PedomanPelaksanaanUSBNPAI2011/2012 |i
|
PANDUAN UJIAN PRAKTIK
SATUAN PENDIDIKAN : SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
PEMERINTAH
PROVINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA
DINAS
PENDIDIKAN PROVINSI DKI JAKARTA
TAHUN 2014-2015
KISI-KISI
UJIAN
SEKOLAH
PENDIDIKAN
AGAMA
ISLAM
TAHUN
PELAJARAN
2014-2015
JENIS UJIAN : PRAKTIK
Ujian
praktik merupakan salah satu
dari tiga
aspek Ujian Sekolah Pendidikan
Agama Islam,
aspek yang
lain adalah ujian tulis dan akhlak
mulia. Ujian praktik dilaksanakan dengan maksud
mengukur kemampuan peserta didik dalam menguasai materi
amaliah PAI.
Adapun aspek PAI yang diuji praktikkan adalah AlQuran dan Fiqh.
Bidang yang
diujikan
pada aspek
AlQuran meliputi membaca,
hafalan dan mengartikan
/menyimpulkan isi kandungan surat/ayat. Sedangkan pada aspek Fiqh meliputi
bersuci dan shalat.
A. MATERIUJIANPRAKTIK
1. ASPEK AL-QURAN
a. Standar Kompetensi Lulusan:
.
Menerapkan tata
cara membaca alQuran
menurut tajwid,
mulai dari cara membaca “Al”-Syamsiyahdan“ Al”-Qomariyah
sampai kepada menerapkan hukum bacaan maddanwaqaf.
b. Kemampuan yang
diuji:
Membaca AlQuran dengan menerapkan hukum bacaan “al”,nunmati/tanwin,
qalqalah
dan
rasertamad dan waqaf.
c. Indikator :
1) Peserta
didik dapat membaca dan AlQuran dengan baik sesuai ilmu tajwid.
2) Peserta
didik dapat menghafal AlQuran dengan baik sesuai ilmu tajwid.
3) Peserta
didik dapat mengartikan/ menyimpulkan isi kandungan surat
pilihan.
d. Instrumen Soal*):
1)
Membaca Al-Qur’an:
Bacalah salah satu
surat dibawah ini
denganbenar sesuai
ilmu tajwid:
a)
AlBaqarah ayat1–7,255.
b) AliImran ayat1–9,
190–194,
c)
AlKahfi ayat1–12,
d) Yasinayat1–12,
e)
AlHasyr
ayat18–24
f)
AtThariq
g)
AlBalad
Aspek yang
dinilai:
a)
Kelancaran,
b) Tartil,
c)
Makhraj,
d) Fasih,
e)
Tajwid.
2)
Hafalan Surat-Surat Pilihan:
Hafalkan surat pendek dari surat Ad Dhuhas/surat
An
Nas.
Aspek yang
dinilai:
a)
Kelancaran,
b) Tartil,
c)
Makhraj,
d) Fasih,
e)
Tajwid.
3)
Mengartikan/menyimpulkan isi kandungan:
Artikan dan jelaskan isi
kandungan salah satu surat dibawah
ini:
a)
Surat
AlInsyirah,
b)
At Tin,
c) Az
Zalzalah,
d)
Al Adiyat,
e)
Al Qariah,
f) At
Takatsur,
g)
Al‘ Asyr
h)
Al Maun
Aspek yang
dinilai:
a)
Ketepatan arti.
b)
Pemahaman kandungan surat.
*) Keterangan:Penguji dapat memilih/menentukan materi yang diujikan.
2. ASPEK FIQIH:
a. Standar Kompetensi Lulusan:
Menjelaskan tata cara mandi wajib dan shalat-shalat munfarid dan
jamaah
baik shalat
wajib maupun shalat
sunat.
b. Kemampuan yang diuji :
Melaksanakan thaharah
dan shalat-shalat munfarid dan jamaah baik shalat
wajib maupun shalat sunat sesuai kaifiyat.
c. Indikator :
1)
Peserta didik dapat melaksanakan thaharah sesuai
ketentuan.
2)
Peserta didik dapat melaksanakan shalat sesuai ketentuan.
d. Instrumen Soal*):
1)
Thaharah
Praktikkan Wudhu/Tayamum dengan
benar.
Aspek yang
dinilai:
a) Kesesuaian Rukun,
b)
Ketepatan Gerakan
c)
Doa Setelah Wudhu.
2)
Shalat Wajib:
Praktikkan salah satu shalat
wajib secara
munfarid/berjamaah.
Aspek yang
dinilai:
a) Kesesuain rukun shalat
b) Bacaan
c) Kesesuaian Bacaan dan Gerakan
d)
Tuma’ninah
e)
Doa
Sesetah Shalat.
B. PENILAIAN:
Contoh lembar penilaian
PENILAIAN
UJIAN
PRAKTIK
PENDIDIKAN AGAMA
ISLAM
TAHUN
PELAJARAN 2014/2015
Tingkat :Sekolah Menengah Pertama(SMP) NamaSekolah :…………………………………………..
NamaSiswa :…………………………………………..
A. Aspek AlQuran (Skor Maksimal
: 50)
ASPEK YANG DINILAI
|
SKOR
MAKSIMAL
|
SKOR
PEROLEHAN
|
1.Membaca
|
20
|
|
a.Lancar
dan tartil
b.Makhraj
dan fasih
|
7
7
|
………….
………….
|
c.Tajwid
|
6
|
………….
|
2. Hafalan
|
20
|
|
a.Lancar
dan tartil
|
7
|
………….
|
b.Makhraj
dan fasih
|
7
|
………….
|
c.Tajwid
|
6
|
………….
|
3.
Mengartikan/menyimpulkan isi kandungan
|
10
|
|
a.Ketepatan arti
|
5
|
………….
|
b.Pemahaman kandungan
|
5
|
………….
|
Jumlah Skor
A
|
50
|
………….
|
Skor yang diperoleh
NILAI A : -------------------------------------------- X 100
Skor Maksimal
|
B. Aspek Fiqih (Skor Maksimal : 50)
ASPEK YANG DINILAI
|
SKOR MAKSIMAL
|
SKOR PEROLEHAN
|
1.Taharah (Wudhu / Tayamum)
|
20
|
|
a.Bacaan(niatdan bacaan
setelah bersuci)
|
5
|
………….
|
b.Kesesuaian rukun
|
5
|
………….
|
c.Ketepatan gerakan
|
5
|
………….
|
d.Doa setelah wudhu
|
5
|
………….
|
2.Shalat
|
30
|
|
a.Bacaan
|
6
|
………….
|
b.Gerakan
|
6
|
………….
|
c.Kesesuaian bacaan dan
gerakan
|
6
|
………….
|
d.Tuma’ninah
e.Doa setelah shalat
|
6
6
|
………….
………….
|
JumlahSkorB
|
50
|
………….
|
|
|
|
Skor yang diperoleh
NILAI B :
-------------------------------------------- X 100
Skor
Maksimal
|
C.
Nilai A + Nilai B
NILAI : --------------------------------------
2
|
Jakarta,
…………………….
Penguji,
…………………………………..
No comments:
Post a Comment