PEMERINTAH PROVINSI DAERAH KHUSUS
IBUKOTA JAKARTA
DINAS PENDIDIKAN
MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN
(MGMP) SMP PROVINSI DKI JAKARTA
KISI-KISI SOAL ULANGAN AKHIR
SEMESTER DUA
Tahun 2014/2015
Mata Pelajaran : Teknologi
Informasi dan Komunikasi
Kelas : IX (Sembilan)
Kurikulum Acuan : KTSP
Waktu : 90 menit
Jumlah Soal : 50
Disusun oleh:
Penyusun : Tim MGMP Teknologi
Informasi dan Komunikasi
SMP Provinsi DKI Jakarta
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/ Pembelajaran
|
Indikator Soal
|
Nomor Soal
|
2.
Menggunakan
Internet untuk memperoleh informasi
|
2. 1. Mendemontrasikan akses internet sesuai dengan prosedur
|
Ø Mengidentifikasi perangkat lunak yang digunakan untuk
mengakses internet
Ø
Mengidentifikasi nama domain
internet
Ø Membuka akses
internet
Ø Melakukan pelacakan alamat Web melalui search engine
|
Ø Mendefinisikan Browser
Ø Melalui gambar, dapat menunjukan shortcut perangkat lunak yang digunakan
untuk akses internet melalui gambar.
Ø Menentukan web browser yang digunakan pada tampilan gambar akses internet
Ø Menyebutkan istilah pengguna internet
Ø Menunjukan Ikon yang terdapat pada Perangkat lunak akses internet
Ø Menyebutkan fungsi Ikon pada perangkat lunak akses internet
Ø Menyebutkan fungsi fasilitas history
Ø Mendefinisikan alamat web
Ø Mengartikan beberapa domain yang terdapat pada alamat web.
Ø Menyebutkan domain pada bidang kehidupan
Ø Menyebutkan beberapa istilah yang digunakan dalam mengakses internet
Ø Menunjukkan beberapa web yang menyediakan fasilitas search engine
Ø Mengartikan istilah yang digunakan
dalam search engine
Ø Melalui gambar, dapat menunjukan istilah-istilah tampilan dari hasil
penulusuran.
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10, 11
12, 13
14
15
16
|
|
2.2. Mengidentifikasi beberapa layanan
informasi yang ada di internet
|
Ø Mengidentifikasi layanan yang ada di internet
Ø Mengidentifikasi provider atau penyedia layanan internet
Ø Megidentifikasi manfaat layanan
internet di berbagai bidang kehidupan
Ø Megidentifikasi kejahatan
akibat layanan internet di berbagai bidang kehidupan
Ø Mengidentifikasi layanan e-mail
Ø Mengidentifikasi layanan mailing list
|
Ø Menunjukkan beberapa layanan yang
tersedia di internet
Ø Melalui gambar dapat menunjukan layanan yang terdapat di internet
Ø Menyebutkan beberapa manfaat layanan internet
Ø Menunjukkan layanan internet
jejaring sosial
Ø Mendefinisikan istilah provider atau penyedia layanan internet
Ø Menunjukkan provider atau penyedia
layanan internet
Ø Menyebutkan manfaat layanan internet di berbagai bidang kehidupan
Ø Menyebutkan layanan internet yang digunakan untuk melakukan bicara
melalui teks
Ø Menyebutkan layanan internet yang digunakan untuk berbicara melalui
camera
Ø Menjelaskan layanan internet yang
digunakan untuk melakukan bisnis di internet
Ø Menyebutkan kejahatan yang ditimbulkan dari layanan internet di berbagai bidang
kehidupan
Ø Mendefinisikan pengertian e-mail
Ø Menyebutkan sejarah
Ø Menyebutkan jenis-jenis e-mail
Ø Menunjukkan salah satu layanan
e-mail gratis atau bayar di internet
Ø Melalui tampilan gambar, peserta
didik dapat menyebutkan langkah cara membuat layanan e-mail
Ø Menyebutkan istilah yang digunakan dalam mengirimkan e-mail
Ø Melalui tampilan gambar peserta didik dapat menyebutkan langkah membuka
e-mail
Ø Melalui tampilan gambar peserta didik dapat menyebutkan cara menjawab
e-mail
Ø Menyebutkan istilah untuk menerima dokumen pada e-mail
Ø Menyebutkan istilah dalam menyisipkan
file di e-mail
Ø Menunjukkan fasilitas e-mail untuk
meneruskan e-mail yang dikirim
Ø Mendefinisikan mailing list
Ø Menyebutkan fungsi mailing list dalam kehidupan
Ø Menjelaskan langkah untuk menjadi
anggota milis
Ø Menjelaskan langkah mengirim
e-mail ke milis
Ø Melalui tampilan gambar peserta didik dapat menyebutkan langkah berhenti
menjadi anggota milis
|
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
41
42
43
|
|
2.3. Mengakses beberapa situs untuk memperoleh
informasi yang bermanfaat
|
Ø Mengidentifikasi situs-situs informas
Ø Mengidentifikasi perangkat luak untuk download
Ø Mengidentifikasi langkah untuk melakukan proses
download
Ø Mengidentifikasi cara mengolah dokumen hasil download
|
Ø Menyebutkan situs-situs berdasarkan penggunaanya
Ø Mendefinisikan donwnload
Ø Menyebutkan perangkat lunak untuk proses download
Ø Melalui tampilan gambar, peserta didik dapat menyebutkan langkah
download informasi
Ø Melalui tampilan gambar peserta didik dapat menyebutkan langkah mengolah
dokumen hasil proses download
Ø Menyebutkan objek download yang dapat disisipkan pada salah satu
perangkat lunak aplikasi
|
44, 45
46
47
48
49
50
|
No comments:
Post a Comment