PEMERINTAH PROVINSI DAERAH KHUSUS
IBUKOTA JAKARTA
DINAS PENDIDIKAN
MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN
(MGMP) SMP PROVINSI DKI JAKARTA
KISI-KISI SOAL ULANGAN AKHIR
SEMESTER DUA
Tahun 2014/2015
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas : IX (Sembilan)
Kurikulum Acuan : KTSP
Waktu : 90 menit
Jumlah Soal : 50 soal
Disusun oleh:
Penyusun : Tim MGMP Pendidikan Agama Islam SMP
Provinsi DKI Jakarta
NO
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR SOAL
|
NO SOAL
|
1
|
Al-Quran dan Al-Hadits
8. Memahami Al Qur’an surat Al-Insyirah.
|
8.1 Menampilkan bacaan QS. Al-Insyirah dengan tartil
dan benar.
8.2 Menyebutkan arti QS. Al-Insyirah.
8.3 Mempraktikkan perilaku dalam bekerja selalu
berserah diri kepada Allah seperti dalam QS. Al-Insyirah.
|
Surat
Al-Insyiroh
|
Ditampilkan
beberapa ayat dalam Al-Qur’an, peserta didik dapat menunjukkan ayat yang terdapat dalam surat Al-Insyirah dengan tepat.
|
1.
|
Ditampilkan
salah satu ayat Al-Qur’an surat Al-Insyirah, peserta didik dapat menunjukkan urutan
ayat dengan tepat.
|
2.
|
||||
Ditampilkan
salah satu ayat Al-Qur’an surat Al-Insyirah, peserta didik dapat menentukan
hokum bacaan tajwid yang terdapa tpada ayat tersebut.
|
3.
|
||||
Ditampilkan
beberapa lafadz dari ayat Al-Qur’an surat
Al-Insyirah secara acak, peserta didik dapat menyusun menjadi satu ayat
langkap dengan benar.
|
4.
|
||||
Disajikan tabel tentang lafadz dan arti
dari surat surat Al-Insyirah, peserta didik
dapat menentukan pasangannya dengan tepat.
|
5.
|
||||
Peserta didik
dapat menunjukkan arti dari salah satu ayat yang terdapat dalam Al-Qur’an
surat Al-Insyirah.
|
6.
|
||||
Ditampilkan salah satu ayat pada surat
Al-Insyirah, peserta didik dapat menyimpulkan isi kandungannya dengan benar.
|
7.
|
||||
Ditampilkan
sifat-sifat terpuji, peserta didik dapat mengidentifikasi sifat-sifat yang terkandung
dalam Al-Qur’an surat Al-Insyirah.
|
8.
|
||||
Ditampilkan beberapa pernyataan, peserta didik dapat
menentukan sikap terpuji dalam bekerja seperti yang terkandung dalam surat al Insyirah.
|
9.
|
||||
2
|
9. Memahami ajaran Al-Hadits tentang kebersihan
|
9.1 Membaca Al-Hadits tentang kebersihan.
9.2 Menyebutkan arti Al-Hadits tentang kebersihan.
9.3 Menampilkan perilaku bersih seperti dalam
Al-Hadits.
|
Hadits tentang kebersihan
|
Ditampilkan beberapa
potongan hadits, peserta didIk dapat menunjukkan salah satu hadits tentang kebersihan.
|
10.
|
Ditampilkan potongan
hadits tentang kebersihan, peserta didik dapat menunjukkan kelanjutan hadits tersebut
|
11.
|
||||
Peserta didik dapat
menunjukkan arti dari lafadz yang
terdapat dalam hadits tentang kebersihan.
|
12.
|
||||
Ditampilkan satu hadits
tentang kebersihan, peserta didik dapat menunjukkan arti hadits tersebut dengan
benar.
|
13.
|
||||
Peserta didik dapat
menunjukkan maksud dari salah satu hadits tentang kebersihan dengan benar.
|
14.
|
||||
Ditampilkan beberapa
pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan contoh perilaku hidup bersih dalam
kehidupan sehari-hari.
|
15.
|
||||
Ditampilkan beberapa
pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan akibat dari perilaku masyarakat
yang tidak menjaga kebersihan.
|
16.
|
||||
Ditampilkan salah satu
hadits tentang kebersihan, peserta didik
dapat menunjukkan balasan orang yang senantiasa menjaga kebersihan berdasarkan
hadits tersebut.
|
17.
|
||||
3
|
Aqidah
10. Meningkatkan keimanan kepada Qadha dan
Qadar.
|
10.1 Menyebutkan ciri-ciri beriman kepada qadha dan qadar.
10.2 Menjelaskan
hubunan antara qadha dan qadar.
10.3 Menyebutkan
contoh-contoh qadha dan qadar dalam kehidupan sehari-hari.
10.4 Menyebutkan
ayat-ayat Al-Quran yang berkaitan dengan qadha dan qadar.
|
Iman kepada Qadha dan
qadar
|
Ditampilkan beberapa
pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan pengertian beriman kepada qadha dan
qadar dengan benar.
|
18.
|
Peserta didik dapat
menjelas kanpengertian qadar Allah SWT.
|
19.
|
||||
Ditampilkan beberapa
ayat Al-Qur’an, peserta didik dapat menunjukkan ayat yang berkaitan dengan qadha dan qadar.
|
20.
|
||||
Ditampilkan satu ayat
Al-Qur’an yang berkaitan dengan ikhitiar manusia, peserta didik dapat menjelaskan
maksud ayat tersebut.
|
21.
|
||||
Ditampilkan beberapa
pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan tanda-tanda beriman kepada qadha dan
qadar.
|
22.
|
||||
Peserta didik dapat
menunjukkan cara bertawakkal yang
benar menurut ajaran Islam.
|
23.
|
||||
Ditampilkan ilustrasi
beberapa pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan contoh taqdir mubram.
|
24.
|
||||
Ditampilkan beberapa
pernyataan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menunjukkan
contoh taqdir muallaq.
|
25.
|
||||
Peserta didik dapat
menunjukkan hikmah beriman kepada qadha dan qadar Allah SWT.
|
26.
|
||||
4
|
Akhlak
11. Menghindari perilaku tercela.
|
11.1 Menyebutkan pengertian takabur.
11.2 Menyebutkan contoh-contoh perilaku takabur.
11.3 Menghindari perilaku takabur dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Perilakutercela
|
Pesert adidik dapat
menjelaskan pengertian takabbur.
|
27.
|
Ditampilkan ilustrasi
tentang perilaku tercela (yang berkaitan dengan perilaku takkabur), peserta didik
dapat menentukan istilah yang sesuai dengan perilaku tersebut.
|
28.
|
||||
Ditampilkan beberapa
pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan pernyataan yang menunjukkan
perilaku takabbur.
|
29.
|
||||
Peserta didik dapat
menunjukkan tanda-tanda perilaku takabbur.
|
30.
|
||||
Ditampilkan beberapa
pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan akibat negative perilaku takabbur dalam kehidupan sehari-hari.
|
31.
|
||||
Peserta didik dapat
menjelaskan balasan perilaku takabbur berdasarkan salah satu ayat Al-Qur’an.
|
32.
|
||||
Peserta didik dapat
menunjukkan cara yang tepat menghindari perilaku takabbur dalam kehidupan sehari-hari.
|
33.
|
||||
5
|
Fiqih
12. Memahami tatacara berbagai shalat sunnah
|
12.1 Menyebutkan pengertian dan
ketentuan shalat sunnah berjamaah dan
munfarid.
12.2 Menyebutkan contoh shalat sunnah
berjamaah dan munfarid.
13.3 Mempraktikkan shalat sunnah berjamaah
dan munfarid dalam kehidupan sehari-hari.
|
Shalat sunnah
|
Ditampilkan beberapa
jenis shalat sunnah, peserta didik dapat menunjukkan jenis shalat sunnah yang
dilaksanakan secara munfarid.
|
34.
|
Ditampilkan beberapa
jenis shalat sunnah, peserta didik dapat menunjukkan jenis shalah sunnah yang
dilaksanakan secara berjamaah.
|
35.
|
||||
Ditampilkan ilustrasi
tentang fenomena alam, peserta didik dapat menentukan jenis shalat yang
disunnahkan berkaitan dengan ilustrasi tersebut.
|
36.
|
||||
Ditampilkan ilustrasi
yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan jenis
shalat yang disunnahkan berkaitan dengan ilustrasi tersebut.
|
37.
|
||||
Peserta didik dapat
menunjukkan ketentuan shalat sunnah ‘Idain.
|
38.
|
||||
Peserta didik dapat
menjelaskan ketentuan shalat shalat sunnah tarawih.
|
39.
|
||||
Peserta didik dapat
menjelaskan ketentuan shalat shalat sunnah witir.
|
40.
|
||||
Ditampilkan ayat
Al-Qur’an yang terkait dengan shalat tahajjud, peserta didik dapat menjelaskan
maksud ayat tersebut.
|
41.
|
||||
Peserta didik dapat
menjelaskan ketentuan shalat shalat sunnah tahiyatul masjid.
|
42.
|
||||
Ditampilkan beberapa
pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan hikmah mengerjakan shalat sunnah dhuha.
|
43.
|
||||
6.
|
Tarikh dan Kebudayaan Islam
13. Memahami sejarah tradisi Islam Nusantara
|
13.1 Menceritakan seni budaya lokal sebagai
bagian dari tradisi Islam.
13.2 Memberikan apresiasi terhadap tradisi
dan upacara adat kesukuan Nusantara.
|
Sejarah tradisi Islam Nusantara
|
Peserta didik dapat
menjelaskan pengertian tradisi Islam.
|
44.
|
Ditampilkan beberapa
contoh jenis kebudayaan yang ada di Nusantara, peserta didik dapat menunjukkan
jenis budaya yang sesuai dengan ajaran Islam.
|
45.
|
||||
Ditampilkan beberapa
jenis kesenian, peserta didik dapat menunjukkan jenis kesenian yang dijadikan
sebagai media dakwah wali sembilan di jawa.
|
46.
|
||||
Dideskripsikan satu
jenis senibudaya yang bernuansa Islam, peserta didik dapat menunjukkan isi /
maksud dari senibudaya tersebut.
|
47.
|
||||
Ditampilkan beberapa
contoh jenis kesenian, peserta didik dapat menunjukkan jenis kesenian yang
bernuansa Islam yang ada di Provinsi Jakarta.
|
48.
|
||||
Dideskripsikan satu
jenis senibudaya/tradisi yang bernuansa Islam, peserta didik dapat menentukan
nama bulan dalam kalender hijriah pelaksanaan budaya/tradisi tersebut.
|
49.
|
||||
Ditampilkan beberapa
pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan cara memberikan apresiasi terhadap
tradisi Islam di Nusantara.
|
50.
|
No comments:
Post a Comment