KISI-KISI
PENULISAN SOAL UJIAN SEKOLAH
TAHUN
AJARAN 2014-2015
Jenis Sekolah : SMP/MTs
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Acuan : KTSP
Alokasi Waktu : 120’
Jumlah Soal : 50
Bentuk Soal : Pilihan Ganda
Bahan Kelas : 7 – 9
No.
|
K
D
|
Bahan
Kls/smt
|
Materi
|
Indikator
|
No.
Soal
|
1
|
Membaca
Merespon makna yang
terdapat dalam
teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima unruk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar
|
VIII
|
Notice! caution/
warning
- Makna teks
|
Disajikan teks fungsional pendek bentuk notice di lokasi wisata, siswa dapat menentukan jawaban yang
tepat atas pertanyaan tentang makna teks tersebut
|
1
|
2
|
Membaca
Merespon makna yang terdapat
dalam teks tulis fungsional pendek
sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan
dengan lingkungan terdekat
|
VII
|
Short message
- Informasi rinci
|
Disajikan teks fungsional
pendek bentuk short message tentang
informasi kehidupan sekitar sekolah,,
siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi
rinci dari teks tersebut
|
2
|
- Informasi tersirat
|
Disajikan teks fungsional pendek bentuk short message tentang informasi kehidupan sekitar sekolah, siswa dapat
menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi tersirat dari teks tersebut
|
3
|
|||
3
|
Membaca
Merespon makna yang terdapat
dalam teks tulis fungsional pendek
sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan
dengan lingkungan terdekat
|
VII
|
Greeting card
- Informasi tersirat
|
Disajikan teks fungsional pendek bentuk greeting card mengenai ucapan selamat memenangkan perlombaan
tertentu di lingkungan sekolah, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas
pertanyaan tentang informasi tersirat dari teks tersebut
|
4
|
- Makna kata
|
Disajikan teks fungsional pendek bentuk greeting
card mengenai ucapan selamat memenangkan perlombaan tertentu di
lingkungan sekolah, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan
tentang makna kata tertentu yang terdapat dalam teks tersebut
|
5
|
|||
4
|
Membaca
Merespon makna yang terdapat
dalam teks tulis fungsional pendek
sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan
dengan lingkungan terdekat
|
VII
|
Invitation
-
Informasi tertentu
|
Disajikan teks fungsional
pendek bentuk invitation mengenai
kegiatan di sekolah, siswa dapat
menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi
tertentu dari teks tersebut
|
6
|
- Informasi tersirat
|
Disajikan teks fungsional
pendek bentuk invitation mengenai kegiatan di sekolah, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas
pertanyaan tentang informasi tersirat dari teks tersebut.
|
7
|
|||
5
|
Membaca
Merespon makna yang terdapat
dalam teks tulis fungsional pendek
sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan
dengan lingkungan terdekat
|
VII
|
Announcement
- Informasi rinci
|
Disajikan teks fungsional pendek announcement
di lingkungan sekolah , siswa
dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi rinci
dari teks tersebut
|
8
|
- Gambaran umum
|
Disajikan teks fungsional pendek announcement
di lingkungansekolah, siswa
dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang gambaran umum
dari teks tersebut
|
9
|
|||
6
|
Membaca
Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara
akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari
|
IX
|
Advertisement
- Informasi tertentu
|
Disajikan teks fungsional pendek bentuk advertisement tentang produk
elektronik, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi
tertentu dari teks tersebut
|
10
|
- Tujuan komunikatif teks
|
Disajikan teks fungsional
pendek bentuk advertisement tentang produk elektronik, siswa dapat
menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang tujuan komunikatif dari teks tersebut
|
11
|
|||
7
|
Membaca
Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara
akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari
|
IX
|
Schedule
-
Informasi rinci
|
Disajikan teks fungsional pendek bentuk schedule tentang transportasi, siswa dapat
menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi rinci dari teks
tersebut
|
12
|
|
|
-
Informasi tersirat
|
Disajikan teks fungsional pendek bentuk schedule tentang transportasi, siswa dapat
menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi rinci dari teks
tersebut
|
13
|
|
8
|
Membaca
Merespon makna dalam teks tulis
fungsional pendek sederhana secara
akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
|
VIII
|
Personal letter/e-mail
- Gambaran umum
|
Disajikan teks fungsional pendek personal letter/e-mail berkaitan dengan
pengalaman wisata ke tempat yang unik/suatu lokasi yang menarik,
siswa dapat menentukan jawaban
yang tepat atas pertanyaan tentang gambaran umum dari teks tersebut
|
14
|
-
Informasi rinci
|
Disajikan teks fungsional pendek personal letter/e-mail berkaitan dengan pengalaman wisata ke tempat yang
unik/suatu lokasi yang menarik, siswa dapat menentukan
jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi rnici dalam teks
tersebut
|
15
|
|||
- Informasi tersirat
|
Disajikan teks fungsional pendek personal letter/e-mail berkaitan dengan pengalaman wisata ke tempat yang
unik/suatu lokasi yang menarik, siswa dapat menentukan
jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi tersirat dari
teks tersebut
|
16
|
|||
8
|
Membaca
Merespon makna dan langkah
retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
dalam teks berbentuk descriptive dan recount
|
VIII/1
|
Descriptive text
- Informasi tertentu
|
Disajikan teks deskriptif terkait dengan tempat wisata, siswa dapat menentukan jawaban yang
tepat atas pertanyaan tentang informasi
tertentu yang terdapat dalam teks tersebut
|
17
|
- Informasi rinci
|
Disajikan
teks deskriptif terkait dengan
tempat wisata, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan
tentang informasi rinci yang terdapai dalam
teks tersebut
|
18
|
|||
- Makna kata
|
Disajikan teks deskriptif terkait dengan tempat wisata, siswa dapat menentukan jawaban yang
tepat atas pertanyaan tentang makna kata tertentu yang terdapat dalam teks
tersebut
|
19
|
|||
9.
|
Membaca
Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara
akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
dalam teks berbentuk descriptive dan recount
|
VIII/1
|
Descriptive text
-
-
Gambaran umum
|
Disajikan teks deskriptif
terkait dengan alat transportasi tradisional/modern, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat
atas pertanyaan tentang gambaran umum teks tersebut
|
20
|
|
|
|
-
Pikiran
utama paragraf
|
Disajikan teks deskriptif terkait dengan alat transportasi
tradisional/modern, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas
pertanyaan tentang pikiran utama salah satu paragraf yang terdapat dalam teks
tersebut
|
21
|
-
Rujukan kata
|
Disajikan teks deskriptif terkait dengan alat transportasi tradisional/modern,
siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang rujukan kata
ganti tertentu yang terdapat dalam teks tersebut
|
22
|
|||
10
|
Membaca
Merespon makna dan langkah retorika dalam esei
pendek sederhana
secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
dalam teks berbentuk descriptive dan recount
|
VIII/1
|
Recount text
- Pikiran utama paragraf
|
Disajikan teks recount terkait dengan pengalaman pribadi yang menyenangkan, siswa dapat menentukan
jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang pikiran utarna salah satu paragraf yang
terdapat dalam teks tersebut
|
23
|
- Informasi tertentu
|
Disajikan teks recount terkait dengan
pengalaman pribadi yang menyenangkan, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas
pertanyaan tentang informasi tertentu yang terdapat dalam teks tersebut
|
24
|
|||
|
|
|
-
Informasi rinci
|
Disajikan teks recount terkait dengan pengalaman pribadi yang menyenangkan, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat
atas pertanyaan tentang informasi rinci yang terdapat dalam teks tersebut
|
25
|
11
|
Membaca Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara
akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam
teks berbentuk recount dan narrative
|
VIII/2
|
Narrative (legend)
- Gambaran umum
|
Disajikan teks narrative terkait cerita legenda, siswa dapat menentukan
jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang gambaran urnum teks tersebut
|
26
|
-
Pikiran
utama paragraf
|
Disajikan teks narrative terkait cerita legenda, siswa dapat menentukan
jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang pikiran utama salah satu paragraph
yang terdapat dalam teks tersebut
|
27
|
|||
- Informasi rinci
|
Disajikan teks narrative terkait cerita legenda, siswa dapat menentukan
jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi rinci yang terdapat
dalam teks tersebut
|
28
|
|||
12
|
Membaca Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara
akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
dalam teks berbentuk recount dan narrative
|
VIII/2
|
Recount
- Gambaran umum
|
Disajikan teks recount terkait dengan
biografi orang terkenal, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas
pertanyaan tentang gambaran umum teks tersebut
|
29
|
|
|
|
- Informasi nnci
|
Disajikan teks recount terkait dengan biografi orang terkenal, siswa dapat menentukan
jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi rinci dari teks tersebut
|
30
|
- Rujukan kata
|
Disajikan teks recount dengan biografi orang terkenal, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas
pertanyaan tentang rujukan kata ganti tertentu yang terdapat dalam teks
tertentu
|
31
|
|||
13
|
Membaca
Merespon makna dan langkah retorika dalam esei
pendek sederhana
secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report
|
IX/1
|
Report Text
- Gambaran umum
|
Disajikan teks report tentang binatang mamalia, siswa dapat menentukan
jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang gambaran dari umum teks tersebut
|
32
|
- Informasi tertentu
|
Disajikan teks report tentang binatang
mamalia, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi
tertentu yang terdapat dalam teks tersebut
|
33
|
|||
- Makna kata
|
Disajikan teks
report tentang binatang
mamalia, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang
salah satu makna kata tertentu yang terdapat dalam teks
tersebut
|
34
|
|||
14
|
Membaca
Mengungkapkan makna dalam
monolog pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara
akurat, lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive
dan procedure
|
VII/2
|
Procedure text
- Informasi tertentu
|
Disajikan teks prosedur tentang membuat makanan/minuman
tertentu, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pernyataan tentang
informasi tertentu teks tersebut
|
35
|
- Makna kata tertentu
|
Disajikan teks prosedur tentang membuat makanan/minuman tertentu, siswa
dapat menentukan jawaban yang tepat atas pernyataan tentang makna salah satu kata
yang terdapat
dalam teks tersebut
|
36
|
|||
- Informasi tersirat
|
Disajikan teks prosedur membuat makanan/minuman tertentu, siswa dapat
menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi tersirat teks tersebut
|
37
|
|||
15
|
Membaca Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek
sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report
|
IX/2
|
Narrative text
- Informasi tertentu
|
Disajikan teks naratif
tentang cerita pendek populer , siswa dapat menentukan jawaban yang
tepat atas pertanyaan tentang informasi tertentu dari teks tersebut
|
38
|
|
|
-
Informasi rinci
|
Disajikan teks naratif cerita pendek populer , siswa dapat menentukan jawaban yang tepat
atas pertanyaan tentang informasi rinci dari teks tersebut
|
39
|
|
-
Pesan moral
|
Disajikan teks naratif cerita pendek populer , siswa dapat menentukan jawaban yang tepat
atas pertanyaan tentang pesan
moral teks tersebut
|
40
|
|||
16
|
Membaca
Merespon
makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar
dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks
kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report
|
IX/2
|
Report text
- Informasi rinci
|
Disajikan
teks report terkait dengan tanaman obat-obatan, siswa dapat menentukan
jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi rinci yang terdapat
dalam teks tersebut
|
41
|
-
Informasi tersirat
|
Disajikan
teks report terkait dengan tanaman obat-obatan,
siswa
dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi
tersirat yang terdapat dalam teks tersebut
|
42
|
|||
-
Makna kata
|
Disajikan teks report terkait
dengan tanaman obat-obatan, siswa dapat
menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang makna
salah satu kata yang terdapat dalam teks tersebut
|
43
|
|||
17
|
Menulis
Mengungkapkan makna dan langkah
retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis
secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks
kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report
|
IX/2
|
Rumpang text narrative
- Kata sifat
|
Disajikan teks narrative
sederhana berbentuk rumpang, siswa
dapat menentukan kata sifat yang tepat untuk melengkapinya
|
44
|
- Kata kerja
|
Disajikan teks narrative
sederhana berbentuk rumpang, siswa
dapat menentukan kata kerja yang tepat untuk melengkapinya
|
45
|
|||
- Kata keterangan
|
Disajikan teks narrative sederhana berbentuk rumpang, siswa dapat menentukan kata keterangan
yang tepat untuk melengkapinya
|
46
|
|||
18
|
Menulis
Mengungkapkan
makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan
ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar berbentuk recount dan narrative
|
VIII/2
|
Kata acak (6-9 kata)
- Kalimat
sederhana dari teks recount
|
Disajikan
satu kalimat sederhana dari teks recount yang kata-katanya diacak, siswa
dapat menentukan susunan yang tepat dari
kata-kata yang diacak tersebut menjadi kalimat yang bermakna
|
47
|
19
|
Menulis
Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana
dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima
untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report.
|
IX/2
|
Kata acak
- Kalimat past continuos tense dari teks naratif (6-9 kata)
|
Disajikan satu kalimat
kompleks dari teks naratif yang kata - katanya diacak, siswa dapat menentukan
susunan yang tepat dari
kata-kata yang diacak tersebut menjadi kalimat yang bermakna
|
48
|
20
|
Menulis
Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana
dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar dalam teks
berbentuk descriptive dan recount
|
VIII/1
|
Kalimat acak descriptive text
|
Disajikan teks deskriptive
yang kalimat-kalimatnya diacak (6-8
kalimat), siswa dapat menentukan susunan yang tepat dari kalimat-kalimat yang diacak tersebut menjadi teks
sederhana yang padu dan bermakna
|
49
|
21
|
Menulis
Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam
esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat,
lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
dalam teks berbentuk procedure dan report
.
|
IX/1
|
Kalimat acak Procedure text
|
Disajikan teks procedure yang
kalimat-kalimatnva diacak(6-8 kalimat), siswa dapat menentukan susunan yang tepat dari
kalimat-kalimat yang diacak tersebut menjadi teks sederhana yang
padu dan bermakna
|
50
|
No comments:
Post a Comment