KISI-KISI PENULISAN
SOAL UJIAN SEKOLAH
TAHUN PELAJARAN
2014-2015
|
|
Jenis Sekolah :
SMP Bentuk
Soal : Pilihan Ganda +
Uraian
Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA Jumlah
Soal : 50 + 5
Kurikulum Acuan : KTSP Alokasi
Waktu : 120 menit
No.
|
Standar Kompetensi Lulusan
|
Materi
|
Bahan
Kelas/Semester
|
Indikator
|
PG/Uraian
|
Nomor
Soal
|
1
|
Membaca dan memahami
berbagai teks nonsastra (biografi, artikel, berita/fakta dan opini,
ensiklopedi/buku telepon, iklan, indeks buku, tabel/diagram, bagan, grafik,
peta, denah), berbagai karya sastra (puisi, antologi puisi, cerpen, buku
kumpulan cerpen, cerita anak, buku cerita anak, novel remaja, novel Angkatan
20-30, dan drama)
|
Gagasan utama paragraf
|
VII/1
|
Disajikan sebuah
paragraf yang terdiri atas 4-5 kalimat, siswa dapat menentukan gagaasan utama
paragraf tersebut.
|
PG
|
1
|
Kalimat utama paragraf
|
VII/1
|
Disajikan sebuah
paragraf yang terdiri atas 4-5 kalimat, siswa dapat menentukan kalimat utama
paragraf tersebut.
|
PG
|
2
|
||
Persamaan isi berita
Perbedaan penyajian
berita
|
VIII/2
VIII/2
|
Disajikan dua kutipan
berita, siswa dapat menentukan:
·
Persamaan isi kutipan berita
·
Perbedaan penyajian berita
|
PG
PG
|
3
4
|
||
Keistimewaan tokoh
Sifat tokoh dalam
biografi yang dapat diteladani
|
VII/1
VII/1
|
Disajikan kutipan
biografi tokoh, siswa dapat menentukan:
·
Keistimewaan tokoh dalam biografi tokoh
·
Sifat tokoh dalam biografi untuk diteladani
|
PG
PG
|
5
6
|
||
Fakta
|
IX/1
|
Disajikan sebuah iklan,
siswa dapat menentukan fakta pada iklan tersebut.
|
PG
|
7
|
||
Isi iklan
|
IX/1
|
Disajikan sebuah iklan,
siswa dapat menentukan penjelasan kalimat tertentu dalam iklan tersebut.
|
PG
|
8
|
||
Maksud iklan
|
IX/1
|
Disajikan sebuah iklan,
siswa dapat menentukan maksud iklan tersebut.
|
PG
|
9
|
||
Simpulan isi bacaan
|
VII/1
|
Disajikan sebuah
paragraf yang terdiri atas 4-5 kalimat, siswa dapat menentukan simpulan isi
paragraf.
|
PG
|
10
|
||
Penjelasan isi grafik
|
IX/2
|
Disajikan sebuah grafik
tertentu, siswa dapat menentukan isi grafik tersebut.
|
PG
|
11
|
||
Simpulan isi tabel
|
IX/2
|
Disajikan sebuah tabel
tertentu, siswa dapat menentukan penjelasan isi tabel tersebut.
|
PG
|
12
|
||
Letak lokasi suatu
tempat
|
VIII/1
|
Disajikan sebuah denah
lokasi tertentu, siswa dapat menentukan letak lokasi suatu tempat kegiatan
sesuai denah tersebut.
|
PG
|
13
|
||
Arah perjalanan dalam
denah
|
VIII/1
|
Disajikan sebuah denah
lokasi tertentu, siswa dapat menentukan arah yang paling efektif menuju
tempat kegiatan sesuai denah tersebut.
|
PG
|
14
|
||
Tema puisi
|
VIII/1
|
Disajikan sebuah puisi
pendek, siswa menentukan:
tema puisi puisi tersebut
|
PG
|
15
|
||
Kalimat bermajas dalam
puisi
|
VIII/1
|
Disajikan sebuah puisi
pendek, siswa menentukan
kalimat bermajas pada
puisi tersebut
|
PG
|
16
|
||
Perbedaan unsur
intrinsik puisi
|
VIII/2
|
Disajikan kutipan dua
puisi pendek, siswa dapat menentukan perbedaan unsur intrinsik dua puisi
tersebut (amanat/tujuan)
|
PG
|
17
|
||
Latar cerpen
Bukti watak tokoh
|
IX/1
IX/1
|
Disajikan kutipan cerita
pendek, siswa dapat menentukan:
·
latar cerpen tersebut
·
bukti watak tokoh cerpen
|
PG
PG
|
18
19
|
||
Cara menggambarkan watak
tokoh
|
IX/1
|
Disajikan kutipan cerita
pendek, siswa dapat menentukan cara pengarang menggambarkan watak tokoh dalam
cerpen tersebut.
|
PG
|
20
|
||
Amanat cerita anak
|
VII/1
|
Disajikan kutipan cerita
anak, siswa dapat menentukan amanat cerita tersebut.
|
PG
|
21
|
||
Konflik cerita
|
VIII/2
|
Disajikan kutipan cerita
anak, siswa dapat menentukan konflik cerita tersebut.
|
PG
|
22
|
||
Perbedaan karakteristik
dua novel
|
IX/2
|
Disajikan kutipan dua
novel, siswa dapat menentukan perbedaan karakteristik (bahasa/sudut
pandang/tema) dua novel tersebut.
|
PG
|
23
|
||
Unsur instrinsik novel
|
IX/2
|
Disajikan kutipan novel,
siswa dapat menentukan kebiasaan tokoh dalam novel tersebut.
|
PG
|
24
|
||
Amanat drama
Latar drama
|
VIII/2
VIII/2
|
Disajikan kutipan drama,
siswa dapat menentukan:
·
Amanat dalam teks drama
·
Latar (tempat/waktu) dalam teks drama tersebut
|
PG
PG
|
25
26
|
||
2
|
Menulis dan menyunting
teks nonsastra dengan menggunakan kosakata yang bervariasi dan efektif dalam
bentuk buku harian, surat pribadi, surat dinas, narasi dan pesan singkat,
pengumuman, petunjuk, rangkuman, teks berita, slogan/poster, iklan, resensi
dan karangan, surat pembaca, teks pidato, dan karya ilmiah; menulis teks
sastra dalam bentuk puisi, pantun, dongeng, cerpen, dan drama.
|
Catatan buku harian
sesuai ilustrasi
|
VII/1
|
Disajikan ilustrasi
pengalaman siswa, siswa dapat menentukan kalimat catatan harian sesuai
ilustrasi tersebut.
|
PG
|
27
|
Pesan singkat
|
VII/1
|
Disajikan ilustrasi
kegiatan sekoalh, siswa dapat menentukan isi pesan yang sesuai dengan
ilustrasi tersebut.
|
PG
|
28
|
||
Penyusunan kalimat
laporan
|
VIII/1
|
Disajikan
kalimat-kalimat laporan yang disusun acak, siswa dapat menyusun kalimat
laporan tersebut.
|
PG
|
29
|
||
Menulis berita
|
VIII/2
|
Disajikan pokok-pokok
berita siswa dapat menuliskan teks berita secara lengkap.
|
Uraian
|
1
|
||
Isi pengumuman sesuai
konteks
|
VII/1
|
Disajikan ilustrasi
kegiatan siswa, siswa dapat menentukan isi pengumuman sesuai ilustrasi
tersebut.
|
PG
|
30
|
||
Penulisan puisi berkenaan dengan keindahan alam
|
VII/2
|
Disajikan ilustrasi
keindahan alam, siswa dapat menulis puisi sesuai ilustrasi tersebut.
|
Uraian
|
2
|
||
Resensi buku
|
IX/1
|
Disajikan data buku
disertai keunggulan dan kelemahan buku, siswa dapat menentukan paragraf
resensi buku tersebut.
|
PG
|
31
|
||
Isi surat pribadi
|
VII/1
|
Disajikan kutipan surat
pribadi yang dirumpangkan (pembuka/isi/penutup surat), siswa dapat melengkapi
kutipan surat pribadi tersebut.
|
PG
|
32
|
||
Kalimat penutup surat
dinas
|
VIII/1
|
Disajikan kutipan surat
dinas yang dirumpangkan(penutup surat), siswa dapat menentukan kalimat
penutup surat dinas
|
PG
|
33
|
||
Surat pembaca
|
IX/2
|
Disajikan ilustrasi
keadaan lingkungan sekolah, siswa dapat menentukan isi surat pembaca sesuai
ilustrasi tersebut.
|
PG
|
34
|
||
Penyusunan petunjuk
melakukan sesuatu
|
VIII/1
|
Disajikan petunjuk
melakukan sesuatu yang diacak, siswa dapat menyusun petunjuk melakukan
sesuatu tersebut dengan tepat.
|
PG
|
35
|
||
Melengkapi petunjuk
|
VIII/1
|
Disajikan petunjuk
melakukan sesuatu yang salah satu bagiannya dirumpangkan, siswa dapat
melengkapi petunjuk melakukan sesuatu tersebut dengan tepat.
|
PG
|
36
|
||
Rangkuman isi bacaan
|
VIII/2
|
Disajikan teks dua
paragraf, siswa dapat menentukan rangkuman bacaan tersebut.
|
PG
|
37
|
||
Teks berita sesuai
ilustrasi
|
VIII/2
|
Disajikan ilustrasi
peristiwa, siswa dapat menentukan paragraf teks berita sesuai ilustrasi
tersebut.
|
PG
|
38
|
||
Slogan
|
VIII/2
|
Disajikan ilustrasi
kegiatan, siswa dapat menentukan slogan sesuai ilustrasi tersebut.
|
PG
|
39
|
||
Iklan baris
|
IX/1
|
Disajikan data barang
yang akan dijual, siswa dapat menentukan iklan baris sesuai data tersebut.
|
PG
|
40
|
||
Perbaikan penggunaan
huruf kapital
|
IX/1
|
Disajikan kalimat yang
penulisan huruf kapitalnya salah, siswa dapat memperbaiki penulisan huruf
kapital tersebut.
|
PG
|
41
|
||
Penggunaan tanda baca
|
IX/1
|
Disajikan sebuah
paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan tanda baca, siswa dapat
memperbaiki penggunaan tanda baca tersebut.
|
PG
|
42
|
||
Perbaikan kalimat tidak
efektif
|
IX/1
|
Disajikan sebuah
paragraf yang salah satu kalimatnya tidak efektif, siswa dapat memperbaiki
kalimat tersebut.
|
PG
|
43
|
||
Teks pidato sesuai
konteks
|
IX/2
|
Disajikan ilustrasi
kegiatan sekolah, siswa dapat menentukan paragraf bagian(pembuka/isi/penutup)
teks pidato sesuai ilustrasi tersebut.
|
PG
|
44
|
||
Menulis teks pidato
|
IX/2
|
Disajikan ilustrasi
suatu kegiatan di sekolah, siswa dapat menulis naskah pidato yang tepat.
|
Uraian
|
3
|
||
Rumusan masalah karya
ilmiah
|
IX/2
|
Disajikan tema karya
ilmiah, siswa dapat menentukan rumusan masalah karya ilmiah berdasarkan tema
tersebut.
|
PG
|
45
|
||
Saran karya ilmiah
|
IX/2
|
Disajikan simpulan karya
ilmiah sederhana, siswa dapat menentukan saran karya ilmiah tersebut.
|
PG
|
46
|
||
Daftar pustaka
|
IX/2
|
Disajikan dua data buku
sumber, siswa dapat menentukan penulisan daftar pustaka.
|
PG
|
47
|
||
Melengkapi isi/sampiran
pantun
|
VII/1
|
Disajikan pantun yang
dirumpangkan (larik/sampiran), siswa dapat melengkapi pantun tersebut.
|
PG
|
48
|
||
Balasan pantun
|
VII/1
|
Disajikan sebuah pantun,
siswa dapat menentukan balasan pantun tersebut.
|
Uraian
|
4
|
||
Larik bermajas
|
VIII/2
|
Disajikan kutipan puisi
yang dirumpanglan, siswa dapat melengkapi puisi tersebut dengan larik
bermajas.
|
PG
|
49
|
||
Naskah drama
|
IX/2
|
Disajikan kutipan naskah
drama yang salah satu dialognya dirumpangkan, siswa dapat melengkapi dialog
drama tersebut.
|
PG
|
50
|
||
Menulis drama
berdasarkan cerpen yang dibaca
|
IX/2
|
Disajikan kutipan
cerpen, siswa dapat menulis naskah drama berdasarkan kutipan cerpen tersebut.
|
Uraian
|
5
|
soal yg berkenaan dengan kisi-kisi tersebut ada ga mas??
ReplyDeleteIya,belum ada mas...
Delete