KISI-KISI
PENULISAN SOAL UJIAN SEKOLAH
TAHUN PELAJARAN 2014-2015
TAHUN PELAJARAN 2014-2015
Jenjang : SMP/MTs
Mata
Pelajaran : IPA (FISIKA)
Bentuk
Soal : Pilihan Ganda
Jumlah
Soal : : 40 butir soal
Kurikulun
Acuan : Standar Isi
No
|
SKL
|
Materi
Pelajaran
|
Kelas
|
Indikator
Soal
|
No.
Soal
|
Bentuk
Soal |
1
|
Melakukan
pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan
alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari
|
Alat
Ukur besaran
|
VII
|
Peserta
didik dapat membaca hasil pengukuran
dengan alat ukur tertentu melalui gambar
|
1
|
PG
|
2
|
Menerapkan konsep kalor dalam mengubah suhu
atau wujud zat serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Sifat fisik zat
berdasarkan wujudnya
|
VII
|
Peserta
didik dapat menentukan sifat zat berdasarkan wujudnya
|
2
|
PG
|
Suhu dan
pengukurannya
|
VII
|
Peserta didik dapat mencari persamaan suhu
antara 2 termometer berbeda jika suhu salah satu terometer diketahui
|
3
|
PG
|
||
Kalor
dan pengukurannya
|
VII
|
Peserta didik dapat menghitung jumlah kalor
yang diperlukan oleh benda tertentu pada proses kenaikan suhu atau pada
proses perubahan wujud
|
4
|
PG
|
||
3
|
Mendiskripsikan
dasar-dasar mekanika((gerak, gaya, usaha dan
energi) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Gerak
|
VIII
|
Diberikan
stimulus tentang gerak benda dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat
mengidentifikasi jenis gerak benda dimaksud
|
5
|
PG
|
Energi
mekanik
|
|
Perserta
didik dapat menentukan energi potensial
gravitasi suatu benda yang berada pada ketinggian tertentu
|
6
|
PG
|
||
Pesawat
sederhana
|
VIII
|
Disajikan gambar tuas secara lengkap, peserta
didik dapat menentukan cara memperkecil kuasa atau memperbesar
|
7
|
PG
|
|
|
|
|
keuntungan
mekanis tuas atau mempermudah penggunaan tuas
|
|
|
Tekanan
hidrostatika
|
VIII
|
Peserta
didik dapat menentukan tekanan zat cair
pada kedalaman tertentu melalu gambar sebagai stimulus.
|
8
|
PG
|
||
4
|
Memahami konsep-konsep dan
penerapan getaran, gelombang, bunyi dan
alat optik
dalam produk sehari-hari
|
Getaran
dan gelombang
|
VIII
|
Disajikan
gambar gelombang transversal dengan data-datanya, perserta didik dapat menentukan salah satu besaran yang belum diketahui.
|
9
|
PG
|
Bunyi
|
VIII
|
Peserta
didik dapat menentukan bunyi dengan nada
tertinggi atau bunyi terkuat melalui gambar gelombang sebagai pilihan
|
10
|
PG
|
||
Pemantulan
sinar pada cermin dan pembiasan cahaya pada lensa
|
VIII
|
Peserta
didk dapat menentukan perbesaran bayangan
dari sebuah benda yang berada di depan crmin cekung atau lensa cembung
jika parameter lain diketahui
|
11
|
PG
|
||
5
|
Memahami
konsep kelistrikan dan kemagnetan serta penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari
|
Listrik
Statis
|
IX
|
Perserta
didik dapat membandingkan gaya elektrostatika
secara kwalitatif antar dua benda
bermutan listrik setelah jarak benda diubah
dan atau muatan benda diubah secara kwalitatif
|
12
|
PG
|
Listrik
dinamis
|
IX
|
Disajikan
gambar beberapa penghambat yang dirangkai secara seri-paralel, peserta didik
dapat menghitung kuat arus pada titik cabang atau tegangan jepit jika
rangkaian penghambat dihubungkan kepada sumber tegangan tertentu dengan hambatan dalam tertentu
|
13
|
PG
|
||
Energi
dan daya listrik
|
IX
|
Perserta
didik dapat menentukan energi listrik yang diperlukan oleh alat listrik
tertentu jika parameter seperti waktu, tegangan
listrik, kuat arus atau hambatan diketahui
|
14
|
PG
|
||
Kemagnetan
|
IX
|
Peserta
didik dapat menentukan kutub-
|
15
|
PG
|
|
|
|
|
kutu b magnet elektromag net melalu i gambar
|
|
|
Prinsip
trafo
|
IX
|
Peserta didik dapat menghitung salah satu besaran pada trafo (tegangan atau kuat arus) jika data-data lain diketahui
|
16
|
PG
|
||
6
|
Memahami
sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya
|
Ciri-ciri
anggota
tatasurya
|
IX
|
Perserta
didik dapat menentukan ciri-ciri tertentu dari salah satu anggota tatasurya
|
17
|
PG
|
7
|
Mendiskripsikan
konsep atom, ion, unsur daan molekul dihubungkan dengan produk kimia
sehari-hari
|
Unsur,
senyawa, ion dan molekul
|
VII
|
Peserta didik dapat menentukan jenis ion yang
terdapat pada larutan zat elektrolit tertentu
|
18
|
PG
|
8
|
Mendiskripsikan
kalsifikasi zat, sifat zat dan perubahannya
|
Asam
Basa dan garam
|
VII
|
Peserta
didik dapat mengelompokkan asam dan basa melalui indikator tertentu atau
berdasarkan karakteristiknya
|
19
|
PG
|
Unsur,
senyawa
dan campuran
|
VII
|
Peserta
didik dapat membedakan sifat senyawa dengan campuran
|
20
|
PG
|
||
Sifat fisika dan
sifat kimia zat dan
perubahannya
|
IX
|
Peserta didik dapat meberikan contoh sifat fisika dan atau sifat kimia zat tertentu
|
21
|
PG
|
No comments:
Post a Comment