KISI-KISI UJIAN SEKOLAH SMP
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Matapelajaran : Ilmu
Pngetahuan Sosial
Kelas : IX
Kurikulum Acuan : KTSP
Waktu : 120 menit
No
|
Standar Kompetensi Lulusan
|
Bahan
Kls/Smt
|
Materi
|
Indikator
|
No. Soal
|
1
|
Mendeskripsikan
keanekaragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap
kehidupan
|
VII/1
|
Bentuk-bentuk
muka bumi
|
Disajikan gambar bentuk-bentuk muka bumi daratan, peserta
didik mampu menunjukkan salah satu bentuk muka
pada gambar tersebut.
|
1
|
2
|
Mendeskripsikan
gejala-gejala yang terjadi di geosfer dan dampaknya terhadap kehidupan
|
VII/2
|
Gejala Atmosfer
|
Disajikan gambar peristiwa hujan peserta didik mampu menyebutkan
jenis hujan
tersebut.
|
2
|
3
|
Mengidentifikasikan upaya penanggulangan permasalahan kependudukan dan
lingkungan hidup dalam pembangunan berkelanjutan
|
VIII/1
|
Upaya
penanggulangan permasalahan kependudukan di Indonesia
|
Peserta didik mampu menyebutkan
upaya penanggulangan permasalahan kependudukan di Indonesia
|
3
|
4
|
Mengidentifikasi region-region di permukaan
bumi berkenaan dengan pembagian permukaan bumi atas benua dan samudera,
keterkaitan unsur-unsur geografi dan penduduk, serta ciri-ciri negara maju
dan berkembang.
|
Disajikan daftar cirri-ciri Negara peserta didik mampu menentukan 3 ciri negara maju/ Negara berkembang
berdasarkan keadaan penduduk
|
4
|
||
|
|
Mengidentifikasi
factor-faktor yang dapat mempercepat/memperlambat kemajuan suatu bangsa
|
5
|
||
|
|
Disajikan tabel negara- negara di kawasan Eropa/
Asia peserta
didik mampu mentukan
4 negara maju/ berkembang di kawasan tersebut.
|
6
|
||
5
|
Mendeskripsikan keanekaragaman bentuk muka bumi,
proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan
|
Peserta didik mampu mengidentifikasi beberapa sumber daya alam di kawasan
Asia Tenggara.
|
|||
|
|
Disajikan gambar relief dasar laut,
peserta didik dapat menunjukkan relief bentuk palung/yang lainnya
|
|||
|
|
Peserta didik mampu menyebutkan ciri-ciri bentangan alam benua Asia
Barat/ Timur
|
|||
|
|
Kawasan Benua Asia
|
Disajikan peta benua Asia siswa mampu menunjukkan kawasan tertentu
|
||
6
|
Mendeskripsikan
perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan sejak Pra- aksara,
Hindu-Budha, sampai masa Kolonial Eropa
|
VII / 1
|
Perkembangan kehdupan pada
masyarakat Pra-aksara
|
Disajikan daftar ciri kehidupan masyarakat masa Pra-aksara, peserta didik
dapat mengidentifikasi ciri kehidupan masyarakat Pra-aksara pada zaman
tertentu
|
11
|
|
|
VII/2
|
Perkembangan kerajaan Hindu
-Budha di Indonesia
|
Disajikan berapa gambar
candi, peserta didik dapat mengidentifikasi candi-candi tertentu dari
kerajaan Hindu / Bbudha
|
12
|
|
|
VII/2
|
Perkembangan kerajaan Islam di Indonesia
|
Peserta didik dapat
menjelaskan peranan kerajaan Islam Indonesia di bidang tertentu
|
13
|
|
|
VII/2
|
Reaksi bangsa Indonesia
terhadap bangsa Eropa (Portugis,Spanyol dan VOC)
|
Peserta didik dapat
menjelaskan cara perlawanan yang dilakukan Raja-raja Islam di Indonesia dalam
melakukan perlawanan terhadap VOC
|
14
|
7
|
Memahami proses kebangkitan na sional,usaha persiapan kemerdekaan,
mempertahankan kemerdekaan, dan mempertahankan negara kesatuan Republik
Indonesia
|
VIII/I
|
Perkembangan pergerakan
nasional dari yang bersifat etnik, kedaerahan, keagamaan,, sampai
terbentuknya nasionalisme Indonesia
|
Disajikan gambar tokoh
pergerakan nasional, peserta didik dapat menjelaskan peranan tokoh tersebut
dalam pergerakan nasional Indonesia
|
15
|
|
|
VIII/2
|
Proklamasi dan terbentuknya
Negara kesatuan republic Indonesia
|
Peserta didik dapat
menjelaskan peranan salah satu tokoh peristiwa proklamasi kemerdekaan
Indonesia
|
16
|
|
|
VIII/2
|
Penyusunan dasar dan
konstitusi untuk Negara yang akan di bentuk
|
Peserta didik dapat
mengidentifikasi hasil sidang BPUPKI
pada kurun waktu tertentu
|
17
|
|
|
IX/I
|
Pengaruh Perang Dunia II
dan pendudukan Jepang di Indonesia
|
Peserta didik dpat
mengidentifikasi bentuk eksploitasi sumber daya tertentu di Indonesia oleh
pemerintah penjajahan Jepang
|
18
|
|
|
IX/I
|
Faktor- faktor penyebab
terjadinya pertempuran 10 November 1945 di Surabaya / peristiwa Bandung
lautan Api
|
Peserta didik dapat
menjelaskan penyebab terjadinya pertempuran- pertempuran tertentu dalam usaha mempertahankan
kemerdekaan Indonesia
|
19
|
|
|
IX/I
|
Pemilihan Umum tahun 1955
|
Peserta didik dapat
megidentifikasikan hasil pemilihan umum pada tahap tertentu yang
dilaksanakan pada tahun 1955
|
20
|
|
|
IX/I
|
Pengaruh yang ditimbulkan
Dekrit Presiden 5 Juli 1959
|
Di tampilkan table peserta
didik dapat mengidentifikasi isi Dikrit Presiden 5 Juli 1959
|
21
|
|
|
IX/2
|
Perjuangan merebut Irian
barat melalui perjuangan diplomasi , konfrontasi politik dan ekonomi
|
Peserta didik dapat
mengidentifikasi bentuk perjuangan diplomasi / konfrontasi ekonomi dalam
merebut kembali Irian Barat
|
22
|
|
|
IX/2
|
Peristiwa DI/TII , Andi Aziz, APRA, PRRI/ Permesta, RMS
|
Peserta didik dapat
megidentifikasi cara yang dilakukan oleh pemerintah dalam penanggulangan pemberontakan tertentu di Indonesia
|
23
|
|
|
IX/2
|
Peristiwa – peristiwa politik pada masa Orde Baru
|
Peserta didik dapat
mengidentifikasi peristiwa-peristiwa penting dalam pelaksanaan politik
tertentu pada masa Orde Baru
|
24
|
|
|
IX/2
|
Berakhirnya Orde Baru krisis ekonomi dan gerakan Reformasi
|
Ditampilkan gambar tokoh
tertentu ( Masa Orde Baru, Reformasi ) peserta didik dapat mengidentifikasi
peran tokoh tersebut.
|
25
|
8
|
Memahami proses interaksi dan sosialisasi dalam
pembentukan kepribadian manusia
|
VII/1
|
Proses sosial asosiatif
|
Peserta didik mampu menyebutkan contoh proses sosial asosiatif/ disosiatif
|
26
|
|
|
|
menentukan ciri-ciri interaksi sosial
|
Disajikan peristiwa
interaksi sosial tertentu peserta didik mampu
menentukan ciri-ciri tertentu
sehingaga terjadinya interaksi sosial tersebut
|
27
|
9
|
Mendeskripsikan perubahan sosial-budaya dan
tipe-tipe perilaku masyarakat dalam menyikapi perubahan, serta
mengidentifikasi berbagai penyakit sosial sebagai akibat penyimpangan sosial
dalam masyarakat, dan upaya pencegahannya
|
VIII/1
|
Penyimpangan sosial
|
Peserta didik mampu menyebutkan contoh penyimpangan.
sosial dalam lingkungan keluarga
|
28
|
|
|
VIII/2
|
Fungsi Pranata
|
Peserta didik mampu menyebutkan fungsi pranata tertentu dalam kehidupan
masyarakat
|
29
|
|
|
VIII/2
|
Peranan tokoh masyarakat dalam upaya pengendalian sosial
|
Peserta didik mampu
mengidentifikasi peranan tokoh
masyarakat dalam upaya pengendalian sosial dalam kehidupan sehari-hari
|
30
|
|
|
IX/1
|
Faktor pendorong perubahan dalam masyarakat
|
Peserta didik mampu menyebutkan 3 faktor pendorong.
perubahan dalam masyarakat
|
31
|
|
|
IX/1
|
Perubahan perilaku masyarakat secara cepat
|
Peserta didik mampu menyebutkan contoh perubahan perilaku
masyarakat secara cepat/lambat.
|
32
|
|
|
IX/2
|
Dampak globalisi terhadap masyarakat.
|
Peserta didik mampu menyebutkan 3 dampak positip/ negatif
globalisi terhadap masyarakat.
|
33
|
10
|
Mendeskripsikan
manusia sebagai mahluk social dan Ekonomi, serta mengidentifikasi tindakan
Ekonomi berdasarkan motif, dan prinsif Ekonomi dalam memenuhi kebutuhan.
|
VII / I
|
Ciri – cirri manusia sebagai makhluk social dan ekonomi yang bermoral
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri manusia sebagai makhluk
social/ekonomi yang bermoral
|
34
|
|
|
VII / I
|
Manusia sebagai mahluk social
dan mahluk Ekonomi
|
Disajikan daftar kegiatan ekonomi, peserta didik dapat menunjukan bentuk kegiatan manusia
sebagai makhluk ekonomi yang bermoral
|
35.
|
|
|
VII / I
|
Tindakan Ekonomi
|
Peserta didik dapat
menunjukan contoh tindakan Ekonomi yang dilakukan oleh distributor.
|
36
|
|
|
VII / I
|
Motif dan prinsip Ekonomi.
|
Disajikan beberapa gambar kegiatan manusia, peserta didik dapat menunjukan bentuk kegiatan
yang sesuai dengan motif social
|
37
|
|
|
VII / I
|
Pentingnya prinsib Ekonomi dalam kehidupan sehari – hari.
|
Peserta didik dapat menjelaskan
pentingnya prinsip Ekonomi dalam kehidupan sehari – hari.
|
38
|
11
|
Mengungkapkan
gagasan kreatif dalam tindakan Ekonomi
berupa kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi barang / jasa untuk
mencapai kemandirian dan kesejahteraan.
|
VII / II
|
Dampak positif dan negatif prilaku konsumtif sesorang.
|
Peserta didik dapat
menunjukan dampak positif/ negatif prilaku
konsumtif seseorang
|
39
|
|
|
VII / II
|
Faktor yang mempengaruhi
konsumsi sesorang.
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi
factor-faktor yang mempengaruhi tingkat
konsumsi sesorang.
|
40
|
|
|
VII / II
|
Ciri-ciri kemandirian peserta didik
|
Disajikan daftar kegiatan yang biasa dilakukan pelajar, peserta didik dapat menentukan beberapa cirri
kemandirian
|
41
|
|
|
VII / II
|
Gagasan dan prilaku, inovatif dan kemandirian dalam kehidupan Ekonomi.
|
Peserta didik dapat
menunjukan salah satu bentuk inovasi yang dilakukan seorang
pedagang dalam menarik konsumen agar bersedia membeli dagangannya
|
42
|
11
|
Mendeskripsikan
perkembangan lembaga Internasional, kerjasama Internasional dan peranan
Indonesia dalam kerja sama dan perdagangan Internasional, serta dampaknya
terhadap perekonomian Indonesia.
|
IX / I
|
Penyebab timbulnya perdagangan
Internasional
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi beberapa penyebab timbulnya perdagangan Internasional.
|
43
|
|
|
IX/I
|
Komoditi andalan ekspor Indonesia
|
Disajikan table komoditi eskpor Indonesia, peserta didik dapat
mengidentifikasi jenis komoditi ekspor andalan Indonesia
|
44
|
|
|
IX / I
|
Manfaat perdaganagn
Internasional.
|
Disajikan daftar manfaat perdagangan internasional, peserta didik dapat
menunjukkan manfaat
perdagangan Internasional bagi masyarakat
|
45
|
|
|
IX / I
|
Hambatan perdagangan
Internasional.
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi hambatan
perdagangan Internasional.
|
46
|
|
|
IX / II
|
Kerjasama Ekonomi antar negara.
|
Disajikan table lembaga-lembaga Negara, peserta didik dapat menentukan
lembaga Negara yang banyak menangani urusan kerjasama ekonomi antar Negara
|
47
|
|
|
IX / II
|
Bentuk – bentuk kerjasama
antar negara.
|
Peserta didik dapat membedakan bentuk kerjasama ekonomi antar Negara
yang bersifat regional dengan
multilateral
|
48
|
|
|
IX / II
|
Badan – badan Ekonomi yang
bersifat Nasional maupun Internasional, yang penting bagi Indonesia.
|
Disajikan table contoh organisasi internasional yang penting bagi
Indonesia, peserta didik dapat menentukan contoh
bentuk kerjasama Ekonomi regional/bilateral/multilateral
|
49
|
|
|
IX / II
|
Dampak kerjasama antar
negara terhadap perekonomian Indonesia
|
Pesarta didik dapat mengidentifikasi dampak negative/positif kerjasama ekonomi antar Negara bagi
perekonomian Indonesia
|
50
|
No comments:
Post a Comment