Powered By Blogger

Monday, 2 March 2015

KISI-KISI SOAL ILMU PENGETAHUAN SOSIAL UJIAN SEKOLAH SMP KELAS IX TAHUN PELAJARAN 2014/2015




KISI-KISI UJIAN  SEKOLAH SMP
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Matapelajaran          : Ilmu Pngetahuan Sosial                                                                                                        
Kelas                        : IX                                                                                                                                         
Kurikulum Acuan    : KTSP                                                                                                
Waktu                     : 120  menit                                                                                                                             

No
Standar Kompetensi Lulusan
Bahan
Kls/Smt
Materi
Indikator
No. Soal
1

Mendeskripsikan keanekaragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan

VII/1

Bentuk-bentuk muka bumi

Disajikan gambar bentuk-bentuk muka bumi daratan, peserta didik  mampu menunjukkan salah satu bentuk muka pada gambar tersebut.
1
2

Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di geosfer dan dampaknya terhadap kehidupan
VII/2

Gejala Atmosfer

Disajikan gambar peristiwa hujan peserta didik  mampu menyebutkan jenis hujan tersebut.

2

3
Mengidentifikasikan upaya penanggulangan permasalahan kependudukan dan lingkungan hidup dalam pembangunan berkelanjutan

VIII/1

Upaya penanggulangan permasalahan kependudukan di Indonesia

Peserta didik  mampu menyebutkan upaya penanggulangan permasalahan kependudukan di Indonesia
3
4
 Mengidentifikasi region-region di permukaan bumi berkenaan dengan pembagian permukaan bumi atas benua dan samudera, keterkaitan unsur-unsur geografi dan penduduk, serta ciri-ciri negara maju dan berkembang.
IX/1
Ciri-ciri negara maju Negara berkembang
Disajikan daftar cirri-ciri Negara peserta didik  mampu menentukan 3 ciri negara maju/ Negara berkembang berdasarkan keadaan penduduk
4



IX/1
Penyebab cepat atau lambatnya kemajuan suatu bangsa
Mengidentifikasi factor-faktor yang dapat mempercepat/memperlambat kemajuan suatu bangsa
5


IX/1
Negara-negara maju berkembang
Disajikan tabel negara- negara di kawasan Eropa/ Asia  peserta didik  mampu mentukan 4 negara  maju/ berkembang di kawasan tersebut.
6

5
Mendeskripsikan keanekaragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan
IX/2
Persebaran sumber daya alam di Asia Tenggara
Peserta didik  mampu mengidentifikasi beberapa sumber daya alam di kawasan Asia Tenggara.

7


IX/2
Relief dasar laut
Disajikan gambar relief dasar laut, peserta didik dapat menunjukkan relief bentuk palung/yang lainnya
8


IX/2
Ciri-ciri bentangan alam Asia
Peserta didik  mampu menyebutkan ciri-ciri bentangan alam benua Asia Barat/ Timur
9


IX/2
Kawasan Benua Asia
Disajikan peta benua Asia siswa mampu menunjukkan  kawasan tertentu  

10
6
Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan sejak Pra- aksara, Hindu-Budha, sampai masa Kolonial Eropa
VII / 1
Perkembangan kehdupan pada masyarakat Pra-aksara
Disajikan daftar ciri kehidupan masyarakat masa Pra-aksara, peserta didik dapat mengidentifikasi ciri kehidupan masyarakat Pra-aksara pada zaman tertentu
11


VII/2
Perkembangan kerajaan Hindu -Budha di Indonesia
Disajikan berapa gambar candi, peserta didik dapat mengidentifikasi candi-candi tertentu dari kerajaan Hindu / Bbudha

12


VII/2
Perkembangan kerajaan  Islam di Indonesia
Peserta didik dapat menjelaskan peranan kerajaan Islam Indonesia di bidang tertentu

13


VII/2
Reaksi bangsa Indonesia terhadap bangsa Eropa (Portugis,Spanyol dan VOC)
Peserta didik dapat menjelaskan cara perlawanan yang dilakukan Raja-raja Islam di Indonesia dalam  melakukan perlawanan terhadap VOC

14
7
Memahami proses kebangkitan na sional,usaha persiapan kemerdekaan, mempertahankan kemerdekaan, dan mempertahankan negara kesatuan Republik Indonesia
VIII/I
Perkembangan pergerakan nasional dari yang bersifat etnik, kedaerahan, keagamaan,, sampai terbentuknya nasionalisme Indonesia
Disajikan gambar tokoh pergerakan nasional, peserta didik dapat menjelaskan peranan tokoh tersebut dalam pergerakan nasional Indonesia

15


VIII/2
Proklamasi dan terbentuknya Negara kesatuan republic Indonesia
Peserta didik dapat menjelaskan peranan salah satu tokoh peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia

16


VIII/2
Penyusunan dasar dan konstitusi untuk Negara yang akan di bentuk
Peserta didik dapat mengidentifikasi hasil sidang  BPUPKI pada kurun waktu tertentu
17



IX/I
Pengaruh Perang Dunia II dan pendudukan Jepang di Indonesia

Peserta didik dpat mengidentifikasi bentuk eksploitasi sumber daya tertentu di Indonesia oleh pemerintah penjajahan Jepang
18


IX/I
Faktor- faktor penyebab terjadinya pertempuran 10 November 1945 di Surabaya / peristiwa Bandung lautan Api
Peserta didik dapat menjelaskan penyebab terjadinya pertempuran- pertempuran tertentu dalam usaha mempertahankan kemerdekaan Indonesia
19


IX/I
Pemilihan Umum tahun 1955
Peserta didik dapat megidentifikasikan hasil pemilihan umum pada tahap tertentu yang dilaksanakan  pada tahun 1955
20


IX/I
Pengaruh yang ditimbulkan Dekrit Presiden 5 Juli 1959
Di tampilkan table peserta didik dapat mengidentifikasi isi Dikrit Presiden 5 Juli 1959
21


IX/2
Perjuangan merebut Irian barat melalui perjuangan diplomasi , konfrontasi politik dan ekonomi
Peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk perjuangan diplomasi / konfrontasi ekonomi dalam merebut kembali Irian Barat

22


IX/2
Peristiwa DI/TII , Andi Aziz, APRA, PRRI/ Permesta, RMS
Peserta didik dapat megidentifikasi cara yang dilakukan oleh pemerintah dalam penanggulangan  pemberontakan  tertentu di Indonesia
23


IX/2
Peristiwa – peristiwa politik pada masa Orde Baru
Peserta didik dapat mengidentifikasi peristiwa-peristiwa penting dalam pelaksanaan politik tertentu  pada masa Orde Baru
24


IX/2
Berakhirnya Orde Baru krisis ekonomi dan gerakan Reformasi
Ditampilkan gambar tokoh tertentu ( Masa Orde Baru, Reformasi ) peserta didik dapat mengidentifikasi peran tokoh tersebut.
25
8

Memahami proses interaksi dan sosialisasi dalam pembentukan kepribadian  manusia
VII/1

Proses sosial asosiatif
Peserta didik  mampu menyebutkan  contoh proses sosial asosiatif/ disosiatif

26




menentukan ciri-ciri interaksi sosial
Disajikan peristiwa interaksi sosial tertentu peserta didik mampu  menentukan ciri-ciri tertentu  sehingaga terjadinya interaksi sosial tersebut


27
9
Mendeskripsikan perubahan sosial-budaya dan tipe-tipe perilaku masyarakat dalam menyikapi perubahan, serta mengidentifikasi berbagai penyakit sosial sebagai akibat penyimpangan sosial dalam masyarakat, dan upaya pencegahannya
VIII/1

Penyimpangan sosial


Peserta didik  mampu menyebutkan contoh penyimpangan. sosial dalam lingkungan keluarga



28


VIII/2


Fungsi Pranata
Peserta didik  mampu menyebutkan   fungsi pranata tertentu dalam kehidupan masyarakat

29


VIII/2

Peranan tokoh masyarakat dalam upaya pengendalian sosial
Peserta didik mampu mengidentifikasi  peranan tokoh masyarakat dalam upaya pengendalian sosial dalam kehidupan sehari-hari
30


IX/1
Faktor pendorong perubahan dalam masyarakat
Peserta didik  mampu menyebutkan 3 faktor pendorong. perubahan dalam masyarakat
31


IX/1
Perubahan perilaku masyarakat secara cepat
Peserta didik  mampu menyebutkan contoh perubahan perilaku masyarakat secara cepat/lambat.

32


IX/2
Dampak globalisi terhadap masyarakat.
Peserta didik  mampu menyebutkan 3 dampak positip/ negatif globalisi terhadap masyarakat.

33
10
Mendeskripsikan manusia sebagai mahluk social dan Ekonomi, serta mengidentifikasi tindakan Ekonomi berdasarkan motif, dan prinsif Ekonomi dalam memenuhi kebutuhan.
VII / I

Ciri – cirri manusia sebagai makhluk social dan ekonomi yang bermoral
Peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri manusia sebagai makhluk social/ekonomi yang bermoral
34



VII / I

Manusia sebagai mahluk social dan mahluk Ekonomi
Disajikan daftar kegiatan ekonomi, peserta didik dapat menunjukan bentuk kegiatan manusia sebagai makhluk ekonomi yang bermoral

35.



VII / I

Tindakan Ekonomi
Peserta didik dapat menunjukan contoh tindakan Ekonomi yang dilakukan oleh distributor.

36


VII / I


Motif dan prinsip Ekonomi.

Disajikan beberapa gambar kegiatan manusia, peserta didik dapat menunjukan bentuk kegiatan yang sesuai dengan motif social

37


VII / I

Pentingnya  prinsib Ekonomi dalam kehidupan sehari – hari.

Peserta didik dapat menjelaskan pentingnya prinsip Ekonomi dalam kehidupan sehari – hari.
38
11
Mengungkapkan gagasan kreatif dalam tindakan Ekonomi berupa kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi barang / jasa untuk mencapai kemandirian dan kesejahteraan.
VII / II

Dampak positif dan negatif prilaku konsumtif sesorang.

Peserta didik dapat menunjukan dampak positif/ negatif prilaku konsumtif seseorang
39


VII / II

Faktor yang mempengaruhi konsumsi sesorang.

Peserta didik dapat mengidentifikasi factor-faktor yang mempengaruhi tingkat konsumsi sesorang.

40


VII / II

Ciri-ciri kemandirian peserta didik
Disajikan daftar kegiatan yang biasa dilakukan pelajar, peserta didik dapat menentukan beberapa cirri kemandirian

41


VII / II
Gagasan dan prilaku, inovatif dan kemandirian dalam kehidupan Ekonomi.
Peserta didik dapat menunjukan salah satu bentuk inovasi yang dilakukan seorang pedagang dalam menarik konsumen agar bersedia membeli dagangannya

42
11
Mendeskripsikan perkembangan lembaga Internasional, kerjasama Internasional dan peranan Indonesia dalam kerja sama dan perdagangan Internasional, serta dampaknya terhadap perekonomian Indonesia.

IX / I

Penyebab timbulnya perdagangan Internasional
Peserta didik dapat mengidentifikasi  beberapa penyebab timbulnya perdagangan Internasional.

43


IX/I
Komoditi andalan ekspor Indonesia
Disajikan table komoditi eskpor Indonesia, peserta didik dapat mengidentifikasi jenis komoditi ekspor andalan Indonesia

44


IX / I

Manfaat perdaganagn Internasional.

Disajikan daftar manfaat perdagangan internasional, peserta didik  dapat menunjukkan  manfaat  perdagangan Internasional bagi masyarakat

45


IX / I

Hambatan perdagangan Internasional.

Peserta didik dapat mengidentifikasi hambatan  perdagangan Internasional.


46


IX / II

Kerjasama Ekonomi antar negara.

Disajikan table lembaga-lembaga Negara, peserta didik dapat menentukan lembaga Negara yang banyak menangani urusan kerjasama ekonomi antar Negara
47


IX / II

Bentuk – bentuk kerjasama antar negara.

Peserta didik dapat membedakan bentuk kerjasama ekonomi antar Negara yang bersifat regional  dengan multilateral

48


IX / II

Badan – badan Ekonomi yang bersifat Nasional maupun Internasional, yang penting bagi Indonesia.

Disajikan table contoh organisasi internasional yang penting bagi Indonesia, peserta didik dapat menentukan contoh  bentuk kerjasama Ekonomi regional/bilateral/multilateral
49


IX / II

Dampak kerjasama antar negara terhadap perekonomian Indonesia
Pesarta didik dapat mengidentifikasi dampak negative/positif  kerjasama ekonomi antar Negara bagi perekonomian Indonesia

50



No comments:

Post a Comment