PANDUAN UJIAN PRAKTIK WRITING
SMP/MTS DKI JAKARTA TAHUN 2013
OlehAsmuniGani
A. KOMPETENSI
YANG DIUJI
Kompetensi
menulis yang diuji meliputi kompetensi menulis teks fungsional pendek maupun teks
esei sederhana dengan
menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Dalam menulis
parasiswa hendaknya memakai language feature dan langkah retorika yang tepat sesuai
dengan jenis teks yang akan ditulis.Misal untuk mendeskripsikan hewan peliharaan,
seorang siswa hendaknya memilih model teks descriptive dengan langkah retorika:
identification dan descriptions. Sedangkan language features yang harus ada dalam
tulisan tersebut misalnya penggunaan kata kerja dalam bentuk simple present tense,
penggunaan kata sifat yang mendeskripsikan sesuatu, adanya topic sentence dan
supporting sentences sedemikian rupa sehingga teks menjadi padu (coherent) dan mencapai
tujuan komunikatifnya.
B. TEKNIK
DAN BENTUK UJIAN
Teknik
ujian yang dipakai hendaknya teknik yang paling sesuai untuk mengukur kemampuan
menulis siswa yaitu menulis langsung (kinerja).
Untuk
praktik menulis sebaiknya diciptakan situasi komunikatif seperti dalam kehidupan
nyata siswa. Misalnya kegiatan menulis siswa diawali dengan adanya maksud untuk
menulis pada diri siswa. Guru dapat menciptakan situasi ini dengan member siswa
surat yang isinya meminta mereka untuk menulis sesuatu, seperti pengalaman pribadinya
berlibur disuatu kota atau member situasi atau perintah. Berdasar permintaan ini
lalu siswa menulis untuk membalas surat tersebut. Berikut ini contoh-contoh
yang dapat dipakai (pilih salah satu atau lebih):
1.
Dear
friend,
How
are you? I am glad to read your last letter informing your condition and your interesting school activities.
Anyway, I want to inform you amazing news. My parents
want to know you more closely and offer you an invitation to visit my place
in the coming school holiday. They will give you free plane return tickets
and accommodation. You don’t have to worry about the money and everything you
will spend. Just inform me when you will come and your itinerary. Please do
not refuse this invitation.
I am waiting
for your reply soon.
Your
best friend
Fajar Ramadhan
|
2. Have
a look at our classroom, our school garden or our mango tree in the school
garden, etc. Then write a text that describes it. Remember in writing your text
you have to pay attention on the generic structure of the descriptive text:
Identification and descriptions.
3. You
have just left your school. Suddenly you realize that you lost your wallet/
purse. You cannot go home by bus/ ojek. You ask for your teacher’s help to lend
his/ her HP to write an SMS to your parents. Write your own short message that
asks your mother/ father/ brother to help you to go home.
Note:
Bila memungkinkan dan dapat dilaksanakan
dengan baik danaman, para siswa bias diminta menulis SMS diatas langsung di HP
miliknya.
C. RUBRIK
PENSKORAN SISWA DALAM UJIAN PRAKTIK MENULIS
Ada beberapa hal yang perlu
diskor atau dinilai oleh guru dalamujianpraktikmenulis.Berikut ini hal-hal yang
dapatdipakai sebagai acuan. (bias juga memaka iacuan lain sepanjang acuan tersebut
dapat dibenarkan secara ilmiah dalam hal menilai kemampuan menulis siswa)
Hal-hal yang dinilai:
1. Tata
bahasa dan vocabulary
2. Manajemen
wacana
3. Kejelasan
makna
4. Hubungan
antar gagasan
Rubrik:
No
|
Aspek
yang diskor
|
skor
|
1
|
Tata bahasa and vocabulary:
a. Benar
dan tepat
b. Terkadang
kurang tepat tapi tidak mempengaruhi arti
c. Kurang
tepat dan mempengaruhi arti
d. Sulit
dimengerti
e. Tidak
menulis
|
4
3
2
1
0
|
2
|
Manajemen wacana
(penyampaian gagasan)
a. Berstruktur
sesuai jenis teks secara maksimal
b. Berstruktur
minimal sesuai jenis teks
c. Pilihan
teks tidak jelas
d. Tidak
berstruktur dan sulit dipahami
e. Tidak
berstruktur dan tidak bermakna
|
4
3
2
1
0
|
3
|
Kejelasan makna:
a. Jelas
dan efektif
b. Jelas
c. Bermakna
tapi terkadang kurang jelas
d. Bermakna
tapi sulit dipahami
e. Menulis
acak sehingga makna hilang
|
4
3
2
1
0
|
4
|
Hubungan antar gagasan:
a. Menunjukkan
kelancaran hubungan
b. Menunjukkan
transisi hubungan antar gagasan
c. Kurang
jelas
d. Kacau
e. Gagal
merealisasikan gagasan
|
4
3
2
1
0
|
Berdasarkan rubrik diatas, diketahui bahwa jumlah skor maksimal seorang
siswa dalam menulis adalah 16.
D. MENGOLAH
NILAI WRITING
Nilai
ujian praktik menulis adalah akumulasi dari nilai menulis short functional teks
dan essay texts.
Misal siswa bernama Harjono
Untukshort functional
text Gained Score-nya =10,
Maka nilainya adalah
10/16= 62,5
Untuk essay text Gained
Score-nya = 13,
Maka nilai nya adalah
13/16= 81,25
Dengan
demikian nilai akhir writing Harjono adalah 62,5 + 81,25/2=7,19 atau 71,9. Bila
dibulatkan menjadi 72 atau 7.
Namun
bila guru hanya mengambil salah satu dari dua jenis teks diatas( short
functional atau essay text saja) maka penskoran dan penilaian dapat dilakukan sebagai
berikut:
Misal siswa bernama Irvan
Untuk short functional text Gained Score-nya
=10, maka nilai menulisnya adalah 10/16= 62,5. Bila dibulat kan menjadi 63.
Could i get the source of the rubric?
ReplyDelete