PEMERINTAH PROVINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA
DINAS PENDIDIKAN
MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) SMP PROVINSI
DKI JAKARTA
KISI-KISI SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER DUA
Tahun 2014/2015
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas :
IX (Sembilan)
Kurikulum Acuan : KTSP
Waktu :
120 menit
Aspek :
Membaca dan Menulis
Jumlah Soal : 40 soal
Disusun oleh:
Penyusun :
Tim MGMP Matematika SMP
Provinsi
DKI Jakarta
No
|
SK/KD
|
Materi Pelajaran
|
Indikator soal
|
No Soal
|
1
|
5.1 Mengidentifikasi sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar
|
Bilangan berpangkat dan bentuk
akar
|
Peserta
didik dapat menuliskan bilangan dalam bentuk akar menjadi bilangan berpangkat pecahan
|
1
|
Bilangan berpangkat dan bentuk
akar
|
Peserta
didik dapat menentukan hasil dari dengan a, b, m, dan n bilangan bulat selain nol dan
satu..
|
2
|
||
Bilangan berpangkat dan bentuk
akar
|
Peserta didik dapat menuliskan bilangan berpangkat
pecahan menjadi bilangan dalam bentuk
akar
|
3
|
||
Bilangan berpangkat dan bentuk
akar
|
Peserta
didik dapat menentukan nilai dari
bentuk dengan a bilangan asli antara 2 dan 5, dan t, u, v
merupakan bilangan pecahan biasa.
|
4
|
||
Bilangan berpangkat dan bentuk
akar
|
Peserta didik dapat
menuliskan ( abp ´ bq c )r
dalam bentuk paling sederhana (a, p, q dan r bilangan bulat positif dan negatif)
|
5
|
||
2
|
5.2 Melakukan operasi aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat bulat
dan bentuk akar
|
operasi aljabar
yang melibatkan bilangan berpangkat
bulat dan bentuk akar
|
Peserta didik dapat
menentukan hasil penjumlahan atau
pengurangan bilangan bulat berpangkat bilangan
bulat negatif.
|
6
|
operasi aljabar
yang melibatkan bilangan berpangkat
bulat dan bentuk akar
|
Peserta didik dapat menentukan
hasil penjumlahan atau pengurangan bilangan bulat
berpangkat bilangan pecahan.
Peserta didik dapat
menentukan hasil penarikan akar dari bilangan bulat berpangkat bilangan pecahan
Peserta
didik dapat menentukan hasil operasi am : an , (a bilangan bulat positif dan m, n bilangan
bulat negatif)
Peserta
didik dapat menentukan hasil operasi an
x ap ( a bilangan bulat positif, dan n, p bilangan
bulat negatif)
Peserta didik dapat
menentukan hasil operasi (ak
) h (a bilangan bulat positif, serta k, h keduanya
bilangan bulat negatif
Peserta didik dapat
menentukan hasil operasi ( b h)t (b bilangan bulat positif, h bilangan bulat positif serta t bilangan
pecahan negatif)
Peserta didik dapat menyederhanakan bentuk
akar menjadi bentuk paling sederhana, dengan a bukan kuadrat sempurna.
Peserta didik dapat
menyederhanakan bentuk pmenjadi bentuk paling sederhana (a, dan b bilangan bulat positif berbeda )
Peserta
didik dapat menentukan hasil
dalam bentuk
akar paling sederhana. (p, q dan hasil
perkaliannya bukan bilangan kuadrat sempurna)
Peserta
didik dapat menentukan hasil dengan a, p, q dan r
bilangan bulat.
|
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
|
||
3
|
5.3
Memecahkan masalah sederhana yang berkaitan dengan bilangan berpangkat dan
bentuk akar
|
Pemecahan
masalah berkaitan dengan bilangan berpangkat dan bentuk akar
|
Peserta didik dapat merasionalkan bentuk . a dan b bilangan
bulat positif
|
17
|
Pemecahan
masalah berkaitan dengan bilangan berpangkat dan bentuk akar
|
Peserta didik dapat merasionalkan bentuk
|
18
|
||
Pemecahan
masalah berkaitan dengan bilangan berpangkat dan bentuk akar
|
Peserta
didik dapat merasionalkan bentuk
Diketahui
= a dan = b, Peserta didik dapat menentukan nilai dari - , ( dan bentuk akar
yang dapat disederhanakan)
Diketahui
nilai 2ab , peserta didik dapat menentukan nilai pa2b2 , dengan p bilangan
kelipatan 4 lebih dari 7.
|
19
20
21
|
||
4
|
6.1 Menentukan pola barisan
bilangan sederhana
|
Pola bilangan
|
Diberikan 4 suku pertama barisan bilangan (beda antar
suku tidak sama), peserta didik dapat menentukan tiga suku berikutnya.
Diberikan 4 suku pertama barisan bilangan (beda antar
suku tidak sama), peserta didik dapat menentukan suku ke-n. ( n antara 8 sd
13)
Di berikan rumus Un ( bukan aritmatika
maupun geometri), peserta didik dapat menentukan Ux , ( x antara
20 sd 30)
|
22
23
24
|
Gambar berpola
|
Diberikan
gambar berpola yang terbentuk dari potongan lidi, peserta didik dapat
menyelesaikan soal
yang berkaitan dengan banyak lidi.
Peserta
didik dapat menyelesaikan soal yang berkaitan dengan gambar berpola (pola segitiga)
|
25
26
|
||
5
|
6.2 Menentukan suku ke-n barisan aritmatika dan barisan geometri
|
Barisan aritmatika dan geometri
Barisan aritmatika dan geometri
|
Diberikan
4 suku pertama barisan aritmatika, peserta didik dapat menentukan suku ke-n (
50 < n < 80 )
Diberikan
4 suku pertama barisan geometri, peserta didik dapat menentukan rumus suku
ke-n.
Diberikan
barisan aritmatika yang diketahui suku ke-p dan suku ke-q, peserta didik
dapat menentukan suku ke-n. (20 < n< 30, p dan q bilangan bulat)
Diketahui suku ke-p dan suku ke-q barisan geometri, peserta
didik dapat menentukan suku ke-n. (10 < n < 15, p dan q bilangan bulat)
Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita berkaitan
dengan konsep barisan aritmatika
Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita berkaitan
dengan konsep barisan geometri
|
27
28
29
30
31
32
|
6
|
6.3
Menentukan jumlah n
suku pertama deret aritmatika dan deret geometri
|
Deret aritmatika dan geometri
|
Peserta
didik dapat menentukan jumlah n suku pertama dari 5 suku pertama deret aritmatika yang diberikan . (30 < n< 50)
Peserta
didik dapat menentukan jumlah n suku pertama dari 5 suku pertama deret
geometri yang diberikan . (8
< n< 13)
Diketahui
suku ke-p dan suku ke-q barisan aritmatika, peserta didik dapat menentukan
jumlah n suku pertama. (50 < n< 80, p dan q bilangan bulat)
Diketahui
suku ke-p dan suku ke-q barisan geometri, peserta didik dapat menentukan
jumlah n suku pertama. (8 < n < 13, p dan q bilangan bulat)
|
33
34
35
36
|
Masalah berkaitan dengan deret
|
Peserta didik dapat menentukan jumlah bilangan
kelipatan n dari 100 sampai 200 (2 < n< 7)
Peserta didik dapat menentukan jumlah bilangan
kelipatan n antara 200 dan
300. (2 < n< 7)
|
37
38
|
||
7
|
6.4
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret
|
Masalah berkaitan dengan deret
|
Peserta
didik dapat menyelesaikan soal cerita menggunakan konsep deret aritmatika
|
39
|
Masalah berkaitan dengan deret
|
Peserta
didik dapat menyelesaikan soal cerita menggunakan konsep deret geometri
|
40
|
No comments:
Post a Comment