
Menjelaskan ketentuan-ketentuan shalat Jumat.
Ditampilkan beberapa pernyataan yang berkaitan dengan ibadah shalat Jumat, peserta didik dapat menentukan rukun khutbah.
12
Menerapkansujudsyukur, sujudsahwidansujudtilawah.
Ditampilkanilustrasidalamkehidupansehari-hari, pesertadidikdapatmenentukansujud yang relevandenganilustrasitersebut
13
Menyebutkan pengertian dan ketentuan shalat sunnat.
Disajikan nama-nama shalat sunnat, peserta didik dapat menetukan nama shalat sunnat yang dilaksanakan secara berjama'ah.
14
Mempraktikkan pelaksanaan zakat fitrah dan zakat mal.
Disajikan jumlah anggota sebuah keluarga, peserta didik dapat menentukan besarnya zakat fitrah yang harus dikeluarkan oleh keluarga tersebut pada akhir bulan ramadhan.
15
Menjelaskan ketentuan puasa wajib.
ditampilkan ketentuan puasa peserta didik dapat menyebutkansyarat wajib puasa.
16
Memperaktikan puasa wajib
Pesertadidik dapat menyebutkan hari yang termasuk diharamkan puasa
17
Mempraktekkan puasa sunah
Peserta didik dapat menentukan waktu puasa sunah.
18
Menerapkan tatacara penyem­belihan hewan.
Peserta didik dapat menunjukkan tata cara menyembelih hewan menurut ajaran Islam.
19
Menunjukkan hewan yang sah untuk dikurbankan
Disajikan gambar-gambar hewan-hewan, peserta didik dapat menunjukkan hewan yang dapat dikurbankan
20
Menyebutkan waktu pelaksanaan aqiqah
Peserta didik dapat menyebutkan waktu pelaksanaan aqiqah
21
Menjelaskan pengertian dan ketentuan haji dan umrah.
Disajikan deskripsi suatu amalan dalam ibadah haji, peserta didik dapat menentukan jenis amalan tersebut.
22
Menjelaskan pengertian dan ketentuan haji dan umrah.
Ditampilkan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan hikmah umrah.
23
3
Memahami dan menela­dani sejarah Nabi Mu­ham­mad dan para sahabat serta mencerita­kan sejarah masuk dan berkembangnya Islam di Nusantara.
Menjelaskan sejarah Nabi Mu­ham­mad SAW pada periode Mekkah
Disajikan peristiwa pada masa Nabi Muhammad SAW., peserta didik dapat menentukan alasan yang melatarbelakangi terjadinya peristiwa tersebut.
24
Menjelaskan misi Nabi Mu­ham­mad SAW untuk me­nyem­purnakan akhlak, mem­bangun manusia mulia dan bermanfaat.
Disajikan kutipansejarah Nabi Muhammad SAW.periode Mekkah, peserta didik dapat menentukansalah satu misi yang diembannya (rahmatan lil’alamin, menyempurnakan akhlak dan basyiran wanadziran)
25
Menceritakan sejarah  Nabi Mu­ham­mad SAW dalam membangun masyarakat me­la­lui kegiatan ekonomi dan perdagangan.
Peserta didik dapat menentukan kegiatan wirausaha yang terjadi pada masa nabi di Madinah
26
Menceritakan sejarah pertum­buh­an ilmu pengetahuan Islam sampai masa Abbasiyah beserta peran ilmuwan Islam.
Disajikan ilustrasi sejarah perkembangan ilmu pengetahuan Islam, peserta didik dapat menunjukkan peran aktif khalifah pada masa Abbasiyah.
27
Menceritakan sejarah masuk­nya Islam di Nusantara melalui per­dagangan, sosial, dan pengajaran.
Disajikan deskripsi suatu peristiwa, peserta didik dapat meng­identifikasi cara masuknya Islam di Nusantara (perdagangan, sosial, atau pendidikan).
28
Menceritakansejarahbeberapakerajaan Islam di Jawa, Sumatera dan Sulawesi
Diceritakan sejarah kerajaan Islam di Nusantara, peserta didik dapat menunjukkan peran kerajaan yang dimaksud. (menentang kolonialisme, dakwah, pendidikan, ekonomi  dan kebudayaan)
29
Memberikan apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara.
Disajikan contoh tradisi yang bernuansa Islam di Indonesia, peserta didik dapat menentukan cara mengapresiasi tradisi tersebut.
30
4
Menerapkan tata cara membaca al Quran menurut tajwid, mulai dari cara membaca “Al”- Syamsiyah dan “Al”- Qomariyah sampai kepada menerapkan hukum bacaan mad dan waqaf.

Menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati pada ayat al Quran.
Disajikan ayat al-Qur'an, peserta didik dapat menentukan hukum bacaan nun mati/tanwin yang terdapat pada ayat tersebut dengan tepat.
31
Menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati pada ayat al Quran.
Peserta didik  dapat  menentukan contoh hukum bacaan mim sukun dengan tepat.
32
Menerapkan hukum bacaan mad dan waqaf pada ayat al Quran.
Disajikan ayat al Quran yang mengandung hukum bacaan mad, peserta didik dapat mendiskripsikan cara membacanya dengan benar.
33
Menerapkan hukum bacaan mad dan waqaf pada ayat al Quran.
Ditampilkan tabel tentang tanda waqaf dan cara membacanya, peserta didik dapat menentukan pasangannya dengan tepat.
34
Mengidentifikasiartiharfiyah QS al Tiin.
Disajikan tabel tentanglafadzdanartidarisurat at tiin, pesertadidik dapat menentukan pasangannya dengan tepat.
35
Membaca dan menjelas­kan makna QS. al Tin.
Ditampilkan salah satu ayat pada surat al Tin, peserta didik  dapat menyimpulkan isi kandungannya.
36
Menampilkan bacaan QS.  al Insyirah.
Ditampilkan beberapa lafadz dari surat Al-Insyirah, peserta didik dapat menyusun menjadi satu ayat dengan benar.

37
Mengartikan surat Al Insyirah
Ditampilkan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menentukan sikap terpuji dalam bekerja seperti yang terkandung dalam surat al Insyirah.
38
5
Meningkatkan penge­nalan  dan keyakinan terha­dap  aspek-as­pek rukun iman mulai dari iman kepada Allah sam­pai iman kepada qadha dan qadar  serta asmaul husna.
Menyebutkan arti ayat-ayat Al Quran yang berkaitan dengan dengan sifat-sifat Allah SWT.
Ditampilkan ayat Al Quran tentang sifat wajib  Allah SWT, peserta didik dapat menentukan sifat wajib Allah pada  ayat tersebut.
39
Menampilkan perilaku sebagai cermin keyakinan akan sifat-sifat Allah SWT

Disajikan ilustrasi perilaku dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan nama sifat Allah yang sesuai dengan ilustrasi tersebut dengan tepat.

40
Mengamalkan isi kandungan 10 Asmaul Husna (al-aziz, al-wahab, al-fattah, al-qayyum, al-hadi, al-razaq, al-adlu, al-salam, al-ghafar, al-Malik)
Disajikan beberapa pernyataan berkaitan dengan perilaku dalam kehdupan sehari-hari, peserta didik dapat menunjukkan perilaku yang mencerminkan pengamalan isi kandungan salah satu asmaul husna (al-aziz, al-wahab, al-fattah, al-qayyum, al-hadi, al-razaq, al-adlu, al-salam, al-ghafar, al-Malik).
41
Menjelaskan hikmahberiman kepada malaikat
Dipaparkan ilustrasi perilaku seseorang dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat memilih perilaku yang mencermin­kan perilaku beriman kepada malaikat.
42

Menampilkan sikap mencintai al Quran sebagai kitab Allah.
Disajikan beberapa perilakuterhadap al Quran,  peserta didik dapat  mengkatagorikan perilaku mencintai Al Quran.
43
Mengemukakan pengertian beriman kepada rasul Allah.
Ditampilkan beberapa perilaku dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan perilaku yang mencerminkan beriman kepada rasul.
44
Meneladani sifat-sifat Rasulullah SAW.

Ditampilkan kisah singkat keteladanan Nabi Muhammad SAW., peserta didik dapat menunjukkan sifat wajib bagi rasul yang terkandung dalam kisah tersebut.
45
Menjelaskan pengertian ber­iman kepada hari akhir.
Disajikan wacana kejadian pada hari akhir, peserta didik dapat menentukan istilah hari akhir.
46
Menyimpulkan ayat-ayat Al-Quran yang berkaitan dengan hari akhir

Disajikan beberapa ayat al Quran, peserta didik dapat menyimpulkan kandunag ayat al Quran tersebut yang berkaitan dengan hari akhir.
47
Menceritakan proses kejadiankiamatsughradankubrasepertiterkandungdalamalQurandanalHadis.
Ditampilkandalilnaqlitentang proses harikiamat, pesertadidikdapatmenyimpulkanisikandunganayattersebut.
48
Mengidentifikasi ciri-ciri beriman kepada qadha dan qadar
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menentukan ciri beriman kepada qadha dan qadar.
49
Menyeleksi contoh-contoh qadha dan qadar dalam kehidupan sehari-hari

Disajikan ilustrasi tentang peristiwa dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat mengidentifikasi contoh qadha dan qadar .
50


No comments:

Post a Comment