Powered By Blogger

Monday, 2 March 2015

PANDUAN UJIAN PRAKTIK WRITING SMP/MTS DKI JAKARTA TAHUN 2014-2015

PANDUAN UJIAN PRAKTIK WRITING
SMP/MTS DKI JAKARTA TAHUN 2013
OlehAsmuniGani

A.    KOMPETENSI YANG DIUJI
Kompetensi menulis yang diuji meliputi kompetensi menulis teks fungsional pendek maupun teks esei sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Dalam menulis parasiswa hendaknya memakai language feature dan langkah retorika yang tepat sesuai dengan jenis teks yang akan ditulis.Misal untuk mendeskripsikan hewan peliharaan, seorang siswa hendaknya memilih model teks descriptive dengan langkah retorika: identification dan descriptions. Sedangkan language features yang harus ada dalam tulisan tersebut misalnya penggunaan kata kerja dalam bentuk simple present tense, penggunaan kata sifat yang mendeskripsikan sesuatu, adanya topic sentence dan supporting sentences sedemikian rupa sehingga teks menjadi padu (coherent) dan mencapai tujuan komunikatifnya.

B.     TEKNIK DAN BENTUK UJIAN
Teknik ujian yang dipakai hendaknya teknik yang paling sesuai untuk mengukur kemampuan menulis siswa yaitu menulis langsung (kinerja).

Untuk praktik menulis sebaiknya diciptakan situasi komunikatif seperti dalam kehidupan nyata siswa. Misalnya kegiatan menulis siswa diawali dengan adanya maksud untuk menulis pada diri siswa. Guru dapat menciptakan situasi ini dengan member siswa surat yang isinya meminta mereka untuk menulis sesuatu, seperti pengalaman pribadinya berlibur disuatu kota atau member situasi atau perintah. Berdasar permintaan ini lalu siswa menulis untuk membalas surat tersebut. Berikut ini contoh-contoh yang dapat dipakai (pilih salah satu atau lebih):
1.       

Dear friend,
How are you? I am glad to read your last letter informing your condition and  your interesting school activities.
Anyway, I want to inform you amazing news. My parents want to know you more closely and offer you an invitation to visit my place in the coming school holiday. They will give you free plane return tickets and accommodation. You don’t have to worry about the money and everything you will spend. Just inform me when you will come and your itinerary. Please do not refuse this invitation.
I am waiting for your reply soon.

Your best friend
Fajar Ramadhan
2.      Have a look at our classroom, our school garden or our mango tree in the school garden, etc. Then write a text that describes it. Remember in writing your text you have to pay attention on the generic structure of the descriptive text: Identification and descriptions.

3.      You have just left your school. Suddenly you realize that you lost your wallet/ purse. You cannot go home by bus/ ojek. You ask for your teacher’s help to lend his/ her HP to write an SMS to your parents. Write your own short message that asks your mother/ father/ brother to help you to go home.

Note:
Bila memungkinkan dan dapat dilaksanakan dengan baik danaman, para siswa bias diminta menulis SMS diatas langsung di HP miliknya.



C.     RUBRIK PENSKORAN SISWA DALAM UJIAN PRAKTIK MENULIS
Ada beberapa hal yang perlu diskor atau dinilai oleh guru dalamujianpraktikmenulis.Berikut ini hal-hal yang dapatdipakai sebagai acuan. (bias juga memaka iacuan lain sepanjang acuan tersebut dapat dibenarkan secara ilmiah dalam hal menilai kemampuan menulis siswa)

Hal-hal yang dinilai:
1.      Tata bahasa dan vocabulary
2.      Manajemen wacana
3.      Kejelasan makna
4.      Hubungan antar gagasan

              Rubrik:
No
Aspek  yang diskor
skor
1
Tata bahasa  and  vocabulary:
a.    Benar dan tepat
b.    Terkadang kurang tepat tapi tidak mempengaruhi arti
c.    Kurang tepat dan mempengaruhi arti
d.    Sulit dimengerti
e.    Tidak menulis
4
3
2
1
0
2
Manajemen wacana (penyampaian gagasan)
a.    Berstruktur sesuai jenis teks secara maksimal
b.    Berstruktur  minimal  sesuai jenis teks
c.    Pilihan teks tidak jelas
d.    Tidak berstruktur dan sulit dipahami
e.    Tidak berstruktur dan tidak bermakna
4
3
2
1
0
3
Kejelasan makna:
a.    Jelas dan efektif
b.    Jelas
c.    Bermakna tapi terkadang kurang jelas
d.    Bermakna tapi sulit dipahami
e.    Menulis acak sehingga makna hilang
4
3
2
1
0
4
Hubungan antar gagasan:
a.    Menunjukkan kelancaran hubungan
b.    Menunjukkan transisi hubungan antar gagasan
c.    Kurang jelas
d.    Kacau
e.    Gagal merealisasikan gagasan
4
3
2
1
0
Berdasarkan rubrik diatas, diketahui bahwa jumlah skor maksimal seorang siswa dalam menulis adalah 16.

D.    MENGOLAH NILAI WRITING
Nilai ujian praktik menulis adalah akumulasi dari nilai menulis short functional teks dan essay texts.

Misal siswa bernama Harjono
Untukshort functional text Gained Score-nya =10,
Maka nilainya adalah 10/16= 62,5
Untuk essay text Gained Score-nya = 13,
Maka nilai nya adalah 13/16= 81,25

Dengan demikian nilai akhir writing Harjono adalah 62,5 + 81,25/2=7,19 atau 71,9. Bila dibulatkan menjadi 72 atau 7.
Namun bila guru hanya mengambil salah satu dari dua jenis teks diatas( short functional atau essay text saja) maka penskoran dan penilaian dapat dilakukan sebagai berikut:

Misal siswa bernama Irvan

Untuk short functional text Gained Score-nya =10, maka nilai menulisnya adalah 10/16= 62,5. Bila dibulat kan menjadi 63.

1 comment: