KISI-KISI
UJIAN SEKOLAH
SEKOLAH
MENENGAH PERTAMA (SMP)
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
MATA
PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA
ISLAM BENTUK SOAL : PILIHAN GANDA
WAKTU : 90 MENIT JUMLAH
SOAL : 50 SOAL
NO.
|
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
|
KEMAMPUAN YANG DIUJI
|
INDIKATOR
|
NO
SOAL
|
1
|
Menjelaskan dan
membiasakan perilaku
terpuji seperti qanaah dan tasamuh dan
menjauhkan diri dari perilaku tercela seperti ananiah, hasad, ghadab
dan namimah.
|
Menerapkan
perilaku terpuji (tawadu, taat, atau sabar) dalam kehidupan sehari-hari.
|
Disajikan cerita
tentang perilaku sehari-hari, peserta didik dapat menentukan contoh perilaku
terpuji (tawadu, taat, atau sabar).
|
1
|
Menerapkan
perilaku terpuji (kerja keras, ulet,
tekun dan teliti) dalam kehidupan sehari-hari.
|
Disajikan
beberapa contoh perilaku sehari-hari, peserta didik dapat menunjukkan contoh perilaku
terpuji (kerja keras, ulet, tekun atauteliti).
|
2
|
||
Menerapkan
perilaku terpuji (zuhud dan tawakal)
dalam kehidupan sehari-hari.
|
Disajikan
contoh perilaku dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan ciri perilaku terpuji (zuhud atau tawakal).
|
3
|
||
Menerapkan
adab makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari.
|
Peserta didik dapat menentukan sikap yang benar berkenaan
dengan adab makan dan minum.
|
4
|
||
Menampilkan
contoh perilaku qana'ah dan tasamuh dalam kehidupan sehari-hari.
|
Ditampilkan
beberapa pernyataan tentang keutamaan dari
perilaku terpuji, peserta didik dapat menunjukkan keutamaan perilaku terpuji (qanaah dan tasamuh).
|
5
|
||
Menampilkan
contoh perilaku qana'ah dan tasamuh dalam kehidupan sehari-hari.
|
Disajikan
beberapa pernyataan,
peserta didik dapat menentukan contoh
perilaku terpuji ( qanaah dan tasamuh).
|
6
|
||
Menampilkan
contoh perilaku qana'ah dan tasamuh dalam kehidupan sehari-hari.
|
Disajikan
wacana tentang hubungan sosial antar umat beragama, peserta didik dapat menentukan
perilaku tasamuh yang tepat.
|
7
|
||
Menghindari
perilaku tercela (ananiah, ghadab,
hasad, ghibah dan namimah)
dalam kehidupan sehari-hari.
|
Ditampilkan
ilustrasi perilaku sehari-hari yang mengandung sikap tercela (ananiah, ghadab, hasad, ghibah atau namimah), peserta didik dapat menentukan cara menghindarinya dengan tepat.
|
8
|
||
Mengklasifikasi
akibat perilaku tercela (dendam dan munafik) dalam kehidupan sehari-hari.
|
Disajikan
beberapa pernyataan tentang akibat perilaku tercela, peserta didik dapat
menentukan akibat buruk perilaku tercela (dendam dan munafik).
|
9
|
||
Menghindari
perilaku tercela (takabur) dalam kehidupan sehari-hari.
|
Disajikan ilustrasi
perilaku sehari-hari yang mengandung sikap tercela (takabur), peserta
didik dapat menentukan sikap untuk menghindarinya.
|
10
|
||
2
|
Menjelaskantatacaramandiwajibdanshalat-shalatmunfariddanjamaahbaikshalatwajibmaupunshalatsunat.
|
Menjelaskan
ketentuan mandi wajib.
|
Disajikan
tabel tentang hal-hal yang menyebabkan hadas, peserta didik dapat menunjukkan sebab-sebab mandi wajib.
|
11
|
Menjelaskan
ketentuan-ketentuan shalat Jumat.
|
Ditampilkan
beberapa pernyataan yang berkaitan
dengan ibadah shalat Jumat, peserta didik dapat menentukan rukun khutbah.
|
12
|
||
Menerapkansujudsyukur,
sujudsahwidansujudtilawah.
|
Ditampilkanilustrasidalamkehidupansehari-hari,
pesertadidikdapatmenentukansujud yang relevandenganilustrasitersebut
|
13
|
||
Menyebutkan
pengertian dan ketentuan shalat sunnat.
|
Disajikan
nama-nama shalat sunnat, peserta didik dapat menetukan nama shalat sunnat
yang dilaksanakan secara berjama'ah.
|
14
|
||
Mempraktikkan
pelaksanaan zakat fitrah dan zakat mal.
|
Disajikan jumlah anggota
sebuah keluarga, peserta didik dapat menentukan besarnya zakat fitrah yang
harus dikeluarkan oleh keluarga tersebut pada akhir bulan ramadhan.
|
15
|
||
Menjelaskan
ketentuan puasa wajib.
|
ditampilkan
ketentuan puasa peserta
didik dapat menyebutkansyarat
wajib puasa.
|
16
|
||
Memperaktikan
puasa wajib
|
Pesertadidik dapat
menyebutkan hari yang termasuk diharamkan
puasa
|
17
|
||
Mempraktekkan puasa sunah
|
Peserta didik
dapat menentukan waktu puasa
sunah.
|
18
|
||
Menerapkan
tatacara penyembelihan hewan.
|
Peserta
didik dapat menunjukkan tata cara
menyembelih hewan menurut ajaran Islam.
|
19
|
||
Menunjukkan hewan yang sah
untuk dikurbankan
|
Disajikan gambar-gambar
hewan-hewan, peserta didik dapat menunjukkan hewan yang dapat dikurbankan
|
20
|
||
Menyebutkan waktu
pelaksanaan aqiqah
|
Peserta didik dapat
menyebutkan waktu pelaksanaan aqiqah
|
21
|
||
Menjelaskan
pengertian dan ketentuan haji dan umrah.
|
Disajikan deskripsi suatu
amalan dalam ibadah haji, peserta didik dapat menentukan jenis amalan
tersebut.
|
22
|
||
Menjelaskan
pengertian dan ketentuan haji dan umrah.
|
Ditampilkan
beberapa pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan hikmah umrah.
|
23
|
||
3
|
Memahami
dan meneladani sejarah Nabi
Muhammad dan para
sahabat serta menceritakan sejarah masuk
dan berkembangnya Islam di Nusantara.
|
Menjelaskan
sejarah Nabi Muhammad SAW pada periode
Mekkah
|
Disajikan peristiwa pada masa Nabi Muhammad
SAW., peserta didik dapat menentukan alasan yang melatarbelakangi terjadinya
peristiwa tersebut.
|
24
|
Menjelaskan misi Nabi Muhammad
SAW untuk menyempurnakan akhlak,
membangun manusia
mulia dan bermanfaat.
|
Disajikan
kutipansejarah Nabi Muhammad
SAW.periode Mekkah, peserta didik
dapat menentukansalah satu misi
yang diembannya (rahmatan lil’alamin, menyempurnakan
akhlak dan basyiran wanadziran)
|
25
|
||
Menceritakan sejarah
Nabi Muhammad SAW dalam
membangun masyarakat melalui kegiatan
ekonomi dan perdagangan.
|
Peserta
didik dapat menentukan kegiatan
wirausaha yang
terjadi pada masa nabi di Madinah
|
26
|
||
Menceritakan
sejarah pertumbuhan ilmu
pengetahuan Islam sampai masa Abbasiyah beserta peran ilmuwan Islam.
|
Disajikan
ilustrasi sejarah perkembangan ilmu pengetahuan Islam, peserta didik dapat
menunjukkan peran aktif khalifah pada masa Abbasiyah.
|
27
|
||
Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial,
dan pengajaran.
|
Disajikan deskripsi suatu
peristiwa, peserta didik dapat mengidentifikasi cara masuknya Islam di
Nusantara (perdagangan, sosial, atau pendidikan).
|
28
|
||
Menceritakansejarahbeberapakerajaan Islam di Jawa,
Sumatera dan Sulawesi
|
Diceritakan
sejarah kerajaan Islam di Nusantara, peserta didik dapat menunjukkan peran
kerajaan yang dimaksud. (menentang kolonialisme, dakwah, pendidikan,
ekonomi dan kebudayaan)
|
29
|
||
Memberikan
apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara.
|
Disajikan
contoh tradisi yang
bernuansa Islam di
Indonesia, peserta didik dapat menentukan cara mengapresiasi tradisi tersebut.
|
30
|
||
4
|
Menerapkan tata cara membaca al Quran menurut tajwid, mulai dari cara
membaca “Al”- Syamsiyah dan “Al”- Qomariyah sampai kepada menerapkan hukum
bacaan mad dan waqaf.
|
Menerapkan
hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati pada ayat al Quran.
|
Disajikan
ayat al-Qur'an,
peserta didik dapat menentukan hukum bacaan nun mati/tanwin yang terdapat pada ayat tersebut
dengan tepat.
|
31
|
Menerapkan
hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati pada ayat al Quran.
|
Peserta
didik dapat menentukan contoh hukum bacaan mim sukun dengan tepat.
|
32
|
||
Menerapkan
hukum bacaan mad dan waqaf pada ayat al Quran.
|
Disajikan
ayat al Quran yang mengandung hukum bacaan mad, peserta didik dapat mendiskripsikan cara membacanya
dengan benar.
|
33
|
||
Menerapkan
hukum bacaan mad dan waqaf pada ayat al Quran.
|
Ditampilkan tabel tentang
tanda waqaf dan cara membacanya, peserta didik dapat menentukan pasangannya
dengan tepat.
|
34
|
||
Mengidentifikasiartiharfiyah QS al Tiin.
|
Disajikan tabel tentanglafadzdanartidarisurat at tiin,
pesertadidik dapat menentukan pasangannya
dengan tepat.
|
35
|
||
Membaca
dan menjelaskan makna QS. al
Tin.
|
Ditampilkan
salah satu ayat pada surat al Tin, peserta didik dapat menyimpulkan isi kandungannya.
|
36
|
||
Menampilkan
bacaan QS. al Insyirah.
|
Ditampilkan beberapa
lafadz dari surat Al-Insyirah, peserta didik dapat menyusun menjadi satu ayat
dengan benar.
|
37
|
||
Mengartikan surat Al
Insyirah
|
Ditampilkan
beberapa pernyataan, peserta didik dapat menentukan sikap terpuji dalam
bekerja seperti yang terkandung dalam surat al Insyirah.
|
38
|
||
5
|
Meningkatkan pengenalan dan keyakinan terhadap aspek-aspek rukun iman
mulai dari iman kepada Allah sampai
iman kepada qadha dan qadar serta
asmaul husna.
|
Menyebutkan
arti ayat-ayat Al Quran yang berkaitan dengan dengan sifat-sifat Allah SWT.
|
Ditampilkan
ayat Al Quran tentang sifat wajib Allah SWT, peserta didik dapat menentukan
sifat wajib Allah pada ayat tersebut.
|
39
|
Menampilkan perilaku sebagai cermin keyakinan akan
sifat-sifat Allah SWT
|
Disajikan ilustrasi
perilaku dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan nama
sifat Allah yang sesuai dengan ilustrasi tersebut dengan tepat.
|
40
|
||
Mengamalkan isi kandungan 10 Asmaul Husna (al-aziz, al-wahab,
al-fattah, al-qayyum, al-hadi, al-razaq, al-adlu, al-salam, al-ghafar,
al-Malik)
|
Disajikan
beberapa pernyataan berkaitan dengan perilaku dalam kehdupan sehari-hari,
peserta didik dapat menunjukkan perilaku yang mencerminkan pengamalan isi
kandungan salah satu asmaul husna (al-aziz, al-wahab, al-fattah, al-qayyum,
al-hadi, al-razaq, al-adlu, al-salam, al-ghafar, al-Malik).
|
41
|
||
Menjelaskan hikmahberiman
kepada malaikat
|
Dipaparkan
ilustrasi perilaku seseorang dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat memilih perilaku yang mencerminkan
perilaku beriman kepada malaikat.
|
42
|
||
Menampilkan sikap
mencintai al Quran sebagai kitab Allah.
|
Disajikan beberapa
perilakuterhadap al Quran, peserta didik dapat mengkatagorikan perilaku mencintai
Al Quran.
|
43
|
||
Mengemukakan pengertian
beriman kepada rasul Allah.
|
Ditampilkan
beberapa perilaku dalam kehidupan
sehari-hari, peserta didik dapat menentukan perilaku yang mencerminkan beriman kepada rasul.
|
44
|
||
Meneladani sifat-sifat
Rasulullah SAW.
|
Ditampilkan kisah singkat keteladanan
Nabi Muhammad SAW., peserta didik dapat menunjukkan sifat wajib
bagi rasul yang terkandung dalam kisah tersebut.
|
45
|
||
Menjelaskan
pengertian beriman kepada hari
akhir.
|
Disajikan
wacana kejadian pada
hari akhir, peserta didik dapat menentukan
istilah hari akhir.
|
46
|
||
Menyimpulkan ayat-ayat
Al-Quran yang berkaitan dengan hari akhir
|
Disajikan beberapa ayat al
Quran, peserta didik dapat menyimpulkan kandunag ayat al Quran tersebut yang
berkaitan dengan hari akhir.
|
47
|
||
Menceritakan proses
kejadiankiamatsughradankubrasepertiterkandungdalamalQurandanalHadis.
|
Ditampilkandalilnaqlitentang proses
harikiamat, pesertadidikdapatmenyimpulkanisikandunganayattersebut.
|
48
|
||
Mengidentifikasi ciri-ciri
beriman kepada qadha dan qadar
|
Disajikan
beberapa pernyataan, peserta didik
dapat menentukan ciri beriman kepada qadha dan qadar.
|
49
|
||
Menyeleksi contoh-contoh
qadha dan qadar dalam kehidupan sehari-hari
|
Disajikan
ilustrasi tentang
peristiwa dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat mengidentifikasi contoh
qadha dan qadar .
|
50
|
No comments:
Post a Comment