Powered By Blogger

Monday, 2 March 2015

KISI KISI PENULISAN SOAL AGAMA KATOLIK UJIAN SEKOLAH KELAS IX TAHUN PELAJARAN 2014-2015

KISI KISI PENULISAN SOAL US
                                                  TAHUN PELAJARAN 2014-2015

Sekolah                       :                                                                                                                                                           Bentuk soal       :        PG
Mata Pelajaran          :           Agama Katolik                                                                                                                      Alokasi wkatu  :        120 Menit
Kurikulum acuan      :           KTSP                                                                                                                                    

No
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Kelas/Sem
Materi
Indikator
Bentuk Soal
No Soal
1
Memahami diri sebagai laki-laki atau perempuan yang memiliki rupa-rupa kemampuan dan keterbatasan agar dapat berelasi dengan sesama dan lingkungannya dengan meneladani Yesus Kristus yang mewartakan Bapa dan Kerajaan-Nya
Mema-hami dan menyadari pribadinya diciptakan sebagai citra Allah yang tumbuhan dan berkembang bersama orang lain
VII/1
Manusia sebagai citra Allah
Siswa dapat  menjelaskan pengertian manusia sebagai Citra Allah berdasarkan kutipan Kej. 1:26-2:17
PG
1
Siswa dapat menentukan tugas manusia sebagai Citra Allah menurut kutipan Kej 1:29-30
PG
2
Siswa dapat menentukan perbedaan antara manusia dengan ciptaan Tuhan lainnya

PG
3
Memahami bahwa manusia diciptakan sebagai perempuan atau laki-laki dan dipanggil untuk mengembangkan kesederajatan dalam hidup sehari-hari
VII / 1







Aku diciptakan sebagai laki-laki dan sebagai perempuan
Siswa dapat  menentukan secara garis besar ciri-ciri sebagai perempuan atau laki-laki
PG
4
Siswa dapat menjelaskan contoh penghayatan seksualitas yang keliru dikalangan remaja
PG
5
Memahami arti dan tujuan persahabatan sehingga dapat membangun persahabatan yang sejati dengan sesama
VII/1
Persahabatan
Siswa dapat mengungkapkan nilai-nilai yang terkandung dalam persahabat antara Daud dan Yonathan dalam I sam 20 : 1-43
PG
6
VII/1
Persahabatan sejati
Siswa dapat menjelaskan pandangan Kristiani tentang makna persahabatan sejati berdasarkan kutipan Sir 6:5-17 dan Yoh 15:13-15

PG
7


Menyadari bahwa pertumbuhan dan perkembangan dirinya tidak dapat lepas dari peran serta keluarga dan sesama disekitarnya sehingga terpanggil untuk bekerja sama dan menghargai sesama
VII/2
Aku di tengah keluarga
Siswa dapat menyebutkan peran orang tua & saudara-saudara dalam keluarga bagi perkembangan dirinya
PG
8
Siswa dapat menyebutkan sikap yang perlu dikembangkan sebagai wujud kasih dalam keluarga, khususnya orang tua, berdasarkan Firman Allah ke 4 "Hormatilah Ayah dan Ibumu"(Kel 20:12, Ef 6:1-3



PG
9
2
















3
Memahami makna sengsara, wafat dan ke-bangkitan Yesus sebagai konsekuensi atas perjuangan-Nya menegakkan nilai-nilai Kerajaan Allah sehingga peserta didik berani membela kebenarandalam hidup  sehari-hari.

Memahami berbagai sifat dan sikap Yesus Kristus sehingga dapat meneladani dan menerap-kannya dalam kehidupan  sehari-hari
VIII / 1
Yesus Rela berkorban
Siswa dapat menjelaskan tentang perlunya keberanian berkorban seperti dilukiskan dalam Yoh 10:11-15
PG
10
VIII/ 1
Sengsara dan Wafat Yesus
Siswa dapat menentukan nilai nilai hidup dari kisah Yesus yang rela menderita dan wafat demi  Kerajaan Allah seperti dikisahkan dalam Luk 23:26-49

PG
11
Siswa dapat menentukan orang yang menolong Yesus pada saat Yesus memanggul Salib menuju bukit tengkorak.
PG
12
VIII / 1
Kebangkitan Yesus
Siswa dapat menentukan orang pertama yang mengetahui kebangkitan Yesus dari mati
PG
13
Siswa dapat menentukan nama salah satu murid yang tidak percaya akan kebangkitan Yesus sebelum mencucukkan jarinya pada luka-luka Yesus
PG
14
Memiliki pengetahuan
dasar tentang pribadi
Yesus Kristus sehingga
Mereka dapat bercermin
pada pribadi Yesus Kristus dalam hidup
sehari-hari.



Memiliki pengetahuan dasar tentang pribadi Yesus Kristus
Sehingga mereka dapat bercermin pada pribadi Yesus Kristus dalam hidup sehari-hari
VIII / 1
Yesus sebagai Allah dan sebagai Manusia
Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri manusia dan ciri-ciri Allah
PG
15
Siswa dapat menentukan kutipan Kitap suci yang menunjukan bahwa Yesus sengguh manusia
PG
16
VIII / 2
Yesus memanggil murid-muridNya
Siswa dapat menjelaskan syarat-syarat mengikuti Yesus Kristus

PG
17
VIII / 2
Yesus mengutus para murid
Siswa dapat menjelaskan sikap-sikap yang dituntut dari para murid dalam melaksanakan tugas perutusan
PG
18

Memahami bahwa Gereja melaksanakan karya penyelamatan Yesus Kristus melalui penerimaan Sakramen-sakramen
VIII / 2
Sakramen Baptis
Siswa dapat menjelaskan dampak yang diterima oleh manusia setelah menerima sakramen baptis
PG
19
VIII / 2
Sakramen Ekaristi
Siswa dapat menjelaskan bahwa Sakramen Ekaristi merupakan puncak dari semua sakramen
PG
20
Memahami peristiwa panggilan dan pengutusan Yesus kristus kepada murid-murid nya sehingga terdorong untuk mengikuti Yesus Kristus dalam hidupnya sehari-hari
VIII / 2
Hidup dalam persekutuan
Siswa dapat menjelaskan cara hidup murid-murid Yesus dalam persekutuan sebagaimana dikisahkan dalam Kis 4:32-37
PG
21
VIII / 2
Teladan Bunda Maria
Siswa dapat menyebutkan bentuk-bentuk penghormatan kepada Maria
PG
22
Siswa dapat menjelaskan ketaatan dan kepasrahan Maria terhadap kehendak Allah seperti digambarkan dalam kutipan Luk 1:26-28 dan Mat 12:46-50
PG
23
4
Memahami pribadi Yesus Kristus dan konsekuensi perjuanganNya dalam upaya mengikuti mewujudkan nilai-nilai perjuanganNya dalam kehidupan menggereja
Memahami peran Roh Kudus sebagai daya hidup setiap orang dalam mengembang-kan hidup bersama sebagai murid-murid Yesus
VIII / 2
Yesus mengutus Roh Kudus


Siswa dapat menceritakan kembali kisah kehadiran Roh Kudus atas para rasul dalam peristiwa Pentakosta sebagaimana diceritakan dalam Kis 2:1-11 dan Kis 2:33
PG
24

Siswa dapat menjelaskan pengaruh daya Roh Kudus dalam diri para rasul
PG
25
Siswa dapat menentukan salah satu tanda-tanda alam yang menyertai pada saat Roh Kudus tercurah atas para rasul
PG
26
5






















Memahami dan melaksanakan nilai-nilai Kerajaan Allah dalam hidup beriman di tengah jemaat dan masyarakat sesuai dengan yang diwartakan Yesus Kristus dalam rangka membangun kehidupan masa depan yang lebih baik










Memahami kehendak Allah untuk menyelamatkan semua orang, yang perlu ditanggapi dengan beragama dan beriman
IX / 1
Allah berkehendak menyelamatkan semua orang
Siswa dapat menjelaskan bahwa Yesus Kristus nerupakan tanda cinta Allah bagi keselamatan manusia
PG
27
Siswa dapat menjelaskan peran Yesus Kristus sbg wujud nyata kasih Allah bagi keselamatan manusia
PG
28
IX / 1
Beragama
Siswa dapat merumuskan arti kata  agama
PG
29
Siswa dapat menentukan sikap dan tingkah laku yang menunjukkan bahwa dirinya orang beragama.
PG
30
Memahami arti dan nilai hidup beriman kristiani be-serta konse-kuensinya sehingga berusaha untuk mengem-bangkan dirinya dalam keber-samaan jemaat
IX / 1
Beriman
Siswa dapat menjelaskan pengertian dari kata “beriman”
PG
31
IX / 1
Beriman Kristiani
Siswa dapat menjelaskan maksud pernyataan “Iman tanpa perbuatan pada hakekatnya adalah Mati”
PG
32
Siswa dapat menjelaskan ciri khas iman kristiani
PG
33
Menjelaskan sifat iman yang personal dan sosial

PG
34
Memahami dan menyadari hak dan kewajibannya seba-gai orang beriman kristiani di tengah masyarakat, yang dipang-gil untuk ikut bertang-gungjawab dalam mengem-bangkan hidup bersa-ma
IX / 1
Aku sebagai warga negara

Siswa dapat menyebutkan dan menjelaskan hak dan kewajiban manusia sebagai anggota masyarakat
PG
35
Menyebutkan sikap-sikap hidup yang seharusnya dimiliki dalam situasi Indonesia yang pluralis
PG
36
IX / 1
Para pemimpin
Siswa dapat menentukan kriteria pemimpin yang baik menurut Yesus
PG
37

Menjungjung tinggi derajat dan martabat manusia
Siswa dapat menentukan contoh-contoh penghargaan martabat manusia dalam hidup sehari-hari
PG
38
Memaha-mi, menya-dari dan menjunjung tinggi nilai martabat manusia, dengan senantiasa melindungi dan hidup manusia secara ber-tanggung jawab
IX / 2
Membela kehidupan
Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh tindakan yang bertentangan dengan Dasa Firman khususnya firman yang kelima
PG
39
Siswa dapat menjelaskan hal-hal yang perlu diusahakan untuk hidup sehat
PG
40
IX / 2
Keadilan
Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh ketidakadilan dalam hidup sehari-hari
PG
41






























Memahami   dan menyadari
bahwa penganut
agama dan kepercayaan       lain adalah sesama saudara
sehingga mereka
berani dan mampu bersikap
hormat dan bersahabat
dengan mereka
dalam hidup sehari-hari dalam
ikatan persaudaraan sejati
IX / 2
Sikap Gereja terhadap agama dan kepercayaan lain
Siswa dapat memberikan contoh-contoh konkrit sikap Gereja pada agama dan kepercayaan lain
PG
42
Siswa dapat menentukan dokumen gereja yang menguraikan tentang sikap gereja terhadap Agama dan kepercayaan lain
PG
43
Siswa dapat menentukan buah buah kebaikan  dari sikap bersahabat dengan sesama yang menganut kepercayaan dan agama lain.
PG
44
Siswa dapat menunjukkan dampak positif dari kegiatan dialog antar agama dalam kehidupan bersama
PG
45
Memahami. menyadari
dan menemukan
cita-cita/arah hidup sesuai
dengan kehendak
Allah seperti
terkandung
dalam sakramen
Perkawinandan
Sakramen Imamat sehingga
Berusaha mempersiapkan
diri untuk mencapai cita-cita tersebut
IX / 2
Cita-citaku
Siswa dapat menentukan maksud  kedatangan orang muda yang kaya kepada Yesus seperti terungkap dalam teks Mateus 19 : 16 - 26
PG
46
IX / 2
Sakramen perkawinan
Siswa dapat menentukan sifat dari perkawinan Kristiani.
PG
47
Siswa dapat menjelaskan maksud dari pernyataan “Perkawinan Kristiani bersifat Sakramental”
PG
48
IX / 2
Sakramen Imamat
Siswa dapat menyebutkan salah satu syarat untuk menjadi
seorang imam
PG
49
Siswa dapat menentukan 3 kaul yang harus diucapkan oleh seorang calon imam
PG
50



No comments:

Post a Comment