Powered By Blogger

Monday, 2 March 2015

KISI-KISI SOAL AGAMA KATOLIK ULANGAN AKHIR SEMESTER DUA KELAS IX Tahun 2014/2015

PEMERINTAH PROVINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA
DINAS PENDIDIKAN
MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) SMP PROVINSI DKI JAKARTA


KISI-KISI SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER DUA
Tahun 2014/2015


Mata Pelajaran    : Pendidikan Agama Katolik
Kelas                     : IX (Sembilan)
Kurikulum Acuan : KTSP
Waktu                   : 90 menit
Jumlah Soal          : 50 soal

Disusun oleh:

Penyusun               : Tim MGMP Agama Katolik SMP
                                Provinsi DKI Jakarta


No
Kompetensi dasar
Bahankelas/
semt
Materi
Indicator
No soal
1
3.1. Menyadaripentingnyakejujurandankeadilansebagainilai-nilailuhur yang harusdiwujudkandalamkehidupansehari-hari
IX / II
MengembangkansikapJujurdanadil
Siswadapatmenyebutkanbentukbentukkeadilan yang dilakukanSalomo
1
Siswadapatmenjelaskanpesan yang ingindisampaikandaribacaan Lukas 16: 19 - 31
2
Siswadapatmenentukantokohdalamkitabsuci yang berbohongterhadapRoh Kudus berdasarkanteksKis 5: 1 - 11
3
Siswadapatmenentukanpengertiandari kata adil
4
SiswadapatmenjelaskancontohcontohketidakadilandalambidangEkonomi
5
Siswadapatmenentukanakibat yang ditimbulkandaruadanyaketidakadilandalambidangpolitik
6
IX / II
Membelakehidupan
Siswa dapat menyebutkan firman kelima dari dasa firman
7
Siswadapatmenentukansecarakonkrethal-hal yang bisadilakukanuntukmembelakehidupansesamamanusia
8
Siswadapatmenentukansalahsatusikapremaja yang tidakmenghargaikehidupan
9
Siswadapatmenentukan yang termasukdalamhakdasar yang harusdimilikiolehmanusia
10
Siswadapatmenentukan hokum utamadanterutama yang diajarkanolehYesuskepadamanusia

11
IX / II
Memeliharadanmemperjuangkankehidupan yang sehat
Siswadapatmenjelaskanpengertianhidupdalamrohsesuaidenganteks Galatia 5: 16 - 26
12
Siswa dapat  mementukan bentuk bentuk sikah hidup dalam Roh sesuai dengan teks Galatia 5: 16 - 26
13
Siswa dapat menjelaskan hubungan antara agama dan iman
14
Siswadapatmenetukanfaktor di luardirinya yang merusakkesehatandirisendiri
15
Siswadapatmenentukansalahsatutokohdalamkitabsuci yang mengajarkantentang “HidupmenurutdagingdanhidupmenurutRoh.
16
Siswadapatmenentukansalahsatubentukkegiatan yang bias dilakukanolehmanusiauntukmenjagakesehatanrohani
17
SiswadapatmenentukansalahsatudampakburukdaripemakaianNarkobabagimanusia
18
2




3.2. Memahamidanmenyadariperlunyakeutuhanalamciptaanbagikehidupan, se- hinggaterdoronguntukmenjagadanmelestarikannya
IX / II
Menjaga kelestarian lingkungan hidup
Siswadapatmenentukansalahsatudampakdarikerusakanlingkunganalam yang diakibatkanolehulahmanusia
19
Siswadapatmenentukantokoh yang diakuiolehgerejakatolikbegitudekatdanbersahabatdenganalamsekitarnya.
20
SiswadapatmenentukanteksKitabsuci yang beririkantentang proses penciptaanduniadanseisinya.
21
SIswadapatmenentukansalahsatugerakanuntukmenumbuhkankesadaranbarutentangpentingnyamenjagakelestarianlingkungan
22












3.2. Memahamidanmenyadaribahwapenganut agama dankepercayaanlainadalahsesamasaudara, sehinggamerekaberanidanmampubersikaphormatdanbersahabatdenganmerekadalamhidupseharihari, dalamikatanpersaudaraansejati.

IX / II
Sikapgerejaterhadap agama dankepercayaan lain
Siswadapatmenentukansalahsatudokumengereja yang menjelaskansikapgerejaterhadap agama dankepercayaan lain
23
SiswadapatmenentukansalahsatukesamaanantaragerejaKatolikdengangerejaProtestan
24
Siswadapatmenentukanalas an gerejamenghargaiumat yang berkeyakinandiluarajaranKatoliksepertitermuatdalam NA art 3
25
Siswadapatmenentukansikap-sikap yang bias diterapkandalamhidupkeseharianuntukmenjagahubungan yang harmonis di antarapemeluk agama.
26
Siswadapatmenentukandampakpositifdariadanyabermacam-macamagama yang ada di Indonesia
27
IX / II
2.Bersahabatdengansesama yang beragamadankepercayaan lain

Siswadapatmenemukandanmenentukanpesan yang ingindisampaikandariteksKitabSuciYoh. 4: 1 - 42
28
Siswadapatmenentukanalas an munculnyaberbagaikonflikberlatarbelakang agama yang ada di Indonesia
29
Siswadapatmenentukanbuahbuahkebaikandarisikapbersahabatdengansesama yang menganutkepercayaandan agama lain.
30
SiswadapatmenunjukkanbuktibahwaYesusmenghormati agama lain padawaktuYesusmelakukankaryakeselamatanNya
31
Siswadapatmenjelaskanbahwa hokum dariTuhanbersifat universal.
32
Siswadapatmenunjukkandampakpositifdarikegiatan dialog antar agama dalamkehidupanbersama
33
3

3.3. Memahami, menyadaridanmenemukancita-cita / arahhidupsesuaidengankehendak Allah sepertiterkandungdalamsakramenperkawinandansakramenimamat, sehinggaberusahamempersiapkandiriuntukmencapaicita-citatersebut
IX / II
Cita cita
Siswadapatmenjelaskanmaksudkedatangan orang muda yang kaya kepadaYesussepertiterungkapdalamteksMateus 19 : 16 - 26
24
Siswadapatmenyebutkanhal-hal yang seringmenjadipenghalangbagimanusiauntukmendapatkankeselamatansejati
35
Siswadapatmenentukansikap yang baikdan bias diterapkandalamhidupdalamrangkamencapaicita-cita
36
Siswadapatmenentukanfaktorfaktorpendorong yang munculdalamdirimanusiauntukdapatmeraihcita-citanya
37
Siswadapatmenentukanperumpamaan yang tepatseperti yang terungkapdalamteks 19: 16 - 26 bahwauntukmasukKerajaanSorga, seseorangharusberusahadengankeras.
38
SakramenPerkawinan
Siswadapatmenentukancirri-ciriperkawinanKristiani
40
Siswadapatmenjelaskanbahwaperkawinankristianibersifatmonogam
41
Siswadapatmenentukanlambang yang dipergunakandalamsakramenperkawinan
42
Siswadapatmenjelaskankeluarga kudus  NasaretdijadikanteladanbagikehidupankeluargaKristiani
43
SiswadapatmenjelaskansifatperkawinanKristiani yang “tekterceraikan”
44
Siswadapatmenjelaskanhal-hal yang menghalangiseseoranguntukmenerimasakramenpernikahan
45
IX / II
Sakramenimamat
Siswadapatmenentukantigakaul yang diucapkancalon imam yang akanmenerimasakramenImamat
46
Siswadapatmenentukanbacaaninjil yang dipergunakandalampenerimaansakramenimamat
47
Siswadapatmenjelaskanpengertiandari kata menurutajarankatolik “selibat”
48
Siswadapatmenentukan lambing-lambang yang dipergunakandalampenerimaanSakramenimamat
49
Siswa dapat menentukan pejabat gereja yang diberi kewenangan untuk menerimakan Sakramen Imamat dalam gereja Katolik.
50


No comments:

Post a Comment