Powered By Blogger

Monday, 2 March 2015

KISI-KISI PENULISAN SOAL BAHASA INGGRIS UJIAN SEKOLAH KELAS IX TAHUN AJARAN 2014-2015

KISI-KISI PENULISAN SOAL UJIAN SEKOLAH
TAHUN AJARAN 2014-2015

Jenis Sekolah                  : SMP/MTs
Mata Pelajaran              : Bahasa  Inggris
Acuan                              : KTSP
Alokasi Waktu               : 120’
Jumlah Soal                    : 50
Bentuk Soal                    : Pilihan Ganda
Bahan Kelas                   :  7 – 9

No.
K D
Bahan Kls/smt
Materi
Indikator
No. Soal
1
Membaca
Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima unruk berinteraksi dengan lingkungan sekitar


VIII
Notice! caution/
warning
Makna teks

Disajikan teks fungsional pendek bentuk notice di lokasi wisata, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang makna teks tersebut

1
2
Membaca
Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek  sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat


VII
Short message
 Informasi rinci

Disajikan teks fungsional pendek bentuk short message tentang informasi  kehidupan sekitar sekolah,, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi rinci dari teks tersebut


2
-  Informasi tersirat
Disajikan teks fungsional pendek bentuk short message tentang informasi  kehidupan sekitar sekolah, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi tersirat  dari teks tersebut


3
3
Membaca
Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek  sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat

VII
Greeting card
-   Informasi tersirat
Disajikan teks fungsional pendek bentuk greeting card mengenai ucapan selamat memenangkan perlombaan tertentu di lingkungan sekolah, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi tersirat dari teks tersebut


4
-   Makna kata
Disajikan teks fungsional pendek bentuk greeting card mengenai ucapan selamat memenangkan perlombaan tertentu di lingkungan sekolah, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang makna kata tertentu yang terdapat dalam teks tersebut

5
4
Membaca
Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek  sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
VII
Invitation
 -   Informasi tertentu
Disajikan teks fungsional pendek bentuk invitation mengenai kegiatan di sekolah, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi tertentu dari teks tersebut

6
-  Informasi tersirat
Disajikan teks fungsional pendek bentuk invitation mengenai kegiatan di sekolah, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi tersirat dari teks tersebut.

7
5
Membaca
Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek  sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
VII
Announcement
-   Informasi rinci
Disajikan teks fungsional pendek announcement di lingkungan sekolah , siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi rinci dari teks tersebut

8
-   Gambaran umum
Disajikan teks fungsional pendek announcement di lingkungansekolah, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang gambaran umum dari teks tersebut

9

6
Membaca
Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari


IX
Advertisement
-   Informasi tertentu
Disajikan teks fungsional pendek bentuk advertisement tentang produk elektronik, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi tertentu dari teks tersebut

10
-  Tujuan komunikatif teks

Disajikan teks fungsional pendek bentuk advertisement tentang produk elektronik, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang tujuan komunikatif dari teks tersebut

11
7
Membaca
Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
IX
Schedule
-          Informasi rinci
Disajikan teks fungsional pendek bentuk schedule tentang transportasi, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi rinci dari teks tersebut
12


-          Informasi tersirat
Disajikan teks fungsional pendek bentuk schedule tentang transportasi, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi rinci dari teks tersebut
13

8
Membaca
Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek sederhana  secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar


VIII

Personal letter/e-mail
-   Gambaran umum

Disajikan teks fungsional pendek  personal letter/e-mail berkaitan dengan
pengalaman wisata ke tempat yang unik/suatu lokasi yang menarik,
siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang gambaran umum dari teks tersebut

14
-          Informasi rinci
Disajikan teks fungsional pendek  personal letter/e-mail berkaitan dengan pengalaman wisata ke tempat yang unik/suatu lokasi yang menarik, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi rnici dalam teks tersebut

15
-  Informasi tersirat
Disajikan teks fungsional pendek personal letter/e-mail berkaitan dengan pengalaman wisata ke tempat yang unik/suatu lokasi yang menarik, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi tersirat dari teks tersebut

16

8
Membaca
Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima  yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount


VIII/1
Descriptive text
Informasi tertentu
Disajikan teks deskriptif terkait dengan tempat wisata, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi tertentu yang terdapat dalam teks tersebut

17
-  Informasi rinci

Disajikan teks deskriptif terkait dengan tempat wisata, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi rinci yang terdapai dalam teks tersebut

18
-  Makna kata
Disajikan teks deskriptif terkait dengan tempat wisata, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang makna kata tertentu yang terdapat dalam teks tersebut

19

9.
Membaca
Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount

VIII/1
Descriptive text -  
-          Gambaran  umum

Disajikan teks deskriptif  terkait dengan alat transportasi tradisional/modern, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang gambaran umum teks tersebut

20






-          Pikiran utama paragraf

Disajikan teks deskriptif  terkait dengan alat transportasi tradisional/modern, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang pikiran utama salah satu paragraf yang terdapat dalam teks tersebut


21
-          Rujukan kata

Disajikan teks deskriptif terkait dengan alat transportasi tradisional/modern, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang rujukan kata ganti tertentu yang terdapat dalam teks tersebut


22

10
Membaca
Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount

VIII/1
Recount text
-   Pikiran utama paragraf

Disajikan teks recount terkait dengan pengalaman pribadi  yang menyenangkan, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang pikiran utarna salah satu paragraf yang terdapat dalam teks tersebut

23
-   Informasi tertentu
Disajikan teks recount  terkait dengan pengalaman pribadi yang menyenangkan, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi tertentu yang terdapat dalam teks tersebut

24



-          Informasi rinci
Disajikan teks recount terkait dengan pengalaman pribadi yang menyenangkan,  siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi rinci yang terdapat dalam teks tersebut

25
11
Membaca Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount dan narrative
VIII/2
Narrative (legend)
 -   Gambaran umum
Disajikan teks narrative terkait cerita legenda, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang gambaran urnum teks tersebut

26
-          Pikiran utama paragraf
Disajikan teks narrative terkait cerita legenda, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang pikiran utama salah satu paragraph yang terdapat dalam teks tersebut

27
-   Informasi rinci
Disajikan teks narrative terkait cerita legenda, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi rinci yang terdapat dalam teks tersebut

28
12
Membaca Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount dan narrative

VIII/2
Recount
-   Gambaran umum
Disajikan teks recount  terkait dengan biografi orang terkenal, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang gambaran umum teks tersebut


29



-   Informasi nnci

Disajikan teks recount terkait dengan biografi orang terkenal, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi rinci dari teks tersebut


30
-  Rujukan kata

Disajikan teks recount dengan biografi orang terkenal,  siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang rujukan kata ganti tertentu yang terdapat dalam teks tertentu


31
13
Membaca
Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report

IX/1
Report Text
 Gambaran umum
Disajikan teks report tentang binatang mamalia, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang gambaran dari umum teks tersebut

32
-   Informasi tertentu
Disajikan teks report  tentang binatang mamalia, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi tertentu yang terdapat dalam teks tersebut


33
-   Makna kata

Disajikan teks report  tentang binatang mamalia, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang salah satu makna kata tertentu yang terdapat dalam teks tersebut


34
14
Membaca
Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan procedure

VII/2
Procedure text
- Informasi tertentu
Disajikan teks prosedur tentang membuat makanan/minuman tertentu, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pernyataan tentang informasi tertentu teks tersebut


35
 Makna kata tertentu
Disajikan teks prosedur tentang membuat makanan/minuman tertentu, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pernyataan tentang makna salah satu kata yang terdapat dalam teks tersebut


36
-  Informasi tersirat
Disajikan teks prosedur membuat makanan/minuman tertentu, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi tersirat teks tersebut


37
15
Membaca Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report
IX/2
Narrative text
-   Informasi tertentu
Disajikan teks naratif tentang cerita pendek populer , siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi tertentu dari teks tersebut


38


-          Informasi rinci
Disajikan teks naratif cerita pendek populer , siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi rinci dari teks tersebut


39
-          Pesan moral
Disajikan teks naratif cerita pendek populer , siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan  tentang  pesan  moral teks tersebut


40
16
Membaca
Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report

IX/2
Report text
Informasi rinci
Disajikan teks report terkait dengan tanaman obat-obatan, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi rinci yang terdapat dalam teks tersebut

41
-          Informasi tersirat

Disajikan teks report terkait dengan tanaman obat-obatan, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi tersirat yang terdapat dalam teks tersebut

42
-          Makna kata

Disajikan teks report terkait dengan tanaman obat-obatan, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang makna salah satu kata yang terdapat dalam teks tersebut

43
17
Menulis
Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report

IX/2
Rumpang text narrative
 -   Kata sifat
Disajikan teks narrative sederhana berbentuk rumpang, siswa dapat menentukan kata sifat yang tepat untuk melengkapinya
44
-  Kata kerja
Disajikan teks narrative sederhana berbentuk rumpang, siswa dapat menentukan kata kerja yang tepat untuk melengkapinya
45
-  Kata keterangan
Disajikan teks narrative sederhana berbentuk rumpang, siswa dapat menentukan kata keterangan yang tepat untuk melengkapinya
46
18
Menulis
Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar berbentuk recount dan narrative
VIII/2
Kata acak (6-9 kata)
-  Kalimat sederhana dari teks recount
Disajikan satu kalimat sederhana dari teks recount yang kata-katanya diacak, siswa dapat menentukan susunan yang tepat dari kata-kata yang diacak tersebut menjadi kalimat yang bermakna
47
19
Menulis
 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report.
IX/2
Kata acak
 -  Kalimat past continuos tense dari teks naratif (6-9 kata)
Disajikan satu kalimat kompleks dari teks naratif yang kata - katanya diacak, siswa dapat menentukan susunan yang tepat dari kata-kata yang diacak tersebut menjadi kalimat yang bermakna
48
20
Menulis
Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam  teks berbentuk descriptive dan recount

VIII/1
Kalimat acak  descriptive text
Disajikan teks deskriptive yang kalimat-kalimatnya diacak (6-8 kalimat), siswa dapat menentukan susunan yang tepat dari kalimat-kalimat yang diacak tersebut menjadi teks sederhana yang padu dan bermakna

49
21
Menulis
Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report
.
IX/1
Kalimat acak Procedure text

Disajikan teks procedure yang kalimat-kalimatnva diacak(6-8 kalimat), siswa dapat menentukan susunan yang tepat dari kalimat-kalimat yang diacak tersebut menjadi teks sederhana yang padu dan bermakna


50


No comments:

Post a Comment