PEMERINTAH
PROVINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA
DINAS
PENDIDIKAN
MUSYAWARAH
GURU MATA PELAJARAN (MGMP) SMP PROVINSI DKI JAKARTA
KISI-KISI
SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER DUA
Tahun
2014/2015
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas :
IX (Sembilan)
Kurikulum Acuan :
KTSP
Waktu :
90 menit
Jumlah Soal :
50 soal
Disusun oleh:
Penyusun : Tim MGMP Ilmu Pengetahuan
Sosial
SMP Provinsi DKI
Jakarta
No
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
No Soal
|
1.
|
5. Memahami
hubungan manusia dengan bumi
|
5.1
Menginterpretasi peta tentang bentuk dan pola
muka bumi
|
Bentuk muka bumi pada peta
|
Disajikan daftar nama-nama bentuk muka bumi peserta didik mampu mengidentifikasi warna
bentuk muka bumi yang digunakan pada peta atau atlas.
|
1
|
|
|
|
Penggunaan peta kontur
|
Disajikan peta
kontur peserta didik mampu menentukan
arah lintasan mendaki puncak ketinggian paling mudah/ paling sulit
|
2
|
|
|
5.2
Mendeskripsikan keterkaitan unsur-unsur geografis dan penduduk di kawasan Asia Tenggara
|
Persebaran penduduk Asia Tenggara.
|
Disajikan tabel jumlah penduduk dan luas wilayah
negara-negara di kawasan Asia Tenggara peserta didik mampu menentukan
negara paling padat/ paling jarang persebaran penduduknya
|
3
|
|
|
|
Persebaran barang tambang di Asia Tenggara
|
Disajikan peta Asia Tenggara peserta didik mampu menunjukkan negara- negara yang menghasilkan bahan tambang
|
4
|
|
|
|
Kerja sama bangsa-bangsa Asia Tenggara
|
Peserta didik mampu mengidentifikasi contoh kerja sama bangsa-bangsa Asia
Tenggara di bidang tertentu
|
5
|
|
|
5.3 Mendeskripsikan
pembagian permukaan bumi atas benua dan samudera
|
Karakteristik bentangan alam benua Afrika
|
Disajikan daftar ciri-ciri benua Afrika peserta didik mampu menentukan karakteristik bentangan alam kawasan benua Afrika
|
6
|
|
|
|
Kawasan Benua Eropa-Asia
|
Ditampilkan peta benua Eropa/Asia peserta didik mampu menunjukkan kawasan Asia
/ Eropa tertentu
|
7
|
|
|
|
Karakteristik bentangan alam
kutub utara/kutub selatan
|
Peserta didik mampu menyebutkan karakteristik
kawasan Kutub Utara/
Kutub Selatan
|
8
|
2.
|
6.
Memahami usaha mempertahankan republic Indonesia
|
6.1 Mendiskripsikan perjuangan bangsa Indonesia
Merebut Irian Barat
|
Latar
belakang konflik Indonesia-Belanda terkait dengan masalah Irian barat
|
Peserta didik dapat menjelaskan latar belakang
terjadinya konflik Indonesia Belanda tentang Irian barat
|
9
|
|
|
|
Perjuangan
Diplomasi dalam upaya pengembalian Irian barat
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi contoh perjuangan
diplomasi dalam upaya pengembalian Irian Barat
|
10
|
|
|
|
Perjuangan
dengan konfrontasi ppolitikmerebut Irian Barat
|
Peserta
didik dapat mengidentifikasi contoh perjuangan secara konfrontasi politik
dalam upaya mengembalikan Irian barat
|
11
|
|
|
|
Perjuangan
merebut Irian Barat melalui perjuangan konfrontasi ekonomi
|
Peserta
didik dapat mengidentifikasi bentuk perjuangan melalui konfrontasi ekonomi
dalam merebut kembali Irian Barat
|
12
|
|
|
|
Tri
Komando Rakyat
|
Disajikan
daftar isi Trikora, Peserta didik dapat menentukan isi TRIKORA
untuk merebut Irian Barat dengan benar
|
13
|
|
|
|
Persetujuan
New York
|
Peserta
didik dapat menjelaskan makna persetujuan New York dalam uopaya pengembalian
Irian Barat
|
14
|
|
|
|
Penentuan
Pendapat Rakyat (Pepera)
|
Peserta
didik dapat menjelaskan makna/arti penting penentuan pendapat rakyat Irian
Barat bagi NKRI
|
15
|
|
|
Mendeskripsikan strategi nasional peristiwa PKI Madiun,
DI/TII, G30S/PKI dan konflik-konflik internal lainnya
|
Dampak
persoalan hubungan pusat dan daerah akibat persaingan idiologis
|
Peserta
didik dapat mengidentifikasi dampak negative meruncingnya hubungan
pusat-daerah akibat persaingan ideologis
|
16
|
|
|
|
Peristiwa
PKI Madiun
|
Peserta
didik dapat menjelaskan penyebab terjadinya pemberontakan PKI Madiun
|
17
|
|
|
|
Pertistiwa
DI /TII dan cara yang dilakukan oleh pemerintah dalam penanggulanagannya
|
Peserta
didik dapat mengidentifikasikan cara yang dilakukan oleh pemerintah untuk
menumpas DI /TII di daerah tertentu
|
18
|
|
|
|
Peristiwa
G30 S /PKI dan cara penanggulanganya
|
Ditampilkan gambar pahlawan revolusi, peserta didik
dapat mengenali nama pahlawan tertentu
|
19
|
3.
|
7. Memahami
perubahan pemerintahan dan kerjasama International
|
Menjelaskan berakhirnya masa orde baru dan lahirnya
reformasi
|
Penyebab
tumbangnya orde baru
|
Peserta
didik dapat mengidentifikasi yang menyebabkan tumbangnya pemerintahan Orde
Baru
|
20
|
|
|
|
Berakhirnya
orde baru, krisis ekonomi, dan gerakan Reformasi
|
Peserta
didik dapat menjelaskan dampak krisis moneter bagi bangsa Indonesia sebelum
tumbangnya pemerintahan Orde Baru
|
21
|
|
|
|
Berakhirnya Orde Baru, krisis ekonomi
|
Ditampilkan
gambar tokoh (Orde Baru,) peserta
didik dapat mengidentifikasi peran dari tokoh tersebut
|
22
|
|
|
|
Gerakan Reformasi
|
Disajikan
gambar demo mahasiswa menjelang berakhirnya Orde Baru, peserta didik dapat
menjelaskan peranan peristiwa gambar tersebut
dalam sehingga melahirkan reformasi
|
23
|
|
|
Peran Indonesia dalam kerjasama internasional
|
KAA
|
Disajikan
gambar tokoh, peserta didik dapat menyebutka tokoh Indonesia yang berperan
mewakili Indonesia dalam KAA
|
24
|
|
|
|
ASEAN
|
Disajikan
daftar latar belakang lahirnya ASEAN, peserta didik dapat menentukan latar
belakang berdirinya organisasi ASEAN yang benar
|
25
|
4.
|
7. Memahami perubahan
pemerintahan dan kerjasama internasional
|
7.3
Menguraikan perilaku masyarakat dalam
perubahan sosial-budaya di era global
|
Faktor yang mendorong globalisasi
|
Peserta didik mampu mengidentifikasi faktor-faktor yang mendorong
globalisasi
|
26
|
|
|
|
|
Peserta didik mampu menyebutkan contoh perubahan sosial
budaya secara mendunia (menggelobal)
|
27
|
|
|
|
Ciri-ciri
globalisasi
|
Disajikan daftar peristiwa yang mendunia peserta didik
mampu mengidentifikasi
ciri-ciri globalisasi
|
28
|
|
|
|
Contoh globalisasi kegiatan antar
negara
|
Peserta didik mampu menyebutkan contoh globalisasi kegiatan
antar negara
|
29
|
|
|
|
Dampak positif/negatif
globalisi
terhadap masyarakat
|
Peserta didik mampu mengidentifikasi dampak positif/negatif globalisi
terhadap masyarakat.
|
30
|
|
|
|
Tantangan masyarakat terhadap globalisi
|
Peserta didik mampu menyebutkan tantangan masyarakat terhadap gejala globalisi
|
31
|
|
|
|
Sikap masyarakat
menghadapi pengaruh negatip dari luar di era globalisasi
|
Peserta didik mampu menyebutkan sikap masyarakat menghadapi pengaruh negatip dari luar di
era globalisasi
|
32
|
|
|
|
Sikap masyarakat
menghadapi pengaruh possitip dari luar di
era globalisasi
|
Peserta didik mampu menyebutkan sikap masyarakat menghadapi pengaruh positip dari luar di
era globalisasi
|
33
|
|
|
|
|
Peserta didik
mampu menyebutkan contoh perubahan sosial budaya secara mendunia
(menggelobal)
|
27
|
|
|
|
Ciri-ciri
globalisasi
|
Disajikan daftar peristiwa yang mendunia peserta didik
mampumengidentifikasi ciri-ciri
globalisasi
|
28
|
|
|
|
Contoh globalisasi kegiatan antar
negara
|
Peserta didik mampu menyebutkan contoh globalisasi kegiatan
antar negara
|
29
|
|
|
|
Dampak positif/negatif
globalisi
terhadap masyarakat
|
Peserta didik mampu mengidentifikasi dampak positif/negatif globalisi
terhadap masyarakat.
|
30
|
|
|
|
Tantangan masyarakat terhadap globalisi
|
Peserta didik mampu menyebutkan tantangan masyarakat terhadap gejala globalisi
|
31
|
|
|
|
Sikap masyarakat
menghadapi pengaruh negatip dari luar di era globalisasi
|
Peserta didik mampu menyebutkan sikap masyarakat menghadapi pengaruh negatip dari luar di
era globalisasi
|
32
|
|
|
|
Sikap masyarakat
menghadapi pengaruh possitip dari luar di
era globalisasi
|
Peserta didik mampu menyebutkan sikap masyarakat menghadapi pengaruh positip dari luar di
era globalisasi
|
33
|
5.
|
7. Memahami perubahan pemerintahan dan kerjasama
internasional
|
7.4.
Mendeskripsikan kerjasama antar negara di bidang Ekonomi.
|
Tujuan kerjasama Ekonomi antar negara.
|
Disajikan daftar tujuan kerja sama internasional,
peserta didik dapat menentukan tujuan kerjasama Ekonomi antar negara.
|
34
|
|
|
|
Para pelaku kerjasama Ekonomi antar negara.
|
Disajikan tabel lembaga-lembaga pemerintah/swasta,
peserta didik dapat mengidentifikasi fihak-fihak yang terlibat dalam kegiatan
kerjasama ekonomi antar negara.
|
35
|
|
|
|
Perbedaan kerjasama regional dan multilateral
|
Peserta didik dapat membedakan perbedaan kerjasama
regional dan multilateral
|
36
|
|
|
|
Upaya menjaga kelangsungan kerjasama ekonomi antar
negara
|
Peserta didik dapat menjelaskan upaya yang perlu
dilakukan pemerintah Indonesia
guna menjaga kelangsungan
kerjasama ekonomi antarnegara
|
37
|
|
|
|
Faktor – faktor penyebab terjadinya kerjasama Ekonomi
antar negara
|
Disajikan daftar penyebab kerjasama internasional,
peserta didik dapat menunjukkan faktor penyebab terjadinya kerjasama Ekonomi
antar negara
|
38
|
|
|
|
Bentuk – bentuk kerjasama antar negara.
|
Peserta didik dapat menjelaskan arti kerja sama ekonomi
bilateral/regional/multilateral
|
39
|
|
|
|
Hambatan – hambatan kerjasama Ekonomi Internasional.
|
Disajikan daftar hambatan kerjasama internasional,
peserta didik dapat mengidentifikasi hambatan kerjasama antar negara di
bidang ekonomi
|
40
|
|
|
|
Hambatan kerjasama ekonomi antar negara karena faktor
alam/ulah manusia
|
Mengidentifikasi hambatan kerjasama ekonomi antar
negara karena faktor alam/ulah manusia
|
41
|
|
|
|
Contoh kerjasama regional/bilateral
|
Disajikan ilustrasi contoh kerjasama bilateral/regional
/multilateral, peserta didik dapat menentukan bentuk kerjasama bilateral/regional /multilateral
|
42
|
|
|
|
Kerjasama regional, bilateral dan multilateral
|
Disajikan tabel organisasi ekonomi internasional,
peserta didik dapat menentukan organisasi internasional bidang ekonomi yang
bersifat regional/bilateral/multilateral
|
43
|
|
|
|
Badan – badan kerjasama Ekonomi dunia yang penting bagi
Indonesia
|
Disajikan tabel organisasi ekonomi dunia, peserta didik
dapat menentukan organisasi ekonomi dunia yang penting bagi Indonesia
|
44
|
|
|
|
Organisasi dunia yang menangani bidang tertentu
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi organisasi dunia
yang menangani bidang perburuhan/keuangan/perdagangan /pendidikan
|
45
|
|
|
|
Lambang organisasi dunia
|
Disajikan gambar lambang salah satu organisasi
internasional, peserta didik dapat menentukan organisasi internasional dari
lambang tersebut
|
46
|
|
|
7.5,Mengidentifikasi danpak kerjasama antar Negara
terhadap perkembangan Indonesia.
|
Dampak positif/negatif pengiriman jasa tenaga kerja ke
luar negeri
|
Peserta didik dapat menjelaskan dampak
positif/negatif pengiriman tenaga
kerja Indonesia ke luar negeri
|
47
|
|
|
|
Dampak negatif kerjasama ekonomi antar negara
|
Disajikan daftar dampak negatif akibat globalisasi
ekonomi, peserta didik dapat menentukan dampak negatif globalisasi ekonomi
bagi generasi muda Indonesia
|
48
|
|
|
|
Upaya menghindari dampak negatif kerjasama ekonomi
antar negara
|
Peserta didik dapat menjelaskan upaya yang perlu
dilakukan oleh pemerintah guna meminimalisir dampak negatif kerjasama ekonomi
antar negara
|
49
|
|
|
|
Dampak positif penanaman modal asing bagi perekonomian
Indonesia
|
Peserta didik dapat menjelaskan dampak positif
penanaman modal asing bagi perekonomian Indonesia
|
50
|
No comments:
Post a Comment