PEMERINTAH PROVINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA
DINAS PENDIDIKAN
MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) SMP PROVINSI DKI
JAKARTA
KISI-KISI SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER DUA
Tahun 2014/2015
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas : IX (Sembilan)
Kurikulum
Acuan : KTSP
Waktu : 120 menit
Jumlah
Soal : 50 soal
Disusun
oleh:
Penyusun : Tim MGMP Bahasa Inggris
SMP Provinsi DKI
Jakarta
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
BAHAN SEMESTER
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
NOMOR SOAL
|
||
1
|
Berbicara
9.1 Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek
sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang
melibatkan tindak tutur mengungkapkan kesantunan
|
9/2
|
Ungkapan
Kesantunan
- Menentukan informasi
rinci
|
Disajikan
sebuah dialog tentang mengungkapkan kesantunan, , siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan
tentang informasi rinci dari dialog
tersebut
|
1
|
||
Ungkapan
kesantunan
- Menentukan informasi
tersirat
|
Disajikan
sebuah dialog yang sama tentang mengungkapkan kesantunan, , siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan
tentang informasi tersirat dari dialog
tersebut
|
2
|
|||||
2
|
Berbicara
9.2 Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek
sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang
melibatkan tindak tutur: memberi berita yang menarik perhatian dan memberi
komentar terhadap berita
|
9/2
|
Ungkapan
memberi berita dan komentar terhadap berita
- Menentukan informasi tertentu
|
Disajikan
sebuah dialog tentang ungkapkan memberi berita dan komentar terhadap berita , siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan
tentang informasi tertentu dari dialog
tersebut
|
3
|
||
Ungkapan
memberi berita dan komentar terhadap berita
- Menentukan informasi
rinci
|
Disajikan
sebuah dialog tentang ungkapkan memberi berita dan komentar terhadap berita , siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan
tentang informasi rinci dari dialog
tersebut
|
4
|
|||||
Ungkapan
memberi berita dan komentar terhadap berita
- Menentukan informasi
tersirat
|
Disajikan
sebuah dialog tentang ungkapkan memberi berita dan komentar terhadap berita , siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan
tentang informasi tersirat dari dialog
tersebut
|
5
|
|||||
3
|
Membaca
11.2 Merespon
makna dalam teks tulis fungsional pendek secara akurat, lancar dan berterima untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
9/2
|
Notice/Caution
-
Menentukan
makna
|
Disajikan
sebuah Notice/Caution di tempat wisata, siswa dapat menentukan jawaban yang
tepat atas pertanyaan tentang makna dari
notice/caution tersebut.
|
6
|
||
- Menentukan informasi
tersirat
|
Disajikan
sebuah Notice/Caution di tempat wisata, siswa dapat menentukan jawaban yang
tepat atas pertanyaan tentang informasi tersirat berkaitan dengan tempat
dari notice/caution tersebut.
|
7
|
|||||
4
|
Membaca
11.2 Merespon
makna dalam teks tulis fungsional pendek secara akurat, lancar dan berterima
untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
9/2
|
Invitation
card
- Menentukan informasi
tertentu
|
Disajikan teks fungsional pendek
bentuk invitation mengenai kegiatan di sekolah, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan
tentang informasi tertentu dari teks tersebut
|
8
|
||
|
|
|
- Menentukan informasi
tersirat
|
Disajikan teks fungsional pendek
bentuk invitation mengenai kegiatan di sekolah, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan
tentang informasi tersirat dari teks tersebut
|
9
|
||
5
|
Membaca
11.2 Merespon
makna dalam teks tulis fungsional pendek secara akurat, lancar dan berterima
untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
9/2
|
Greeting
card
- Menentukan informasi tersirat
|
Disajikan
teks fungsional pendek bentuk greeting card mengenai
ucapan selamat memenangkan perlombaan tertentu,
siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi
tersirat dari teks tersebut
|
10
|
||
-
Menentukan
makna kata
|
Disajikan
sebuah kutipan kalimat dari teks
fungsional pendek bentuk greeting card mengenai
ucapan selamat memenangkan perlombaan tertentu dengan salah satu kata digaris
bawahi, siswa dapat menentukan jawaban yang
tepat atas pertanyaan tentang makna kata tersebut
|
11
|
|||||
6
|
Membaca
11.2 Merespon
makna dalam teks tulis fungsional pendek secara akurat, lancar dan berterima
untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
9/2
|
Short
Message
- Menentukan informasi
rinci
|
Disajikan teks fungsional pendek bentuk short message mengenai
membuat merencanakan kegiatan tertentu, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat
atas pertanyaan tentang informasi rinci dari teks tersebut
|
12
|
||
- Menentukan informasi
tersirat
|
Disajikan teks fungsional pendek bentuk short message mengenai
membuat merencanakan kegiatan tertentu, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat
atas pertanyaan tentang informasi tersirat dari teks tersebut
|
13
|
|||||
7
|
Membaca
11.2 Merespon
makna dalam teks tulis fungsional pendek secara akurat, lancar dan berterima
untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
9/2
|
Announcement
- Menentukan gambaran umum
|
Disajikan teks fungsional pendek announcement kegiatan sekolah , siswa dapat menentukan jawaban yang
tepat atas pertanyaan tentang gambaran umum dari teks tersebut
|
14
|
||
- Menentukan informasi
rinci
|
Disajikan teks fungsional pendek announcement kegiatan di sekolah , siswa dapat menentukan jawaban yang
tepat atas pertanyaan tentang informasi rinci dalam teks tersebut
|
15
|
|||||
- Menentukan makna kata
|
Disajikan
sebuah kutipan kalimat dari teks
fungsional pendek bentuk announcement kegiatan di sekolah dengan salah satu kata digaris bawahi,
siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang makna
kata tersebut
|
16
|
|||||
8
|
Membaca
11.2 Merespon
makna dalam teks tulis fungsional pendek secara akurat, lancar dan berterima
untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
9/2
|
Advertisement
- Menentukan informasi
tertentu
|
Disajikan
teks fungsional pendek bentuk advertisement tentang
produk elektronik,
siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas
pertanyaan tentang informasi tertentu dalam teks tersebut
|
17
|
||
- Menentukan tujuan
komunikatif teks
|
Disajikan
teks fungsional pendek bentuk advertisement tentang
produk elektronik,
siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas
pertanyaan tentang informasi tertentu dalam teks tersebut
|
18
|
|||||
- Menentukan informasi
tersirat
|
Disajikan
teks fungsional pendek bentuk advertisement tentang
produk elektronik,
siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas
pertanyaan tentang informasi tersirat
dalam teks tersebut
|
19
|
|||||
9
|
Membaca
11.2
Merespon makna dalam teks tulis fungsional
pendek secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks
kehidupan sehari-hari
|
9/2
|
Schedule
- Menentukan informasi
rinci
|
Disajikan
teks fungsional pendek bentuk schedule tentang
transportasi,
siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas
pertanyaan tentang informasi rinci dalam teks tersebut
|
20
|
||
- Menentukan nformasi
tersirat
|
Disajikan
teks fungsional pendek bentuk schedule tentang
transportasi,
siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas
pertanyaan tentang informasi tersirat dalam teks tersebut
|
21
|
|||||
10
|
Membaca
11.2
Merespon makna dalam teks tulis fungsional
pendek secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks
kehidupan sehari-hari
|
9/2
|
Personal Letter/e-mail
- Menentukan gambaran umum
|
Disajikan
teks fungsional pendek personal
letter/e-mail berkaitan dengan pengalaman berlibur sekolah, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas
pertanyaan tentang gambaran umum dari teks tersebut
|
22
|
||
- Menentukan informasi
tertentu
|
Disajikan
teks fungsional pendek personal
letter/e-mail berkaitan dengan pengalaman berlibur sekolah, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas
pertanyaan tentang gambaran umum dari teks tersebut
|
23
|
|||||
- Menentukan pikiran utama
|
Disajikan
teks fungsional pendek personal
letter/e-mail berkaitan dengan pengalaman berlibur sekolah, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas
pertanyaan tentang pikiran utama sebuah paragraph dalam teks tersebut
|
24
|
|||||
11
|
Membaca
11.3
Merespon makna dan langkah retorika dalam
esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi
dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan
report
|
9/2
|
Narrative
text
- Menentukan informasi
tertentu
|
Disajikan
teks narrative tentang sebuah
legenda dari luar negeri, siswa dapat
menentukan jawaban yang tepat atas
pertanyaan tentang informasi tertentu yang terdapat dalam teks tersebut
|
25
|
||
- Menentukan informasi
rinci
|
Disajikan
teks narrative tentang sebuah
legenda dalam negeri, siswa dapat
menentukan jawaban yang tepat atas
pertanyaan tentang informasi rinci yang terdapat dalam teks tersebut
|
26
|
|||||
- Menentukan rujukan kata
|
Disajikan
sebuah kutipan kalimat dari teks narrative tentang sebuah
legenda dalam negeri, dengan salah satu kata ganti digaris bawahi, siswa dapat menentukan jawaban yang
tepat atas pertanyaan tentang rujukan kata
tersebut.
|
27
|
|||||
- Menentukan pesan moral
|
Disajikan
teks narrative tentang sebuah
legenda dalam negeri, siswa dapat
menentukan jawaban yang tepat atas
pertanyaan tentang pesan moral yang terdapat dalam teks tersebut
|
28
|
|||||
|
|
|
|||||
12
|
Membaca
11.3Merespon
makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar
dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam
teks berbentuk narrative dan report
|
9/2
|
Report Text
- Menentukan gambaran umum
|
Disajikan
teks report tentang binatang mamalia, siswa dapat
menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang
gambaran umum dari teks tersebut
|
29
|
||
- Menentukan informasi
rinci
|
Disajikan
teks report tentang binatang mamalia, siswa dapat
menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang
infomasi rinci dalam teks tersebut
|
30
|
|||||
-
Menentukan
pikiran utama suatu paragraph
|
Disajikan
teks report tentang binatang mamalia, siswa dapat
menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang
pikiran utama sebuah paragraph dalam teks tersebut
|
31
|
|||||
-
Menentukan
informasi tersirat
|
Disajikan
teks report tentang binatang mamalia, siswa dapat
menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang
infomasi tersirat dalam teks tersebut
|
32
|
|||||
13
|
Membaca
11.3Merespon
makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar
dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam
teks berbentuk narrative dan report
|
9/2
|
Narrative
text
-
Menentukan
gambaran umum
|
Disajikan
teks narrative tentang sebuah cerita
pendek popular , siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang gambaran umum dari teks tersebut
|
33
|
||
-
Menentukan
informasi tersirat
|
Disajikan
teks narrative tentang sebuah cerita
pendek popular , siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi tersirat
dalam teks tersebut
|
34
|
|||||
-
Menentukan
makna kata
|
Disajikan
sebuah kutipan kalimat dari teks narrative tentang sebuah
cerita pendek popular, dengan salah satu kata
digaris bawahi, siswa dapat
menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan
tentang makna kata tersebut
|
35
|
|||||
-
Menentukan
pesan moral
|
Disajikan
teks narrative tentang sebuah cerita
pendek popular , siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang pesan moral dari teks tersebut
|
36
|
|||||
14
|
Menulis
12.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika
dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara
akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report
|
9/2
|
Kata acak -
Kalimat simple
past continous tense dari
teks naratif (6-9 kata)
|
Disajikan satu
kalimat sederhana dari teks naratif yang kata - katanya diacak, siswa dapat
menentukan susunan yang
tepat dari kata-kata yang diacak tersebut menjadi kalimat yang bermakna
|
37
|
||
Kata acak -
Kalimat simple
present tense dari
teks report (6-9 kata)
|
Disajikan satu
kalimat sederhana dari teks report
yang kata - katanya diacak, siswa dapat menentukan susunan yang tepat dari kata-kata
yang diacak tersebut menjadi kalimat yang bermakna
|
38
|
|||||
15
|
Menulis
12.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika
dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara
akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report
|
9/2
|
Rumpang text narrative
- Kata sifat
|
Disajikan
teks narrative sederhana berbentuk
rumpang, siswa dapat menentukan kata sifat yang tepat untuk melengkapinya
|
39
|
||
-
Kata kerja
|
Disajikan
teks narrative sederhana berbentuk
rumpang, siswa dapat menentukan kata kerja yang tepat untuk melengkapinya
|
40
|
|||||
-
Kata ganti object
|
Disajikan
teks narrative sederhana berbentuk
rumpang, siswa dapat menentukan kata ganti objek yang tepat untuk melengkapinya
|
41
|
|||||
16
|
Menulis
12.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika
dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara
akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report
|
9/2
|
Rumpang text report
- Kata kerja
|
Disajikan
teks report sederhana berbentuk
rumpang, siswa dapat menentukan kata kerja yang tepat untuk melengkapinya
|
42
|
||
- Kata penghubung
|
Disajikan
teks report sederhana berbentuk
rumpang, siswa dapat menentukan kata penghubung yang tepat untuk melengkapinya
|
43
|
|||||
-
Kata
keterangan cara
|
Disajikan
teks report sederhana berbentuk
rumpang, siswa dapat menentukan kata keterangan cara yang tepat untuk melengkapinya
|
44
|
|||||
17
|
Membaca
11.3Merespon
makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar
dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam
teks berbentuk narrative dan report
|
9/2
|
Teks Report
-
Menentukan
tujuan komunikatif
|
Disajikan
teks report tentang tanaman herba, siswa dapat
menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang
tujuan komunikatif dari teks tersebut
|
45
|
||
-
Menentukan
informasi tersirat
|
Disajikan
teks report tentang tanaman herba, siswa dapat
menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang
informasi tersirat dalam teks tersebut
|
46
|
|||||
-
Menentukan
makna kata
|
Disajikan
sebuah kutipan kalimat dari teks report tentang tanaman
herba, dengan salah satu kata
digaris bawahi, siswa dapat
menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan
tentang makna kata tersebut
|
47
|
|||||
-
Menentukan
informasi rinci
|
Disajikan
teks report tentang tanaman herba, siswa dapat
menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang
informasi rinci dalam teks tersebut
|
48
|
|||||
18
|
Menulis
12.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika
dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara
akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report
|
9/2
|
Kalimat
acak menjadi sebuah paragraph/teks narrative yang padu
|
Disajikan satu
paragraf/teks dari teks naratif yang kalimat-kalimatnya diacak, siswa dapat
menentukan susunan yang
tepat dari kalimat yang diacak tersebut menjadi sebuah paragraph/teks yang
padu
|
49
|
||
Kalimat
acak menjadi sebuah paragraph/teks report yang padu
|
Disajikan satu
paragraf/teks dari teksreport yang
kalimat-kalimatnya diacak, siswa dapat menentukan susunan yang tepat dari kalimat
yang diacak tersebut menjadi sebuah paragraph/teks yang padu
|
50
|
|||||
|
|||||||
No comments:
Post a Comment