Powered By Blogger

Monday, 2 March 2015

PANDUAN UJIAN PRAKTIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA MATA PELAJARAN TATA BOGA TAHUN PELAJARAN 2014-2015



PANDUAN UJIAN PRAKTIK
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA




MATA PELAJARAN
TATA BOGA




TAHUN PELAJARAN 2014-2015







PEDOMAN UJIAN PRAKTIK TATA BOGA
Tahun Pelajaran 2014-2015


Satuan Pendidikan   : SMP
Mata Pelajaran         : Tata Boga
Alokasi Waktu         : 120 Menit
Bentuk Soal              :  Praktik
No
SK / KD
MATERI PEMBELAJARAN
KELAS
INDIKATOR SOAL
SOAL PRAKTIK
NO SOAL
1
2.      Memahami dan menerapkan pengetahuan barang dapur dan lenan meja makan.
2.3    Membentuk lenan meja makan.
Macam-macam Lipatan serbet makan.
VII/1
Peserta didik dapat membuat berbagai macam lipatan serbet makan.
Praktikanlah 5 macam bentuk lipatan serbet makan dengan bahan yang dipilih
1
2
5.      Memahami dan menerapkanTeknik Pengolahan Memasak
5.2.  Mengolah masakan menu sehatseimbang sesuai dengan teknikpengolahannya
Macam-macam teknik pengolahan
VII/2
Peserta didik dapat mempraktikan masakan sederhana yang memenuhi syarat menu sehat seimbang dengan teknik pengolahan yang tepat
Praktikanlah menu makan pagi yang sehat seimbang sesuai dengan teknik pengolahannya
(menggoreng, mengukus,meliwet dll)
2
3
1.            Memahami dan menerapkan berbagai hiasan untuk hidangan (garnish).
2.2.  Praktik membuat hiasan untuk hidangan (garnish).
Macam-macam bentuk hiasan untuk  hidangan .
VIII/1
Peserta didik dapat mempraktikkan berbagai macam hiasan untuk  hidangan .
Praktikanlah 5 macam bentuk hiasan pada hidangan  dari tomet,wortel, cabe, timun, daun bawang.
3
4
2.             Memahami dan menerapkan aneka masakan Betawi dan modifikasinya.
2.2.    Mengolah dan menghidangkan aneka masakan khas Betawi.
Mengolah masakan Betawi.
VIII/1
Peserta didik dapat mengolah aneka masakan khas Betawi .
Praktikanlah salah satu lauk pauk masakan khas Betawi                ( Sayur bebanci, pindang tangkar, pesmol, semur dll )

Praktikanlah salah satu makanan kecil khas Betawi        ( Talam ebi, kue gemblong, kembang goyang dll.)
4




5
5
3.             Memahami dan menerapkan aneka masakan nusantara.
3.2.    Mengolah dan menghidangkan aneka masakan nusantara.
Aneka masakan Nusantara

Peserta didik dapat mengolah aneka masakan nusantara.
Praktikanlah salah satu aneka masakan nusantara dari daerah yang kamu kenal ( Soto mie, Bubur tino tuan ,dll )
6
6
4.             Memahami dan menerapkan tata hidang serta etika makan secara Indonesia.
4.3.  Mempraktikkan tata hidang dan etika makan secara  Indonesia.
Tata hidang dan etika makan secara Indonesia.



Peserta didik dapat Mempraktikkan tata hidang dan etika makan secara  Indonesia.
Praktikanlah Tata hidang dan etika makan secara Indonesia dengan tepat.

7
7
1.             Memahami dan menerapkan  aneka masakan kontinental.
1.2.       Mengolah dan menghidangkan  aneka masakan kontinental.

Aneka masakan Kontinental

Peserta didik dapat Mempraktikkan aneka masakan Kontinental.
Buatlah hidangan pembuka panas / hot appetizer (aneka Soup )
8
8
2.             Memahami dan menerapkan tata hiding dan etika makan secara kontinental.
2.3.     Mempraktikkan tata hidang dan etika makan secara  kontinental.
Tata hidang dan etika makan secara  kontinental.

Peserta didik dapat Mempraktikkan Tata hidang dan etika makan secara  kontinental.
Praktikanlah Tata hidang dan etika makan secara kontinental dengan tepat.

9
9
3.             Memahami dan menerapkan pengelolaan usaha boga.
3.2.       Mengelola usaha boga dalam kehidupan sehari-hari .
Pengelolaan usaha boga

Peserta didik dapat Mempraktikkan salah satu contoh usaha boga bertaraf kecil.

Buat dan juallah donat untuk usaha boga skala kecil.
10
10
4.             Memahami dan menerapkan penyelenggaraan pameran dan bazaar.
4.2.       Menyelenggarakan pameran dan bazaar.
Pameran dan bazaar.


Peserta didik dapat Mempraktikkan salah satu pameran dan bazaar dari makanan khas Indonesia.
Praktikanlah pameran dan bazaar makanan dan minuman khas Betawi yang dimodifikasi.
11
11
5.             Memahami dan menerapkan penyelenggaraan resepsi.
5.2.       Menyelenggarakan resepsi secara sederhana.
Resepsi

Peserta didik dapat Mempraktikkan salah satu penyelenggaraan resepsi
Praktikanlah salah satu resepsi / acara ( Ulang Tahun, Khitanan, Perpisahan kelulusan dll ) secara sederhana
12


No comments:

Post a Comment