KISI KISI PENULISAN SOAL US
TAHUN
PELAJARAN 2014-2015
Sekolah : Bentuk soal : PG
Mata Pelajaran : Agama Katolik Alokasi wkatu : 120
Menit
Kurikulum acuan : KTSP
No
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Kelas/Sem
|
Materi
|
Indikator
|
Bentuk Soal
|
No Soal
|
1
|
Memahami diri sebagai laki-laki atau perempuan yang
memiliki rupa-rupa kemampuan dan keterbatasan agar dapat berelasi dengan
sesama dan lingkungannya dengan meneladani Yesus Kristus yang mewartakan Bapa
dan Kerajaan-Nya
|
Mema-hami dan menyadari pribadinya diciptakan sebagai citra
Allah yang tumbuhan dan berkembang bersama orang lain
|
VII/1
|
Manusia sebagai citra Allah
|
Siswa dapat menjelaskan
pengertian manusia sebagai Citra Allah berdasarkan kutipan Kej. 1:26-2:17
|
PG
|
1
|
Siswa dapat menentukan tugas manusia sebagai Citra Allah menurut
kutipan Kej 1:29-30
|
PG
|
2
|
|||||
Siswa dapat menentukan perbedaan antara
manusia dengan ciptaan Tuhan lainnya
|
PG
|
3
|
|||||
Memahami bahwa manusia diciptakan sebagai perempuan atau
laki-laki dan dipanggil untuk mengembangkan kesederajatan dalam hidup
sehari-hari
|
VII / 1
|
Aku diciptakan sebagai laki-laki dan sebagai perempuan
|
Siswa dapat menentukan
secara garis besar ciri-ciri sebagai perempuan atau laki-laki
|
PG
|
4
|
||
Siswa dapat menjelaskan contoh penghayatan seksualitas yang
keliru dikalangan remaja
|
PG
|
5
|
|||||
Memahami arti dan tujuan persahabatan sehingga dapat membangun
persahabatan yang sejati dengan sesama
|
VII/1
|
Persahabatan
|
Siswa dapat mengungkapkan nilai-nilai yang terkandung dalam persahabat
antara Daud dan Yonathan dalam I sam 20 : 1-43
|
PG
|
6
|
||
VII/1
|
Persahabatan sejati
|
Siswa dapat menjelaskan pandangan Kristiani tentang makna
persahabatan sejati berdasarkan kutipan Sir 6:5-17 dan Yoh 15:13-15
|
PG
|
7
|
|||
Menyadari bahwa pertumbuhan dan perkembangan dirinya tidak dapat
lepas dari peran serta keluarga dan sesama disekitarnya sehingga terpanggil
untuk bekerja sama dan menghargai sesama
|
VII/2
|
Aku di tengah keluarga
|
Siswa dapat menyebutkan
peran orang tua & saudara-saudara dalam keluarga bagi perkembangan
dirinya
|
PG
|
8
|
||
Siswa dapat menyebutkan sikap yang perlu dikembangkan sebagai
wujud kasih dalam keluarga, khususnya orang tua, berdasarkan Firman Allah ke
4 "Hormatilah Ayah dan Ibumu"(Kel 20:12, Ef 6:1-3
|
PG
|
9
|
|||||
2
3
|
Memahami makna
sengsara, wafat dan ke-bangkitan Yesus sebagai konsekuensi atas
perjuangan-Nya menegakkan nilai-nilai Kerajaan Allah sehingga peserta didik
berani membela kebenarandalam hidup
sehari-hari.
|
Memahami berbagai sifat dan sikap Yesus Kristus sehingga dapat
meneladani dan menerap-kannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
VIII / 1
|
Yesus Rela berkorban
|
Siswa dapat menjelaskan tentang perlunya keberanian berkorban
seperti dilukiskan dalam Yoh 10:11-15
|
PG
|
10
|
VIII/ 1
|
Sengsara dan Wafat
Yesus
|
Siswa
dapat menentukan nilai nilai hidup dari kisah Yesus yang rela
menderita dan wafat demi Kerajaan
Allah seperti dikisahkan dalam Luk 23:26-49
|
PG
|
11
|
|||
Siswa
dapat menentukan orang yang menolong Yesus pada saat Yesus memanggul Salib
menuju bukit tengkorak.
|
PG
|
12
|
|||||
VIII / 1
|
Kebangkitan Yesus
|
Siswa
dapat menentukan orang pertama yang mengetahui kebangkitan Yesus dari mati
|
PG
|
13
|
|||
Siswa
dapat menentukan nama salah satu murid yang tidak percaya akan kebangkitan
Yesus sebelum mencucukkan jarinya pada luka-luka Yesus
|
PG
|
14
|
|||||
Memiliki pengetahuan
dasar tentang pribadi
Yesus Kristus sehingga
Mereka dapat bercermin
pada pribadi Yesus Kristus dalam hidup
sehari-hari.
|
Memiliki pengetahuan dasar tentang pribadi
Yesus Kristus
Sehingga mereka dapat bercermin pada pribadi
Yesus Kristus dalam hidup sehari-hari
|
VIII / 1
|
Yesus sebagai Allah dan sebagai Manusia
|
Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri manusia dan ciri-ciri Allah
|
PG
|
15
|
|
Siswa dapat menentukan kutipan Kitap suci yang menunjukan bahwa
Yesus sengguh manusia
|
PG
|
16
|
|||||
VIII / 2
|
Yesus memanggil murid-muridNya
|
Siswa dapat menjelaskan syarat-syarat mengikuti Yesus Kristus
|
PG
|
17
|
|||
VIII / 2
|
Yesus mengutus para murid
|
Siswa dapat menjelaskan sikap-sikap yang dituntut dari para
murid dalam melaksanakan tugas perutusan
|
PG
|
18
|
|||
Memahami
bahwa Gereja melaksanakan karya penyelamatan Yesus Kristus melalui penerimaan
Sakramen-sakramen
|
VIII / 2
|
Sakramen Baptis
|
Siswa dapat menjelaskan dampak yang diterima oleh manusia
setelah menerima sakramen baptis
|
PG
|
19
|
||
VIII / 2
|
Sakramen Ekaristi
|
Siswa dapat menjelaskan bahwa Sakramen Ekaristi merupakan puncak
dari semua sakramen
|
PG
|
20
|
|||
Memahami peristiwa panggilan dan pengutusan Yesus kristus kepada
murid-murid nya sehingga terdorong untuk mengikuti Yesus Kristus dalam
hidupnya sehari-hari
|
VIII / 2
|
Hidup dalam persekutuan
|
Siswa dapat menjelaskan cara hidup murid-murid Yesus dalam
persekutuan sebagaimana dikisahkan dalam Kis 4:32-37
|
PG
|
21
|
||
VIII / 2
|
Teladan Bunda Maria
|
Siswa dapat menyebutkan bentuk-bentuk penghormatan kepada Maria
|
PG
|
22
|
|||
Siswa dapat menjelaskan ketaatan dan kepasrahan Maria terhadap
kehendak Allah seperti digambarkan dalam kutipan Luk 1:26-28 dan Mat 12:46-50
|
PG
|
23
|
|||||
4
|
Memahami
pribadi Yesus Kristus dan konsekuensi perjuanganNya dalam upaya mengikuti mewujudkan nilai-nilai perjuanganNya dalam
kehidupan menggereja
|
Memahami peran Roh Kudus sebagai daya hidup setiap orang dalam
mengembang-kan hidup bersama sebagai murid-murid Yesus
|
VIII / 2
|
Yesus mengutus Roh Kudus
|
Siswa dapat menceritakan kembali kisah kehadiran Roh Kudus atas
para rasul dalam peristiwa Pentakosta sebagaimana diceritakan dalam Kis
2:1-11 dan Kis 2:33
|
PG
|
24
|
Siswa dapat menjelaskan pengaruh daya Roh Kudus dalam diri para
rasul
|
PG
|
25
|
|||||
Siswa dapat menentukan salah satu tanda-tanda alam yang menyertai
pada saat Roh Kudus tercurah atas para rasul
|
PG
|
26
|
|||||
5
|
Memahami dan melaksanakan nilai-nilai Kerajaan Allah
dalam hidup beriman di tengah jemaat dan masyarakat sesuai dengan yang
diwartakan Yesus Kristus dalam rangka membangun kehidupan masa depan yang
lebih baik
|
Memahami kehendak Allah untuk menyelamatkan semua
orang, yang perlu ditanggapi dengan beragama dan beriman
|
IX / 1
|
Allah berkehendak menyelamatkan semua orang
|
Siswa dapat menjelaskan bahwa Yesus Kristus nerupakan
tanda cinta Allah bagi keselamatan manusia
|
PG
|
27
|
Siswa dapat menjelaskan peran Yesus Kristus sbg wujud
nyata kasih Allah bagi keselamatan manusia
|
PG
|
28
|
|||||
IX / 1
|
Beragama
|
Siswa dapat merumuskan arti kata agama
|
PG
|
29
|
|||
Siswa dapat menentukan sikap dan tingkah laku yang
menunjukkan bahwa dirinya orang beragama.
|
PG
|
30
|
|||||
Memahami arti dan nilai hidup beriman kristiani
be-serta konse-kuensinya sehingga berusaha untuk mengem-bangkan dirinya dalam
keber-samaan jemaat
|
IX / 1
|
Beriman
|
Siswa dapat menjelaskan pengertian dari kata “beriman”
|
PG
|
31
|
||
IX / 1
|
Beriman Kristiani
|
Siswa dapat menjelaskan maksud pernyataan “Iman tanpa
perbuatan pada hakekatnya adalah Mati”
|
PG
|
32
|
|||
Siswa dapat menjelaskan ciri khas iman kristiani
|
PG
|
33
|
|||||
Menjelaskan sifat iman yang personal dan sosial
|
PG
|
34
|
|||||
Memahami dan menyadari hak dan kewajibannya seba-gai
orang beriman kristiani di tengah masyarakat, yang dipang-gil untuk ikut
bertang-gungjawab dalam mengem-bangkan hidup bersa-ma
|
IX / 1
|
Aku sebagai warga negara
|
Siswa dapat menyebutkan dan menjelaskan hak dan
kewajiban manusia sebagai anggota masyarakat
|
PG
|
35
|
||
Menyebutkan sikap-sikap hidup yang seharusnya dimiliki
dalam situasi Indonesia yang pluralis
|
PG
|
36
|
|||||
IX / 1
|
Para pemimpin
|
Siswa dapat menentukan kriteria pemimpin yang baik
menurut Yesus
|
PG
|
37
|
|||
Menjungjung tinggi derajat dan martabat manusia
|
Siswa dapat menentukan contoh-contoh penghargaan
martabat manusia dalam hidup sehari-hari
|
PG
|
38
|
||||
Memaha-mi, menya-dari dan menjunjung tinggi nilai
martabat manusia, dengan senantiasa melindungi dan hidup manusia secara
ber-tanggung jawab
|
IX / 2
|
Membela kehidupan
|
Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh tindakan yang
bertentangan dengan Dasa Firman khususnya firman yang kelima
|
PG
|
39
|
||
Siswa dapat menjelaskan hal-hal yang perlu diusahakan
untuk hidup sehat
|
PG
|
40
|
|||||
IX / 2
|
Keadilan
|
Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh ketidakadilan dalam hidup
sehari-hari
|
PG
|
41
|
|||
Memahami
dan
menyadari
bahwa penganut
agama dan kepercayaan lain
adalah sesama
saudara
sehingga mereka
berani dan mampu bersikap
hormat dan bersahabat
dengan mereka
dalam hidup sehari-hari
dalam
ikatan persaudaraan
sejati
|
IX
/ 2
|
Sikap
Gereja terhadap agama dan kepercayaan lain
|
Siswa
dapat memberikan contoh-contoh konkrit sikap Gereja pada agama dan
kepercayaan lain
|
PG
|
42
|
||
Siswa
dapat menentukan dokumen gereja yang menguraikan tentang sikap gereja
terhadap Agama dan kepercayaan lain
|
PG
|
43
|
|||||
Siswa
dapat menentukan buah buah kebaikan
dari sikap bersahabat dengan sesama yang menganut kepercayaan dan
agama lain.
|
PG
|
44
|
|||||
Siswa
dapat menunjukkan dampak positif dari kegiatan dialog antar agama dalam
kehidupan bersama
|
PG
|
45
|
|||||
Memahami. menyadari
dan menemukan
cita-cita/arah hidup sesuai
dengan kehendak
Allah seperti
terkandung
dalam sakramen
Perkawinandan
Sakramen Imamat sehingga
Berusaha mempersiapkan
diri untuk mencapai cita-cita tersebut
|
IX / 2
|
Cita-citaku
|
Siswa
dapat menentukan maksud kedatangan
orang muda yang kaya kepada Yesus seperti terungkap dalam teks Mateus 19 : 16
- 26
|
PG
|
46
|
||
IX / 2
|
Sakramen perkawinan
|
Siswa dapat menentukan sifat dari
perkawinan Kristiani.
|
PG
|
47
|
|||
Siswa dapat menjelaskan maksud dari
pernyataan “Perkawinan Kristiani bersifat Sakramental”
|
PG
|
48
|
|||||
IX / 2
|
Sakramen Imamat
|
Siswa dapat menyebutkan salah satu syarat
untuk menjadi
seorang imam
|
PG
|
49
|
|||
Siswa dapat menentukan 3 kaul yang harus
diucapkan oleh seorang calon imam
|
PG
|
50
|
No comments:
Post a Comment