PEMERINTAH PROVINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA
DINAS
PENDIDIKAN
MUSYAWARAH
GURU MATA PELAJARAN (MGMP) SMP PROVINSI DKI JAKARTA
KISI-KISI
SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER DUA
Tahun
2014/2015
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Katolik
Kelas :
IX (Sembilan)
Kurikulum Acuan :
KTSP
Waktu :
90 menit
Jumlah Soal :
50 soal
Disusun oleh:
Penyusun : Tim MGMP Agama Katolik SMP
Provinsi DKI Jakarta
No
|
Kompetensi dasar
|
Bahankelas/
semt
|
Materi
|
Indicator
|
No soal
|
1
|
3.1. Menyadaripentingnyakejujurandankeadilansebagainilai-nilailuhur
yang harusdiwujudkandalamkehidupansehari-hari
|
IX / II
|
MengembangkansikapJujurdanadil
|
Siswadapatmenyebutkanbentukbentukkeadilan
yang dilakukanSalomo
|
1
|
Siswadapatmenjelaskanpesan
yang ingindisampaikandaribacaan Lukas 16: 19 - 31
|
2
|
||||
Siswadapatmenentukantokohdalamkitabsuci
yang berbohongterhadapRoh Kudus berdasarkanteksKis 5: 1 - 11
|
3
|
||||
Siswadapatmenentukanpengertiandari
kata adil
|
4
|
||||
SiswadapatmenjelaskancontohcontohketidakadilandalambidangEkonomi
|
5
|
||||
Siswadapatmenentukanakibat
yang ditimbulkandaruadanyaketidakadilandalambidangpolitik
|
6
|
||||
IX / II
|
Membelakehidupan
|
Siswa dapat menyebutkan firman kelima dari dasa firman
|
7
|
||
Siswadapatmenentukansecarakonkrethal-hal
yang bisadilakukanuntukmembelakehidupansesamamanusia
|
8
|
||||
Siswadapatmenentukansalahsatusikapremaja
yang tidakmenghargaikehidupan
|
9
|
||||
Siswadapatmenentukan
yang termasukdalamhakdasar yang harusdimilikiolehmanusia
|
10
|
||||
Siswadapatmenentukan
hokum utamadanterutama yang diajarkanolehYesuskepadamanusia
|
11
|
||||
IX / II
|
Memeliharadanmemperjuangkankehidupan yang sehat
|
Siswadapatmenjelaskanpengertianhidupdalamrohsesuaidenganteks
Galatia 5: 16 - 26
|
12
|
||
Siswa dapat mementukan bentuk
bentuk sikah hidup dalam Roh sesuai dengan teks Galatia 5: 16 - 26
|
13
|
||||
Siswa dapat menjelaskan hubungan antara agama dan iman
|
14
|
||||
Siswadapatmenetukanfaktor
di luardirinya yang merusakkesehatandirisendiri
|
15
|
||||
Siswadapatmenentukansalahsatutokohdalamkitabsuci
yang mengajarkantentang “HidupmenurutdagingdanhidupmenurutRoh.
|
16
|
||||
Siswadapatmenentukansalahsatubentukkegiatan
yang bias dilakukanolehmanusiauntukmenjagakesehatanrohani
|
17
|
||||
SiswadapatmenentukansalahsatudampakburukdaripemakaianNarkobabagimanusia
|
18
|
||||
2
|
3.2.
Memahamidanmenyadariperlunyakeutuhanalamciptaanbagikehidupan, se-
hinggaterdoronguntukmenjagadanmelestarikannya
|
IX / II
|
Menjaga kelestarian lingkungan hidup
|
Siswadapatmenentukansalahsatudampakdarikerusakanlingkunganalam
yang diakibatkanolehulahmanusia
|
19
|
Siswadapatmenentukantokoh
yang diakuiolehgerejakatolikbegitudekatdanbersahabatdenganalamsekitarnya.
|
20
|
||||
SiswadapatmenentukanteksKitabsuci
yang beririkantentang proses penciptaanduniadanseisinya.
|
21
|
||||
SIswadapatmenentukansalahsatugerakanuntukmenumbuhkankesadaranbarutentangpentingnyamenjagakelestarianlingkungan
|
22
|
||||
|
3.2. Memahamidanmenyadaribahwapenganut agama dankepercayaanlainadalahsesamasaudara,
sehinggamerekaberanidanmampubersikaphormatdanbersahabatdenganmerekadalamhidupseharihari,
dalamikatanpersaudaraansejati.
|
IX / II
|
Sikapgerejaterhadap agama dankepercayaan lain
|
Siswadapatmenentukansalahsatudokumengereja
yang menjelaskansikapgerejaterhadap agama dankepercayaan lain
|
23
|
SiswadapatmenentukansalahsatukesamaanantaragerejaKatolikdengangerejaProtestan
|
24
|
||||
Siswadapatmenentukanalas
an gerejamenghargaiumat yang berkeyakinandiluarajaranKatoliksepertitermuatdalam
NA art 3
|
25
|
||||
Siswadapatmenentukansikap-sikap
yang bias diterapkandalamhidupkeseharianuntukmenjagahubungan yang harmonis di
antarapemeluk agama.
|
26
|
||||
Siswadapatmenentukandampakpositifdariadanyabermacam-macamagama
yang ada di Indonesia
|
27
|
||||
IX / II
|
2.Bersahabatdengansesama yang beragamadankepercayaan lain
|
Siswadapatmenemukandanmenentukanpesan
yang ingindisampaikandariteksKitabSuciYoh. 4: 1 - 42
|
28
|
||
Siswadapatmenentukanalas
an munculnyaberbagaikonflikberlatarbelakang agama yang ada di Indonesia
|
29
|
||||
Siswadapatmenentukanbuahbuahkebaikandarisikapbersahabatdengansesama
yang menganutkepercayaandan agama lain.
|
30
|
||||
SiswadapatmenunjukkanbuktibahwaYesusmenghormati
agama lain padawaktuYesusmelakukankaryakeselamatanNya
|
31
|
||||
Siswadapatmenjelaskanbahwa
hokum dariTuhanbersifat universal.
|
32
|
||||
Siswadapatmenunjukkandampakpositifdarikegiatan
dialog antar agama dalamkehidupanbersama
|
33
|
||||
3
|
3.3. Memahami, menyadaridanmenemukancita-cita /
arahhidupsesuaidengankehendak Allah
sepertiterkandungdalamsakramenperkawinandansakramenimamat,
sehinggaberusahamempersiapkandiriuntukmencapaicita-citatersebut
|
IX / II
|
Cita
cita
|
Siswadapatmenjelaskanmaksudkedatangan
orang muda yang kaya kepadaYesussepertiterungkapdalamteksMateus 19 : 16 - 26
|
24
|
Siswadapatmenyebutkanhal-hal
yang seringmenjadipenghalangbagimanusiauntukmendapatkankeselamatansejati
|
35
|
||||
Siswadapatmenentukansikap
yang baikdan bias diterapkandalamhidupdalamrangkamencapaicita-cita
|
36
|
||||
Siswadapatmenentukanfaktorfaktorpendorong
yang munculdalamdirimanusiauntukdapatmeraihcita-citanya
|
37
|
||||
Siswadapatmenentukanperumpamaan
yang tepatseperti yang terungkapdalamteks 19: 16 - 26
bahwauntukmasukKerajaanSorga, seseorangharusberusahadengankeras.
|
38
|
||||
SakramenPerkawinan
|
Siswadapatmenentukancirri-ciriperkawinanKristiani
|
40
|
|||
Siswadapatmenjelaskanbahwaperkawinankristianibersifatmonogam
|
41
|
||||
Siswadapatmenentukanlambang
yang dipergunakandalamsakramenperkawinan
|
42
|
||||
Siswadapatmenjelaskankeluarga
kudus
NasaretdijadikanteladanbagikehidupankeluargaKristiani
|
43
|
||||
SiswadapatmenjelaskansifatperkawinanKristiani
yang “tekterceraikan”
|
44
|
||||
Siswadapatmenjelaskanhal-hal
yang menghalangiseseoranguntukmenerimasakramenpernikahan
|
45
|
||||
IX / II
|
Sakramenimamat
|
Siswadapatmenentukantigakaul
yang diucapkancalon imam yang akanmenerimasakramenImamat
|
46
|
||
Siswadapatmenentukanbacaaninjil
yang dipergunakandalampenerimaansakramenimamat
|
47
|
||||
Siswadapatmenjelaskanpengertiandari
kata menurutajarankatolik “selibat”
|
48
|
||||
Siswadapatmenentukan
lambing-lambang yang dipergunakandalampenerimaanSakramenimamat
|
49
|
||||
Siswa dapat menentukan pejabat gereja yang diberi kewenangan untuk
menerimakan Sakramen Imamat dalam gereja Katolik.
|
50
|
No comments:
Post a Comment