KISI-KISI UJIAN SEKOLAH
Matematika
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
DAERAH KHUSUS IBUKOTA (DKI) JAKARTA
TAHUN PELAJARAN 2014-2015
KISI–KISI PENULISAN SOAL UJIAN SEKOLAH
TAHUN PELAJARAN
2014-2015
Jenjang : SMP
Mata Pelajaran : Matematika
Bentuk soal : Pilihan Ganda
Banyak Soal : 40
Kurikulum acuan : Standar Isi
No
|
Kompetensi
|
Materi Ajar
|
Kelas/Sem
|
Indikator soal
|
PG /
Uraian
|
No Soal
|
1
|
Menggunakan konsep operasi hitung dan sifat-sifat
bilangan, perbandingan, bilangan berpangkat, aritmetika sosial, barisan
bilangan, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
|
Operasi tambah, kurang, kali atau bagi pada bilangan
|
VII/1
|
Peserta didik dapat menyelesaikan soal
cerita terkait dengan operasi hitung bilangan bulat
|
|
1
|
VII/1
|
Peserta didik dapat menentukan hasil operasi hitung campuran pada bilangan pecahan
|
1
|
2
|
|||
Perbandingan
|
VII/1
|
Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita berkaitan
dengan perbandingan senilai atau berbalik nilai
|
|
3
|
||
Operasi bilangan berpangkat atau bentuk
akar
|
IX/1
|
Peserta didik dapat
menentukan hasil penjumlahan atau pengurangan bilangan bulat berpangkat bilangan bulat negatif atau pecahan
|
2
|
4
|
||
IX/1
|
Peserta didik dapat menentukan hasil perkalian bilangan
bentuk akar paling sederhana. ( bukan
bilangan kuadrat sempurna)
|
3
|
5
|
|||
IX/1
|
Peserta didik dapat
menyederhanakan bilangan dengan penyebut bentuk akar
|
|
6
|
|||
Perbankan atau koperasi dalam aritmetika sosial sederhana
|
VII/1
|
Peserta didik dapat menentukan jumlah uang dalam
kurun waktu tertentu pada tabungan atau pinjaman, jika diketahui modal, persentase bunga per tahun dan lama menabung atau meminjam.
|
4
|
7
|
||
Barisan bilangan dan deret
|
IX/2
|
Peserta didik dapat menentukan nilai suku ke-n jika
diketahui empat suku pertama dari barisan aritmetika
|
5
|
8
|
||
IX/2
|
Peserta didik dapat menentukan rumus suku ke-n jika diketahui empat suku pertama dari barisan geometri.
|
6
|
9
|
|||
IX/2
|
Peserta didik dapat menentukan jumlah n suku pertama
deret geometri, jika diketahui besar kedua sukunya
|
|
10
|
|||
2
|
Memahami operasi bentuk aljabar,
konsep persamaan linier, persamaan garis, himpunan, relasi, fungsi, sistem
persamaan linier, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah
|
Pemfaktoran bentuk aljabar
|
VII/1
|
Peserta didik dapat menentukan hasil pemfaktoran
bentuk kuadrat atau selisih dua kuadrat
|
|
11
|
Persamaan linear atau pertidaksamaan
linier
satu variabel
|
VII/2
|
Peserta didik dapat menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan linier satu variabel
|
7
|
12
|
||
VII/2
|
Peserta didik dapat menyelesaikan soal
berkaitan dengan persamaan linier satu variabel
|
8
|
13
|
|||
Himpunan
|
VII/2
|
Peserta didik dapat menentukan irisan atau
gabungan dua himpunan
|
9
|
14
|
||
Menyelesaikan soal terkait dengan nilai fungsi
|
VIII/1
|
Diberikan rumus fungsi peserta didik dapat menentukan
nilai sebuah fungsi, jika nilai dua buah fungsi yang lain diketahui.
|
10
|
15
|
||
Menentukan gradien suatu garis
|
VIII/1
|
Peserta didik dapat menentukan gradien sebuah garis.
|
11
|
16
|
||
Menentukan persamaan garis lurus
|
VIII/1
|
Diberikan gambar garis yang memotong sumbu X dan sumbu
Y, peserta didik dapat menentukan persamaan garis tersebut.
|
|
17
|
||
|
VIII/1
|
Peserta didik dapat menyelesaikan soal berkaitan dengan SPLDV.
|
12
|
18
|
||
3
|
Memahami konsep kesebangunan, sifat dan unsur bangun
datar, serta konsep hubungan antar sudut, dan atau garis, serta menggunakannya
dalam pemecahan masalah.
|
Menggunakan Teorema Pythagoras
|
VIII/1
|
Peserta didik dapat menyelesaikan soal berkaitan dengan
konsep
Teorema Pythagoras.
|
13
|
19
|
Luas bangun datar.
|
VII/2
|
Diberikan gambar dua bangun datar
berpotongan, peserta didik dapat menghitung luas daerah
tertentu, jika unsur yang diperlukan diketahui.
|
14
|
20
|
||
Keliling bangun datar.
|
VII/2
|
Diberikan gambar gabungan dua bangun datar, peserta
didik dapat menentukan keliling bangun tersebut
|
|
21
|
||
|
IX/1
|
Diketahui dua segitiga sebangun, peserta
didik dapat menentukan pasangan sudut yang sama atau perbandingan sisi yang
sama, jika salah satu diantaranya diketahui.
|
15
|
22
|
||
IX/1
|
Diberikan gambar sebuah trapesium yang dipotong oleh
garis lain yang sejajar dengan dua sisi sejajarnya, peserta didik dapat
menentukan panjang ruas garis yang memotong trapesium tersebut, jika ukuran
sisi sisi yang diperlukan diketahui.
|
15
|
23
|
|||
IX/1
|
Pesera didik dapat menyelesaikan masalah berkaitan
dengan kesebangunan segitiga.
|
|
24
|
|||
IX/1
|
Diberikan gambar dua segitiga kongruen, peserta didik dapat menentukan syarat kongruen
yang dipenuhi.
|
|
25
|
|||
Hubungan dua garis: besar sudut (penyiku
atau pelurus)
|
VII/2
|
Diketahui dua sudut yang saling
perpelurus atau berpenyiku dengan besar sudut diketahui dalam bentuk
aljabar, peserta didik dapat
menentukan besar salah satu sudut.
|
16
|
26
|
||
Garis istimewa pada segitiga
|
VII/2
|
Diberikan gambar sebuah segitiga lengkap dengan garis
istimewa, peserta didik dapat menentukan nama salah satu garis istimewa tersebut.
(garis tinggi, garis bagi, garis berat, atau garis sumbu)
|
|
27
|
||
Unsur-unsur/bagian-bagian lingkaran atau hubungan dua lingkaran
|
VIII/2
|
Diberikan gambar lingkaran, juring dan ukurannya,
peserta didik dapat menentukan luas juring atau panjang busur.
|
17
|
28
|
||
VIII/2
|
Diberikan gambar dua buah lingkaran lengkap dengan
ukuran jari-jari dan jarak dua sudut pusat, peserta didik dapat menentukan
panjang GSPL
atau GSPD.
|
18
|
29
|
|||
4
|
Memahami sifat dan unsur bangun
ruang, dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
|
Unsur-unsur bangun ruang
|
VIII/2
|
Diberikan gambar bangun ruang sisi lengkung, peserta
didik dapat menentukan salah satu unsur bangun tersebut.
|
19
|
30
|
Kerangka atau jaring-jaring bangun ruang
|
VIII/2
|
Peserta didik dapat menyelesaikan soal berkaitan dengan
kerangka BRSD
|
20
|
31
|
||
Volume bangun ruang
|
VIII/2
|
Peserta didik dapat menghitung volume limas,
jika unsur-unsur yang diperlukan diketahui.
|
|
32
|
||
IX/1
|
Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita terkait
dengan volum bangun ruang sisi lengkung
|
|
33
|
|||
Luas permukaan bangun ruang
|
VIII/2
|
Peserta didik dapat menghitung luas permukaan tabung
atau kerucut yang diketahui diameter dan tingginya
|
21
|
34
|
||
IX/1
|
Diketahui gabungan bola dan tabung sedemikian hingga
diameter bola sama dengan diameter dan tinggi tabung, peserta didik dapat menghitung luas permukaan tabung jika
luas bola diketahui.
|
|
35
|
|||
5
|
Memahami konsep dalam statistika, serta menerapkannya
dalam pemecahan masalah
|
Konsep dasar statistik
|
IX/1
|
Peserta didik dapat menentukan mean, median atau modus
dari data pada
table frekwensi.
|
22
|
36
|
IX/1
|
Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita berkaitan
dengan nilai rata-rata.
|
23
|
37
|
|||
Penyajian atau penafsiran data
|
IX/1
|
Peserta didik dapat menafsirkan data yang disajikan
dalam diagram lingkaran atau diagram batang.
|
24
|
38
|
||
|
IX/1
|
Peserta didik dapat menentukan peluang suatu kejadian.
|
25
|
39
|
||
IX/1
|
Peserta didik dapat menyelesaikan soal berkaitan dengan peluang.
|
26
|
40
|
No comments:
Post a Comment