TAHUN AJARAN 2014-2015
|
||||
Jenjang
|
: SMP
|
|||
Mata Pelajaran
|
: Bahasa Indonesia
|
|||
No.
|
Standar Kompetensi Lulusan
|
Kemampuan yang Diuji
|
Indikator
|
Bentuk Instrumen
|
1
|
Peserta didik mampu mendengarkan berbagai
wacana lisan untuk memahami gagasan, pandangan, dan perasaan orang lain
secara lengkap dalam wacana yang berbentuk berita, pidato/ceramah/khotbah.
|
Menjawab pertanyaan dan menyimpulkan isi
berita radio/tv yang didengar
|
Diperdengarkan rekaman berita radio/tv,
peserta didik dapat menjawab pertanyaan tentang isi berita, pokok-pokok
berita, dan simpulan berita dari berita yang didengar dengan berpedoman pada
pertanyaan (5 W + 1 H).
|
Tes pilihan ganda
|
Menjawab pertanyaan isi dan menyimpulkan
pidato/ceramah/khotbah yang didengar
|
Diperdengarkan rekaman pidato/ceramah/khotbah
tokoh terkenal, peserta didik dapat menjawab pertanyaan tentang isi
pidato/ceramah/khotbah dan pesan pidato/ceramah/khotbah yang didengarnya.
|
Tes pilihan ganda
|
||
2
|
Peserta didik mampu berbicara secara efektif
dan efisien untuk mengungkapkan perasaan, informasi, pengalaman, pendapat,
dan komentar dalam berbagai bentuk dengan berbagai mitra bicara sesuai dengan
tujuan dan konteks
pembicaraan melalui kegiatan berwawancara,
menyampaikan laporan, berpidato/ceramah/berkhotbah, bertelepon, musikalisasi
puisi, dan bermain peran.
|
Menyusun kerangka laporan dan menyampaikan
laporan peristiwa
|
Disajikan ilustrasi suatu peristiwa, peserta
didik dapat menyusun fakta-fakta peristiwa dan menyampaikan peristiwa secara
lisan berdasarkan pola urutan waktu, ruang, atau topik dengan menggunakan
bahasa Indonesia yang baik dan benar.
|
Tes uji petik kerja
|
Menyusun kerangka pidato/ceramah/khotbah dan
berpidato/ceramah/khotbah sesuai kerangka yang dibuatnya
|
Berdasarkan kerangka pidato yang dibuatnya,
peserta didik dapat berpidato dengan memperhatikan kesesuaian isi dengan
kerangka pidato, sistematika pidato (pembuka, isi, penutup), kemenarikan,
kelancaran, ketetapan intonasi, kejelasan volume suara, dan sikap pidato.
|
Tes keterampilan
|
||
Mendemonstrasikan musikalisasi puisi
|
Peserta didik dapat menyanyikan puisi yang
sudah dimusikalisasi dengan berpedoman pada kesesuaian isi puisi dengan
suasana/irama yang dibangun.
|
Tes uji petik kerja
|
||
|
||||
No.
|
Standar Kompetensi Lulusan
|
Kemampuan yang Diuji
|
Indikator
|
Bentuk Instrumen
|
|
|
Bermain peran berdasarkan naskah drama
|
Disajikan naskah drama sederhana, peserta
didik dapat bermain peran berdasarkan naskah drama tersebut dengan
memperhatikan lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat.
|
Tes uji petik kerja
|
3
|
Peserta didik mampu membaca karya sastra
berbentuk puisi dan membaca nyaring teks perangkat upacara
|
Membacakan teks perangkat upacara
|
Disajikan teks perangkat upacara, peserta
didik dapat membacakan teks tersebut dengan memperhatikan penjedaan, lafal,
intonasi, kelancaran, dan pernapasan.
|
Tes keterampilan
|
Membacakan puisi/berdeklamasi
|
Disajikan teks puisi, peserta didik dapat
membacakan teks puisi tersebut dengan memperhatikan suara, intonasi (nada,
tempo), dan ekspresi (mimik, kinesik)
|
Tes uji petik kerja
|
||
Keterangan:
|
||||
Sekolah disarankan mengujikan kemampuan yang diuji lebih dari
satu aspek berbahasa/bersastra.
|
Blog ini adalah hasil karya seorang ROSID MARWANTO, S.Pd, semoga dapat bermanfaat. Amin
Monday, 2 March 2015
PEDOMAN UJIAN PRAKTIK BAHASA INDONESIA KELAS IX TAHUN AJARAN 2014-2015
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment