ABSTRAK PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ASSURANCE RELEVANCE INTEREST ASSESSMENT
SATISFACTION
(PUZZLE VS VIDEO) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA TENTANG EKOSISTEM DI MAN 8 JAKARTA
ROSID MARWANTO. Pengaruh Strategi
Pembelajaran Assurance Relevance Interest Assessment Satisfaction (Puzzle Vs Video) Terhadap
Hasil Belajar Kognitif Siswa tentang Ekosistem di MAN 8 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan
Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,
Universitas Negeri Jakarta. 2013.
Salah
satu permasalahan pembelajaran adalah lemahnya proses pembelajaran, sehingga siswa
akan bosan dalam pembelajaran. Oleh karena itu, dalam proses pembelajaran harus menggunakan strategi
pembelajaran yang menyenangkan seperti ARIAS. Penelitian
ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh strategi pembelajaran ARIAS dan media pembelajaran puzzle dengan strategi
pembelajaran ARIAS dan media pembelajaran video terhadap hasil belajar kognitif siswa tentang ekosistem di MAN 8 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 8 Jakarta pada bulan November
2012. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen (Post test-only Group Design). Sampel penelitian
yang digunakan adalah siswa kelas X.1 dan X.3 masing-masing 30 siswa dengan simple random sampling. Instrumen yang
digunakan adalah tes berupa soal pilihan ganda dengan lima pilihan jawaban. Berdasarkan hasil perhitungan didapatkan
rata-rata hasil belajar kognitif siswa di kelas eksperimen dengan puzzle sebesar 74,03, sedangkan rata-rata hasil belajar kognitif siswa di kelas kontrol dengan video sebesar 61,93.
Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas dengan uji Kolmogorov–Smirnov
dan uji homogenitas dengan uji F. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh data berasal dari populasi berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis
menggunakan uji t pada Ī± = 0,05 diperoleh hasil t hitung > t tabel (1,91 > 1,67), maka tolak H0 yang berarti hasil belajar kognitif
siswa tentang ekosistem menggunakan strategi pembelajaran ARIAS dan media pembelajaran puzzle
lebih tinggi dibandingkan dengan strategi pembelajaran ARIAS dan media pembelajaran video.
Kata
kunci : ARIAS, ekosistem, kognitif, siswa
No comments:
Post a Comment