KISI KISI PENULISAN SOAL US 
                                                  TAHUN
PELAJARAN 2014-2015
Sekolah                       :                                                                                                                                                           Bentuk soal       :        PG 
Mata Pelajaran          :           Agama Katolik                                                                                                                      Alokasi wkatu  :        120
Menit
Kurikulum acuan      :           KTSP                                                                                                                                     
| 
No | 
Standar Kompetensi | 
Kompetensi Dasar | 
Kelas/Sem | 
Materi | 
Indikator | 
Bentuk Soal | 
No Soal | 
| 
1 | 
Memahami diri sebagai laki-laki atau perempuan yang
  memiliki rupa-rupa kemampuan dan keterbatasan agar dapat berelasi dengan
  sesama dan lingkungannya dengan meneladani Yesus Kristus yang mewartakan Bapa
  dan Kerajaan-Nya | 
Mema-hami dan menyadari pribadinya diciptakan sebagai citra
  Allah yang tumbuhan dan berkembang bersama orang lain | 
VII/1 | 
Manusia sebagai citra Allah | 
Siswa dapat  menjelaskan
  pengertian manusia sebagai Citra Allah berdasarkan kutipan Kej. 1:26-2:17 | 
PG | 
1 | 
| 
Siswa dapat menentukan tugas manusia sebagai Citra Allah menurut
  kutipan Kej 1:29-30 | 
PG | 
2 | |||||
| 
Siswa dapat menentukan perbedaan antara
  manusia dengan ciptaan Tuhan lainnya | 
PG | 
3 | |||||
| 
Memahami bahwa manusia diciptakan sebagai perempuan atau
  laki-laki dan dipanggil untuk mengembangkan kesederajatan dalam hidup
  sehari-hari | 
VII / 1 | 
Aku diciptakan sebagai laki-laki dan sebagai perempuan | 
Siswa dapat  menentukan
  secara garis besar ciri-ciri sebagai perempuan atau laki-laki | 
PG | 
4 | ||
| 
Siswa dapat menjelaskan contoh penghayatan seksualitas yang
  keliru dikalangan remaja | 
PG | 
5 | |||||
| 
Memahami arti dan tujuan persahabatan sehingga dapat membangun
  persahabatan yang sejati dengan sesama | 
VII/1 | 
Persahabatan  | 
Siswa dapat mengungkapkan nilai-nilai yang terkandung dalam persahabat
  antara Daud dan Yonathan dalam I sam 20 : 1-43 | 
PG | 
6 | ||
| 
VII/1 | 
Persahabatan sejati | 
Siswa dapat menjelaskan pandangan Kristiani tentang makna
  persahabatan sejati berdasarkan kutipan Sir 6:5-17 dan Yoh 15:13-15 | 
PG | 
7 | |||
| 
Menyadari bahwa pertumbuhan dan perkembangan dirinya tidak dapat
  lepas dari peran serta keluarga dan sesama disekitarnya sehingga terpanggil
  untuk bekerja sama dan menghargai sesama | 
VII/2 | 
Aku di tengah keluarga | 
Siswa dapat menyebutkan
  peran orang tua & saudara-saudara dalam keluarga bagi perkembangan
  dirinya | 
PG | 
8 | ||
| 
Siswa dapat menyebutkan sikap yang perlu dikembangkan sebagai
  wujud kasih dalam keluarga, khususnya orang tua, berdasarkan Firman Allah ke
  4 "Hormatilah Ayah dan Ibumu"(Kel 20:12, Ef 6:1-3 | 
PG | 
9 | |||||
| 
2 
3 | 
Memahami makna
  sengsara, wafat dan ke-bangkitan Yesus sebagai konsekuensi atas
  perjuangan-Nya menegakkan nilai-nilai Kerajaan Allah sehingga peserta didik
  berani membela kebenarandalam hidup 
  sehari-hari. | 
Memahami berbagai sifat dan sikap Yesus Kristus sehingga dapat
  meneladani dan menerap-kannya dalam kehidupan 
  sehari-hari | 
VIII / 1 | 
Yesus Rela berkorban | 
Siswa dapat menjelaskan tentang perlunya keberanian berkorban
  seperti dilukiskan dalam Yoh 10:11-15 | 
PG | 
10 | 
| 
VIII/ 1 | 
Sengsara dan Wafat
  Yesus | 
Siswa
  dapat menentukan nilai nilai hidup dari kisah Yesus yang rela
  menderita dan wafat demi  Kerajaan
  Allah seperti dikisahkan dalam Luk 23:26-49 | 
PG | 
11 | |||
| 
Siswa
  dapat menentukan orang yang menolong Yesus pada saat Yesus memanggul Salib
  menuju bukit tengkorak. | 
PG | 
12 | |||||
| 
VIII / 1 | 
Kebangkitan Yesus | 
Siswa
  dapat menentukan orang pertama yang mengetahui kebangkitan Yesus dari mati | 
PG | 
13 | |||
| 
Siswa
  dapat menentukan nama salah satu murid yang tidak percaya akan kebangkitan
  Yesus sebelum mencucukkan jarinya pada luka-luka Yesus | 
PG | 
14 | |||||
| 
Memiliki pengetahuan 
dasar tentang pribadi 
Yesus Kristus sehingga 
Mereka dapat bercermin 
pada pribadi Yesus Kristus dalam hidup 
sehari-hari. | 
Memiliki pengetahuan dasar tentang pribadi
  Yesus Kristus 
Sehingga mereka dapat bercermin pada pribadi
  Yesus Kristus dalam hidup sehari-hari | 
VIII / 1 | 
Yesus sebagai Allah dan sebagai Manusia  | 
Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri manusia dan ciri-ciri Allah | 
PG | 
15 | |
| 
Siswa dapat menentukan kutipan Kitap suci yang menunjukan bahwa
  Yesus sengguh manusia | 
PG | 
16 | |||||
| 
VIII / 2 | 
Yesus memanggil murid-muridNya | 
Siswa dapat menjelaskan syarat-syarat mengikuti Yesus Kristus | 
PG | 
17 | |||
| 
VIII / 2 | 
Yesus mengutus para murid | 
Siswa dapat menjelaskan sikap-sikap yang dituntut dari para
  murid dalam melaksanakan tugas perutusan | 
PG | 
18 | |||
| 
Memahami
  bahwa Gereja melaksanakan karya penyelamatan Yesus Kristus melalui penerimaan
  Sakramen-sakramen | 
VIII / 2 | 
Sakramen Baptis | 
Siswa dapat menjelaskan dampak yang diterima oleh manusia
  setelah menerima sakramen baptis | 
PG | 
19 | ||
| 
VIII / 2 | 
Sakramen Ekaristi | 
Siswa dapat menjelaskan bahwa Sakramen Ekaristi merupakan puncak
  dari semua sakramen | 
PG | 
20 | |||
| 
Memahami peristiwa panggilan dan pengutusan Yesus kristus kepada
  murid-murid nya sehingga terdorong untuk mengikuti Yesus Kristus dalam
  hidupnya sehari-hari | 
VIII / 2 | 
Hidup dalam persekutuan | 
Siswa dapat menjelaskan cara hidup murid-murid Yesus dalam
  persekutuan sebagaimana dikisahkan dalam Kis 4:32-37 | 
PG | 
21 | ||
| 
VIII / 2 | 
Teladan Bunda Maria | 
Siswa dapat menyebutkan bentuk-bentuk penghormatan kepada Maria | 
PG | 
22 | |||
| 
Siswa dapat menjelaskan ketaatan dan kepasrahan Maria terhadap
  kehendak Allah seperti digambarkan dalam kutipan Luk 1:26-28 dan Mat 12:46-50 | 
PG | 
23 | |||||
| 
4 | 
Memahami
  pribadi Yesus Kristus dan konsekuensi perjuanganNya dalam upaya mengikuti mewujudkan nilai-nilai perjuanganNya dalam
  kehidupan menggereja | 
Memahami peran Roh Kudus sebagai daya hidup setiap orang dalam
  mengembang-kan hidup bersama sebagai murid-murid Yesus | 
VIII / 2 | 
Yesus mengutus Roh Kudus | 
Siswa dapat menceritakan kembali kisah kehadiran Roh Kudus atas
  para rasul dalam peristiwa Pentakosta sebagaimana diceritakan dalam Kis
  2:1-11 dan Kis 2:33 | 
PG | 
24 | 
| 
Siswa dapat menjelaskan pengaruh daya Roh Kudus dalam diri para
  rasul | 
PG | 
25 | |||||
| 
Siswa dapat menentukan salah satu tanda-tanda alam yang menyertai
  pada saat Roh Kudus tercurah atas para rasul | 
PG | 
26 | |||||
| 
5 | 
Memahami dan melaksanakan nilai-nilai Kerajaan Allah
  dalam hidup beriman di tengah jemaat dan masyarakat sesuai dengan yang
  diwartakan Yesus Kristus dalam rangka membangun kehidupan masa depan yang
  lebih baik | 
Memahami kehendak Allah untuk menyelamatkan semua
  orang, yang perlu ditanggapi dengan beragama dan beriman | 
IX / 1 | 
Allah berkehendak menyelamatkan semua orang | 
Siswa dapat menjelaskan bahwa Yesus Kristus nerupakan
  tanda cinta Allah bagi keselamatan manusia  | 
PG | 
27 | 
| 
Siswa dapat menjelaskan peran Yesus Kristus sbg wujud
  nyata kasih Allah bagi keselamatan manusia  | 
PG | 
28 | |||||
| 
IX / 1 | 
Beragama | 
Siswa dapat merumuskan arti kata  agama | 
PG | 
29 | |||
| 
Siswa dapat menentukan sikap dan tingkah laku yang
  menunjukkan bahwa dirinya orang beragama. | 
PG | 
30 | |||||
| 
Memahami arti dan nilai hidup beriman kristiani
  be-serta konse-kuensinya sehingga berusaha untuk mengem-bangkan dirinya dalam
  keber-samaan jemaat | 
IX / 1 | 
Beriman | 
Siswa dapat menjelaskan pengertian dari kata “beriman” | 
PG | 
31 | ||
| 
IX / 1 | 
Beriman Kristiani | 
Siswa dapat menjelaskan maksud pernyataan “Iman tanpa
  perbuatan pada hakekatnya adalah Mati” | 
PG | 
32 | |||
| 
Siswa dapat menjelaskan ciri khas iman kristiani | 
PG | 
33 | |||||
| 
Menjelaskan sifat iman yang personal dan sosial | 
PG | 
34 | |||||
| 
Memahami dan menyadari hak dan kewajibannya seba-gai
  orang beriman kristiani di tengah masyarakat, yang dipang-gil untuk ikut
  bertang-gungjawab dalam mengem-bangkan hidup bersa-ma | 
IX / 1 | 
Aku sebagai warga negara | 
Siswa dapat menyebutkan dan menjelaskan hak dan
  kewajiban manusia sebagai anggota masyarakat | 
PG | 
35 | ||
| 
Menyebutkan sikap-sikap hidup yang seharusnya dimiliki
  dalam situasi Indonesia yang pluralis | 
PG | 
36 | |||||
| 
IX / 1 | 
Para pemimpin | 
Siswa dapat menentukan kriteria pemimpin yang baik
  menurut Yesus | 
PG | 
37 | |||
| 
Menjungjung tinggi derajat dan martabat manusia | 
Siswa dapat menentukan contoh-contoh penghargaan
  martabat manusia dalam hidup sehari-hari | 
PG | 
38 | ||||
| 
Memaha-mi, menya-dari dan menjunjung tinggi nilai
  martabat manusia, dengan senantiasa melindungi dan hidup manusia secara
  ber-tanggung jawab | 
IX / 2 | 
Membela kehidupan | 
Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh tindakan yang
  bertentangan dengan Dasa Firman khususnya firman yang kelima | 
PG | 
39 | ||
| 
Siswa dapat menjelaskan hal-hal yang perlu diusahakan
  untuk hidup sehat | 
PG | 
40 | |||||
| 
IX / 2 | 
Keadilan | 
Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh ketidakadilan dalam hidup
  sehari-hari | 
PG | 
41 | |||
| 
Memahami  
  dan
  menyadari 
bahwa penganut 
agama dan kepercayaan       lain
  adalah sesama
  saudara 
sehingga mereka 
berani dan mampu bersikap 
hormat dan bersahabat 
dengan mereka 
dalam hidup sehari-hari
  dalam 
ikatan persaudaraan
  sejati | 
IX
  / 2 | 
Sikap
  Gereja terhadap agama dan kepercayaan lain | 
Siswa
  dapat memberikan contoh-contoh konkrit sikap Gereja pada agama dan
  kepercayaan lain | 
PG | 
42 | ||
| 
Siswa
  dapat menentukan dokumen gereja yang menguraikan tentang sikap gereja
  terhadap Agama dan kepercayaan lain | 
PG | 
43 | |||||
| 
Siswa
  dapat menentukan buah buah kebaikan 
  dari sikap bersahabat dengan sesama yang menganut kepercayaan dan
  agama lain. | 
PG | 
44 | |||||
| 
Siswa
  dapat menunjukkan dampak positif dari kegiatan dialog antar agama dalam
  kehidupan bersama | 
PG | 
45 | |||||
| 
Memahami. menyadari 
dan menemukan 
cita-cita/arah hidup sesuai 
dengan kehendak 
Allah seperti 
terkandung 
dalam sakramen 
Perkawinandan 
Sakramen Imamat sehingga 
Berusaha mempersiapkan 
diri untuk mencapai cita-cita tersebut | 
IX / 2 | 
Cita-citaku | 
Siswa
  dapat menentukan maksud  kedatangan
  orang muda yang kaya kepada Yesus seperti terungkap dalam teks Mateus 19 : 16
  - 26 | 
PG | 
46 | ||
| 
IX / 2 | 
Sakramen perkawinan | 
Siswa dapat menentukan sifat dari
  perkawinan Kristiani. | 
PG | 
47 | |||
| 
Siswa dapat menjelaskan maksud dari
  pernyataan “Perkawinan Kristiani bersifat Sakramental” | 
PG | 
48 | |||||
| 
IX / 2 | 
Sakramen Imamat | 
Siswa dapat menyebutkan salah satu syarat
  untuk menjadi 
seorang imam | 
PG | 
49 | |||
| 
Siswa dapat menentukan 3 kaul yang harus
  diucapkan oleh seorang calon imam | 
PG | 
50 | 

 
 
No comments:
Post a Comment