KISI–KISI PENULISAN SOAL UJIAN
SEKOLAH
TAHUN PELAJARAN 2014-2015
JENIS SEKOLAH :
SMP
ALOKASI
WAKTU : 90 MENIT
MATA PELAJARAN : PKn JUMLAH SOAL :
50
KURIKULUM ACUAN : KTSP BENTUK SOAl : Pilihan Ganda
No
Urut
|
Standar Kompetensi Lulusan (
SKL )
|
Kompetensi yang diuji
|
Materi
|
IIndikator
|
No.
Soal
|
1
|
2
|
3
|
5
|
6
|
7
|
1
|
Memahami dan menun jukkan sikap positip terhadap
norma-norma kebiasaan , adat isti adat dan peraturan, dalam kehidupan ber
bangsa dan bernegara
|
Sikap positip terhadap norma-norma dan
peraturan.
|
Pengertian norma
|
Peserta didik dapat
menjelaskan pengertian norma
|
1
|
|
|
|
Pentingnya hukum
bagi warganegara
|
Pserta didik dapat
menjelaskan pentingnya hukum bagi warganegara
|
2
|
|
|
|
Norma hukum
|
Disajikan gambar perilaku norma hukum, peserta didik dapat menentukan norma yang sesuai gambar tersebut
|
3
|
2
|
Menjelaskan makna proklamasi kemerdeka an
Republik Indonesia sesuai dengan suasana kebatinan konstitusi pertama
|
Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia.
|
Arti penting proklamasi bagi bangsa Indonesia
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan tiga arti penting
proklamasi bagi bangsa Indonesia
|
4
|
|
|
|
Hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan hasil sidang
PPKI tanggal 18 Agustus 1945
|
5
|
|
|
|
Sikap
positif terhadap makna proklamasi
|
Disajikan
pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang
menunjukkan sikap positif terhadap
makna proklamasi
|
6
|
3.
|
Menampilkan sikap positip terhadap perlindungan
dan penegakkan HAM
|
Perlindungan dan penegakkan HAM
|
Latar belakang lahirnya perundangan HAM
|
Disajikan
pernyataan, peserta didik dapat menentukan
latar belakang
lahirnya perundangan HAM
|
7
|
|
|
|
Pelanggaran HAM
Berat sesuai UU RI Nomor 39
Tahun 1999
|
Peserta
didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan contoh pelanggaran
HAM yang berat sesuai UURI Nomor 39 Tahun 1999
|
8
|
4.
|
Menghargai perbedaan dan kemerdekaan
mengeluarkan pendapat dengan bertanggungjawab
|
Kemerdekaan me ngeluarkan penda pat dengan ber
tanggungjawab
|
Pasal 28
UUD Negara RI Tahun 1945
|
Disajikan gambar
menyampaikan pendapat di muka umum, peserta didik dapat
menentukan pasal
dalam UUD 1945 yang sesuai gambar tersebut
|
9
|
|
|
|
Kemerdekaan mengeluarkan pandapat
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menjelaskan
3 akibat mengeluarkan pendapat yang dilakukan tanpa batas dan tidak
bertanggungjawab
|
10
|
5
|
Menampilkan perilaku yang baik sesuai dengan
nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945
|
Perilaku yang baik sesuai dengan nilai-nilai
Pancasila dan UUD 1945
|
Pancasila sebagai
dasar negara
|
Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang mrnunjukan alasan Pancasila dijadikan sebagai dasar negara
Republik Indonesia
|
11
|
|
|
|
Nilai Pancasila
|
Disajikan gambar upacara bendera, peserta didik dapat menentukan sila Pancasila yang sesuai gambar tersebut
|
12
|
|
|
|
Nilai nilai Pancasila
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan 3 nilai Pancasila sila
kedua
|
13
|
|
|
|
Sikap positif terhadap Pancasila
|
Disajikan wacana. peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan perbuatan pelaksanaan sila
Pancasila dalam kehidupan masyarakat
|
14
|
|
|
|
Konstitusi Negara RI
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan
3 konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia
|
15
|
|
|
|
Konstitusi Negara RI
|
Disajikan pernyataan , peserta didik dapat menunjukkan
ciri-ciri pemerintahan Presidensil
|
16
|
|
|
|
Penyimpangan
terhadap UUD 1945 pada masa berklakunya UUD RIS 1949, UUDS 1950
|
Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat menentukan penyimpangan terhadap UUD 1945 yang terjadi pada masa berlakunya
konstitusi
|
17
|
|
|
|
Isi Dekrit Presiden
|
Disajikan Pernyataan. Peserta didik dapat menentukan isi dekrit
Presiden 5 Juli 1959
|
18
|
6
|
Menunjukkan sikap positip terhadap
kehidupan demokrasi dan kedaulatan rakyat
|
Kehidupan demokrasi dan kedaulatan rakyat
|
Tuntutan adanya
reformasi tahun 1998
|
Disajikan Pernyataan. peserta didik dapat menentukan tuntutan adanya
reformasi tahun 1998
|
19
|
|
|
|
Hasil-hasil
amandemen UUD 1945
|
Peserta didik dapat menetukan salah
satu hasil amandemen UUD 1945
|
20
|
|
|
|
Tata urutan
perundang-undangan menurut UU nomor 12 tahun 2011
|
Disajikan Pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pilihan
pernyataan yang Tata urutan
perundang-undangan yang benar menurut UU nomor 12 tahun 2011
|
21
|
|
|
|
Kesadaran hukum
|
Disajikan wacana. Peserta didik dapat menganalisis ketaatan terhadap
peraturan
|
22
|
|
|
|
Perundang-undangan nasional
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan 3 alasan mengapa korupsi perlu diberantas
|
23
|
|
|
|
Contoh sikap demokratis dalam musyawarah
|
peserta didik dapat menjelaskan 3 contoh sikap demokratis dalam musyawarah
|
24
|
|
|
|
Lembaga Negara RI
|
Disajikan data, peserta didik dapat menentukan lembaga Negara RI
yang diatur dalam UUD Negara RI Tahun 1945 hasil amandemen
|
25
|
7
|
Menampilkan partisipasi dalam usaha pembelaan
negara
|
Pembelaan negara
|
Pengertian warga Negara menurut UU No 12 Tahun 2006
|
Peserta didik
dapat menentukan pernyataan yang menunjukkan pengertian warga Negara menurut UU No 12 Tahun 2006
|
26
|
|
|
|
Pentingnya bela negara
|
Disajikan pernyataan , Peserta didik dapat menentukan pentingnya membela negara Indonesia
|
27
|
|
|
|
Bentuk-bentuk usaha pembelaan negara
|
Disajikan pernyataan Peserta
didik dapat menntukan contoh bentuk usaha pembelaan negara
|
28
|
|
|
|
Pasal 27 ayat 3 UUD 1945
|
Disajikan gambar membela
negara,
peserta didik dapat menunjukkan pasal
dalam UUD 1945 yang sesuai gambar tersebut
|
29
|
|
|
|
Komponen pertahanan negara
|
Disajikan gambar TNI dan POLRI, peserta didik dapat
menunjukkan komponen pertahanan negara dari gambar tersebut
|
30
|
|
|
|
Sikap terhadap NKRI
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat
menunjukkan sikap yang perlu dilakukan terhadap pihak-pihak yang ingin
menghancurkan negara Kesatuan Republik Indonesia
|
31
|
|
|
|
Setia pada bangsa
dan negara
|
Peserta didik dapat menunjukkan contoh sikap waega negara yang setia
terhadap bangsa dan negara
|
32
|
8
|
Menjelaskan makna otonomi daerah, dan
hubungannya antara pemerintah pusat dan daerah.
|
Otonomi daerah
|
Hakekat otonomi
daerah
|
Peserta didik
dapat menjelaskan hakekat otonomi daerah
|
33
|
|
|
|
Azas otonomi daerah
|
Disajikan
pernyataan. Peserta didik dapat menentukan azas otonomi daerah.
|
34
|
|
|
|
Syarat-syarat
pemekaran daerah otonom
|
Dissajikan
pernyataan. Peserta didik dapat menentukan syarat-syarat pemekaran
daerah otonomi
|
35
|
|
|
|
Kewenangan pemerintah pusat dalam otonomi daerah
|
Disajikan tabel , peserta didik dapat menentukan tiga kewenangan pemerintah pusat
dalam otonomi daerah
|
36
|
|
|
|
Fungsi DPRD
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan fungsi DPRD
|
37
|
|
|
|
Pentingnya
partisipasi masyarakat dalam merumuskan kebijakan publik di daerah
|
Peserta didik dapat
menjelaskan pentingnya partisipasi
masyarakat dalam merumuskan kebijakan publik di daerah
|
38
|
|
|
|
Partisipasi masyarakat dalam era otonomi
|
Peserta didik dapat
menjelaskan peran rakyat dalam mengawasi jalannya pemerintahan
|
39
|
9
|
Menunjukkan sikap kritis dan apresiatif terhadap
dampak globalisasi
|
Dampak Globalisasi
|
Faktor-faktor pendorong
globalisasi
|
Disajikan empat gambar, peserta didik dapat menentukan dua faktor pendorong globalisasi
|
40
|
|
|
|
Pentingnya globalisasi bagi Indonesia
a.
|
Disajikan
pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pentingnya globalisasi bagi bangsa
Indonesia
|
41
|
|
|
|
Pengertian
politik luar negeri bebas aktif
|
Peserta didik dapat
menjelaskan pengertian politik bebas aktif
|
42
|
|
|
|
Peranan
Indonesia dalam percaturan
Internasional.
|
Peserta didik dapat
mennetukan contoh bangsa Indonesia berperan aktif dalam percaturan
internasional
|
43
|
|
|
|
Dampak negatif
globalisasi
|
Disajikan pernyataan, peserta
didik dapat menentukan tiga dampak negatif globalisasi dalam kehidupan
masyarakat Indonesia
|
44
|
|
|
|
Skap terhadap dampak globalisasi
|
Peserta didik dapat menentukan sikap yang perlu dikembangkan agar
bangsa Indonesia tetap kokoh, tidak terombang-ambing perubahan globalisasi
|
45
|
10
|
Memahami prestasi diri untuk berprestasi sesuai dengan
kemampuannya.
|
Prestasi diri
.
|
Ciri-ciri
manusia unggul
|
Disajikan pernyataan. peserta didik dapat menentukan pernyataan yang
termasuk ciri manusia unggul
|
46
|
|
|
|
Siap menghadapi tantangan global.
|
Peserta didik
dapat menjelaskan pentingnya prestasi diri berkaitan dengan upaya menghadapai
tantangan global
|
47
|
|
|
|
Kelebihan manusia
dibandingkan dengan mahluk yang lainnya
|
Peserta didik
dapat menjelaskan bukti manusia memiliki kelebihan
dibandingkan dengan mahluk yang lainnya
|
48
|
|
|
|
|
Disajikan 4 gambar WNI yang berprestasi, peserta didik dapat menunjukan 2 WNI yang berprestasi di tingkat dunia
|
49
|
|
|
|
Mewujudkan prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa
|
Peserta didik dapat
menentukan contoh sikap positif yang diperlukan dalam mewujudkan prestasi
diri
|
50
|
No comments:
Post a Comment