KISI-KISI PENULISAN
SOAL UJIAN  SEKOLAH
TAHUN PELAJARAN
2014-2015
|  | 
|  | 
Jenis Sekolah          :
SMP                                                                                      Bentuk
Soal               : Pilihan Ganda +
Uraian
Mata Pelajaran        : BAHASA INDONESIA                                                        Jumlah
Soal               : 50 + 5 
Kurikulum Acuan     : KTSP                                                                                    Alokasi
Waktu           : 120 menit
| 
No. | 
Standar Kompetensi Lulusan | 
Materi | 
Bahan 
Kelas/Semester | 
Indikator | 
PG/Uraian | 
Nomor 
Soal | 
| 
1 | 
Membaca dan memahami
  berbagai teks nonsastra (biografi, artikel, berita/fakta dan opini,
  ensiklopedi/buku telepon, iklan, indeks buku, tabel/diagram, bagan, grafik,
  peta, denah), berbagai karya sastra (puisi, antologi puisi, cerpen, buku
  kumpulan cerpen, cerita anak, buku cerita anak, novel remaja, novel Angkatan
  20-30, dan drama) | 
Gagasan utama paragraf | 
VII/1 | 
Disajikan sebuah
  paragraf yang terdiri atas 4-5 kalimat, siswa dapat menentukan gagaasan utama
  paragraf tersebut. | 
PG | 
1 | 
| 
Kalimat utama paragraf | 
VII/1 | 
Disajikan sebuah
  paragraf yang terdiri atas 4-5 kalimat, siswa dapat menentukan kalimat utama
  paragraf tersebut. | 
PG | 
2 | ||
| 
Persamaan isi berita 
Perbedaan penyajian
  berita | 
VIII/2 
VIII/2 | 
Disajikan dua kutipan
  berita, siswa dapat menentukan: 
·      
  Persamaan isi kutipan berita 
·      
  Perbedaan penyajian berita | 
PG 
PG | 
3 
4 | ||
| 
Keistimewaan tokoh 
Sifat tokoh dalam
  biografi yang dapat diteladani | 
VII/1 
VII/1 | 
Disajikan kutipan
  biografi tokoh, siswa dapat menentukan: 
·      
  Keistimewaan tokoh dalam biografi tokoh 
·      
  Sifat tokoh dalam biografi untuk diteladani | 
PG 
PG | 
5 
6 | ||
| 
Fakta | 
IX/1 | 
Disajikan sebuah iklan,
  siswa dapat menentukan fakta pada iklan tersebut. | 
PG | 
7 | ||
| 
Isi iklan | 
IX/1 | 
Disajikan sebuah iklan,
  siswa dapat menentukan penjelasan kalimat tertentu dalam iklan tersebut. | 
PG | 
8 | ||
| 
Maksud iklan | 
IX/1 | 
Disajikan sebuah iklan,
  siswa dapat menentukan maksud iklan tersebut. | 
PG | 
9 | ||
| 
Simpulan isi bacaan | 
VII/1 | 
Disajikan sebuah
  paragraf yang terdiri atas 4-5 kalimat, siswa dapat menentukan simpulan isi
  paragraf. | 
PG | 
10 | ||
| 
Penjelasan isi grafik | 
IX/2 | 
Disajikan sebuah grafik
  tertentu, siswa dapat menentukan isi grafik tersebut. | 
PG | 
11 | ||
| 
Simpulan isi tabel | 
IX/2 | 
Disajikan sebuah tabel
  tertentu, siswa dapat menentukan penjelasan isi tabel tersebut. | 
PG | 
12 | ||
| 
Letak lokasi suatu
  tempat  | 
VIII/1 | 
Disajikan sebuah denah
  lokasi tertentu, siswa dapat menentukan letak lokasi suatu tempat kegiatan
  sesuai denah tersebut. | 
PG | 
13 | ||
| 
Arah perjalanan dalam
  denah | 
VIII/1 | 
Disajikan sebuah denah
  lokasi tertentu, siswa dapat menentukan arah yang paling efektif menuju
  tempat kegiatan sesuai denah tersebut. | 
PG | 
14 | ||
| 
Tema puisi  | 
VIII/1 | 
Disajikan sebuah puisi
  pendek, siswa menentukan: 
tema puisi puisi tersebut | 
PG | 
15 | ||
| 
Kalimat bermajas dalam
  puisi | 
VIII/1 | 
Disajikan sebuah puisi
  pendek, siswa menentukan 
kalimat bermajas pada
  puisi tersebut | 
PG | 
16 | ||
| 
Perbedaan unsur
  intrinsik puisi | 
VIII/2 | 
Disajikan kutipan dua
  puisi pendek, siswa dapat menentukan perbedaan unsur intrinsik dua puisi
  tersebut (amanat/tujuan) | 
PG | 
17 | ||
| 
Latar cerpen 
Bukti watak tokoh | 
IX/1 
IX/1 | 
Disajikan kutipan cerita
  pendek, siswa dapat menentukan: 
·      
  latar cerpen tersebut 
·      
  bukti watak tokoh cerpen | 
PG 
PG | 
18 
19 | ||
| 
Cara menggambarkan watak
  tokoh | 
IX/1 | 
Disajikan kutipan cerita
  pendek, siswa dapat menentukan cara pengarang menggambarkan watak tokoh dalam
  cerpen tersebut. | 
PG | 
20 | ||
| 
Amanat cerita anak | 
VII/1 | 
Disajikan kutipan cerita
  anak, siswa dapat menentukan amanat cerita tersebut. | 
PG | 
21 | ||
| 
Konflik cerita | 
VIII/2 | 
Disajikan kutipan cerita
  anak, siswa dapat menentukan konflik cerita tersebut. | 
PG | 
22 | ||
| 
Perbedaan karakteristik
  dua novel | 
IX/2 | 
Disajikan kutipan dua
  novel, siswa dapat menentukan perbedaan karakteristik (bahasa/sudut
  pandang/tema) dua novel tersebut. | 
PG | 
23 | ||
| 
Unsur instrinsik novel | 
IX/2 | 
Disajikan kutipan novel,
  siswa dapat menentukan kebiasaan tokoh dalam novel tersebut. | 
PG | 
24 | ||
| 
Amanat drama 
Latar drama | 
VIII/2 
VIII/2 | 
Disajikan kutipan drama,
  siswa dapat menentukan: 
·           
  Amanat dalam teks drama 
·           
  Latar (tempat/waktu) dalam teks drama tersebut | 
PG 
PG | 
25 
26 | ||
| 
2 | 
Menulis dan menyunting
  teks nonsastra dengan menggunakan kosakata yang bervariasi dan efektif dalam
  bentuk buku harian, surat pribadi, surat dinas, narasi dan pesan singkat,
  pengumuman, petunjuk, rangkuman, teks berita, slogan/poster, iklan, resensi
  dan karangan, surat pembaca, teks pidato, dan karya ilmiah; menulis teks
  sastra dalam bentuk puisi, pantun, dongeng, cerpen, dan drama. | 
Catatan buku harian
  sesuai ilustrasi | 
VII/1 | 
Disajikan ilustrasi
  pengalaman siswa, siswa dapat menentukan kalimat catatan harian sesuai
  ilustrasi tersebut. | 
PG | 
27 | 
| 
Pesan singkat | 
VII/1 | 
Disajikan ilustrasi
  kegiatan sekoalh, siswa dapat menentukan isi pesan yang sesuai dengan
  ilustrasi tersebut. | 
PG | 
28 | ||
| 
Penyusunan kalimat
  laporan | 
VIII/1 | 
Disajikan
  kalimat-kalimat laporan yang disusun acak, siswa dapat menyusun kalimat
  laporan tersebut. | 
PG | 
29 | ||
| 
Menulis berita | 
VIII/2 | 
Disajikan pokok-pokok
  berita siswa dapat menuliskan teks berita secara lengkap. | 
Uraian | 
1 | ||
| 
Isi pengumuman sesuai
  konteks | 
VII/1 | 
Disajikan ilustrasi
  kegiatan siswa, siswa dapat menentukan isi pengumuman sesuai ilustrasi
  tersebut. | 
PG | 
30 | ||
| 
Penulisan puisi berkenaan dengan keindahan alam | 
VII/2 | 
Disajikan ilustrasi
  keindahan alam, siswa dapat menulis puisi sesuai ilustrasi tersebut. | 
Uraian | 
2 | ||
| 
Resensi buku | 
IX/1 | 
Disajikan data buku
  disertai keunggulan dan kelemahan buku, siswa dapat menentukan paragraf
  resensi buku tersebut. | 
PG | 
31 | ||
| 
Isi surat pribadi | 
VII/1 | 
Disajikan kutipan surat
  pribadi yang dirumpangkan (pembuka/isi/penutup surat), siswa dapat melengkapi
  kutipan surat pribadi tersebut. | 
PG | 
32 | ||
| 
Kalimat penutup surat
  dinas | 
VIII/1 | 
Disajikan kutipan surat
  dinas yang dirumpangkan(penutup surat), siswa dapat menentukan kalimat
  penutup surat dinas | 
PG | 
33 | ||
| 
Surat pembaca | 
IX/2 | 
Disajikan ilustrasi
  keadaan lingkungan sekolah, siswa dapat menentukan isi surat pembaca sesuai
  ilustrasi tersebut. | 
PG | 
34 | ||
| 
Penyusunan petunjuk
  melakukan sesuatu | 
VIII/1 | 
Disajikan petunjuk
  melakukan sesuatu yang diacak, siswa dapat menyusun petunjuk melakukan
  sesuatu tersebut dengan tepat. | 
PG | 
35 | ||
| 
Melengkapi petunjuk | 
VIII/1 | 
Disajikan petunjuk
  melakukan sesuatu yang salah satu bagiannya dirumpangkan, siswa dapat
  melengkapi petunjuk melakukan sesuatu tersebut dengan tepat. | 
PG | 
36 | ||
| 
Rangkuman isi bacaan | 
VIII/2 | 
Disajikan teks dua
  paragraf, siswa dapat menentukan rangkuman bacaan tersebut. | 
PG | 
37 | ||
| 
Teks berita sesuai
  ilustrasi | 
VIII/2 | 
Disajikan ilustrasi
  peristiwa, siswa dapat menentukan paragraf teks berita sesuai ilustrasi
  tersebut. | 
PG | 
38 | ||
| 
Slogan | 
VIII/2 | 
Disajikan ilustrasi
  kegiatan, siswa dapat menentukan slogan sesuai ilustrasi tersebut. | 
PG | 
39 | ||
| 
Iklan baris | 
IX/1 | 
Disajikan data barang
  yang akan dijual, siswa dapat menentukan iklan baris sesuai data tersebut. | 
PG | 
40 | ||
| 
Perbaikan penggunaan
  huruf kapital | 
IX/1 | 
Disajikan kalimat yang
  penulisan huruf kapitalnya salah, siswa dapat memperbaiki penulisan huruf
  kapital tersebut. | 
PG | 
41 | ||
| 
Penggunaan tanda baca | 
IX/1 | 
Disajikan sebuah
  paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan tanda baca, siswa dapat
  memperbaiki penggunaan tanda baca tersebut. | 
PG | 
42 | ||
| 
Perbaikan kalimat tidak
  efektif | 
IX/1 | 
Disajikan sebuah
  paragraf yang salah satu kalimatnya tidak efektif, siswa dapat memperbaiki
  kalimat tersebut. | 
PG | 
43 | ||
| 
Teks pidato sesuai
  konteks | 
IX/2 | 
Disajikan ilustrasi
  kegiatan sekolah, siswa dapat menentukan paragraf bagian(pembuka/isi/penutup)
  teks pidato sesuai ilustrasi tersebut. | 
PG | 
44 | ||
| 
Menulis teks pidato | 
IX/2 | 
Disajikan ilustrasi
  suatu kegiatan di sekolah, siswa dapat menulis naskah pidato yang tepat. | 
Uraian | 
3 | ||
| 
Rumusan masalah karya
  ilmiah | 
IX/2 | 
Disajikan tema karya
  ilmiah, siswa dapat menentukan rumusan masalah karya ilmiah berdasarkan tema
  tersebut. | 
PG | 
45 | ||
| 
Saran karya ilmiah | 
IX/2 | 
Disajikan simpulan karya
  ilmiah sederhana, siswa dapat menentukan saran karya ilmiah tersebut. | 
PG | 
46 | ||
| 
Daftar pustaka | 
IX/2 | 
Disajikan dua data buku
  sumber, siswa dapat menentukan penulisan daftar pustaka. | 
PG | 
47 | ||
| 
Melengkapi isi/sampiran
  pantun | 
VII/1 | 
Disajikan pantun yang
  dirumpangkan (larik/sampiran), siswa dapat melengkapi pantun tersebut. | 
PG | 
48 | ||
| 
Balasan pantun | 
VII/1 | 
Disajikan sebuah pantun,
  siswa dapat menentukan balasan pantun tersebut. | 
Uraian | 
4 | ||
| 
Larik bermajas | 
VIII/2 | 
Disajikan kutipan puisi
  yang dirumpanglan, siswa dapat melengkapi puisi tersebut dengan larik
  bermajas. | 
PG | 
49 | ||
| 
Naskah drama | 
IX/2 | 
Disajikan kutipan naskah
  drama yang salah satu dialognya dirumpangkan, siswa dapat melengkapi dialog
  drama tersebut. | 
PG | 
50 | ||
| 
Menulis drama
  berdasarkan cerpen yang dibaca | 
IX/2 | 
Disajikan kutipan
  cerpen, siswa dapat menulis naskah drama berdasarkan kutipan cerpen tersebut. | 
Uraian  | 
5 | 

 
 
soal yg berkenaan dengan kisi-kisi tersebut ada ga mas??
ReplyDeleteIya,belum ada mas...
Delete