Powered By Blogger

Monday, 2 March 2015

KISI-KISI PENULISAN SOAL ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) BIOLOGI UJIAN SEKOLAH KELAS IX TAHUN AJARAN 2014-2015

KISI-KISI UJIAN SEKOLAH SMP
Jenis Sekolah       : SMP
Mata Pelajaran     : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)-BIOLOGI
Alokasi Waktu     : 120 menit
Jumlah Soal         : 40 Butir
Bentuk Soal         : Pilihan Ganda
Tahun Ajaran       : 2014-2015


No
Kompetensi
Indikator SKL
Indikator Soal
No. Soal
9
Mendeskripsikan pemakaian bahan
kimia tertentu dalam kehidupan
sehari-hari.
Mendeskripsikan bahan kimia tertentu yang terdapat dalam beberapa produk kimia.
Disajikan pernyataan/data tentang bahan kimia sintetis tertentu yang ditambahkan pada makanan, siswa mampu menentukan jenis bahan kimia yang termasuk pemanis/pewarna/penyedap rasa/pengawet sintetis.
22


Mendeskripsikan bahan kimia adiktif  dan obat psikotropika serta cara menghindarinya.
Siswa dapat menjelaskan pengaruh psikis/fisik/fisiologis akibat mengkonsumsi obat psikotropika
23
10
Menerapkan konsep zat dan kalor
serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
Disajikan gambar /pernyataan siswa dapat menentukan bentuk ciri makhluk hidup berdasar gambar/pernyataan tersebut
24


Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri-
cirinya.
Disajikan data/tabel/gambar  makhluk hidup beserta ciri-ciri yang dimilikinya, siswa dapat mengelompokkan makhluk hidup tersebut berdasar ciri yang dimilikinya
25
11
Mendeskripsikan komponen
ekosistem, interaksi antarmakhluk
hidup dalam lingkungan, serta peran
manusia dalam pengelolaan
lingkungan.
Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem.
Disajikan gambar/pernyataan/contoh simbiosis, siswa dapat menentukan bentuk simbiosis tertentu.
26


Menjelaskan usaha manusia untuk mengatasi pencemaran/kerusakan lingkungan.
Disajikan kasus/ pernyataan/gambar tentang pencemaran/kerusakan lingkungan, siswa dapat memberi contoh usaha yang harus dilakukan untuk mengatasi pencemaran/kerusakan lingkungan tersebut
27


Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan kualitas lingkungan berdasarkan hasil pengamatan/kasus.
Disajikan kasus/data/pernyataan tentang hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan kualitas lingkungan, siswa dapat memprediksi pengaruh akibat peningkatan jumlah populasi manusia dengan kualitas lingkungan udara/air/tanah.
28
12
Menjelaskan sistem organ pada
manusia.
Menjelaskan sistem gerak pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya.
Disajikan gambar salah satu persendian, siswa dapat menentukan arah gerakan tulang yang dihasilkan oleh persendian tersebut.
29


Menjelaskan sistem pencernaan manusia dan enzim-enzim yang berperan pada proses pencernaan.
Disajikan gambar sistem pencernaan, siswa dapat menentukan peran enzim yang dihasilkan oleh salah satu organ yang ditunjuk.   
30


Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya.
Disajikan gambar sistem pernafasan, siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi  pada salah satu bagian organ yang ditunjuk
31


Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya.
Siswa dapat menjelaskan proses pembekuan darah melalui bagan.
32


Menjelaskan sistem ekskresi dan reproduksi pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya.
Disajikan gambar penampang membujur ginjal/nefron, siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi pada bagian yang ditunjuk
33


Menjelaskan sistem saraf dan alat indera pada manusia.
Disajikan gambar salah satu alat indera, siswa dapat menjelaskan fungsi bagian yang ditunjuk.
34
13
Menjelaskan sistem organ dalam
kehidupan tumbuhan
Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan (organ) pada tumbuhan.
Disajikan beberapa pernyataan yang berhubungan dengan jaringan, siswa dapat menentukan salah satu jenis jaringan tumbuhan yang sesuai dengan pernyataan.
35


Menjelaskan cara beradaptasi (respon) tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar.
Siswa dapat memberikan contoh bentuk respon tumbuhan tingkat rendah akibat pengaruh rangsang tertentu
36


Menjelaskan proses fotosintesis melalui percobaan-percobaan tentang proses tersebut.
Disajikan pernyataan/gambar tentang tahapan percobaan fotosintesis (utamakan percobaan Sachs), siswa dapat menjelaskan tujuan dari salah satu tahapan percobaan tersebut.
37
14
Mengaplikasikan konsep
pertumbuhan dan perkembangan,
kelangsungan hidup dan pewarisan
sifat pada organisme serta kaitannya
dengan lingkungan, teknologi dan
masyarakat.
Memberi contoh adaptasi makhluk hidup dan seleksi alam dalam kelangsungan hidup makhluk hidup.
Siswa dapat memberi contoh salah satu bentuk adaptasi makhluk hidup/siswa dapat menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi seleksi alam
38


Menginterpretasi proses persilangan berdasarkan hukum Mendel.
Disajikan pernyataan/data tentang persilangan monohibrid/dihibrid, siswa dapat menentukan perbandingan/ persentase/ jumlah individu berfenotip tertentu pada F2 dari hasil persilangan F1
39


Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia.
Siswa dapat menjelaskan manfaat dari salah satu produk bioteknologi modern.
40

















SUPRIYONO, M.Pd.

2 comments:

  1. makasih atas postnya gan,sangat membantu.kalau boleh tahu,dapat kisi-kisinya dari web apa ya?mau download utk ujian soalnya,,..

    ReplyDelete