PEMERINTAH PROVINSI DAERAH KHUSUS
IBUKOTA JAKARTA
DINAS PENDIDIKAN
MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN
(MGMP) SMP PROVINSI DKI JAKARTA
KISI-KISI SOAL ULANGAN AKHIR
SEMESTER DUA
Tahun 2014/2015
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas : IX (Sembilan)
Kurikulum Acuan : KTSP
Waktu : 120 menit
Aspek : Membaca dan Menulis
Jumlah Soal : 40 soal
Disusun oleh:
Penyusun : Tim MGMP Ilmu Pengetahuan Alam SMP
Provinsi DKI Jakarta
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR
SOAL
|
NO.
SOAL |
1
|
4. Memahami konsep
kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
4.1 Menyelidiki gej
ala kemagnetan dan cara membuat magnet
|
Sifat magnet dan
benda magnetik
|
Peserta didik dapat
memberikan contoh benda magnetik.
|
1
|
Peserta didik dapat
menyebutkan sifat-sifat khusus magnet
|
2
|
||||
Cara membuat magnet
|
Peserta didik dapat
menentukan kutub-kutub magnet dari pembuatan magnet secara induksi
|
3
|
|||
Peserta
didik dapat menentukan kutub-kutub magnet dari pembuatan magnet dengan cara
gosokan
|
4
|
||||
Peserta didik dapat
menentukan kutub-kutub magnet pada elektromagnet
|
5
|
||||
Medan magnet
|
Peserta didik dapat
menunjukkan bentuk dan arah garis gaya magnet disekitar magnet batang tunggal
melalui gambar
|
6
|
|||
Peserta
didik dapat menunjukkan bentuk dan arah garis gaya magnet yang terbentuk oleh dua
kutub magnet yang diletakkan berderet
|
7
|
||||
Peserta didik dapat memberikan contoh bahan yang daigunakan untuk
memetakan/mengamati garis gaya magnet |
8
|
||||
Teori kemagnetan
|
Peserta
didik dapat menentukan kutub-kutub magnet jika magnet batang dipotong
menjadi beberapa bagian |
9
|
|||
|
Peserta
didik dapat memebrikan contoh kegiatan yang dapat menghilangkan atau melemahkan
sifat kemagnetan
|
10
|
|||
Kemagnetan bumi
|
Peserta didik dapat
menunjukkan sudut deklinasi melalui gambar
|
11
|
|||
Peserta didik dapat
menjelaskan penyebab terbentuknya sudut inklinasi
|
12
|
||||
4.2 Mendeskripsikan
pemanfaatan
kemagnetan dalam
produk teknologi
|
Medan magnet di
sekitar arus listrik
|
Peserta didik dapat
menunjukkan bentuk dan arah garis gaya magnet disekitar kawat berarus listrk
melalui gambar
|
13
|
||
Peserta
didik dapat menunjukkan bentuk dan arah garis gaya magnet di sekitar kumparan
kawat berarus listrik melalui gambar
|
14
|
||||
Peserta
didik dapat meyebutkan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kekuatam medan
magnet elektromagnet.
|
15
|
||||
Peserta
didik dapat menyebutkan jenis logam yang digunakan sebagai inti
|
16
|
|
|
|
|
elektromagnet
dan alasanya
|
|
Peserta
didik dapat memberikan contoh alat-alat yang memanfaatkan elektromagnet
|
17
|
||||
Gaya
Lorentz
|
Peserta didik dapat menujukkan arah gaya yang bekerja
pada kawat lurus berarus listrik yang berada dalam medan magnet
|
18
|
|||
Peserta didik dapat menyebutkan faktor-faktor yang memperbesar atau
mempengaruhi gaya Lorentz |
19
|
||||
Peserta
didik dapat menunjukkan beberapa alat listrik yang bekerja berdasakan prinsip
gaya Lorentz
|
20
|
||||
4.3.
Menerapkan konsep induksi
elektromagnetik
untuk menjelaskan prinsip kerja beberapa
alat yang memanfaatkan prinsip induksi elektromagnetik.
|
Induksi Elektromagnet
|
Peserta
didik dapat menjelaskan penyebab terjadinya ggl pada induksi elektromagnet
|
21
|
||
Peserta didik dapat
menjelaskan terjadinya induksi elektromagnet pada kumparan sekunder, ketika kumparan primer dialiri arus
searah melalui gambar sebagai stimulus
|
22
|
||||
Peserta
didik dapat menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi ggl induksi
|
23
|
||||
Peserta
didik dapat menjelaskan cara untuk memperbesar ggl induksi
|
24
|
||||
Peserta didik dapat menjelaskan hubungan ggl induksi
dengan kecepatan gerak sepeda pada dinamo sepeda melalui gambar
sebagai stimulus.
|
25
|
||||
Trafo
|
Disajikan
skema trafo, yang diketahui data-datanya, peserta didik dapat menghitung
salah satu besaran trafo.
|
26
|
|||
Disajikan tabel yang berisi besaran-besaran pada trafo, peserta didik dapat
menenjukkan jenis trafo step up atau step down |
27
|
||||
Peserta didik dapat menentukan kuat arus pada kumparan
primer atau kumparan sekunder trafo jika tegangan pada kumparan
trafo diketahui
|
28
|
||||
Diketahui perbandingan antara kumparan primer dengan
kumparan sekunder pada trafo, peserta didik
dapat menentukan salah satu tegangan jika tegangan lain diketahui
|
29
|
||||
2
|
5. Tata
surya dan Matahri sebagai pusat tatasurya
|
5.1.
Mendeskripsikan karakteristik sistem tata surya.
|
Anggota
Tatasurya dan sifatnya
|
Peserta
didik dapat menyebutkan planet inferior atau planet dalam pada tata surya
|
30
|
Peserta
didik dapat memberikan ciri-ciri benda langit tertentu
|
31
|
||||
Akibat peredaran bumi
bulan terhadap matahari
|
Peserta didik dapat menjelaskan penyebab terjadinya
gerhana bulan atau gerhana matahari
|
32
|
|||
Peserta didik dapat memberikan beberapa contoh fenomena
alam yang disebabkan oleh rotasi bumi
|
33
|
||||
Peserta
didik dapat memberikan beberapa contoh fenomena alam yang disebabkan oleh
revolusi bumi
|
34
|
||||
Peserta
didik dapat menjelaskan penyebab terjadinya pasang naik air laut
|
35
|
||||
Matahari
|
Peserta
didik dapat menyebutkan lapisan-lapisan matahari
|
36
|
|||
3
|
6.
Memahami proses-prose
|
6.1
Proses proses yang terjadi pada lithosfer
|
Batuan
|
Peserta
didik dapat memberikan contoh jenis batuan tertentu
|
37
|
Peserta
didik dapat memberikan beberapa jenis pelapukan batuan
|
38
|
|
yang
terjadi dilapisan atmosfer dan lithosfer
dan akibat kenaikan suhu pada atmosfer dan lithosfer
|
6.2
Proses-proses yang terjadi pada atmosfer
|
Pemanasan
global
|
Peserta
didik dapat memberikan contoh akibat negatif pemanasan global
|
39
|
Akibat
Radiasi matahari
|
Peserta didik dapat memberikan contoh dampak negatif
dari meningkatnya radiasi ultraviolet matahari bagi kesehatan atau
lingkungan
|
40
|
No comments:
Post a Comment