PEMERINTAH PROVINSI DAERAH KHUSUS
IBUKOTA JAKARTA
DINAS PENDIDIKAN
MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN
(MGMP) SMP PROVINSI DKI JAKARTA
KISI-KISI SOAL ULANGAN AKHIR
SEMESTER DUA
Tahun 2014/2015
Mata Pelajaran : PKn
Kelas : IX (Sembilan)
Kurikulum Acuan : KTSP
Waktu : 90 menit
Jumlah Soal : 50 soal
Disusun oleh:
Penyusun : Tim MGMP PKn SMP
Provinsi DKI Jakarta
No
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
No.
Soal
|
1
|
Memahami dampak globalisasi dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
|
Menjelaskan pengertian dan pentingnya globalisasi
bagi Indonesia
|
Pengertian globalisasi
|
Peserta didik dapat menjelaskan
pengertian globalisasi
|
1
|
|
|
|
Pentingnya globalisasi bagi Indonesia
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat
menentukan pentingnya globalisasi bagi Indonesia
|
2
|
|
|
|
Faktor yang mendorong globalisasi
|
Disajikan empat gambar, peserta didik dapat
menentukan dua gambar yang mendorong globalisasi
|
3
|
|
|
Mendeskripsikan politikluar negeri dalam hubugan
internasional di era global
|
Pengertian politik luar negeri
bebas aktif
|
Peserta didik dapat menjelaskan Pengertian politik luar negeri bebas aktif
|
4
|
|
|
|
Landasan politik luar negeri bebas aktif
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan landasan pelaksanaan politik luar
negeri bebas aktif
|
5
|
|
|
|
Peranan Indonesia dalam hubungan internasional
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan Peranan Indonesia dalam hubungan internasional
|
6
|
|
|
|
Pentingnya kerjasama
dengan negara lain.
|
Disajikan
pernyataan, peserta didik dapat
menjelaskan pentingnya kerjasama dengan negara lain.
|
7
|
|
|
|
Sikap yang diperlukan dalam hubungan dengan bangsa
lain
|
Peserta didik dapat dapat menentukan sikap yang
diperlukan dalam hubungan dengan bangsa lain
|
8
|
|
|
Mendeskripsikan dampak globalisasi terhadap
kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
|
Manfaat globalisasi bagi bangsa Indonesia
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menjelaskan manfaat yang dapat diambil dari globalisasi bagi bangsa Indonesia
|
9
|
|
|
|
Dampak
globalisasi
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan dampak positif globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
|
10
|
|
|
|
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan dampak positif globalisasi dalam bidang
ekonomi
|
11
|
|
|
|
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan dampak negatif
globalisasi dalam kehidupan masyarakat
|
12
|
|
|
|
|
Peserta didik dapat menentukan sikap. yang perlu dilakukan oleh seseorang
terhadap budaya asing yang masuk ke Indonesia
|
13
|
|
|
|
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan pengaruh globalisasi di bidang politik
|
14
|
|
|
|
Nilai budaya asing yang dapat diterapkan bagi bangsa Indonesia dalam era
globalisasi
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan nilai budaya asing yang dapat diterapkan bagi bangsa Indonesia dalam era
globalisasi
|
15
|
|
|
|
Pengaruh negatif
globalisasi
|
Peserta didik dapat menentukan pengaruh negatif globalisasi terhadap lingkungan hidup bangsa Indonesia
|
16
|
|
|
|
Akibat negatif globalisasi terhadap masuknya barang luar negeri
|
Peserta didik dapat menjelaskan akibat negatif globalisasi terhadap masuknya barang luar negeri
|
17
|
|
|
|
Contoh budaya daerah yang tetap
sesuai di era globalisasi
|
Peserta didik dapat menentukan contoh budaya daerah yang sesuai pada era globalisasi di Indonesia
|
18
|
|
|
|
Contoh
budaya asing yang positif bagi pembangunan
|
Peserta didik dapat menentukan contoh
budaya asing yang positif bagi pembangunan
|
19
|
|
|
Menentukan sikap terhadap dampak globalisasi
|
Cara menangkal pengaruh budaya
asing yang negatif
|
Peserta didik dapat menjelaskan salah satu cara menangkal pengaruh budaya asing yang negatif karena adanya globalisasi
|
20
|
|
|
|
Tugas dan kewajiban peserta didik dalam era globalisasi
|
Peserta didik dapat menjelaskan tugas dan kewajiban sebagai generasi penerus dalam menghadapi era
globalisasi
|
21
|
|
|
|
Sikap terhadap dampak globalisasi
|
Peserta didik dapat menentukan sikap dari berbagai informasi
melaui internet yang dapat
memepengaruhi budaya bangsa
|
22
|
|
|
|
|
Peserta didik dapat menentukan sikap yang perlu dikembangkan agar bangsa Indonesia tetap kokoh dan
tidak terombang-ambing adanya pengaruh
globalisasi
|
23
|
|
|
|
|
Disajikan pernyataan,
peserta diidik dapat menentukan sikap terhadap dampak globalisasi
|
24
|
|
|
|
Hal yang perlu
diperioritaskan untuk menghadapi tatangan eraglobalisasi
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menunjukan hal yang diperlukan untuk menghadapi tantangan eraglobalisasi
|
25
|
2
|
Menampilkan
prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangs
|
Menjelaskan pentingnya prestasi diri bgi keunggulan
bangsa
|
Pengertian
budaya unggul
|
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian budaya unggul
|
26
|
|
|
|
Ciri orang yang
memiliki kenggulan
|
Disajikan tabel pernyataan, peserta didik dapat menentukan ciri orang yang memiliki keunggulan
|
27
|
|
|
|
Hal yang perlu
dimiliki seseorang agar berprestasi
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan yang perlu dimiliki seseorang agar
berprestasi
|
28
|
|
|
|
Faktor yang
menyebabkan seseorang tidak dapat berprestasi
|
Disajikan tabel pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan faktor yang menyebabkan seseorang tidak dapat
berprestasi
|
29
|
|
|
|
Pentingnya prestasi diri bagi
keunggulan bangsa Indonesia
|
Disajikan pernataan,
peserta didik dapat
menjelaskan pentingnya prestasi diri bagi keunggulan bangsa
Indonesia
|
30
|
|
|
|
Tujuan nasional
|
Peserta didik dapat menjelaskan alasan yang sangat diperlukan agar tujuan nasional dalam pembukaan UUD 1945 tercapai dengan baik
|
31
|
|
|
|
Sikap yang sangat penting ditunjukan oleh segenap warga
negara agar cita-cita bangsa Indonesia
dapat tercapai
|
Peserta didik dapat menentukan sikap yang sangat
penting oleh segenap warga negara Indonesia agar cita-cita bangsa Indonesia dapat tercapai
|
32
|
|
|
|
Pentingnya prestasi diri dalam era globalisasi
|
Siswa daat menjelaskan pentinggnya prestasi diri dalam era globalisasi
|
33
|
|
|
Mengenal potensi diri untuk berprestasi sesuai kemampuan
|
Pengertian Potensi diri
|
Disajikan wacana, peserta didik dapat menjelaskan pengertian potensi diri
|
34
|
|
|
|
Kelebihan manusia dibandingkan dengan mahluk lainnya
|
Disajikan tabel pernyataan, peserta didik dapat menentukan kelebihan manusia dibandingkan dengan makhluk lainnya
|
35
|
|
|
|
Kelebihan sikap dan perilaku seseorang yang diperlukan untuk berprestasi
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat dapat menunjukkan sikap dan perilaku
seseorang yang diperlukan untuk berprestasi
|
36
|
|
|
|
Pengertian inovatif
|
Disajikan wacana tentang inovasi seseorang, peserta didik dapat dapat menyimpulkan pengertian inovatif
|
37
|
|
|
|
Karaktter bangsa.
|
Disajikan gambar
seseorang WNI yang berprestasi tingkat dunia, peserta didik dapat dapat
menunjukkan nilai karakter dari gambar tersebut.
|
38
|
|
|
|
Ciri
ciri individu yang kurang percaya diri
|
Disajikan
pernyataan, peserta didik dapat dapat menentukan
ciri-ciri orang yang kurang percaya diri.
|
39
|
|
|
|
Potensi diri yang positif seseorang
|
Peserta didik dapat menentukan potensi yang positif dimiliki seseorang
|
40
|
|
|
|
Cara-cara yang diperlukan
dalam mendapatkan suatu prestasi
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat dapat menunjukkan cara-cara yang diperlukan seseorang untuk mendapatkan suatu
prestasi
|
41
|
|
|
|
|
Disajikan beberapa
tokoh nasional sesuai
prestasinya, peserta didik dapat dapat
menunjukkan gambar tokoh yang berprestasi dalam dalam salah satu bidang
|
42
|
|
|
|
|
Disajikan 4 gambar WNI
yang berprestasi, peserta didik dapat
dapat menunjukan 2 WNI yang
berprestasi di tingkat Internasional.
|
43
|
|
|
Menmpilkan peran serta dalam berbagai aktifitas untuk
mewujudkan prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa
|
Perilaku yang perlu dikembangkan untuk pembangunan
|
Peserta didik dapat dapat menjelaskan perilaku yang
perlu dikembangkan untuk pembangunan sebagai generasi penerus bangsa
|
44
|
|
|
|
|
Peserta didik dapat dapat menjelaskan yang menentukan berhasilnya tujuan
nasional nasional
|
45
|
|
|
|
|
Peserta didik dapat
menjelaskan pentingnya kejujuran dalam mencapai suatu prestasi
|
46
|
|
|
|
Peranserta masyarakat
untuk mewujudkan keunggulan bangsa
|
Peserta didik dapat menentukan
peranserta masyarakat sebagai prestasi diri untuk
mewujudkan keunggulan bangsa
|
47
|
|
|
|
Tanggung jawab warga negara terhadap pembangunan
nasional
|
Peserta didik dapat menjelaskan tanggung jawab warga
negara terhadap pembangunan nasional
|
48
|
|
|
|
|
Peserta didik dapat menjelaskan cara seseorang yang perlu dikembangkan untuk meraih suatu
prestasi
|
49
|
|
|
|
|
Disajikan pernyatan peserta didik dapat menentukan sikap yang diperlukan untuk mencapai suatu prestasi
|
50
|
No comments:
Post a Comment