Powered By Blogger

Monday, 2 March 2015

KISI–KISI PENULISAN SOAL PKn UJIAN SEKOLAH KELAS IX TAHUN PELAJARAN 2014-2015


KISI–KISI  PENULISAN SOAL UJIAN SEKOLAH

TAHUN PELAJARAN 2014-2015


JENIS SEKOLAH                    :  SMP                                                                                                    ALOKASI WAKTU          : 90  MENIT   
MATA PELAJARAN               :  PKn                                                                                                    JUMLAH SOAL            : 50
KURIKULUM ACUAN           :  KTSP                                                                                                              BENTUK SOAl    :  Pilihan Ganda

No
Urut
Standar Kompetensi Lulusan ( SKL )

Kompetensi yang diuji

Materi
IIndikator
No.
Soal
1
2
3
5
6
7
1


Memahami dan menun jukkan sikap positip terhadap norma-norma kebiasaan , adat isti adat dan peraturan, dalam kehidupan ber bangsa dan bernegara
Sikap positip terhadap norma-norma dan peraturan.
Pengertian norma
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian  norma
1





Pentingnya hukum bagi warganegara
Pserta didik dapat menjelaskan pentingnya hukum bagi warganegara
2





Norma hukum
Disajikan gambar perilaku norma hukum, peserta didik dapat menentukan norma yang sesuai gambar tersebut
3

2
Menjelaskan makna proklamasi kemerdeka an Republik Indonesia sesuai dengan suasana kebatinan konstitusi pertama
Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia.
Arti penting proklamasi bagi bangsa Indonesia
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan tiga arti penting proklamasi bagi bangsa Indonesia
4



Hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945
Disajikan pernyataan,  peserta didik dapat menentukan hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945
5



Sikap positif  terhadap makna proklamasi

Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan sikap positif  terhadap makna proklamasi


6
3.



Menampilkan sikap positip terhadap perlindungan dan penegakkan HAM
Perlindungan dan penegakkan HAM
Latar belakang lahirnya perundangan HAM

Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan  latar belakang lahirnya perundangan HAM
7



Pelanggaran HAM Berat sesuai UU RI Nomor 39 Tahun 1999
Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan contoh  pelanggaran HAM yang berat sesuai UURI Nomor 39 Tahun 1999

8
4.
Menghargai perbedaan dan kemerdekaan mengeluarkan pendapat dengan bertanggungjawab
Kemerdekaan me ngeluarkan penda pat dengan ber tanggungjawab
Pasal  28 UUD Negara RI Tahun 1945
Disajikan gambar  menyampaikan pendapat di muka umum, peserta didik dapat menentukan pasal dalam UUD 1945  yang sesuai gambar tersebut
9



 Kemerdekaan mengeluarkan pandapat
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menjelaskan 3 akibat mengeluarkan pendapat yang dilakukan tanpa batas dan tidak bertanggungjawab

10
5
Menampilkan perilaku yang baik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945
Perilaku yang baik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945
Pancasila sebagai dasar negara
Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang mrnunjukan alasan Pancasila dijadikan sebagai dasar negara Republik Indonesia
11




Nilai Pancasila
Disajikan gambar upacara bendera,   peserta didik dapat menentukan sila Pancasila   yang sesuai gambar tersebut
12



Nilai nilai Pancasila
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan 3 nilai Pancasila sila kedua

13




Sikap positif terhadap Pancasila
Disajikan wacana. peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan perbuatan pelaksanaan sila Pancasila dalam kehidupan masyarakat
14




Konstitusi Negara RI
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan 3 konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia

15



Konstitusi Negara RI
Disajikan pernyataan , peserta didik dapat menunjukkan ciri-ciri pemerintahan Presidensil

16



Penyimpangan terhadap UUD 1945 pada masa berklakunya UUD RIS 1949, UUDS 1950
Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat menentukan penyimpangan terhadap UUD 1945 yang terjadi pada masa berlakunya konstitusi

17




Isi Dekrit Presiden
Disajikan Pernyataan. Peserta didik dapat menentukan isi dekrit Presiden 5 Juli 1959

18
6
Menunjukkan sikap positip  terhadap  kehidupan demokrasi dan kedaulatan rakyat
Kehidupan demokrasi dan kedaulatan rakyat
Tuntutan adanya reformasi tahun 1998
Disajikan Pernyataan. peserta didik dapat menentukan tuntutan adanya reformasi tahun 1998
19



Hasil-hasil amandemen UUD 1945
Peserta didik dapat menetukan salah satu hasil amandemen UUD 1945
20




Tata urutan perundang-undangan menurut UU nomor 12 tahun 2011
Disajikan Pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang Tata urutan perundang-undangan yang benar menurut UU nomor 12 tahun 2011

21



Kesadaran hukum
Disajikan wacana. Peserta didik dapat menganalisis ketaatan terhadap peraturan

22



Perundang-undangan nasional
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan 3 alasan mengapa korupsi perlu diberantas

23



Contoh sikap demokratis dalam musyawarah
peserta didik dapat menjelaskan 3 contoh sikap demokratis dalam musyawarah

24



Lembaga Negara RI

Disajikan data, peserta didik dapat menentukan lembaga Negara  RI  yang diatur dalam UUD Negara RI Tahun 1945 hasil amandemen

25

7
Menampilkan partisipasi dalam usaha pembelaan negara
Pembelaan negara
Pengertian warga Negara menurut UU No 12 Tahun 2006
Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang menunjukkan pengertian warga Negara menurut UU No 12 Tahun 2006

26



Pentingnya bela negara
 Disajikan pernyataan , Peserta didik dapat menentukan   pentingnya membela negara Indonesia

27




Bentuk-bentuk usaha pembelaan negara
Disajikan pernyataan Peserta didik dapat menntukan contoh bentuk usaha pembelaan negara

28




Pasal 27 ayat 3 UUD 1945
Disajikan gambar  membela negara, peserta didik dapat menunjukkan pasal dalam UUD 1945  yang sesuai gambar tersebut

29



Komponen pertahanan negara
Disajikan gambar TNI dan POLRI, peserta didik dapat menunjukkan komponen pertahanan negara dari gambar tersebut

30





Sikap terhadap NKRI
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan sikap yang perlu dilakukan terhadap pihak-pihak yang ingin menghancurkan negara Kesatuan Republik Indonesia

31



Setia pada bangsa dan negara
Peserta didik dapat menunjukkan  contoh sikap waega negara yang setia terhadap bangsa dan negara

32
8
Menjelaskan makna otonomi daerah, dan hubungannya antara pemerintah pusat dan daerah.

Otonomi daerah
Hakekat otonomi daerah
Peserta didik dapat menjelaskan hakekat otonomi daerah
33



Azas otonomi daerah
Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat menentukan azas otonomi daerah.

34



Syarat-syarat pemekaran daerah otonom
Dissajikan pernyataan. Peserta didik dapat menentukan syarat-syarat pemekaran daerah otonomi 

35



Kewenangan pemerintah pusat dalam otonomi daerah

Disajikan tabel , peserta didik dapat menentukan tiga kewenangan pemerintah pusat dalam otonomi daerah
36



Fungsi   DPRD
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat   menentukan fungsi DPRD

37



Pentingnya partisipasi masyarakat dalam merumuskan kebijakan publik di daerah
Peserta didik dapat menjelaskan pentingnya partisipasi masyarakat dalam merumuskan kebijakan publik di daerah
38



Partisipasi masyarakat dalam era otonomi
Peserta didik dapat menjelaskan peran rakyat dalam mengawasi  jalannya pemerintahan
39
9
Menunjukkan sikap kritis dan apresiatif terhadap dampak globalisasi
Dampak Globalisasi
Faktor-faktor pendorong globalisasi

Disajikan empat gambar, peserta didik dapat menentukan dua  faktor pendorong globalisasi


40





Pentingnya globalisasi bagi Indonesia
a.        
Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pentingnya globalisasi bagi bangsa Indonesia
41




Pengertian politik luar negeri bebas aktif
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian politik bebas aktif
42



Peranan Indonesia dalam percaturan Internasional.
Peserta didik dapat mennetukan contoh bangsa Indonesia berperan aktif dalam percaturan internasional
43



Dampak negatif globalisasi
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan tiga  dampak negatif globalisasi dalam kehidupan masyarakat Indonesia

44



Skap terhadap dampak globalisasi
Peserta didik dapat menentukan sikap yang perlu dikembangkan agar bangsa Indonesia tetap kokoh, tidak terombang-ambing perubahan globalisasi

45
10
Memahami prestasi diri  untuk berprestasi sesuai dengan kemampuannya.
Prestasi diri  .
Ciri-ciri manusia unggul
Disajikan pernyataan. peserta didik dapat menentukan pernyataan yang termasuk ciri manusia unggul
46



Siap menghadapi tantangan global.

Peserta didik dapat menjelaskan pentingnya prestasi diri berkaitan dengan upaya menghadapai tantangan global 

47




Kelebihan manusia dibandingkan dengan mahluk yang lainnya
Peserta didik dapat menjelaskan bukti manusia memiliki kelebihan dibandingkan dengan mahluk yang lainnya

48




Disajikan 4 gambar WNI yang berprestasi,  peserta didik dapat menunjukan 2 WNI  yang berprestasi  di tingkat dunia

49



Mewujudkan prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa
Peserta didik dapat menentukan contoh sikap positif yang diperlukan dalam mewujudkan prestasi diri
50






No comments:

Post a Comment