KISI-KISI
PENULISAN SOAL
UJIAN SEKOLAH
TAHUN PELAJARAAN 2014-2015
Jenjang Sekolah : SMP/MTs Alokasi
Waktu : 90 Menit Menit
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi Jumlah
Soal :
50 PG
Kelas : IX (sembilan)
Kurikulum Acuan :
KTSP
Standar
Kompetensi
Lulusan
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kelas
|
Indikator
Soal
|
Bentuk
Soal
|
Nomor
Soal
|
|||||
1. Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di
masa mendatang
|
1. 1. Mengidentifikasi berbagai
peralatan teknologi informasi dan komunikasi
|
Ø Peralatan teknologi informasi dan komunikasi
|
Ø Mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan komunikasi di berbagai
bidang
|
VII/ 1
|
Ø Menyebutkan berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari
|
PG
|
1,
|
|||||
1.3. Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam
kehidupan sehari-hari
|
Ø Peran teknologi informasi dan komunikasi
|
Ø Menyebutkan peran teknologi
informasi dan komunikasi di berbagai bidang kehidupan
|
VII/ 1
|
Ø Menyebutkan
peranan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari
|
PG
|
2,
|
||||||
|
1.5.
Mengidentifikasi berbagai dampak negatif dari penggunaan teknologi
informasi dan komunikasi
|
Ø Dampak negatif penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
|
Ø Mengidentifikasi dampak negatif dari penggunaan
teknologi informasi dan komunikasi
|
VII/ 1
|
Ø Menyebutkan
dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam
kehidupan sehari-hari
|
PG
|
3,
|
|||||
2. Mengenal operasi dasar peralatan komputer
|
2. 1. Mengaktifkan komputer sesuai
prosedur
|
Ø
Mengaktifkan komputer
sesuai prosedur
Ø
Proses Booting
|
Ø Mengidentifikasi tombol-tombol yang digunakan untuk mengaktifkan komputer
Ø Melakukan proses ”booting”
|
VII/ 1
|
Ø
Menyebutkan langkah mengaktifkan komputer sesuai dengan
prosedur
Ø
Menyebutkan istilah mengaktifkan komputer
|
PG
PG
|
4,
5,
|
|||||
2.3. Melakukan operasi dasar pada operating system dengan
sistematis
|
Sistem operasi
Pengelolaan file dan folder
|
Ø Menggunakan sistem operasi (misalnya WindowsTM)
Ø Membuka program pengelola file
|
VII/ 1
|
Ø Disajikan gambar, peserta didik dapat menyebutkan beberapa system operasi
yang ada di pasaran saat ini
Ø Menyebutkan perangkat lurnak yang digunakan untuk manajemen file pada salah
satu sistem operasi
|
PG
PG
|
6,
7,
|
||||||
3.
Mempraktekkan
keterampilan dasar komputer
|
3. 1. Mengidentifikasi berbagai
komponen perangkat keras komputer
|
|
Ø Mengidentifikasi perangkat keras
-
CPU
-
Monitor
-
Key Board
-
Printer
|
VII/ 2
|
Ø Disajikan gambar, peserta didik dapat menunjukan perangkat keras sesuai
dengan fungsinya
Ø Disajikan
tabel, peserta didik dapat menyebutkan
klasifikasi perangkat lunak computer
|
PG
PG
|
8,
9,
|
|||||
3.2. Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi
|
Ø Perangkat lunak aplikasi (Application Software )
-
Pengolah kata
-
Pengolah angka
-
Pengolah grafis
|
Ø Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis
pengolah kata
Ø Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis
pengolah angka
Ø Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis
pengolah grafis
|
|
Ø Menyebutkan beberapa perangkat lunak program aplikasi
|
PG
|
10,
|
||||||
3.3.
Mengidentifikasi kegunaan dari beberapa program aplikasi
|
Kegunaan program aplikasi
-
Pengolah kata
-
Pengolah angka
-
Pengolah grafis
|
Ø
Menjelaskan berbagai kegunaan perangkat
lunak program aplikasi berbasis pengolah angka
Ø
Menjelaskan berbagai kegunaan perangkat
lunak program aplikasi pengolah grafis
Ø
Menjelaskan berbagai kegunaan perangkat
lunak program aplikasi presentasi/
multimedia
|
VII/ 2
|
Ø Menyebutkan salah satu kegunaan perangkat lunak program aplikasi dalam
kehidupan sehari-hari
|
PG
|
11, 12
|
||||||
1. Menggunakan perangkat lunak pengolah kata
untuk menyajikan informasi
|
1.1. Mengidentifikasi menu dan
ikon pada perangkat lunak pengolah kata
|
Ø Mengidentifikasi ikon pada menu
|
Ø Tampilan ikon pada menu
|
VIII/ 1
|
Ø Menunjukan gambar ikon pada menu pada program aplikasi pengolah kata
|
PG
|
13,
|
|||||
1.2. Menjelaskan fungsi menu dan ikon pada perangkat
lunak pengolah kata
|
Ø Menjelaskan ikon pada menu
|
Fungsi Menu dan Ikon
Ø Fungsi ikon pada menu
|
VIII/ 1
|
Ø Menjelaskan fungsi ikon pada menu melalui gambar pada program aplikasi
pengolah kata
|
PG
|
14,
|
||||||
1.4. Membuat dokumen pengolah kata sederhana
|
Ø Membuat dokumen baru
Ø Melakukan format teks
Ø Menyisipkan objek
Ø Mengatur format Halaman
|
Ø Membuat dokumen baru
Ø Format teks
Ø Penyisipan tabel
Ø Penyisipan objek
Ø Format halaman
|
VIII/ 1
|
Ø Menyebutkan ciri file pada salah satu program aplikasi pengolah kata
Ø Melalui tampilan naskah, menyebutkan
perintah/ikon yang memberikan perubahan pada teks
Ø Menunjukan dengan cara menyisipkan objek tabel
Ø Menunjukan dengan cara menyisipkan objek gambar
Ø Menyebutkan teknik pengaturan margin pada lembar kerja
|
PG
PG
PG
PG
PG
|
15,
16,
17,
18,
19,
|
||||||
2.
Menggunakan perangkat
lu nak pengolah angka untuk menyajikan informasi
|
2.1. Mengidentifikasi menu ikon pada perangkat lunak pengolah angka
|
1. Tampilan ikon pada Menu
|
1. Menampilkan ikon pada menu
|
VIII/ 2
|
Ø Menunjukan gambar ikon pada menu pada program aplikasi pengolah angka
|
PG
|
20,
|
|||||
|
2.4.Membuat dokumen pengolah angka sederhana
|
1.
Pengaturan lebar kolom
dan tinggi baris
2.
Letak data
3.
Format Bilangan
4.
rumus dan fungsi
logika
5.
Pengaturan Halaman
|
1. Mengatur
lebar kolom dan tinggi baris
2.
Meletakan data
3.
Mengatur format uang
4.
Menggunakan rumus dan fungsi logika
5.
Mengatur Halaman
|
VIII/ 2
|
Ø
Menyebutkan langkah mengatur kolom dan
baris dengan menggunakan menu pada
program aplikasi pengolah angka
Ø Melalui tampilan tabel perhitungan dapat :
·
Menyebutkan tipe data
di pengolah angka
·
Menyebutkan format
uang
·
Melalui tampilan
gambar naskah, dapat menentukan rumus matematika
·
Melalui tampilan
gambar naskah, dapat menentukanfungsi logika
Ø Melalui tampilan gambar, dapat mentukan langkah mencetak dokumen
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
|
21,
22,
23,
24,
25,
26,
|
|||||
1.Memahami dasar-dasar penggunaan Internet/intranet
|
1.1. Menjelaskan pengertian Internet/Intranet
|
Ø Menjelaskan pengertian intranet
Ø Menjelaskan pengertian internet
|
Pengertian
internet/intranet
|
IX/ 1
|
Melalui tampilan gambar dapat menunjukan pengertian intranet dan pengertian internet
|
PG
|
27,
|
|||||
1.2. Mendeskripsikan dasar-dasar sistem jaringan di Internet/Intranet
|
Ø Menjelaskan dasar-dasar sistem
jaringan intranet
Ø Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan internet
|
Dasar-dasar
jaringan internet/intranet
|
IX/ 1
|
Melalui penunjukan tampilan gambar naskah, dapat menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan internet/intranet
Melalui penunjukan tampilan gambar, siswa dapat menyebutkan topologi
jaringan
Menyebutkan perbedaan dari kegunaan beberapa topologi jaringan
|
PG
PG
PG
|
28,
29,
30,
|
||||||
1.3. Mengenal ukuran kecepatan akses Internet
|
Ø Menjelaskan ukuran kecepatan akses internet
Ø Mengidentifikasi ukuran kecepatan akses internet berdasarkan saluran yang
digunakan
|
Ukuran
kecepatan akses internet
|
IX/ 1
|
Menyebutkan istilah ukuran
kecepatan akses internet berdasarkan perbandingan satuan ukuran kecepatannya
Menyebutkan ukuran-ukuran
kecepatan akses internet berdasarkan saluran yang digunakan
|
PG
PG
|
31,
32,
|
||||||
1.4. Mengidentifikasi perangkat keras yang
digunakan dalam akses Internet/Intranet
|
Ø Mengidentifikasi perangkat keras beserta fungsinya
untuk keperluan akses internet
Ø Mengidentifikasi perangkat keras beserta fungsinya
untuk keperluan akses intranet
|
Persyaratan
Perangkat keras internet/intranet
|
IX/ 1
|
Melalui tampilan gambar, dapat menunjukan
perangkat keras beserta fungsinya untuk keperluan akses internet
Menyebutkan perangkat keras
beserta fungsinya untuk keperluan akses intrenet
|
PG
PG
|
33,
34,
|
||||||
1.5. Melakukan berbagai cara untuk memperoleh sambungan Internet/Intranet
|
Ø Menjelaskan beberapa cara sabungan internet/intranet
|
Penyambungan
Internet/Intranet
|
IX/ 1
|
Menjelaskan beberapa cara sabungan internet
|
PG
|
35,
|
||||||
2.
Menggunakan
Internet untuk memperoleh informasi
|
2. 1. Mendemontrasikan akses internet sesuai dengan prosedur
|
Akses
internet
Ø Perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses internet
Ø Menu dan ikon yang digunakan untuk akses internet
Ø Penulisan nama domain
Ø Membuka akses internet
Ø
Search engine
|
Ø Mengidentifikasi perangkat lunak yang digunakan untuk
mengakses internet
Ø Mengidentifikasi menu dan ikon untuk asks internet
Ø
Mengidentifikasi nama domain
internet
Ø Membuka akses
internet
Ø Melakukan pelacakan alamat Web melalui searchengine
|
IX/ 2
|
Menyebutkan
dan menunjukan shortcut perangkat lunak yang digunakan untuk akses internet
melalui gambar.
Menyebutkan menu dan ikon untuk akses internet
Mengartikan beberapa domain yang terdapat pada alamat web
Menyebutkan beberapa istilah yang digunakan dalam mengakses internet
Menyebutkan beberapa web yang menyediakan fasilitas mesin pencari
Menyebutkan istilah yang digunakan dalam pelacakan alamat web
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
|
36,
37,
38,
39, 40,
41,
42,
|
|||||
2.2. Mengidentifikasi beberapa layanan
informasi yang ada di internet
|
Ø Layanan Internet
-
Jenis
layanan internet
-
Manfaat layanan
internet
Ø Mengakses situs untuk memeproleh informasi
Ø Layanan E-mail
Ø Layanan Mailing List
|
Ø Mengidentifikasi layanan yang ada di internet
Ø Mengidentifikasi manfaat layanan internet
Ø Mengidentifikasi perangkat luak untuk download
Ø Mengidentifikasi layanan e-mail
Ø Mengidentifikasi layanan mailing list
|
IX/ 2
|
Menyebutkan beberapa fasilitas layanan yang tersedia di internet
Menyebutkan beberapa pemanfaatan layanan internet pada kehidupan
sehari-hari
Menyebutkan perangkat lunak untuk proses download
Melalui gambar, peserta didik dapat menyebutkan langkah menggunakan email
Menyebutkan salah satu website yang menyediakan layanan mailing list
Melalui studi kasus cerita, peserta didik dapat menyebutkan fungsi
mailing list dalam kehidupan sehari-hari
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
|
43,
44, 45,
46,
47, 48,
49
50
|
||||||
No comments:
Post a Comment