PEMERINTAH PROVINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA
DINAS PENDIDIKAN
MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) SMP PROVINSI DKI
JAKARTA
KISI-KISI SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER DUA
Tahun 2014/2015
Mata
Pelajaran    : Bahasa Inggris
Kelas                     : IX (Sembilan)
Kurikulum
Acuan : KTSP
Waktu                   : 120 menit
Jumlah
Soal          : 50 soal
Disusun
oleh:
Penyusun               : Tim MGMP Bahasa Inggris 
                                 SMP Provinsi DKI
Jakarta
| 
NO | 
KOMPETENSI DASAR | 
BAHAN SEMESTER | 
MATERI | 
INDIKATOR | 
NOMOR SOAL | ||
| 
1 | 
Berbicara 
9.1  Mengungkapkan
  makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek
  sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan
  berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang
  melibatkan tindak tutur mengungkapkan kesantunan | 
9/2 | 
Ungkapan
  Kesantunan 
-       Menentukan informasi
  rinci  | 
Disajikan
  sebuah dialog tentang mengungkapkan kesantunan, , siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan
  tentang informasi rinci dari dialog 
  tersebut | 
1 | ||
| 
Ungkapan
  kesantunan 
-       Menentukan informasi
  tersirat | 
Disajikan
  sebuah dialog yang sama tentang mengungkapkan kesantunan, , siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan
  tentang informasi  tersirat  dari dialog 
  tersebut | 
2 | |||||
| 
2 | 
Berbicara 
9.2 Mengungkapkan
  makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek
  sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan
  berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang
  melibatkan tindak tutur: memberi berita yang menarik perhatian dan memberi
  komentar terhadap berita | 
9/2 | 
Ungkapan
  memberi berita dan komentar terhadap berita 
-       Menentukan informasi  tertentu | 
Disajikan
  sebuah dialog tentang ungkapkan memberi berita dan komentar terhadap berita , siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan
  tentang informasi tertentu dari dialog 
  tersebut | 
3 | ||
| 
Ungkapan
  memberi berita dan komentar terhadap berita 
-       Menentukan informasi
  rinci | 
Disajikan
  sebuah dialog tentang ungkapkan memberi berita dan komentar terhadap berita , siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan
  tentang informasi rinci dari dialog 
  tersebut | 
4 | |||||
| 
Ungkapan
  memberi berita dan komentar terhadap berita 
-       Menentukan informasi
  tersirat | 
Disajikan
  sebuah dialog tentang ungkapkan memberi berita dan komentar terhadap berita , siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan
  tentang informasi tersirat dari dialog 
  tersebut | 
5 | |||||
| 
3 | 
Membaca 
11.2 Merespon
  makna dalam teks tulis fungsional pendek secara akurat, lancar dan berterima untuk
  berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari | 
9/2 | 
Notice/Caution 
-       
  Menentukan
  makna | 
Disajikan
  sebuah Notice/Caution di tempat wisata, siswa dapat menentukan jawaban yang
  tepat atas pertanyaan tentang makna dari 
  notice/caution tersebut. | 
6 | ||
| 
-       Menentukan informasi
  tersirat | 
Disajikan
  sebuah Notice/Caution di tempat wisata, siswa dapat menentukan jawaban yang
  tepat atas pertanyaan tentang informasi tersirat berkaitan dengan tempat
  dari  notice/caution tersebut. | 
7 | |||||
| 
4 | 
Membaca 
11.2 Merespon
  makna dalam teks tulis fungsional pendek secara akurat, lancar dan berterima
  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari | 
9/2 | 
Invitation
  card 
-       Menentukan informasi
  tertentu | 
Disajikan teks fungsional pendek
  bentuk invitation mengenai kegiatan di sekolah, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan
  tentang informasi tertentu dari teks tersebut | 
8 | ||
|  |  |  | 
-       Menentukan informasi
  tersirat | 
Disajikan teks fungsional pendek
  bentuk invitation mengenai kegiatan di sekolah, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan
  tentang informasi tersirat dari teks tersebut | 
9 | ||
| 
5 | 
Membaca 
11.2    Merespon
  makna dalam teks tulis fungsional pendek secara akurat, lancar dan berterima
  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari | 
9/2 | 
Greeting
  card 
-       Menentukan informasi tersirat | 
Disajikan
  teks fungsional pendek bentuk greeting card mengenai
  ucapan selamat memenangkan perlombaan tertentu,
  siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi
  tersirat dari teks tersebut | 
10 | ||
| 
-       
  Menentukan
  makna kata | 
Disajikan
  sebuah  kutipan kalimat dari teks
  fungsional pendek bentuk greeting card mengenai
  ucapan selamat memenangkan perlombaan tertentu dengan salah satu kata digaris
  bawahi, siswa dapat menentukan jawaban yang
  tepat atas pertanyaan tentang makna kata tersebut | 
11 | |||||
| 
6 | 
Membaca 
11.2    Merespon
  makna dalam teks tulis fungsional pendek secara akurat, lancar dan berterima
  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari | 
9/2 | 
Short
  Message 
-       Menentukan informasi
  rinci | 
Disajikan teks fungsional pendek bentuk short message mengenai
  membuat merencanakan kegiatan tertentu, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat
  atas pertanyaan tentang informasi rinci dari teks tersebut | 
12 | ||
| 
-       Menentukan informasi
  tersirat | 
Disajikan teks fungsional pendek bentuk short message mengenai
  membuat merencanakan kegiatan tertentu, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat
  atas pertanyaan tentang informasi tersirat dari teks tersebut | 
13 | |||||
| 
7 | 
Membaca 
11.2    Merespon
  makna dalam teks tulis fungsional pendek secara akurat, lancar dan berterima
  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari | 
9/2 | 
Announcement 
-       Menentukan gambaran umum | 
Disajikan teks fungsional pendek announcement kegiatan sekolah , siswa dapat menentukan jawaban yang
  tepat atas pertanyaan tentang gambaran umum dari teks tersebut | 
14 | ||
| 
-   Menentukan informasi
  rinci | 
Disajikan teks fungsional pendek announcement kegiatan di sekolah , siswa dapat menentukan jawaban yang
  tepat atas pertanyaan tentang informasi rinci dalam teks tersebut | 
15 | |||||
| 
-   Menentukan makna kata | 
Disajikan
  sebuah  kutipan kalimat dari teks
  fungsional pendek bentuk  announcement  kegiatan di sekolah dengan salah satu kata digaris bawahi,
  siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang makna
  kata tersebut | 
16 | |||||
| 
8 | 
Membaca 
11.2    Merespon
  makna dalam teks tulis fungsional pendek secara akurat, lancar dan berterima
  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari | 
9/2 | 
Advertisement 
-   Menentukan informasi
  tertentu | 
Disajikan
  teks fungsional pendek bentuk advertisement tentang
  produk elektronik, 
  siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas
  pertanyaan tentang informasi tertentu dalam teks tersebut | 
17 | ||
| 
-   Menentukan tujuan
  komunikatif teks | 
Disajikan
  teks fungsional pendek bentuk advertisement tentang
  produk elektronik, 
  siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas
  pertanyaan tentang informasi tertentu dalam teks tersebut | 
18 | |||||
| 
-   Menentukan informasi
  tersirat | 
Disajikan
  teks fungsional pendek bentuk advertisement tentang
  produk elektronik, 
  siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas
  pertanyaan tentang informasi tersirat 
  dalam teks tersebut | 
19 | |||||
| 
9 | 
Membaca 
11.2   
  Merespon makna dalam teks tulis fungsional
  pendek secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks
  kehidupan sehari-hari | 
9/2 | 
Schedule 
-   Menentukan informasi
  rinci | 
Disajikan
  teks fungsional pendek bentuk schedule tentang
  transportasi, 
  siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas
  pertanyaan tentang informasi rinci dalam teks tersebut | 
20 | ||
| 
-  Menentukan nformasi
  tersirat | 
Disajikan
  teks fungsional pendek bentuk schedule tentang
  transportasi, 
  siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas
  pertanyaan tentang informasi tersirat dalam teks tersebut | 
21 | |||||
| 
10 | 
Membaca 
11.2   
  Merespon makna dalam teks tulis fungsional
  pendek secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks
  kehidupan sehari-hari | 
9/2 | 
Personal Letter/e-mail 
-   Menentukan gambaran umum | 
Disajikan
  teks fungsional pendek  personal
  letter/e-mail berkaitan dengan pengalaman berlibur sekolah, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas
  pertanyaan tentang gambaran umum dari teks tersebut | 
22 | ||
| 
-  Menentukan informasi
  tertentu | 
Disajikan
  teks fungsional pendek  personal
  letter/e-mail berkaitan dengan pengalaman berlibur sekolah, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas
  pertanyaan tentang gambaran umum dari teks tersebut | 
23 | |||||
| 
-   Menentukan pikiran utama | 
Disajikan
  teks fungsional pendek  personal
  letter/e-mail berkaitan dengan pengalaman berlibur sekolah, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas
  pertanyaan tentang pikiran utama sebuah paragraph dalam teks tersebut | 
24 | |||||
| 
11 | 
Membaca 
11.3   
  Merespon makna dan langkah retorika dalam
  esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi
  dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan
  report | 
9/2 | 
Narrative
  text 
-  Menentukan informasi
  tertentu | 
Disajikan
  teks narrative  tentang sebuah
  legenda  dari luar negeri, siswa dapat
  menentukan jawaban yang tepat atas
  pertanyaan tentang informasi tertentu yang terdapat dalam teks tersebut | 
25 | ||
| 
-  Menentukan informasi
  rinci | 
Disajikan
  teks narrative  tentang sebuah
  legenda  dalam negeri, siswa dapat
  menentukan jawaban yang tepat atas
  pertanyaan tentang informasi rinci yang terdapat dalam teks tersebut | 
26 | |||||
| 
-  Menentukan rujukan kata | 
Disajikan
  sebuah  kutipan kalimat dari teks narrative  tentang sebuah
  legenda  dalam negeri, dengan salah satu kata ganti digaris bawahi, siswa dapat menentukan jawaban yang
  tepat atas pertanyaan tentang rujukan kata
  tersebut. | 
27 | |||||
| 
-  Menentukan pesan moral | 
Disajikan
  teks narrative  tentang sebuah
  legenda  dalam negeri, siswa dapat
  menentukan jawaban yang tepat atas
  pertanyaan tentang pesan moral yang terdapat dalam teks tersebut | 
28 | |||||
|  |  |  | |||||
| 
12 | 
Membaca 
11.3Merespon
  makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar
  dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam
  teks berbentuk narrative dan report | 
9/2 | 
Report Text 
-       Menentukan gambaran umum | 
Disajikan
  teks report tentang binatang mamalia, siswa dapat
  menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang
  gambaran  umum dari  teks tersebut | 
29 | ||
| 
-       Menentukan informasi
  rinci | 
Disajikan
  teks report tentang binatang mamalia, siswa dapat
  menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang
  infomasi rinci dalam teks tersebut | 
30 | |||||
| 
-       
  Menentukan
  pikiran utama suatu paragraph | 
Disajikan
  teks report tentang binatang mamalia, siswa dapat
  menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang
  pikiran utama sebuah paragraph dalam teks tersebut | 
31 | |||||
| 
-       
  Menentukan
  informasi tersirat | 
Disajikan
  teks report tentang binatang mamalia, siswa dapat
  menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang
  infomasi tersirat  dalam teks tersebut | 
32 | |||||
| 
13 | 
Membaca 
11.3Merespon
  makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar
  dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam
  teks berbentuk narrative dan report | 
9/2 | 
Narrative
  text 
-       
  Menentukan
  gambaran umum | 
Disajikan
  teks narrative  tentang sebuah cerita
  pendek popular , siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang gambaran umum dari  teks tersebut | 
33 | ||
| 
-       
  Menentukan
  informasi tersirat | 
Disajikan
  teks narrative  tentang sebuah cerita
  pendek popular , siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi tersirat
  dalam  teks tersebut | 
34 | |||||
| 
-       
  Menentukan
  makna kata | 
Disajikan
  sebuah  kutipan kalimat dari teks narrative  tentang sebuah
  cerita pendek popular, dengan salah satu kata
  digaris bawahi, siswa dapat
  menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan
  tentang makna kata tersebut | 
35 | |||||
| 
-       
  Menentukan
  pesan moral | 
Disajikan
  teks narrative  tentang sebuah cerita
  pendek popular , siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang pesan moral dari  teks tersebut | 
36 | |||||
| 
14 | 
Menulis 
12.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika
  dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara
  akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
  sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report | 
9/2 | 
Kata acak - 
  Kalimat simple
  past continous tense dari
  teks naratif (6-9 kata) | 
Disajikan satu
  kalimat sederhana dari teks naratif yang kata - katanya diacak, siswa dapat
  menentukan susunan yang
  tepat dari kata-kata yang diacak tersebut menjadi kalimat yang bermakna | 
37 | ||
| 
Kata acak - 
  Kalimat simple
  present tense dari
  teks report (6-9 kata) | 
Disajikan satu
  kalimat sederhana dari teks report 
  yang kata - katanya diacak, siswa dapat menentukan susunan yang tepat dari kata-kata
  yang diacak tersebut menjadi kalimat yang bermakna | 
38 | |||||
| 
15 | 
Menulis 
12.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika
  dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara
  akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
  sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report | 
9/2 | 
Rumpang text narrative 
 -   Kata sifat | 
Disajikan
  teks narrative  sederhana berbentuk
  rumpang, siswa dapat menentukan kata sifat yang tepat untuk melengkapinya | 
39 | ||
| 
-      
  Kata kerja | 
Disajikan
  teks narrative  sederhana berbentuk
  rumpang, siswa dapat menentukan kata kerja yang tepat untuk melengkapinya | 
40 | |||||
| 
-      
  Kata ganti object | 
Disajikan
  teks narrative  sederhana berbentuk
  rumpang, siswa dapat menentukan kata ganti objek yang tepat untuk melengkapinya | 
41 | |||||
| 
16 | 
Menulis 
12.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika
  dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara
  akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
  sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report | 
9/2 | 
Rumpang text report 
 -   Kata kerja | 
Disajikan
  teks report  sederhana berbentuk
  rumpang, siswa dapat menentukan kata kerja yang tepat untuk melengkapinya | 
42 | ||
| 
-       Kata penghubung | 
Disajikan
  teks report  sederhana berbentuk
  rumpang, siswa dapat menentukan kata penghubung  yang tepat untuk melengkapinya | 
43 | |||||
| 
-       
  Kata
  keterangan cara | 
Disajikan
  teks report  sederhana berbentuk
  rumpang, siswa dapat menentukan kata keterangan cara  yang tepat untuk melengkapinya | 
44 | |||||
| 
17 | 
Membaca 
11.3Merespon
  makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar
  dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam
  teks berbentuk narrative dan report | 
9/2 | 
Teks Report 
-       
  Menentukan
  tujuan komunikatif | 
Disajikan
  teks report tentang tanaman herba, siswa dapat
  menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang
  tujuan komunikatif  dari teks tersebut | 
45 | ||
| 
-       
  Menentukan
  informasi tersirat | 
Disajikan
  teks report tentang tanaman herba, siswa dapat
  menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang
  informasi tersirat dalam  teks tersebut | 
46 | |||||
| 
-       
  Menentukan
  makna kata | 
Disajikan
  sebuah  kutipan kalimat dari teks report  tentang tanaman
  herba, dengan salah satu kata
  digaris bawahi, siswa dapat
  menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan
  tentang makna kata tersebut | 
47 | |||||
| 
-       
  Menentukan
  informasi rinci | 
Disajikan
  teks report tentang tanaman herba, siswa dapat
  menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang
  informasi rinci dalam  teks tersebut | 
48 | |||||
| 
18 | 
Menulis 
12.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika
  dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara
  akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
  sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report | 
9/2 | 
Kalimat
  acak menjadi sebuah paragraph/teks narrative yang padu | 
Disajikan satu
  paragraf/teks dari teks naratif yang kalimat-kalimatnya diacak, siswa dapat
  menentukan susunan yang
  tepat dari kalimat yang diacak tersebut menjadi sebuah paragraph/teks yang
  padu | 
49 | ||
| 
Kalimat
  acak menjadi sebuah paragraph/teks report yang padu | 
Disajikan satu
  paragraf/teks dari teksreport  yang
  kalimat-kalimatnya diacak, siswa dapat menentukan susunan yang tepat dari kalimat
  yang diacak tersebut menjadi sebuah paragraph/teks yang padu | 
50 | |||||
|  | |||||||

 
 
No comments:
Post a Comment