KISI-KISI UJIAN SEKOLAH SMP
Jenis
Sekolah : SMP
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)-BIOLOGI
Alokasi
Waktu : 120 menit
Jumlah
Soal : 40 Butir
Bentuk Soal : Pilihan Ganda
Tahun Ajaran : 2014-2015
No
|
Kompetensi
|
Indikator SKL
|
Indikator Soal
|
No. Soal
|
9
|
Mendeskripsikan pemakaian bahan
kimia tertentu dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Mendeskripsikan bahan kimia
tertentu yang terdapat dalam beberapa produk kimia.
|
Disajikan pernyataan/data
tentang bahan kimia sintetis tertentu yang ditambahkan pada makanan, siswa
mampu menentukan jenis bahan kimia yang termasuk pemanis/pewarna/penyedap
rasa/pengawet sintetis.
|
22
|
|
|
Mendeskripsikan bahan kimia
adiktif dan obat psikotropika serta
cara menghindarinya.
|
Siswa dapat menjelaskan
pengaruh psikis/fisik/fisiologis akibat mengkonsumsi obat psikotropika
|
23
|
10
|
Menerapkan konsep zat dan kalor
serta kegunaannya dalam
kehidupan sehari-hari.
|
Mengidentifikasi ciri-ciri
makhluk hidup.
|
Disajikan gambar /pernyataan
siswa dapat menentukan bentuk ciri makhluk hidup berdasar gambar/pernyataan tersebut
|
24
|
|
|
Mengelompokkan makhluk hidup
berdasarkan ciri-
cirinya.
|
Disajikan
data/tabel/gambar makhluk hidup
beserta ciri-ciri yang dimilikinya, siswa dapat mengelompokkan makhluk hidup
tersebut berdasar ciri yang dimilikinya
|
25
|
11
|
Mendeskripsikan komponen
ekosistem, interaksi
antarmakhluk
hidup dalam lingkungan, serta
peran
manusia dalam pengelolaan
lingkungan.
|
Menjelaskan interaksi antar
makhluk hidup dalam ekosistem.
|
Disajikan
gambar/pernyataan/contoh simbiosis, siswa dapat menentukan bentuk simbiosis
tertentu.
|
26
|
|
|
Menjelaskan
usaha manusia untuk mengatasi pencemaran/kerusakan lingkungan.
|
Disajikan kasus/ pernyataan/gambar
tentang pencemaran/kerusakan lingkungan, siswa dapat memberi contoh usaha
yang harus dilakukan untuk mengatasi pencemaran/kerusakan lingkungan tersebut
|
27
|
|
|
Menjelaskan hubungan antara
kepadatan populasi manusia dengan kualitas lingkungan berdasarkan hasil
pengamatan/kasus.
|
Disajikan
kasus/data/pernyataan tentang hubungan antara kepadatan populasi manusia
dengan kualitas lingkungan, siswa dapat memprediksi pengaruh akibat peningkatan
jumlah populasi manusia dengan kualitas lingkungan udara/air/tanah.
|
28
|
12
|
Menjelaskan sistem organ pada
manusia.
|
Menjelaskan sistem gerak pada
manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya.
|
Disajikan gambar salah satu
persendian, siswa dapat menentukan arah gerakan tulang yang dihasilkan oleh persendian
tersebut.
|
29
|
|
|
Menjelaskan sistem pencernaan
manusia dan enzim-enzim yang berperan pada proses pencernaan.
|
Disajikan gambar sistem
pencernaan, siswa dapat menentukan peran enzim yang dihasilkan oleh salah
satu organ yang ditunjuk.
|
30
|
|
|
Menjelaskan sistem pernapasan
pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya.
|
Disajikan gambar sistem
pernafasan, siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi pada salah satu bagian organ yang ditunjuk
|
31
|
|
|
Menjelaskan sistem peredaran
darah pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya.
|
Siswa dapat menjelaskan
proses pembekuan darah melalui bagan.
|
32
|
|
|
Menjelaskan sistem ekskresi dan
reproduksi pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya.
|
Disajikan gambar penampang
membujur ginjal/nefron, siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi pada
bagian yang ditunjuk
|
33
|
|
|
Menjelaskan sistem saraf dan
alat indera pada manusia.
|
Disajikan gambar salah satu
alat indera, siswa dapat menjelaskan fungsi bagian yang ditunjuk.
|
34
|
13
|
Menjelaskan sistem organ dalam
kehidupan tumbuhan
|
Menjelaskan struktur dan fungsi
jaringan (organ) pada tumbuhan.
|
Disajikan beberapa pernyataan
yang berhubungan dengan jaringan, siswa dapat menentukan salah satu jenis
jaringan tumbuhan yang sesuai dengan pernyataan.
|
35
|
|
|
Menjelaskan cara beradaptasi
(respon) tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar.
|
Siswa dapat memberikan contoh
bentuk respon tumbuhan tingkat rendah akibat pengaruh rangsang tertentu
|
36
|
|
|
Menjelaskan proses fotosintesis
melalui percobaan-percobaan tentang proses tersebut.
|
Disajikan pernyataan/gambar
tentang tahapan percobaan fotosintesis (utamakan percobaan Sachs), siswa
dapat menjelaskan tujuan dari salah satu tahapan percobaan tersebut.
|
37
|
14
|
Mengaplikasikan konsep
pertumbuhan dan perkembangan,
kelangsungan hidup dan
pewarisan
sifat pada organisme serta
kaitannya
dengan lingkungan, teknologi
dan
masyarakat.
|
Memberi contoh adaptasi makhluk
hidup dan seleksi alam dalam kelangsungan hidup makhluk hidup.
|
Siswa dapat memberi contoh
salah satu bentuk adaptasi makhluk hidup/siswa dapat menjelaskan faktor-faktor
yang mempengaruhi seleksi alam
|
38
|
|
|
Menginterpretasi proses
persilangan berdasarkan hukum Mendel.
|
Disajikan pernyataan/data
tentang persilangan monohibrid/dihibrid, siswa dapat menentukan perbandingan/
persentase/ jumlah individu berfenotip tertentu pada F2 dari hasil
persilangan F1
|
39
|
|
|
Menjelaskan pemanfaatan
bioteknologi untuk kehidupan manusia.
|
Siswa dapat menjelaskan
manfaat dari salah satu produk bioteknologi modern.
|
40
|
SUPRIYONO, M.Pd.
makasih atas postnya gan,sangat membantu.kalau boleh tahu,dapat kisi-kisinya dari web apa ya?mau download utk ujian soalnya,,..
ReplyDeleteOk...www.simdik.info...
Delete