
PEMERINTAH PROVINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA
DINAS PENDIDIKAN 
MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) SMP PROVINSI
DKI JAKARTA
KISI-KISI SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER DUA
Tahun 2014/2015
Mata Pelajaran          : Matematika
Kelas                           :
IX (Sembilan)
Kurikulum Acuan     : KTSP
Waktu                                    :
120 menit
Aspek                         :
Membaca dan Menulis
Jumlah Soal               : 40 soal
Disusun oleh:
Penyusun                   :
Tim MGMP Matematika SMP
                                             Provinsi
DKI Jakarta
| 
No | 
SK/KD | 
Materi Pelajaran | 
Indikator soal | 
No Soal | 
| 
1 | 
5.1 Mengidentifikasi sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar  | 
Bilangan berpangkat dan  bentuk
  akar | 
Peserta
  didik dapat menuliskan bilangan dalam bentuk akar menjadi  bilangan berpangkat pecahan  | 
1 | 
| 
Bilangan berpangkat dan  bentuk
  akar | 
Peserta
  didik dapat menentukan hasil dari   dengan a, b, m, dan n bilangan bulat selain nol dan
  satu.. | 
2 | ||
| 
Bilangan berpangkat dan  bentuk
  akar | 
Peserta didik dapat menuliskan bilangan berpangkat
  pecahan menjadi  bilangan dalam bentuk
  akar | 
3 | ||
| 
Bilangan berpangkat dan  bentuk
  akar | 
Peserta
  didik dapat menentukan nilai dari 
  bentuk   dengan  a bilangan asli antara 2 dan 5, dan t, u, v
  merupakan bilangan pecahan biasa. | 
4 | ||
| 
Bilangan berpangkat dan  bentuk
  akar | 
Peserta didik dapat
  menuliskan ( abp  ´  bq    c )r
  dalam bentuk  paling sederhana   (a, p, q dan  r bilangan bulat positif dan negatif) | 
5 | ||
| 
2 | 
5.2 Melakukan operasi aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat bulat
  dan bentuk akar | 
operasi aljabar
  yang  melibatkan bilangan berpangkat
  bulat dan bentuk akar | 
Peserta didik dapat
  menentukan hasil  penjumlahan atau
  pengurangan bilangan bulat berpangkat  bilangan
  bulat negatif. | 
6 | 
| 
operasi aljabar
  yang  melibatkan bilangan berpangkat
  bulat dan bentuk akar | 
Peserta didik dapat menentukan
  hasil  penjumlahan atau pengurangan bilangan bulat
  berpangkat  bilangan pecahan. 
Peserta didik dapat
  menentukan hasil  penarikan akar  dari bilangan bulat berpangkat  bilangan pecahan 
Peserta
  didik  dapat menentukan hasil  operasi am :  an , (a bilangan bulat positif dan m, n bilangan
  bulat negatif) 
Peserta
  didik dapat menentukan hasil  operasi an
  x ap  ( a bilangan bulat positif, dan n, p bilangan
  bulat negatif) 
Peserta didik dapat
  menentukan hasil  operasi (ak
  ) h  (a  bilangan bulat positif, serta k, h keduanya
  bilangan  bulat negatif 
Peserta didik dapat
  menentukan hasil  operasi ( b h)t   (b bilangan bulat positif,  h bilangan bulat positif serta t bilangan
  pecahan  negatif) 
Peserta didik  dapat menyederhanakan  bentuk 
  akar   menjadi bentuk paling  sederhana, dengan a bukan kuadrat sempurna. 
Peserta didik dapat
  menyederhanakan  bentuk  p  menjadi bentuk paling  sederhana (a, dan b  bilangan bulat positif  berbeda ) 
Peserta
  didik dapat menentukan hasil 
    dalam bentuk 
  akar paling sederhana.  (p, q dan  hasil
  perkaliannya bukan bilangan kuadrat sempurna) 
Peserta
  didik dapat menentukan hasil    dengan a, p, q dan r
  bilangan bulat. | 
7 
8 
9 
10 
11 
12 
13 
14 
15 
16 | ||
| 
3 | 
5.3
  Memecahkan masalah sederhana yang berkaitan dengan bilangan berpangkat dan
  bentuk akar | 
Pemecahan
  masalah berkaitan dengan bilangan berpangkat dan bentuk akar | 
Peserta didik dapat merasionalkan bentuk    . a dan b bilangan
  bulat positif | 
17 | 
| 
Pemecahan
  masalah berkaitan dengan bilangan berpangkat dan bentuk akar | 
Peserta didik dapat merasionalkan bentuk     | 
18 | ||
| 
Pemecahan
  masalah berkaitan dengan bilangan berpangkat dan bentuk akar | 
Peserta
  didik dapat merasionalkan bentuk     
Diketahui
    = a dan  = b, Peserta didik dapat menentukan  nilai dari  -  , (  dan  bentuk akar
  yang dapat disederhanakan) 
Diketahui
  nilai  2ab , peserta didik dapat menentukan nilai  pa2b2 , dengan p bilangan
  kelipatan 4  lebih dari 7. | 
19 
20 
21 | ||
| 
4 | 
6.1 Menentukan pola barisan
  bilangan sederhana | 
Pola bilangan | 
Diberikan 4 suku pertama barisan bilangan (beda antar
  suku tidak sama), peserta didik dapat menentukan tiga suku berikutnya. 
Diberikan 4 suku pertama barisan bilangan (beda antar
  suku tidak sama), peserta didik dapat menentukan suku ke-n. ( n antara 8 sd
  13) 
Di berikan rumus Un ( bukan aritmatika
  maupun geometri), peserta didik dapat menentukan Ux , ( x antara
  20 sd 30) | 
22 
23 
24 | 
| 
Gambar berpola | 
Diberikan
  gambar berpola yang terbentuk dari potongan lidi, peserta didik dapat
  menyelesaikan  soal
  yang berkaitan dengan banyak lidi.  
Peserta
  didik dapat menyelesaikan soal yang berkaitan dengan gambar berpola (pola segitiga) | 
25 
26 | ||
| 
5 | 
6.2 Menentukan suku ke-n barisan aritmatika dan barisan geometri | 
Barisan aritmatika dan geometri 
Barisan aritmatika dan geometri | 
Diberikan
  4 suku pertama barisan aritmatika, peserta didik dapat menentukan suku ke-n (
  50 < n < 80 )  
Diberikan
  4 suku pertama barisan geometri, peserta didik dapat menentukan rumus suku
  ke-n. 
Diberikan
  barisan aritmatika yang diketahui suku ke-p dan suku ke-q, peserta didik
  dapat menentukan suku ke-n. (20 < n< 30, p dan q bilangan bulat) 
Diketahui suku ke-p dan suku ke-q barisan geometri, peserta
  didik dapat menentukan suku ke-n. (10 < n < 15, p dan q bilangan bulat) 
Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita berkaitan
  dengan konsep barisan  aritmatika 
Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita berkaitan
  dengan konsep barisan  geometri | 
27 
28 
29 
30 
31 
32 | 
| 
6 | 
6.3
  Menentukan jumlah n
  suku pertama deret aritmatika dan deret geometri | 
Deret aritmatika dan geometri | 
Peserta
  didik dapat menentukan jumlah n suku pertama dari 5 suku pertama deret aritmatika  yang diberikan . (30 < n< 50) 
Peserta
  didik dapat menentukan jumlah n suku pertama dari 5 suku pertama deret 
  geometri  yang diberikan . (8
  < n< 13) 
Diketahui
  suku ke-p dan suku ke-q barisan aritmatika, peserta didik dapat menentukan
  jumlah n suku pertama. (50 < n< 80, p dan q bilangan bulat) 
Diketahui
  suku ke-p dan suku ke-q barisan geometri, peserta didik dapat menentukan
  jumlah n suku pertama. (8 < n < 13, p dan q bilangan bulat) | 
33 
34 
35 
36 | 
| 
Masalah  berkaitan dengan deret | 
Peserta didik dapat menentukan jumlah bilangan
  kelipatan n dari  100 sampai  200 (2 < n<  7) 
Peserta didik dapat menentukan jumlah bilangan
  kelipatan n antara  200 dan
  300. (2 < n<  7) | 
37 
38 | ||
| 
7 | 
6.4
  Memecahkan masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret | 
Masalah  berkaitan dengan deret | 
Peserta
  didik dapat menyelesaikan soal cerita menggunakan konsep deret  aritmatika | 
39 | 
| 
Masalah  berkaitan dengan deret | 
Peserta
  didik dapat menyelesaikan soal cerita menggunakan konsep deret  geometri | 
40 | 

 
 
No comments:
Post a Comment